8 Oleh-Oleh Khas Karawang yang Wajib Dibawa Pulang

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 14 April 2020

Karawang adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal sebagai pusat industri. Ada banyak perusahaan besar yang mendirikan pabriknya di Karawang, sehingga daerah ini banyak diserbu oleh pekerja dari berbagai daerah lain di Indonesia. Selain itu, tidak banyak yang tahu bahwa Karawang juga nyatanya memiliki banyak tempat wisata menarik seperti salah satunya adalah wisata curug atau air terjun.

Letaknya yang berdekatan dengan ibu kota Jakarta dan didukung dengan adanya jalur transportasi nasional yang melewati Karawang, membuat perekonomian di daerah ini cukup menggeliat, bukan hanya di bidang industri, namun juga wisata dan kulinernya.

Ada banyak makanan khas Karawang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah atau teman di kantor. Jika Anda sedang berkunjung atau melewati daerah Karawang, Anda mesti mencoba mencicipi atau membeli oleh-oleh khas Karawang yang populer berikut ini.

1. Surabi Hijau/Hejo

Surabi Hijau

*Sumber: https://youtu.be/RPC4XhpGdyg

Surabi atau serabi adalah kue tradisional yang umum ditemukan di wilayah Jawa Barat, termasuk di Karawang. Kudapan dengan rasa manis (dari gula merah cair) dan asin (dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui) ini biasanya dimasak dengan tungku dan dijajakan di pagi hari yang dingin.

Salah satu hal yang membuat surabi Karawang berbeda dengan surabi dari daerah lain adalah tampilannya yang berwarna hijau (menggunakan pewarna alami dari daun pandan), sehingga sering disebut dengan surabi hijau atau hejo. Agar semakin nikmat, surabi hijau ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula dan santan.

Karena popularitasnya yang tinggi (sudah sampai Istana Negara!), banyak orang yang berburu surabi hijau ketika berkunjung ke Karawang. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa membawa pulang beberapa bungkus surabi hijau ini dan membagikannya dengan keluarga di rumah.

2. Opak Ketan Khas Karawang

Opak Ketan Khas Karawang

Opak adalah makanan ringan khas Sunda yang sudah populer sejak lama. Camilan ini mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jawa Barat, sehingga sering dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Nah, salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan opaknya adalah kampung Rawagede di Karawang.

Opak ketan khas Rawagede, Karawang dikenal memiliki rasa yang gurih, tekstur yang renyah, dan bentuk yang lebih kecil. Karena rasanya yang khas, makanan yang terbuat dari beras ketan dan kelapa parut sebagai bahan utamanya ini banyak disukai oleh masyarakat dan wisatawan.

3. Kue Gonjing

Kue Gonjing

* sumber: krawang.id

Kue gonjing yang di Bandung dikenal dengan sebutan kue bandros ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat yang legendaris. Bahan utama pembuatan kue ini hampir sama dengan surabi, yaitu tepung beras dan santan yang dilengkapi dengan kelapa parut dan daun suji.

Jika masyarakat Bandung terbiasa dengan bandros asin gurih, maka masyarakat Karawang dan beberapa daerah di sekitarnya biasa menyantap bandros manis dengan taburan gula pasir. Agar lebih nikmat, kue gonjing ini biasa disajikan dengan teh manis atau kopi.

Kue gonjing dibuat dengan cetakan setengah lingkaran yang mirip dengan kue pukis. Harga kue ini cukup terjangkau, sehingga bisa dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Jika Anda sedang berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk membeli kue gonjing sebagai oleh-oleh.

4. Sirup Kawista

Sirup Kawista

Kawista adalah nama buah dari keluarga jeruk-jerukan yang disebutkan berasal dari kawasan India selatan hingga Asia Tenggara, termasuk Jawa dan Nusa Tenggara. Karena kurang dikenal sebagai buah pasar, buah yang mengandung kola ini biasanya diolah menjadi sirup yang menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Nah, di Karawang terdapat industri rumahan yang memproduksi sirup kawista yang sudah populer di berbagai daerah di Indonesia. Jika Anda ingin merasakan minuman kola berkarbonasi khas lokal, maka Anda perlu mencoba sirup kawista. Minuman ini cocok disajikan dingin-dingin dan diminum saat dahaga di hari yang panas.

Selain sirup, beberapa masyarakat Karawang juga telah berinovasi dengan membuat produk-produk makanan dari buah kawista, seperti stick kawista, bolu kawista, selai kawista, dan jelly kawista. Sirup kawisata adalah oleh-oleh langka dan unik yang wajib Anda beli saat berkunjung ke Karawang.

5. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot

* sumber: dishub.karawangkab.go.id

Kerupuk bontot adalah kerupuk udang khas Karawang yang penjualannya sudah menembus pasar mancanegara. Disebut "bontot" karena bagian ujung dari adonan kerupuk udang ini tidak bisa dipotong lagi. Kecamatan Rengasdengklok yang populer sebagai tujuan wisata sejarah merupakan pusat industri kerupuk bontot di Karawang.

Kerupuk bontot memiliki cita rasa yang unik karena proses pembuatannya berbeda dari kerupuk udang yang lain. Saat disajikan, kerupuk bontot terasa sangat legit karena adonannya dicampur dengan susu. Teksturnya juga agak kenyal karena potongan yang lebih tebal (tidak tipis seperti kerupuk udang biasa yang ketika digoreng akan renyah).

Karena cukup sulit ditemukan di daerah lain, maka kerupuk bontot ini adalah makanan yang wajib Anda beli saat sedang jalan-jalan di Karawang.

6. Gegeplak Karawang

gegeplak

* sumber: www.indonesiakaya.com

Gegeplak Karawang adalah kue tradisional yang sejenis dengan kue geplak yang berasal dari Bantul, Yogyakarta. Namun, gegeplak Karawang ini dibuat dengan resep yang khas, membuatnya berbeda dengan kue sejenis yang lain.

Dengan bahan-bahan yang sederhana, gegeplak Karawang sangat mudah dibuat dalam jangka waktu yang tidak lama. Jika Anda sudah pernah mencoba geplak Yogyakarta yang berwarna-warni, maka Anda juga perlu mencoba gegeplak Karawang yang sederhana namun lezat.

7. Bolu Kijing Khas Karawang

Bolu Kijing

Oleh-oleh khas Karawang lainnya adalah bolu kijing yang merupakan camilan manis gurih yang banyak ditemukan di daerah Karawang. Disebut "kijing" karena makanan ringan ini memiliki bentuk yang mirip dengan kijing, sejenis kerang yang hidup di dasar sungai dan kolam-kolam ikan.

Bolu kijing khas Karawang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Hingga saat ini bolu kijing masih dibuat dengan cara-cara tradisional, sehingga cita rasanya tetap terjaga. Meskipun dibuat tanpa bahan pengawet, bolu kijing dapat bertahan hingga seminggu lamanya, sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan ketika pulang dari Karawang.

8. Ganastori

Ganastori

* sumber: www.resepkuerenyah.com

Ganastori atau gandasturi di daerah lain merupakan jajanan tradisional khas Nusantara yang masih bisa ditemukan di beberapa lokasi di Karawang. Kue kacang hijau yang dibungkus dengan tepung dan digoreng ini memiliki rasa lezat, gurih, dan renyah (dari kremesnya).

Karena sudah termasuk jajanan lokal yang langka, ganastori adalah makanan yang wajib Anda coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh ketika Anda menemukan kedai yang menjualnya.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Karawang yang mesti Anda coba dan bawa pulang ke rumah. Beberapa makanan di atas sudah cukup langka di pasaran, sehingga untuk menemukannya membutuhkan sedikit upaya. Dengan membeli produk kuliner lokal, Anda secara tidak langsung ikut melestarikan budaya Indonesia yang sangat kaya.

Keluyuran sudah membuat tulisan mengenai oleh-oleh khas daerah lain di Indonesia yang lain, seperti oleh-oleh khas Garut dan oleh-oleh khas Bogor. Ada pula bahasan mengenai oleh-oleh dari dunia internasional, seperti oleh-oleh khas Turki dan oleh-oleh khas Thailand.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram