Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Mesti Dibawa Pulang

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Selain kaya tempat wisata, Jambi juga kaya akan buah tangan yang khas. Jadi, saat kamu hendak pulang piknik dari sini, kamu bisa membeli dulu buah tangannya di sana. Jangan bingung buah tangan apa saja yang harus kamu beli, karena beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di artikel ini.

Adapun beberapa rekomendasi itu bisa disimak sebagai berikut:

1. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh (Copy)

Duku Kumpeh adalah buah duku khas Jambi. Di Jambi, duku satu ini lazim dibudidayakan di daerah Kumpeh, Muaro Jambi. Berbeda dengan buah duku lainnya, buah duku satu ini memiliki ukuran yang besar. Cita rasanya pun juga begitu manis saat dicicipi.

Tekstur buahnya pun cukup unik. Buah duku ini memiliki cita rasa kenyal dan tidak memilki serat di dagingnya. Dan tak seperti buah duku lainnya, buah duku ini tidak memiliki biji sama sekali. Kamu bisa datang ke Kumpeh bila hendak membeli buah tangan ini.

2. Tempoyak Jambi

Tempoyak Jambi (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Tempoyak merupakan makanan yang yang ada di sejumlah wilayah di Sumatera. Jambi salah satunya. Sama seperti Tempoyak umumnya, Tempoyak khas Jambi jugadibuat dari daging durian yang dicampur cabai rawit dan garam, lalu difrementasi selama beberapa waktu.

Tempoyak Jambi biasanya difermentasi selama 3 – 5 hari di ruang bersuhu 20 – 25 derajat celcius. Tempyak khas Jambi biasanya diolah lagi bersama dengan ikan baung. Kalau kamu mau membeli Tempyak khas Jambi, kamu bisa datang ke toko Temphoyac yang di daerah Tambak Sari, Jambi Selatan.

3. Dodol Kentang

Dodol Kentang (Copy)

* sumber: dialekito.com

Jambi punya beberapa dodol berbahan unik. Dodol Kentang salah satunya. Sesuai namanya, dodol ini adalah dodol yang berbahan dasar kentang. Cara membuat dodol kentang ini adalah kentang dikupas dan setelahnya dicuci, direbus dan digiling hingga halus.

Setelah itu, kentang tersebut dicampurkan dengan sejumlah bahan seperti tepung ketan putih, kelapa, vanili, garam, dan gula. Dodol satu ini memiliki cita rasa yang mani, bertekstur lembut, dan tidak terlalu kenyal. Dodol ini bisa kamu beli langsung ke toko Dodol Kentang Karya Mandiri.

4. Dodol Nanas

Dodol Nanas (Copy)

* sumber: www.inibaru.id

Masih ada satu dodol berbahan unik lainnya yang ada di Jambi. Dodol tersebut adalah Dodol Nanas. Dodol ini dibuat dari nanas sebagai bahan dasarnya. Dalam dodol ini, nanas sebagai bahan dasar akan dihaluskan terlebih dahulu.

Sesudah dihaluskan, nanas nantinya bakal dicampur dengan tepung ketan, gula merah, gula pasir, santan kelapa, dan vanili. Dodol ini memiliki cita rasa yang manis, bertekstur lembut, dan kaya akan aroma nanas.

Ada beberapa tempat yang menjual dodol unik ini. Pusat Oleh-Oleh Khas Jambi Dodol Nanas Tulimario Tangkit Baru adalah salah satunya. Kalau mau belanja dodol nanas di sini, langsung saja datang ke alamatnya yang ada di Jalan Sekh Muh Said 1 No. 72, Tangkit Baru, Jambi.

5. Kue Srikaya

Kue Srikaya (Copy)

Walau bernama Srikaya, kue ini tidaklah betul-betul berbahan dasar selai srikaya. Bahan dasar kue ini adalah tapai yang dicampur dengan santan, setelah itu dicampur dengan daun pandan. Agar makin mantap, rempah-rempah dan gula pun dicampurkan ke kue ini.

Kue Srikaya memiliki ciri khas berupa warnanya yang hijau. Secara rasa, kue ini memiliki cita rasa manis yang berpadu dengan cita rasa rempah. Aroma daun pandan akan tercium saat kamu menyantap kue ini. Kue Srikaya bisa kamu beli di sejumlah toko kue ataupun pasar.

6. Bolu Kojo

Bolu Kojo (Copy)

*

Jambi masih punya beberapa kue yang bisa dijadikan buah tangan. Bolu Kojo adalah salah satunya. Kue ini berbahan dasar santan, daun suji, telur ayam, tepung terigu, margarin, garam, dan gula pasir. Semua bahan itu dicampur sedemikian rupa, sehingga menjadi kue Bolu Kojo.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan bercita rasa manis. Kue ini sangat cocok disantap bersama dengan teh manis hangat. Kue ini tak hanya bisa kamu temukan di Jambi. Kamu pun juga bisa menemukannya di sejumlah daerah lain di pulau Sumatera. Seperti: Palembang, Riau, dan juga Bengkulu.

7. Kue Padamaran

Kue Padamaran (Copy)

* sumber: www.pksjambi.id

Kue Padamaran adalah kue asli dari daerah Jambi. Kue ini kerap kali muncul di Jambi saat bulan Ramadan tiba. Kue ini lazim sekali dijadikan menu berbuka puasa oleh masyarakat Jambi. Kue ini pun juga sering dihidangkan di acara-acara besar seperti acara pernikahan atau acara keluarga.

Kue Padamaran dibuat dari tepung beras yang dicampur dari santan, gula merah, dan daun suji. Ketiga bahan itu dicampur dan diaduk, lalu dituangkan ke wadah berbentuk kotak dan berbahan daun anyaman.

Kue Padamaran memiliki tekstur yang lembut. Saat kamu menyantapnya, kue ini bakal langsung lumer di mulutmu. Kalau kamu mau beli untuk oleh-oleh ini bisa kamu temui di pasar atau toko kue.

8. Pempek

Pempek (Copy)

Pempek tak hanya menjadi buah tangan khas Palembang saja. Jambi pun menjadikan makanan ini sebagai buah tangan. Di Jambi, pempek memiliki ciri khas yaitu keragaman jenisnya. Mulai dari pempek ikan, sagu hingga pempek kepiting.

Di Jambi, ada beberapa tempat ikonik yang menjual pempek khas Jambi. Pempek Terang Bulan adalah salah satunya. Di sini, kamu bisa menyantap pempek khas Jambi, dan tentu saja menjadikannya sebagai buah tanganmu kelak.

Pempek di sini dijual sekitar Rp8.000/buah. Kalau kamu berminat, sila datang ke alamat lengkapnya di Jalan Orang Kayo Hitam No. 19, Budiman, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi.

9. Kopi AAA

Kopi AAA (Copy)

* sumber: dialekito.com

Seperti halnya beberapa daerah lain di Sumatera, Jambi pun juga punya kopi sebagai buah tangan. Kopi yang dimaksud adalah Kopi AAA. Kopi ini mulanya adalah merek dagang dari sebuah perusahaan kopi. Namun seiring waktu berlalu, Kopi AAA pun menjadi buah tangan khas Jambi yang layak dibeli.

Kopi ini biasanya dijual dalam kemasan berwarna jingga dan cokelat, serta memiliki lambang “AAA” pada bagian tengahnya. Kopi ini memiliki warna hitam yang pekat terutama saat diseduh. Saat diseduh, aromanya yang harum akan langsung menyeruap dan masuk ke hidungmu.

Cita rasanya agak pahit untuk ukuran kopi. Walau begitu, kopi ini masih amat layak dinikmati, terutama dalam keadaan hangat. Sila datang ke toko resminya yang ada di Jalan Orang Kayo Pingai, jika kamu ingin membeli kopi ini.

10. Batik Jambi

Batik Jambi (Copy)

* sumber: beritagar.id

Jambi tak hanya memiliki buah tangan berupa makanan dan minuman. Pakaian pun bisa kamu jadikan sebagai buah tangan, utamanya batik. Jambi sendiri memang memiliki batik yang khas dan cocok untuk dijadikan buah tangan.

Batik Jambi memiliki banyak motif. Konon, motifnya sendiri sudah mencapai 100 jenis. Adapun beberapa di antaraya yang cukup ikonik adalah Duren Pecah, Angsa Duo, dan Batanghari. Tak sulit untuk menemukan batik khas Jambi, karena daerah ini punya banyak sekali butik yang menjualnya.

Itulah beberapa rekomendasi buah tangan khas Jambi yang bisa kamu beli nanti. Bagaimana, apakah rekomendasi kami cukup memuaskan? Semoga saja demikian, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram