Inilah 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jepang yang Halal

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 8 Juni 2019

Membeli oleh-oleh halal merupakan sebuah keharusan. Apalagi, jika kamu adalah wisatawan Muslim. Untungnya, sejumlah tempat atau negara saat ini punya banyak buah tangan halal. Jepang menjadi salah satunya. Ada sejumlah oleh-oleh di Jepang yang bisa kamu beli di sana. Beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di artikel ini.

Yuk, temukan rekomendasi oleh-oleh halal dari Jepang yang Keluyuran rekomendasikan di sini!

6 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Halal

1. Berbagai Varian Teh Hijau Jepang

Berbagai Varian Teh Hijau Jepang

* sumber: perfectsouth.com.au

Selain ocha, Jepang juga punya banyak varian teh hijau lainnya. Sama seperti ocha, beberapa jenis teh hijau di Jepang juga sehat dan bermanfaat, serta tentu saja halal. Ada beberapa varian teh hijau Jepang yang bisa kamu beli di Jepang.

Garasha dan Genmaicha adalah beberapa di antaranya. Garasha adalah teh hijau Jepang yang bentuknya serupa teh celup. Sementara itu, Genmaicha adalah teh yang dibuat dari campuran teh hijau dan butiran beras merah.

2. Kit Kat Uji Matcha

Kit Kat Uji Matcha

* sumber: medium.com

Kit Kat mungkin bisa kamu temukan di Indonesia. Namun, untuk Kit Kat Uji Matcha, kamu sebaiknya membelinya langsung di Jepang. Kit Kat satu ini hanya ada di Jepang dan merupakan Kit Kat terpopuler di sana. Bahan-bahannya sendiri merupakan bahan-bahan halal. Jadi, kamu tak usah ragu untuk membeli Kit Kat satu ini.

Sesuai namanya, Kit Kat ini merupakan Kit Kat dengan rasa Matcha yang kental. Makanan ini bisa kamu temukan di berbagai toko yang ada di Jepang. Jadi, kamu pun tak akan sulit untuk menemukannya.

3. Muso Castella Cake

Muso Castella Cake

* sumber: www.halalmedia.jp

Kalau kamu ingin membawa buah tangan berupa kue, maka oleh-oleh halal ini patut untuk dibeli. Ini adalah kue bolu dari Jepang yang dibungkus dengan kemasan menarik. Kemasan kue ini punya kaver berupa gambar kucing Maneki-Neko khas Jepang.

Kue bolu ini punya tekstur yang lembut. Varian rasanya pun beragam. Ada matcha, madu, maupun brown sugar. Kabar baiknya, kue ini sudah dilengkapi stempel halal dari lembaga halal Jepang, Nippon Asia Halal Association. Jadi, kamu tak perlu ragu membeli kue satu ini.

4. Tokyo Banana

Tokyo Banana

* sumber: japanese-products.blog

Bila nanti kamu lagi di Tokyo, maka cobalah untuk membeli Tokyo Banana. Ini adalah sebuah sponge cake asal Tokyo yang bentuknya serupa dengan pisang. Sama seperti sponge cake pada umumnya, Tokyo Banana juga punya tekstur yang lembut saat digigit.

Varian rasanya pun tergolong banyak. Ada original, stroberi, coklat, dan berbagai rasa lainnya. Tak perlu bingung jika hendak membeli makanan ini. Pasalnya, makanan ini bisa kamu temukan di sejumlah toko, terminal, atau pusat barang-barang halal di Jepang.

5. Tokyo Arare

Tokyo Arare

* sumber: www.isetankl.com.my

Selain Tokyo Banana, Tokyo masih menyimpan satu buah tangan halal lainnya. Tokyo Arare adalah buah tangan tersebut. Tokyo Arare sendiri merupakan sebuah camilan yang terbuat dari beras ketan khas Jepang. Bahan dasar tersebut nantinya akan dicampur kecap asin a la negeri Sakura.

Makanan ini punya cita rasa yang gurih dan asin khas kecap asin Jepang. Makanan ini bisa kamu temukan di Tokyo, tepatnya di daerah Senzoku, Jepang.

6. Samurai Ramen

Samurai Ramen

Ramen adalah salah satu makanan khas Jepang. Ramen sendiri ada yang dibuat dari bahan halal, dan ada yang tidak. Jika hendak membeli ramen halal, maka Samurai Ramen adalah ramen yang recommended. Ramen satu ini dibuat dengan bahan-bahan yang halal. Selain itu, Samurai Ramen juga dibuat dalam bentuk instan. Jadi, kamu pun tak perlu ragu untuk membawanya, serta menjadikannya buah tangan.

Jangan khawatir soal rasa, karena cita rasa Ramen ini ta kalah dari ramen pada umumnya. Selain tidak mengandung bahan haram, ramen ini juga tidak mengandung MSG serta daging binatang. Ini tentu saja cocok untuk kamu yang vegetarian atau yang tidak terlalu suka MSG.

Tips Membeli Oleh-Oleh Khas Jepang yang Halal

Oleh-oleh khas Jepang yang halal memang sudah banyak. Namun, agar kamu lebih mudah menemukannya, Keluyuran akan memberikan sejumlah tips. Tips-tips tersebut adalah:

Belilah di Toko Oleh-Oleh Khusus

Tips pertama adalah membeli langsung di toko-toko khusus di Jepang. Saat ini, Jepang punya sejumlah toko khusus yang menjual oleh-oleh yang halal. Toko-toko khusus tersebut sudah tesebar di berbagai daerah di Jepang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Don Quijote Asakusa
Don Quijote Asakusa

* sumber: jpgui.de

Ini adalah toko oleh-oleh halal yang ada di Asakusa. Tepatnya, di kawasan 2 Chome-10 Asakusa, Tokyo, Jepang. Berbagai oleh-oleh halal khas Jepang bisa kamu temukan di sini. Harga-harganya pun terjangkau dan pelayanannya pun baik. Maka dari itulah, toko satu ini sangatlah recommended buatmu.

  • Halal Corner
Halal Corner

* sumber: www.halalmedia.jp

Toko ini letaknya di dalam area Lawson Ginza Six. Tepatnya, di 6 Chome-10-1 Ginza, Chuo, Tokyo, Jepang. Beragam oleh-oleh halal khas Jepang bisa kamu beli di sini. Salah satu di antaranya adalah Muso Castilla Cake yang sudah kami bahas sebelumnya.

Lihatlah Label Halal di Kemasan Makanan Tersebut

Lihatlah Label Halal di Kemasan Makanan Tersebut

* sumber: www.halalmedia.jp

Tips ini berlaku bila kamu membeli oleh-oleh di luar toko-toko halal di Jepang. Atau, saat kamu hendak membeli oleh-oleh berupa makanan/minuman kemasan. Pastikan bahwa oleh-oleh yang kamu beli nanti sudah memiliki label halal.

Kebetulan, beberapa produk di Jepang sudah mulai dilabeli halal. Muso Castilla Cake adalah salah satunya. Produk kue bolu khas Jepang ini kini sudah dilabeli halal oleh Nippon Asia Halal Association. Nippon Asia sendiri merupakan salah satu lembaga di Jepang yang memberikan label halal.

Rajin-Rajinlah Melihat/Membaca Review Makanan Halal di Jepang

85 Best Spots in Japan

Tips terakhir yang mesti kamu lakukan adalah melihat/membaca review soal makanan halal di Jepang. Sejumlah review tersebut bisa kamu simak di beberapa video Youtube. Atau, kamu juga bisa mengunjungi situs Halal Media Japan. Situs ini merupakan salah satu situs yang konsisten me-review sejumlah makanan halal di Jepang. Bahkan, beberapa rekomendasi masjid dan tempat makan pun bisa kamu temukan di situs satu ini.

Bila tidak, kamu bisa membawa buku “85 Best Spots in Japan”. 85 Best Spots in Japan adalah sebuah buku panduan yang bisa membantumu menemukan oleh-oleh halal di Jepang, serta toko yang menjual oleh-oleh tersebut.

Bila tidak memiliki buku panduan tersebut, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Halal Minds di Google Play. Aplikasi satu ini bisa membantumu mengetahui halal tidaknya suatu produk. Caranya, scan barcode produk tersebut ke aplikasi satu ini. Nantinya, Halal Minds akan mengkonfirmasi apakah produk tersebut halal atau tidak.

Itulah beberapa oleh-oleh di Jepang yang halal, serta tips untuk mendapatkannya. Semoga membantumu menemukan oleh-oleh di Jepang yang halal, ya! Temukan juga oleh-oleh lainnya dari Jepang di artikel oleh-oleh makanan khas Jepang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram