10 Rekomendasi Oleh-Oleh yang Murah Meriah di Jepang

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 25 Juni 2019

Akomodasi ke Jepang mahal, ah!

Sebagian dari kamu pasti menganggap bahwa biaya berlibur ke Jepang sangat mahal. Ya, memang benar jika berlibur ke Jepang membutuhkan biaya mahal, tapi itu jika kita tidak pandai mengatur pengeluaran kita. Apabila kamu pandai berhemat saat berlibur ke Jepang, tentu saja biayanya tidak akan semahal itu kok!

Usaha menghemat pengeluaran saat liburan ke Jepang bisa disiasati dengan memilih barang yang murah untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ini Keluyuran akan merekomendasikan 10 barang murah yang bisa kamu beli sebagai buah tangan dari negeri sakura.

10 Oleh-oleh Khas Jepang yang Murah

1. Omamori

Omamori

* sumber: www.detouur.com

Benda pertama yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah omamori. Ini merupakan jimat yang bisa dibeli di Kuil Shinto atau Kuil Buddha. Omamori terbuat dari kain yang dijahit dengan bentuk yang menyerupai amplop angpao (yang biasa dipakai saat imlek).

Omamori terdiri dari beberapa jenis, ada Kaiun 開運 untuk mendapatkan keberuntungan, Shobai Hanjo 商売繁盛 agar sukses dalam bisnis dan pekerjaan, En Musubi 縁結び untuk segera memperoleh jodoh, dan masih banyak lagi. Biasanya, omamori ini akan digantung pada tas sebagai hiasan.

2. Furin

Furin

* sumber: www.goodfon.com

Jika kamu sering membaca komik atau menonton anime Jepang, kamu pasti sangat familiar dengan benda bernama furin ini. Ya, furin merupakan lonceng angin khas Jepang yang biasa digantung pada beranda rumah-rumah masyarakat Jepang. Lonceng ini akan berbunyi ketika tertiup angin.

Furin tersedia dalam beragam bentuk dan warna. Meskipun sederhana, benda ini bisa menjadi oleh-oleh yang manis untuk orang terkasih. Di Jepang, furin dijual mulai harga 500 – 1.000 yen saja.

3. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Tak ada oleh-oleh yang lebih ekonomis dibanding gantungan kunci. Oleh-oleh yang satu ini bersifat universal karena bisa dipakai mulai dari anak-anak sampai dewasa, tak peduli apa jenis kelamin mereka. Kalau ingin berburu oleh-oleh murah di Jepang, sebaiknya jangan lewatkan membeli gantungan kunci.

Adapun gantungan kunci khas Jepang yang bisa dipilih memiliki bentuk yang bermacam-macam, yakni bentuk Kokeshi Doll, Maneki Neko, sampai landmark yang ada di Jepang, seperti Tokyo Tower atau bangunan kuil-kuil di Jepang. Harga gantungan kunci dari Jepang juga beragam, ada yang 300 sampai dengan 1.000 yen.

4. Sensu

Sensu

Satu lagi barang murah yang bisa kita jadikan oleh-oleh khas Jepang, yaitu sensu atau kipas lipat khas negeri sakura. Kipas lipat ini biasa dibawa oleh wanita-wanita berkimono pada saat mereka menghadiri festival tertentu.

Motif sensu sangat bermacam-macam. Hampir semua motif yang ditawarkan semuanya cantik. Kamu bisa mendapatkan sensu mulai harga 100 yen saja, lho! Ada pula sensu yang harganya mencapai 1.000 yen. Namun, jika ingin cari yang murah sebaiknya pertimbangkan membeli sensu harga 100 yen saja.

5. Magnet

Magnet

Selain gantungan kunci, benda yang biasa dijadikan oleh-oleh murah meriah adalah magnet. Hiasan magnet ini nantinya bisa dipajang di pintu lemari es. Orang yang hobi mengumpulkan hiasan magnet dari berbagai negara pasti akan sangat senang ketika menerima oleh-oleh yang kamu berikan.

Pilih hiasan magnet yang “Jepang banget”, seperti magnet dengan bentuk landmark populer di Jepang atau ikon-ikon khas Jepang, misalnya seperti Tsurushi Bina. Biasanya harga hiasan magnet yang murah berkisar 700 – 1.000 yen.

6. Furikake

Furikake

* sumber: www.manga-audition.com

Opsi lain yang bisa dibeli sebagai buah tangan murah adalah furikake. Ini merupakan taburan rumput laut, prem kering, dan rempah-rempah lain yang tampilannya seperti abon. Furikake ini nantinya ditaburkan di atas nasi putih, sushi, atau onigiri.

Harga furikake ini sangat murah, yakni berkisar di angka 200 – 500 yen saja. Kamu bisa menemukan furikake dengan mudah di minimarket yang tersebar di hampir seluruh Jepang.

7. Kartu Pos

Kartu Pos

* sumber: livejapan.com

Ekonomis dan mudah diperoleh di mana saja. Ya, kartu pos selalu bisa dijadikan oleh-oleh murah yang tak akan lekang oleh waktu. Dari dulu hingga sekarang, kartu pos selalu menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin membawakan oleh-oleh untuk kerabat di tanah air saat kamu sedang berlibur di luar negeri.

Carilah kartu pos dengan gambar yang sangat ikonik dengan Jepang. Sebagai contoh, kartu pos dengan gambar Gunung Fuji atau pohon bunga sakura akan menjadi pilihan yang manis. Hanya dengan uang 150 - 300 yen saja kamu sudah bisa mendapatkan kartu pos khas Jepang ini. Mulai dari minimarket, bandara, sampai toko oleh-oleh di Jepang pasti menyediakan kartu pos.

8. Sumpit

Sumpit

Bila peralatan makan seperti mangkuk dan gelas khas Jepang dirasa terlalu mahal, pilih saja sepasang sumpit cantik khas Jepang. Di sejumlah minimarket atau toko oleh-oleh di Jepang pasti menyediakan sepasang sumpit kayu aneka warna dan motif. Motif yang paling diminati adalah motif bunga sakura.

Harga sepasang sumpit khas Jepang tentu bervariasi. Jika mujur, kamu bisa mendapatkan sepasang sumpit cantik dengan harga mulai 500 yen. Namun, jika ingin yang lebih eksklusif, belilah sumpit dengan kualitas yang lebih baik di atas 1.000 yen.

9. Tenugui

Tenugui

* sumber: www.4wd-networks.com

Nah, selanjutnya ada tenugui yang merupakan handuk cantik khas Jepang. Oleh-oleh yang satu ini sangat cantik dan tentu saja sangat bermanfaat bagi penerimanya. Tenugui tersedia dalam motif yang beragam. Untuk memperkuat benda ini sebagai oleh-oleh dari Jepang sebaiknya pilih yang motifnya “Jepang banget”.

Tips membeli tenugui adalah jangan ragu untuk membentangkan handuk ini agar kamu bisa melihat motifnya lebih jelas. Tenugui dijual mulai harga 800 yen. Akan tetapi, ada juga varian gift set yang sudah dibungkus rapi sebagai oleh-oleh dengan harga 4.000 yen.

10. Origami

Origami

* sumber: www.instructables.com

Origami adalah seni melipat kertas menjadi beragam bentuk yang unik. Seni ini membutuhkan ketelatenan dan keterampilan. Di Jepang, origami dijual sebagai souvenir. Meskipun proses pembuatannya memakan waktu yang tidak sebentar, tapi harga souvenir origami ini cukup terjangkau, mulai dari 300 – 1.000 yen.

11. Pasta Miso

Pasta Miso

* sumber: www.huffpost.com

Oleh-oleh nggak harus melulu berupa pajangan. Pasta miso juga bisa menjadi oleh-oleh yang murah bagi kamu yang ingin membawakan kelezatan sup miso khas Jepang untuk kerabatmu di rumah. Pasta miso ini adalah bahan baku untuk membuat sup miso. Dengan pasta ini, kita hanya perlu menyiapkan tahu dan rumput laut untuk isian sup miso. Harga pasta miso ini berkisar 100 – 200 yen di minimarket Jepang.

12. Makanan Ringan

Makanan Ringan

* sumber: nipponmart.co

Makanan ringan alias snack selalu bisa menjadi solusi yang praktis dan murah. Kalau ke Jepang, kamu bisa membelikan makanan ringan sebagai oleh-oleh. Adapun makanan ringan yang biasa dibawa pulang adalah Kit Kat, Chocobi, Tokyo Banana, dan Biskuit Tokyo Milk Cheese Factory. Biar lebih hemat, jangan berikan sebanyak satu kotak, melainkan satu orang mendapat beberapa bungkus saja.

Nah, inilah rekomendasi oleh-oleh murah yang bisa kamu beli di Jepang. Saatnya mempersiapkan diri dan uang jajan untuk berlibur ke Jepang. Cari tahu juga snack yang bisa kamu makan saat berada di Jepang dengan berkunjung ke artikel jajanan khas Jepang paling enak dan populer.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram