10 Oleh-Oleh Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 3 Mei 2021

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di tanah air yang menarik untuk dikunjungi. Selain dikenal karena kekayaan alamnya yang melimpah, di sana juga terdapat beragam kuliner unik yang kerap menjadi buruan para pelancong dari berbagai daerah.

Nah, jika kamu bingung mencari oleh-oleh untuk keluarga, maka beberapa oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang akan Keluyuran bahas kali ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.  Apa saja itu? Yuk, kita simak daftarnya dalam artikel berikut:

1. Bingke

Bingke

Bingke adalah salah satu kuliner khas Kalimantan Barat yang kerap dihidangkan menjelang bulan Ramadhan. Bingke sendiri merupakan kue khas Kalimantan yang cukup banyak digemari karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Bingke sendiri terbuat dari bahan  dasar terigu dan tepung beras yang dicampur dengan butir telur, gram, gula pasir, dan santan. Karena rasanya yang enak sekaligus unik, masyarakat sendiri kerap menjadikan kuliner satu ini sebagai buah tangan untuk keluarga.

2. Coklat Lidah Buaya

Coklat Lidah Buaya

Oleh-oleh selanjutnya yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat adalah coklat lidah buaya. Coklat lidah buaya menjadi oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan lokal maupun luar daerah yang sedang berkunjung ke wilayah tersebut.

Lidah buaya sendiri adalah salah satu komoditas di Kota Pontianak yang menjadi ikon makanan khas di kota tersebut. Selain cita rasanya yang lezat, coklat lidah buaya juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. So, tak heran jika salah satu kuliner khas ini kerap diburu oleh masyarakat untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang

Kerupuk adalah salah satu sajian yang sangat populer di tanah air. Kerupuk memiliki beragam jenis serta rasa yang berbeda di setiap daerah. Nah, salah satu kerupuk yang khas di Kalimantan Barat adalah kerupuk Amplang. Kerupuk Amplang terbuat dari bahan dasar ikan seperti tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih), yang dicampur tepung kanji dan rempah-rempah khas lainnya.

Sajian kuliner yang memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah ini memang sangat pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, jika kamu sedang berada di wilayah Kalimantan Barat, maka jangan lewatkan camilan unik yang satu ini.

4. Manisan Kandis Salju

Manisan Kandis Salju

Oleh-oleh khas selanjutnya yang tidak kalah menarik di Kalimantan Barat adalah Manisan Kandis Salju. Manisan Kandis sendiri adalah jenis manisan kering yang terbuat dari asam Kandis. Kandis sendiri adalah buah yang berasal dari tanaman liar di tengah hutan yang memiliki cita rasa asam dan sedikit manis.

Produk olahan yang satu ini dikenal memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Nah, selain khasiatnya yang baik bagi kesehatan, manisan yang satu ini juga mampu bertahan cukup lama. Hal inilah yang membuat makanan khas ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi sanak dan saudara.

5. Lempok Durian

Lempok Durian

Durian adalah salah satu jenis buah-tropis yang memiliki daya tarik, mulai dari cita rasanya hingga penampilannya yang unik. Kalimantan Barat sendiri dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah durian. Masyarakat kerap membuat sajian unik yang terbuat dari buah ini. Salah satunya yang diberi nama Lempok durian.

Lempok sendiri merupakan camilan semi basah yang terbuat dari daging buah durian yang dimasak bersama gula hingga mengental. Lempok durian sangat enak dinikmati dengan teh pada pagi atau sore hari. Oleh-oleh ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin menikmati buah durian dengan cara yang berbeda.

6. Minuman Lidah Buaya

Minuman Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan. Selain biasa digunakan untuk perawatan kulit bagian luar, lidah buaya juga kerap dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Lidah buaya memiliki kandungan serat tinggi serta kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, produksi lidah buaya yang cukup banyak di Kalimantan Barat menghasilkan salah satu produk olahan dari lidah buaya yang cukup digemari oleh masyarakat, yaitu minuman lidah buaya. Selain karena cita rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat baik dari tumbuhan ini menjadi daya tarik tersendiri.

7. Kacang Piinatsu

Kacang Piinatsu

Nah, jika kamu salah satu penggemar camilan yang renyah dan gurih. Kacang Piinatsu bisa menjadi pilihan yang pas. Karena Piinatsu adalah kacang tanah yang diolah dengan balutan tepung dan bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa gurih, asin dan juga manis. Kacang Piinatsu memiliki sensasi renyah dan garing.

Kuliner yang satu ini sangat cocok dinikmati saat menghabiskan waktu santai bersama keluarga. Nah, jika kamu sedang bertugas atau menghabiskan waktu liburan di Kalimantan Barat, maka jangan lupa untuk membeli camilan yang satu ini sebagai oleh-oleh.

8. Sirup Sengkit

Sirup Sengkit

Oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang juga sayang untuk dilewatkan adalah sirup Sengkit. Sirup Sengkit adalah sajian minuman yang terbuat buah sengkit, plum dan campuran gula sebagai bahan dasarnya. Sengkit sendiri merupakan jenis jeruk limau yang berasal dari Pontianak. Buah ini kerap  dijadikan bahan untuk membuat sambal karena memiliki cita rasa khas.

Sirup Sengkit memiliki cita rasa asam dan juga manis. Nah, untuk menjaga cita rasa asli dari minuman ini, produsen sendiri biasanya membuat minuman ini tanpa bahan pengawet dan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Cara pembuatan minuman sangat sederhana, yaitu dengan mencampur sirup dengan air dingin atau panas sesuai selera.

9. Pisang Srikaya

Pisang Srikaya

Oleh-oleh unik lainnya yang bisa kamu bawa pulang dari Kalimantan Barat adalah Pisang Srikaya. Sajian ini terbuat dari pisang jenis nipah, jenis pisang yang cukup digemari oleh masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya. Masyarakat sendiri kerap menyajikan menu pisang ini dengan selai srikaya yang memiliki cita rasa asam manis yang nikmat.

Pisang nipah atau dikenal juga dengan pisang kepok ini merupakan salah satu jenis pisang yang cukup banyak dibuat ke dalam oleh berbagai sajian unik, dimana salah satunya adalah pisang srikaya asal Kalimantan Barat.

10. Kopi Sepok

Kopi Sepok

Jika kamu pencinta kopi sejati, maka wajib untuk membawa Kopi Sepok sebagai oleh-oleh yang khas dari Pontianak. Kopi Sepok sendiri adalah jenis kopi Robusta yang ditanam di daerah dataran rendah yang terdapat di kawasan desa Punggur. Desa Punggur sendiri dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi robusta terbaik yang ada di daerah Kalimantan Barat.

Masyarakat sendiri mengolah kopi satu ini dengan cara yang masih tradisional. Hal inilah yang membuat kopi Sepok memiliki sensasi aroma kopi alam yang nikmat dan berbeda jenis kopi yang ada di tempat lain.

Demikian 10 Oleh-oleh khas Kalimantan Barat yang berhasil Keluyuran bahas untuk kamu. Indonesia memang terkenal memiliki beragam kuliner menarik yang sayang untuk dilewatkan. Nah, kira-kira oleh-oleh mana yang membuat kamu penasaran? Tulis komentar di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram