Keluyuran / Wisata Belanja Korea / 10 Oleh-Oleh Khas Korea yang Halal dan Harus Dibawa Pulang

10 Oleh-Oleh Khas Korea yang Halal dan Harus Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Kalau nanti kamu ke Korea, alangkah lebih baiknya membeli oleh-oleh di sana. Membeli oleh-oleh dapat membuat sanak keluarga atau temanmu senang saat kamu pulang nanti. Korea sendiri punya banyak makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kabar baiknya, beberapa di antara makanan tersebut adalah barang yang halal. Ini tentu kabar baik bagimu yang hendak mencari buah tangan halal di Korea. Lalu, apa saja sih makanan yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Korea yang Halal? Yuk langsung saja simak list-nya di bawah ini.

1. Ramyeon Instan

Ramyeon Instan

* sumber: www.eastasy.com

Selain Samyang, Korea Selatan punya satu mi yang tak kalah menarik. Ramyeon adalah nama mi tersebut. Mi satu ini memang sudah ada di Indonesia. Namun, tak ada salahnya kan membeli mi ini langsung dari tempat asalnya?

Ramyeon (bisa disebut juga Ramyon) sendiri merupakan mie khas Korea Selatan. Mi ini ternyata merupakan hasil adaptasi dari Ramen khas Jepang. Adapun yang menjadi pembeda Ramyeon dan Ramen Jepang sendiri adalah teksturnya yang lebih tebal. Selain itu, kuah yang dihasilkan memiliki cita rasa yang pedas, dan terbuat dari bumbu-bumbu khusus.

2. Schnee Pang

Schnee Pang

* sumber: www.pinterest.com

Kalau mau membawa oleh-oleh berupa kue, maka buah tangan khas Korea ini wajib untuk dibawa. Ini adalah sebuah kue yang bentuknya bulat dan diolah dengan cara digoreng hingga matang. Di Korea sana, kue ini tersaji dalam berbagai rasa, mulai dari cokelat hingga green tea. Untuk membeli kue ini, kamu bisa membelinya di sejumlah mal, toko roti, atau stasiun kereta di Korea.

3. Butter Caramel Pringles

Butter Caramel Pringles

* sumber: www.kotaku.com.au

Pringles merupakan salah satu merk keripik kentang yang sudah kita kenal. Varian rasanya beragam, dan bisa kita temui di supermarket. Namun, ada satu varian rasa Pringles yang hanya ada di Korea, yakni Butter Caramel Pringles.

Ini adalah Pringles dengan cita rasa karamel yang manis sekaligus gurih. Ciri khas Pringles ini adalah warna kemasannya yang merah muda. ini bisa menjadi oleh-oleh yang cocok dibawa, terutama bagi kerabat atau keluargamu yang suka akan Pringles.

4. Tteokbokki

Tteokbokki

* sumber: style.tribunnews.com

Ini adalah salah satu makanan khas Korea yang halal. Ini adalah sebuah kue berbahan tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang. Adapun Gochujang sendiri merupakan pasta cabai yang berbahan bubuk cabai dan beras ketan. Adanya Gochujang pada kue ini membuat kue satu ini kaya akan cita rasa pedas.

Di Korea, makanan satu ini punya beberapa varian, tteokbokki keju, tteok kkochi, dan haemul tteokbokki. Kalau ingin membeli bahkan mencoba makanan ini, coba saja datang ke Sindang-dong, Seoul, Korea Selatan. Daerah tersebut merupakan pusat di mana Tteokbokki berada.

5. Chocolate Rice Cake Pie

Chocolate Rice Cake Pie

* sumber: www.noncenbao.com

Sama seperti Tteokbokki, oleh-oleh satu ini juga merupakan kue berbahan dasar tepung beras. Bedanya, Tteokbokki adalah kue tradisional khas Korea, sedangkan makanan ini adalah kue modern di Korea buatan Lotte. Kue ini dilapisi dengan cokelat di bagian luar, dan isiannya pun berupa coklat. Secara tekstur, kue satu ini begitu lembut, laiknya Mochi khas Jepang.

6. Pepero

Pepero

* sumber: sg.carousell.com

Seperti beberapa makanan lainnya, makanan satu ini sebetulnya sudah bisa ditemukan di Indonesia. Namun, kamu masih boleh kok membeli kue berbentuk stik ini sebagai buah tanganmu. Apalagi, kue satu ini punya varian rasa khusus yang hanya ada di Korea, lho. adapun varian rasa tersebut adalah oreo, tiramisu, dan, double dip pepero.

7. Permen Jelly Yakult

Permen Jelly Yakult

* sumber: www.tokopedia.com

Ini adalah camilan unik dari Korea yang layak jadi buah tanganmu nanti. Kudapan berupa permen jelly ini punya bentuk yang unik, yakni serupa dengan minuman botol minuman Yakult. Tak hanya bentuknya yang mirip, kemasannya pun juga amat mirip dengan botol minuman Yakult.

Tekstur permen ini amatlah kenyal. Dan melihat tampilannya, kamu pun pasti akan merasa amat gemas. Dijamin nggak nyesel deh kalau bawa pemen ini sebagai oleh-oleh.

8. Kimchi

Kimchi

* sumber: www.platingsandpairings.com

Ini adalah makanan khas Korea yang ikonik dan layak dijadikan oleh-oleh. Kimchi sendiri merupakan asinan sayur yang diawetkan dengan cara difermentasi.

Di Korea, Kimchi punya banyak varian, salah satunya adalah Baechu Kimchi. Kimchi satu ini dibuat dari sawi putih dan lobak yang dicampur dengan bawang putih, cabai merah, daun bawang, dan sejumlah bahan lainnya. Setelah itu, tentu saja difermentasikan selama beberapa waktu.

Kamu bisa membeli oleh-oleh ini di sejumlah toko di Korea. Namun, kamu juga bisa membuat oleh-oleh ini sendiri, lho. Caranya, kamu harus datang ke Kimchikan Museum yang ada di Insadong. Tepatnya, di 35-4 Insadong-gil, Gwanhun-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

Di museum tersebut, kamu akan diajari cara membuat Kimchi dari para ahli. Nantinya, Kimchi yang kamu buat bisa kamu bawa pulang sebagai buah tanganmu. Wah, lumayan, bukan?

9. Teh Disney Tsum-Tsum

Teh Disney Tsum-Tsum

* sumber: blog.reservasi.com

Kalau beberapa list sebelumnya adalah makanan, maka list oleh-oleh satu ini adalah minuman. Ini adalah sebuah teh asal Korea yang disajikan dalam format seduhan. Jadi, kamu tak perlu khawatir saat hendak membeli dan membawanya ke Indonesia. Karena, pastinya akan awet dan tak akan tumpah.

Teh satu ini dilengkapi dengan gelas plastik yang unik. Dibilang unik karena memiliki desain gambar tokoh-tokoh kartun terkenal, misalnya Poo, Olah, dan chipmunk. Selain itu, teh ini juga dilengkapi dengan magnet dengan bentuk berbagai tokoh kartun. Sangat cocok untuk dipasang ke kulkasmu, atau sebagai cinderamata untuk orang-orang terdekat.

10. Binggrae Banana Milk

Binggrae Banana Milk

* sumber: www.korea.net

Ini adalah minuman khas korea lainnya yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, ini adalah sebuah minuman dengan cita rasa pisang dan susu. Kendati begitu, minuman satu ini juga punya sejumlah varian rasa, misalnya melon dan juga stroberi.

Kalau ingin membeli minuman ini, kamu bisa mengunjungi Yellow Café. Kafe satu ini letaknya ada di 20 Jangchungdan-ro 13-gil, Gwanghui-dong, Jung-go, Seoul, Korea Selatan. Selain bisa membeli Binggrae Banana Milk, kamu juga bisa menyantap sejumlah kudapan di kafe tersebut. Es krim pisang adalah salah satunya.

11. Snoopy Milk

Snoopy Milk

* sumber: spoonuniversity.com

Kalau kamu mau membeli oleh-oleh minuman lainnya, maka minuman ini layak untuk dibeli. Snoopy Milk adalah sebuah produk susu dengan kemasan bergambar karakter-karakter kartun Snoopy.

Susu satu ini punya berbagai varian rasa yang bisa dipilih. Stroberi, karamel, dan kopi adalah beberapa di antaranya. Kamu bisa menemukan dan membeli susu ini di sejumlah supermarket atau toko di Korea Selatan.

Korea punya banyak sekali makanan yang bisa dijadikan buah tangan. Dan, beberapa di antaranya merupakan makanan halal. Sejumlah makanan sekaligus oleh-oleh halal tersebut sudah kami sebutkan di list yang ada di atas. Kamu tinggal pilih dan beli saja yang sesuai dengan keinginan. Jika ingin rekomendasi oleh-oleh lainnya, silakan tonton video ini:

Sekarang kamu sudah punya ide untuk oleh-oleh, nah saatnya untuk list tempat wisata di Koreanya sendiri. Sudah punya rencana mau kemana saja saat di Korea? Kalau belum, kami rekomendasikan 10 Tempat Wisata di Korea yang wajib banget dikunjungi. Selamat berlibur, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar