Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Kendari Favoritnya Para Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Februari 2020

Kalau diminta untuk menjelajah Pulau Sulawesi, kemana kamu akan menginjakan kaki? Beberapa di antaranya akan menyebutkan Makassar atau Manado. Bahkan langsung saja ke Wakatobi. Tapi bila kamu ingin yang menawarkan keindahan alam mempesona sekaligus tempat seru anti-mainstream, bisa memilih Kendari.

Sebut saja Pulau Labengki, Pulu Bokori, Pantai Nambo, Air Terjun Moramo, Mangrove Bungkutoko adalah tujuan wisata di Kendari. Jangan tanya pesonanya. Menakjubkan! Apabila kamu memutuskan untuk solo traveling ke Kendari, jangan lupa beli oleh-oleh khasnya.

Nah, simak 10 oleh-oleh khas Kendari yang paling banyak dipilih wisatawan versi Keluyuran beserta tempat membelinya berikut ini!

1. Bolu Kukus Mete

Bolu Kukus Mete

Kalau kamu menyukai kacang mete, pas sekali bertandang ke Kendari. Pasalnya ibukota Sulawesi Tenggara ini memang surganya kacang mete. Saking banyaknya, kacang mete dijadikan oleh-oleh, baik kacangnya atau olahan makanan. Berbagai olahan makanan dari kacang mete bisa banyak ditemukan. Salah satunya Bolu Kukus Mete.

Kalau selama ini kita tahu bolu kukus hanya tepung terigu saja, berbeda di Kendari. Sudah pasti terbuat dari kacang mete dengan keunikan rasa yang menggugah selera. Bentuknya memang seperti bolu kukus pada umumnya. Tapi rasanya tentu berbeda.

2. Cokelat Mete

Cokelat Mete

Pencinta cokelat perlu banget mencoba oleh-oleh khas Kendari satu ini. Kacang mete dipasangkan dengan cokelat merupakan pilihan sempurna. Gurih dari kacang mete berpadu dengan cokelat manis. Cemilan ini mampu untuk membuat dirimu lebih rileks. Bisa dijadikan sebagai teman ngobrol dengan sahabat.

3. Mete Paket 5 Rasa

Mete Paket 5 Rasa

Mau kacang metenya saja sebagai oleh-oleh? Bisa! Mau kacang mete dengan rasa beragam? Juga bisa! Bahkan kamu tak hanya bisa memberikan tiga rasa tapi lima sekaligus. Mete paket 5 rasa ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Kendari yang paling pas dipilih untuk diberikan ke orang tersayang di kota asal.

Mau tahu rasa apa saja? Nah, kamu bisa membeli mete paket lima rasa dengan pilihan rasa original, madu, keju, pedas, tepung, rasa balado, dan sebagainya. Ada juga yang menambahkan rasa bumbu thailand. Variasi rasa ini tergantung dari toko oleh-oleh yang kamu sambangi.

4. Keripik Mete

Keripik Mete

Mau oleh-oleh yang khas Kendari banget? Coba pilih olahan dari kacang mete, misalnya saja Keripik Mete. Mete yang selama ini dilihat dalam bentuk kacang akan terlihat dalam bentuk keripik. Unik, ya? Tak hanya rasa original, kamu pun bisa menikmati bermacam-macam rasa. Harganya pun terjangkau, hanya Rp25.000 saja.

5. Mete Goreng

Mete Goreng

Yang original memang tak pernah gagal memberikan kenikmatan. Kendari memang terkenal dengan kacang mete. Berbagai olahan makanan dari kacang mete pun banyak sekali pilihannya. Namun, kacang mete goreng yang original sudah paling mantap. Kamu bisa membeli dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan. Hati-hati nagih, ya!

6. Brownte Kendari

Brownte Kendari

Kalau sudah mencoba semua jenis oleh-oleh olahan kacang mete khas Kendari, coba deh yang baru ini. Namanya Brownte. Brownte adalah brownies kacang mete. Jangan samakan dengan brownies biasa. Brownte berbeda dan lebih enak karena terdapat kacang mete di dalamnya.

Sebenarnya Brownte adalah kue artis kekinian yang diusung oleh Arie Untung dan Fenita Arie. Rasa browniesnya cukup beragam. Mulai dari chocolatte, cheese, red velvet, serta green tea. Tak hanya itu, ada juga roti kasur, bolu gulung, brownte birthday cake, sampai brownte bolu. Mana yang akan kamu pilih untuk oleh-oleh?

7. Abon Ikan Marlin

Abon Ikan Marlin

Abon adalah makanan yang membantu banyak orang. Pasalnya dengan nasi putih hangat ditambah abon, kamu bisa makan siang dengan cepat, mengenyangkan, dan nagih. Kalau biasanya kamu menemukan abon terbuat dari daging sapi atau daging ayam, berbeda di Kendari.

Di Kendari, kamu bisa menemukan abon yang terbuat dari ikan marlin. Ikan marlin ini merupakan ikan yang cukup banyak ditemukan di perairan sekitar Kendari. Jadi jangan kaget bila abon ikan marlin memiliki kualitas baik karena segarnya si ikan marlin.

8. Bagea

Bagea

Mungkin kamu tahu bahwa Bagea berasal dari Maluku. Tapi, Kendari juga punya Bagea. Bagea terbuat dari tepung sagu, gula merah, pala, serta kayu manis. Lalu adonan dicetak, dibungkus daun enau lalu dipanggang sampai kering. Aromanya menggugah selera dengan rasa gurih, manis, sekaligus renyah.

Kalau kamu membeli bagea sebagai oleh-oleh, bisa dijadikan teman minum kopi atau teh di pagi maupun siang hari. Menarik, bukan? Paling seru menikmati kue bagea sembari baca buku. Menyenangkan, ya.

9. Perak

Perak

Perak tak hanya bisa ditemukan di Kotagede, Yogyakarta. Kamu bisa juga menemukan pengrajin perak di Kendari. Kerajinan perak bisa berbentuk bros, gelang, kalung, anting, dan sebagainya. Bentuknya pun beragam. Mulai dari bentuk bunga, abstrak, sampai bentuk bangunan khas Kendari. Berikan kerajinan perak ini sebagai oleh-oleh untuk ibumu, ya!

10. Kain Tenun

Kain Tenun

Bila kamu mencari oleh-oleh khas Kendari untuk ibu, bisa memilih kain tenun. Kain tenun khas Kendari memiliki moif dan warna khas cerah yang bisa memberikan kesegaran bagi siapapun yang memakainya. Motif yang diberikan pun biasanya melambangkan suku yang ada di Sulawesi, seperti Muna dan Buton.

Tempat Membeli Oleh-oleh di Kendari

Nah, setelah mengetahui oleh-oleh Kendari, Keluyuran juga punya beberapa rekomendasi tempat untuk membeli oleh-olehnya, nih. Dimana saja itu? Mari cek daftarnya berikut ini!

1. Athifah Oleh-oleh Khas Kendari

Athifah Oleh-oleh Khas Kendari

Salah satu cara mendapatkan oleh-oleh khas adalah dengan mengunjungi pusat belanja oleh-oleh. Ada banyak tempat di Kendari yang membuka bisnis ini. Athifah Oleh-oleh Khas Kendari bisa menjadi pilihannya.

Di sini kamu bisa membeli kacang mete, keripik mete, bagea, kacang mete mentah, abon ikan marlin, sampai kain tenun khas Kendari. Bahkan bila kamu tak ingin membawa oleh-oleh saat pulang atau langsung saja dikirimkan, bisa lho. Silakan tanya ke pegawai yang bertugas di Athifah Oleh-oleh Khas Kendari.

  • Alamat: Jalan H, Supu Yusuf Nomor 22, Bende, Kendari
  • Jam buka: 07.00 – 22.00 WITA
  • Nomor telepon: 085256107272

2. Mete Mubaraq

Mete Mubaraq

Kacang mete menjadi primadona oleh-oleh khas Kendari. Ada banyak merk yang menjajakannya. Tapi kamu bisa mendaratkan pilihan di Mete Mubaraq. Di sini kamu akan menemukan kacang mete dengan berbagai olahan makanannya langsung dari pusat. Silakan pilih panganan mana yang akan dibeli.

  • Alamat: Jalan Bypass, Lahundape, Kendari
  • Jam buka: 07.00 – 22.00 WITA
  • Nomor telepon: 085255821019

3. Brownte Kendari

Brownte Kendari

Kalau kamu ingin mencoba oleh-oleh kekinian di Kendari, bisa langsung ke gerai Brownte Kendari. Di sini kamu bisa menemukan banyak oleh-oleh khas Kendari bercampur dengan edisi kekinian. Brownies kacang mete, bolu, bolu gulung, dan sebagainya bisa menghiasi keranjang belanjaanmu.

  • Alamat: Jalan Syech Yusuf, Korumba, Kendari
  • Jam buka: 08.00 – 22.00 WITA
  • Nomor telepon: 082393124817

Semua rekomendasi oleh-oleh khas Kendari ini bisa dipilih sesuai selera orang yang akan diberikan. Dengan begitu, ia akan lebih senang karena bisa digunakan. Apakah kamu punya cerita tentang mencari oleh-oleh di Kendari? Bagikan dengan kami di kolom komentar bawah ini yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *