10 Oleh-Oleh Khas Jember yang Tidak Boleh Terlewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata. Tak hanya Malang dan Banyuwangi saja, ada Kabupaten Jember yang kadang terlupakan oleh pada pelancong. Di Jember, ada beberapa destinasi terkenal, seperti salah satunya Pantai Papuma. Selain itu, Jember kerap mengadakan event budaya tahunan.

Nah, ketika liburan ke Kabupaten Jember, jangan sampai lupa membawa oleh-oleh. Inilah 10 oleh-oleh khas Jember yang bisa dibawa pulang.

1. Pia Tape

Pia Tape

Tak hanya Yogyakarta yang khas dengan pia atau bakpia. Di Jember juga ada pia khas yang adonannya masih sama seperti pia pada umumnya. Namun bedanya, pia yang satu ini isiannya dibeli tape khas Jember sehingga rasa yang dihasilkan sangat unik dan tentunya lezat.

Pia Tape khas Jember sebenarnya tidak hanya memberi isian tape saja, tetapi ada juga yang ditambahkan pisang, cokelat, hingga keju. Tanpa menghilangkan aroma tape yang harum dan nikmat di lidah. Makanan yang satu ini bisa kamu beli di pusat oleh-oleh khas Jember, dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Permen Suwar Suwir

Permen Suwar Suwir

Membawa oleh-oleh dalam bentuk permen, apakah mungkin? Jawabannya, sangat mungkin. Jika kamu ingin oleh-oleh yang unik, bisa membawa Permen Suwar-Suwir khas Jember. Permen ini memiliki bentuk yang mirip dengan dodol khas Garut, Jawa Barat. Namun bedanya terletak pada bahan baku permen tersebut.

Permen Suwar-Suwir berbentuk kotak memanjang. Rasanya sedikit asam, dengan tekstur yang renyah. Ada berbagai varian rasa yang bisa dicoba dari permen khas Jember satu ini, mulai dari rasa susu, buah, cokelat, hingga kacang. Oleh-oleh ini bisa dibeli di toko oleh-oleh atau pasar tradisional dengan harga yang murah.

3. Edamame

Edamame

Siapa yang tidak tahu Edamame? Kacang kedelai jenis ini memiliki warna hijau yang lebih muda dibandingkan kacang kedelai pada umumnya. Semula, Edamame merupakan tanaman yang ditanam di Tiongkok, kemudian di Indonesia edamame menjadi salah satu ekspor andalan dari Kabupaten Jember.

Edamame adalah kacang-kacangan yang kaya akan manfaat, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses pembekuan darah pada tubuh yang terluka, dan melancarkan pencernaan. Jadi, selain menjadi oleh-oleh yang banyak dicari, kamu akan lebih sehat dengan mengonsumsi Edamame.

4. Prol Tape

Prol Tape

Jika dilihat dari bentuk luarnya, Prol Tape khas Jember seperti kue bolu. Namun sebenarnya, Prol Tape ini terpuat dari tepung, susu, gula, mentega, dan tentunya tape singkong yang diolah menjadi makanan yang sangat enak dan rasanya khas. Cita rasa manis, gurih, dan sedikit asam dari tape melebur menjadi satu.

Prol Tape khas Jember memiliki bentuk yang padat, dengan ukuran yang cukup besar. Sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika liburan ke Jember. Prol Tape menyediakan beberapa rasa, seperti keju, atau cokelat, dan masih banyak varian lainnya.

5. Jenang Waluh

Jenang Waluh

Waluh, atau labu menjadi salah satu buah yang cocok dijadikan sebagai olahan makanan. Salah satunya Jenang Waluh khas Jember yang satu ini. Jenang Waluh terbuat dari labu kuning yang diolah dengan ketan dan kelapa tua. Jenang Waluh memiliki bentuk kotak memanjang, cenderung lonjong, dengan cita rasa manis dan legit dalam setiap gigitannya.

6. Tape Manis Sekar Madu

Tape Manis Sekar Madu

Sebagai daerah yang menghasilkan tape singkong unggulan, tak lengkap jika ketika datang ke sini kamu tidak mencoba olahan tape asli khas Jember. Tape Manis Sekar Madu memiliki cita rasa manis, legit, dengan tekstur yang sangat lembut. Makanan ini cocok dijadikan sebagai kudapan saat bersantai.

Tape Manis Sekar Madu dapat dibeli dengan dua pilihan, yaitu kemasan yang menarik, dan secara kiloan. Jika kamu ingin membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan ke tetangga atau saudara, maka disarankan membeli yang kiloan karena akan lebih murah dan tentunya lebih banyak isinya.

7. Brownies Tape

Brownies Tape

Olahan kue brownies banyak dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Bandung. Namun ternyata, di Jember juga ada brownies khas dengan bahan yang unik. Tentunya tape tidak pernah absen sebagai pelengkap dari kue lezat yang satu ini.

Brownies Tape khas Jember memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan brownies pada umumnya. Tekstur lembut tersebut dihasilkan dari tape singkong yang juga memberikan cita rasa unik. Terdapat beberapa varian rasa brownies, mulai dari original, keju, cokelat, maupun kenari.

8. Kopi Rengganis Jember

Kopi Rengganis Jember

Sama halnya dengan daerah lain di Indonesia, Jember juga memiliki kopi khas, dimana kopi tersebut hanya ditanam di Jember. Kopi Rengganis namanya. Biji Kopi Rengganis berasal dari lereng pegunungan Argopuro yang masuk ke wilayah Jember. Maka dari itu, nama kopi ini dipetik dari puncak Gunung Argopuro, yaitu Puncak Rengganis.

Hal yang berbeda dari Kopi Rengganis adalah proses pengeringannya. Dimana buah kopi yang sudah dipanen, dipisahkan dari kulirnya, kemudian dipotong. Namun daging buah kopi tidak dipisah dari biji kopi, jadi rasa yang dihasilkan sangat unik dan nikmat. Jika kamu penyuka kopi, bahkan memiliki kedai kopi, wajib membawa Kopi Rengganis sebagai buah tangan dari Jember.

9. Cerutu Jember

Cerutu Jember

Jika Kudus di Jawa Tengah dikenal sebagai “Kota Kretek”, maka kamu harus mengetahui kalau Jember merupakan penghasil cerutu terbaik dan nomor satu di Indonesia, bahkan nomor dua di dunia. Cerutu khas Jember menggunakan jenis daun tembakau Besuki Na Oogst yang berasal dari daerah Besuki, Kabupaten Jember.

Cerutu merupakan tradisi yang dibawa oleh bangsa Belanda. Hingga akhirnya tembakau besuki dari Jember dapat diekspor ke Negara Eropa lain seperti Jerman. Karena itu pula Jember dikenal sebagai “Kota Tembakau”. Menurut pengonsumsinya, menghisap cerutu, memberikan kenikmatan tersendiri yang berbeda dengan rokok pada umumnya.

10. Batik Jember

Batik Jember

Pulau Jawa dikenal dengan kerajinan berupa motif batik yang setiap daerahnya memiliki ciri khas masing-masing. Sebagai daerah yang mendapat julukan “Kota Tembakau”, Jember menghasilkan motif batik yang diadopsi dari daun tembakau sebagai produksi lokal. Di sini tembakau benar-benar dianggap sebagai sesuatu yang istimewa.

Batik Jember memiliki warna yang lebih cerah, dengan bentuk motif tembakau yang dilengkapi varian warna berbeda-beda. Harga kain Batik Jember disesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Kain batik ini tak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi sudah diakui dunia lho. Jika kamu suka mengoleksi batik, jangan lupa bawa Batik Jember sebagai buah tangan.

Sekarang sudah tahu kan, ada oleh-oleh apa saja yang bisa kamu bawa ketika liburan atau sedang melintasi Kabupaten Jember? Ternyata Jember dikenal dengan olahan tape yang beragam dan tentunya enak. Yuk, jalan-jalan ke Pantai Papuma, dan menyaksikan festival budayanya, kemudian bawa oleh-oleh khas Jember yang paling kamu suka!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *