Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Cocok untuk Wanita

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra

Siapa sih yang menolak jika diajak liburan ke Jogja? Tidak heran jika Jogja menjadi salah satu daerah populer favorit para wisatawan. Kota pelajar yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Orang-orangnya yang ramah, suasana tempatnya yang bikin kangen memang membuat banyak orang selalu ingin datang lagi ke Jogja.

Tidak hanya itu, yang namanya liburan biasanya tidak terlepas dari membeli oleh-oleh. Biasanya kita membeli oleh-oleh untuk orang terdekat atau orang tersayang seperti ibu, kakak atau adik perempuan, istri, atau bahkan untuk pacar. Mungkin kamu lagi bingung memilih oleh-oleh apa yang tepat untuk diberikan pada wanita.

Nah, supaya kamu tidak bingung, simak 10 daftar oleh-oleh khas Jogja untuk wanita berikut ini.

1. Batik Jogja

Batik Jogja (Copy)

*

Berbicara soal oleh-oleh untuk wanita biasanya tidak terlepas dari fashion. Nah, salah satu fashion yang bisa kamu beli untuk wanita adalah batik khas Jogja. Karena jika berkunjung ke sana tidak lengkap rasanya jika tidak membeli batik khas Jogja. Jika kamu ingin membeli batik khas Jogja, kamu bisa mengunjungi pasar terkenal yang ada di sana yaitu pasar Beringharjo.

Di pasar tersebut, kamu bisa dengan puas memilih jenis batik, pola, model, dan ukuran yang beragam. Tidak hanya kain batik, kamu bisa membeli tas, dompet, sandal, taplak meja, syal dan lain-lain yang terbuat dari batik. Selain itu, kamu juga bisa menawar harga batik supaya bisa disesuaikan dengan budget kamu.

2. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak (Copy)

*

Umumnya wanita paling suka dikasih sesuatu yang berbau perhiasan. Tetapi perhiasan kali ini bukanlah perhiasan yang terbuat dari emas, melainkan terbuat dari perak. Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh berupa cincin untuk wanita, kamu bisa membeli cincin perak yang berlokasi di Kotagede.

Di sana merupakan pusatnya kerajinan perak mulai dari cincin, kalung, bros, miniatur, ornamen rumah dan lain-lain. Tidak perlu diragukan lagi kualitas perak yang ada di Kotagede karena hasil kerajinannya sudah terkenal hingga manca negara lho! Kamu juga tidak perlu khawatir dengan harganya, karena hanya di Kotagede kamu bisa membeli perhiasan untuk wanita dengan harga yang terjangkau.

3. Tas Kulit

Tas Kulit (Copy)

*

Salah satu barang lainnya yang disukai wanita adalah tas. Nah, jika kamu ingin membeli tas untuk wanita, kamu bisa membeli kerajinan kulit khas Jogja yaitu tas kulit. Daerah penghasil kerajinan kulit yang berkualitas berlokasi di desa wisata Manding yang berlokasi di Bantul, Jogja.

Di sana terdapat beragam model, ukuran, dan warna tas kulit yang cocok digunakan untuk wanita. Tidak hanya tas yang terbuat dari kulit, di sana juga tersedia, sandal, sepatu, hingga ikat pinggang yang terbuat dari kulit.

4. Tas Dowa

Tas Dowa (Copy)

* sumber: bonvoyagejogja.com

Selain tas kulit, kamu juga bisa membeli tas dowa untuk wanita. Tas dowa adalah tas rajut yang terbuat dari bahan nilon yang ditambahkan dengan vuring. Walaupun dibuat menggunakan tangan, kualitas tas ini tidak kalah bagus dibanding tas lainnya.

Tas dowa bisa menjadi oleh-oleh yang menarik karena terlihat unik dan tersedia dengan beragam motif dan warna yang cerah. Dijamin cocok banget untuk oleh-oleh khas Jogja untuk wanita.


5. Aksesoris Khas Jogja

Aksesoris Khas Jogja (Copy)

Memberikan oleh-oleh aksesoris juga akan membuat wanita senang. Kamu bisa membeli beragam aksesoris yang terbuat dari kayu dengan ukiran yang indah dan cantik.

Kamu juga tidak akan kesulitan mencari aksesoris khas Jogja yang satu ini karena banyak penjual yang menjajakan aksesoris tersebut di jalan Malioboro. Kamu bisa membeli kalung, gelang, gantungan kunci, bros, dan lain-lain.

6. Kerajinan Gerabah

Kerajinan Gerabah (Copy)

* sumber: humaspolresbantul.blogspot.com

Selain barang-barang yang telah disebutkan, wanita juga biasanya menyukai benda-benda yang bisa menjadi pajangan. Nah, salah satunya adalah kerjainan gerabah. Gerabah adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat dan biasanya diproduksi menjadi barang-barang yang cantik dan menarik.

Beberapa oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari gerabah dan yang cocok diberikan untuk wanita adalah guci, vas bunga, tempat lilin, bingkai foto, hiasan dinding, dan ornamen-ornamen cantik lainnya. Untuk membeli kerajian gerabah tersebut, kamu bisa datang ke desa Kasongan kabupaten Bantul, Jogja. Desa tersebut adalah pusat pembuatan kerajinan gerabah yang sudah sangat populer di kalangan para wisatawan.

7. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu (Copy)

* sumber: www.rianadewie.com

Setiap daerah wisata biasanya memiliki oleh-oleh kaos khasnya, termasuk Jogja. Di Jogja, oleh-oleh kaos yang paling terkenal adalah kaos Dagadu. Dagadu adalah kaos asli buatan anak muda Jogja lho! Kaos ini memiliki desain seni tingkat tinggi dan biasanya dipenuhi dengan motif kata-kata yang unik dan lucu serta motif-motif khas Jogja.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram