8 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditulis oleh Winda Widyaningsih - Diperbaharui 10 November 2020

Jawa Tengah memiliki berbagai kota dan kabupaten yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Salah satunya adalah Kebumen. Kota yang dikenal dengan sebutan kota ngapak ini, menyimpan berbagai tempat wisata yang menakjubkan mulai dari tempat yang memiliki nilai sejarah hingga wisata alam pantai yang indah.

Ketika berlibur, salah satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk kerabat atau orang tercinta. Di Kebumen sendiri terdapat berbagai jenis oleh-oleh yang bisa kita beli. Berbagai jenis jajanan dan souvenir dapat kita beli dengan mudah di pusat oleh-oleh yang banyak tersebar di sepanjang jalan.

Kabupaten yang berbatasan dengan Banjarnegara dan Cilacap ini memiliki bermacam-macam makanan khas yang menjadi signature untuk oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung. Lalu, apa saja makanan dan oleh-oleh khas Kebumen yang wajib dibeli saat berkunjung ke kota lawet ini. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Lanting

Lanting

Seakan sudah menjadi primadona dari kota ini, lanting adalah salah satu camilan khas dari Kota Kebumen. Lanting dibuat dengan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Dengan campuran bumbu seperti garam, bawang putih dan merica, lanting diolah menjadi cemilan yang renyah dan gurih.

Jika dulu lanting hanya mempunyai rasa asin dan gurih saja, kini para produsen lanting sudah memberikan variasi rasa yang beragam mulai dari rasa pedas manis, keju, hingga coklat. Yang unik dari lanting adalah bentuknya yang menyerupai angka delapan. Biasanya lanting original akan diberi warna merah muda dan putih.

Untuk membeli camilan yang satu ini, kamu pastinya tidak akan kesulitan. Karena hampir di setiap pusat oleh-oleh di Kebumen akan menjual lanting. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa memborong lanting untuk oleh-oleh orang dirumah.

2. Sagon

Sagon

Makanan khas Kebumen yang satu ini, selain hanya sebagai jajanan tradisional namun juga merupakan salah satu kue kering yang wajib ada saat ramadhan atau hari raya lebaran. Sagon dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan. Proses pembuatannya juga tidak jauh beda dengan berbagai kue kering pada umumnya.

Terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, kue sagon kemudian dipanggang hingga kering. Bentuknya yang pipih tipis memanjang, membuat camilan ini cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Untuk membawa kue sagon sebagai buah tangan, kamu tidak perlu khawatir dengan harganya. Kamu cukup menyiapkan uang mulai dari Rp15.000 saja. Kue sagon juga banyak dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh.

3. Sale Pisang

Sale Pisang

Makanan yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian banyak orang. Makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang ini, banyak dijumpai di berbagai kota. Bahkan hampir di setiap pusat toko oleh-oleh di luar Kebumen, sale pisang selalu saja ada.

Yang membedakan sale pisang khas kebumen dengan kota lain adalah bentuknya. Sale pisang khas Kebumen diolah dengan cara diiris tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Tujuan penjemuran sale pisang adalah agar sale pisang bisa bertahan lama tanpa harus menggunakan bahan pengawet. Setelah kering, sale pisang kemudian di goreng dengan balutan tepung tipis.

Jika kamu ingin membeli sale pisang sebagai buah tangan saat berkunjung ke Kebumen, maka kamu tidak akan kesulitan mencari penjual sale pisang yang manis dan renyah ini. Dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 kamu sudah bisa membeli sale pisang yang renyah ini.

4. Golak

Golak

Serupa dengan lanting, golak merupakan makanan khas Kebumen yang juga memiliki bentuk yang unik yaitu sama-sama memiliki bentuk menyerupai angka delapan. Selain itu, golak juga disajikan dengan cara yang tidak biasa. Jika kebanyakan makanan disajikan dalam bingkisan yang cantik, golak disajikan dengan cara digantungkan merenteng pada sebilah bambu.

Mulanya, golak banyak diperjual belikan saat sedang ada pertunjukkan seni, seperti saat diadakan acara wayang kulit. Namun, saat ini acara kesenian seperti itu sudah jarang diadakan. Oleh karena itu, para penjual golak juga semakin sulit untuk ditemui.

Golak dibuat dengan cara yang lumayan rumit. Berbahan dasar singkong yang diparut, golak memiliki citarasa yang gurih. Singkong yang sudah diparut kemudian diperas dan dipisahkan antara air dan ampasnya. Setelah saripati singkong mengendap, kemudian dicampurkan dengan ampas singkong dan diberi sedikit garam. Kemudian dikukus hingga matang.

Tidak berhenti sampai disitu, adonan singkong yang sudah dikukus dan dingin kemudian dihancurkan kembali dengan cara diremas-remas. Apabila adonan sudah hancur sepenuhnya, barulah adonan dibentuk hingga menyerupai angka delapan. Goreng adonan hingga matang dan golak siap untuk dinikmati.

5. Jipang Kacang

Jipang Kacang

Jipang kacang merupakan jajanan khas Kebumen yang terbuat dari kacang dan karamel. Dengan citarasa yang manis dan gurih cemilan ini cocok untuk dijadikan buah tangan ketika kalian berkunjung ke Kebumen. Cara membuat jipang kacang yang sampai saat ini masih dilakukan secara tradisional, tidaklah sulit.

Kacang tanah yang sudah dikupas kemudian dimasak dengan menggunakan pasir atau disebut juga dengan disangan. Jika sudah matang, kemudian kulit dalam kacang dikupas hingga bersih. Sebelum dimasak dan dicampurkan dengan karamel yang terbuat dari gula merah dan minyak sayur, kacang terlebih dahulu dihancurkan hingga setengah bubuk.

Jipang kacang yang sudah matang, kemudian dicetak dan diiris sesuai ukuran yang diinginkan. Untuk jajanan ini, kamu cukup menyiapkan budget mulai dari Rp2000/buah. Bagaimana, tertarik untuk mencoba cemilan ini?

6. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng

Daerah Kebumen yang berdekatan dengan pantai, membuat beberapa masyarakat sekitar pantai memanfaatkan hewan laut sebagai makanan. Salah satunya yaitu yutuk. Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang memiliki cangkang dan serupa dengan undur-undur. Hewan ini banyak ditemui di sekitar pesisir pantai Petanahan, Kebumen.

Yutuk goreng khas Kebumen diolah dengan cara yang sederhana. Yutuk yang sudah dicuci bersih kemudian digoreng menggunakan tepung beras seperti rempeyek. Namun ada beberapa masyarakat juga yang mengolah yutuk ini menjadi bakwan. Makanan ini cocok untuk kamu yang suka dengan makanan yang anti mainstream atau unik.

Yutuk goreng biasanya dijual dengan nasi pecel. Dengan harga mulai dari Rp5.000 maka sepaket nasi pecel dan yutuk goreng khas Kebumen sudah bisa kamu nikmati. Jika kamu hanya ingin membeli yutuk goreng saja tanpa nasi pecel, maka harganya akan lebih murah, yaitu cukup Rp1.000 saja. Rasa yutuk goreng yang gurih dan renyah, akan membuat kamu ketagihan. Penasaran mencoba?

 7. Emping mendem

Emping mendem

Jika di daerah Solo atau Jawa Tengah lainnya emping diolah sebagai cemilan yang tipis dan renyah hingga menyerupai kerupuk, maka lain halnya dengan emping yang ada di Kebumen. Sebagai ciri khas dari Kebumen, emping melinjo diolah dengan cara yang berbeda.

Emping mendem khas Kebumen ini memiliki bentuk yang lebih kecil, padat dan sedikit keras. Tidak hanya memiliki satu jenis rasa, emping mendem diproduksi dengan berbagai varian rasa yang beragam. Mulai dari rasa original, pedas, manis, dan asin. Untuk kamu yang ingin membeli oleh-oleh untuk orang tercinta atau kerabat, maka tidak ada salahnya untuk membeli jajanan ini.

8. Jenitri

Jenitri

Selain hanya jajanan dan makanan saja, Kebumen juga memiliki oleh-oleh yang sangat khas. Yaitu kerajinan tangan jenitri. Yang istimewa dari aksesoris ini adalah bukan hanya wisatawan lokal saja yang mencarinya, namun wisatawan mancanegara juga banyak mencari dan membeli kerajinan tangan jenitri ini.

Jenitri adalah sebuah biji yang dihasilkan dari pohon jenitri yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Biji-biji jenitri dimanfaatkan untuk dijadikan tasbih, gelang, gantungan kunci, atau cincin.

Untuk membeli kerajinan tangan jenitri kamu perlu menyiapkan uang mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu rupiah. Tergantung jenis dan ukuran kerajinan tangan apa yang dibeli. Uniknya, kerajinan tangan jenitri ini dipercaya bisa awet hingga ratusan tahun lho. Itulah mengapa banyak sekali wisatawan yang membeli souvenir khas Kebumen yang satu ini.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Kebumen yang patut untuk kamu beli untuk menjadi buah tangan. Untuk kamu yang menyukai camilan, maka lanting, jipang kacang, emping mendem dan jipang kacang akan pas untukmu. Atau ingin mencoba makanan yang lain daripada yang lainnya, maka kamu bisa mencoba membeli yutuk goreng.

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan akan membeli oleh-oleh apa setelah pulang dari Kebumen? Jika kamu memiliki saran lain oleh-oleh khas Kebumen apa lagi yang bisa dibeli saat mengunjungi Kebumen, jangan lupa tuliskan di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram