Wisata ke Kota Santri, Beli 10 Oleh-Oleh Khas Jombang Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jombang merupakan kota kecil di Jawa Timur yang berjarak kurang lebih 89 km dari Kota Surabaya. Dikenal sebagai “Kota Santri” karena Jombang memiliki banyak sekali pondok pesantren. Di kota ini pula, Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH. Abdurrachman Wahid, dilahirkan dan dimakamkan.

Kabupaten Jombang terkenal dengan wisata religinya. Di sini terdapat makam Gus Dur yang setiap harinya selalu ramai dikunjungi peziarah dari seluruh penjuru Nusantara. Jika kamu ada rencana untuk wisata religi di Jombang, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh Jombang. Apa saja sih oleh-oleh khas Jombang? Simak artikel yang satu ini, ya!

1. Tahu Pong

Tahu Pong

Tahu merupakan makanan yang banyak disukai orang. Beragam olahan tahu bisa dengan mudah ditemukan. Mulai dari tahu goreng, hingga sayur tahu bisa kamu coba. Beberapa daerah pun mengolah tahu menjadi makanan khas ataupun oleh-oleh khas setempat. Salah satunya adalah Tahu Sumedang. Namun ternyata, tahu juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Jombang.

Tahu Pong adalah salah satu olahan tahu yang merupakan oleh-oleh khas kota santri, Jombang. Terdapat dua jenis olahan tahu. Ada tahu original dan tahu crispy. Biasanya, Tahu Pong dimakan dengan cabe rawit hingga rasa pedas dan gurih yang dihasilkan dari tahu sangat terasa. Tahu Pong bertekstur lembut dan sangat gurih.

2. Jenang Kelapa Muda

Jenang Kelapa Muda

Jika di Garut ada Dodol, maka di Jombang ada Jenang. Sesuai dengan namanya, Jenang Kelapa Muda menggunakan bahan utama kelapa parut yang dicampur dengan terigu, tepung ketan, vanili, serta gula pasir. Kemudian dimasak dan menghasilkan Jenang Kelapa Muda yang legit dan enak. Setelah jadi, jenang dibentuk silinder memanjang dan dibungkus plastik.

Jenang Kelapa Muda khas Jombang ini biasanya banyak dipesan ketika jelang Hari Raya Idul Fitri. Satu kotaknya berisi 8 biji dengan harga Rp9.000, ada pula kemasan kiloan yang dijual dengan harga Rp33.000, sangat murah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasa yang dihasilkan sangat khas, sehingga banyak digemari masyarakat.

3. Jambu Bol Gondang Manis

Jambu Bol Gondang Manis

Kalau kamu suka buah-buahan, jangan lupa membawa buah yang satu ini ketika berwisata ke Jombang. Jambu Bol sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Seiring perkembangan zaman, terdapat sentra produksi Jambu Bol di Desa Gondang Manis, Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Maka dari itu, jambu ini kini dikenal dengan Jambu Bol Gondang Manis.

Jika buah sudah tua maka akan berwarna ungu kehitaman, dan jika masih muda berwarna merah muda keunguan. Bagian dalam buah berwarna putrih, teksturnya lunak dan lembut seperti diselimuti kapas. Rasanya sedikit agar dan segar. Buah Jambu Bol Gondang Manis ini wajib kamu bawa sebagai oleh-oleh.

4. Bolu Plemben

Bolu Plemben

Bolu Pelmben merupakan roti jadul khas Jombang yang sangat cocok dijadikan sebagai santapan pagi bersama susu ataupun untuk santai sore. Terdapat dua jenis Bolu Plemben, yaitu roti basah dan roti kering. Roti basah hanya tahan beberapa hari saja, sedangkan roti kering lebih tahan lama hingga satu bulan.

Tak ada perbedaan rasa antara roti basah dan roti kering. Hanya beda cara pembuatan dan penyajiannya saja. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, Bolu Plemben kering dijual hanya Rp4.000 saja per pack-nya. Sedangkan Bolu Plemben basah hanya Rp3.200 per pack. Kamu bisa membawa salah satu atau bahkan keduanya sebagai oleh-oleh.

5. Kerupuk Beras

Kerupuk Beras

Kerupuk selalu menjadi pelengkap makanan. Tak lengkap rasanya jika makan tanpa kerupuk yang renyah dan gurih. Di Jombang, ada kerupuk yang terbuat dari adonan nasi, kemudian ditumbuk dan diberi bumbu rempah. Setelah itu adonan dijemur dan siap digoreng kapan saja. Kerupuk Beras khas Jombang ini sering juga disebut “gendar”.

Kerupuk Beras memberikan rasa yang gurih dan khas. Cocok untuk dijadikan pendamping nasi maupun sebagai cemilan di kala santai. Kerupuk Beras dapat dengan mudah kamu temukan  di pasar tradisional dan toko oleh-oleh di Kabupaten Jombang.

6. Onde-Onde Kacang Merah

Onde-Onde Kacang Merah

Makanan berbentuk bulat dan ditabur biji wijen ini tentu tak asing lagi didengar. Onde-Onde namanya. Jajanan pasar banyak disukai masyarakat. Biasanya, Onde-Onde berisi kacang hijau dengan diameter kurang lebih 5 cm. Meskipun kini ada pula variasi Onde-Onde berukuran kecil.

Lain halnya dengan makanan khas Jombang yang satu ini. Onde-Onde Jombang bukan berisi kacang hijau, melainkan kacang merah. Onde-Onde Kacang Merah ini memiliki cita rasa yang khas, berbeda dengan Onde-Onde berisi kacang hijau. Meski saat ini sudah jarang yang menjual, kamu tetap bisa membelinya sebagai oleh-oleh di daerah Mojowarno, Jombang.

7. Brondong Ketan

Brondong Ketan

* sumber: adadijombang.blogspot.com

Jika brondong pada umumnya terbuat dari jagung, lain halnya dengan Jombang. Di sini, brondong terbuat dari ketan sebagai bahan utamanya. Brondong Ketan memiliki tekstur yang lengket dari gula karamel. Brondong ketan dibentuk bulat-bulat dengan rasa yang manis dan renyah ketika digigit.

Brondong Ketan biasa dijadikan sebagai cemilan untuk bersantai. Makanan ringan ini dengan mudah kamu temukan di pasar tradisional ataupun toko oleh-oleh di Kabupaten Jombang. Makanan ini dipatok dengan harga yang sangat murah. Hanya Rp1.000/pcs kamu sudah bisa menikmati Brondong Ketan khas Jombang.

8. Donat Kampoeng

Donat Kampoeng

* sumber: dku-pusat-oleholeh-souvenir.blogspot.com

Donat merupakan kudapan yang disukai semua orang. Hampir di setiap daerah terdapat makanan manis yang lezat satu ini. Donat Kampoeng bertekstur lembut dan lezat ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika wisata ke Kabupaten Jombang.

Donat Kampoeng ini dibuat dengan cara tradisional, tetapi rasa yang dihasilkan tidak kalah dengan donat modern. Produsen Donat Kampoeng yang paling terkenal di Jombang adalah Donat Kampoeng Utami. Di sini kamu bisa mendapatkan donat lezat dengan beragam topping sesuai seleramu.

9. Manik-Manik Kaca

Manik-Manik Kaca

* sumber: jombangcityguide.blogspot.com

Selain makanan, Jombang juga memiliki kerajinan Manik-Manik Kaca yang berasal dari Desa Plumbon Gambang, Gudo, Kabupaten Jombang. Sentra industri ini sudah jalan sejak zaman dahulu. Meski tak ada bukti bahwa kerajinan ini berkaitan dengan zaman pra-sejarah, tetapi Manik-Manik Kaca khas Jombang ini sudah tersebar hingga ke Negara lain.

Kerajinan Manik-Manik Kaca khas Jombang tidak memiliki motif khusus. Namun, kerajinan ini banyak disukai orang, hingga akhirnya dijadikan sebagai oleh-oleh yang dicari ketika berlibur ke Kabupaten Jombang.

10. Pernak Pernik Gus Dur

Pernak Pernik Gus Dur

Jombang merupakan tanah kelahiran sekaligus tempat Gus Dur dimakamkan. Karena itu, Kabupaten Jombang selalu ramai dikunjungi. Rasanya tak lengkap jika ziarah ke makam Gus Dur yang berlokasi di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang tak membeli pernak-pernik yang dijual di sini.

Pernak-Pernik Gus Dur sebenarnya hanyalah pernak-pernik yang dijual di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Namun karena banyaknya pengunjung berziarah ke makam Gus Dur, maka pernak-pernik yang dijual di sini menjadi salah satu oleh-oleh Jombang yang tak boleh terlewat.

Sudah tahu kan, apa saja oleh-oleh khas Jombang yang bisa kamu bawa untuk sanak saudara di rumah? Mulai dari makanan, hingga pernak-pernik bisa kamu jadikan sebagai buah tangan. Jadi, jangan sampai lupa untuk membawa oleh-oleh sepulang dari Jombang, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *