Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo yang Sayang Dilewatkan

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 14 April 2020

Kegiatan traveling sering dikaitkan dengan belanja oleh-oleh. Bagi sebagian orang, ketika pergi ke suatu daerah, membawa oleh-oleh untuk sanak keluarga ataupun kerabat menjadi suatu kewajiban. Meski tidak semua orang setuju bahwa oleh-oleh itu penting, namun tak ada salahnya membeli makanan atau barang khas daerah setempat.

Negara dengan budaya yang sangat beragam, setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti salah satunya di kabupaten yang terletak di ujung barat Pulau Flores. Buat kamu yang berencana liburan ke Labuan Bajo, berikut ini referensi oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa kamu bawa untuk keluarga serta kerabat. Apa saja sih?

1. Kopi Flores

Kopi Flores (Copy)

Kamu pecinta kopi? Nah, Kopi Flores wajib masuk ke dalam list oleh-olehmu. Flores memiliki beragam jenis kopi dengan cita rasa yang khas. Seperti Kopi Flores Bajawa, Kopi Wae Rebo, Kopi Ruteng, dan Kopi Manggarai. Di Labuan Bajo sendiri, identik dengan Kopi Manggarai. Namun, di sini tersedia juga Kopi Flores lainnya.

Kopi Manggarai memiliki cita rasa yang lembut dengan aroma buah-buahan yang manis dan sensasi asamnya kopi, terpadu menjadi satu rasa yang nikmat. Bagi wanita yang suka meminum kopi, silakan mencoba Kopi Manggarai dari Flores. Karena cukup ringan dan kafeinnya rendah, terutama jenis arabika.

Kopi khas Flores ini selalu menjadi incaran para pejalan. Bahkan, banyak yang menjadikan Kopi Flores ini sebagai bisnis di kota asal bagi pebisnis kedai kopi. Jadi, selain dijadikan sebagai oleh-oleh, Kopi Flores ini bisa kamu jadikan sebagai ladang bisnis di kota asal.

2. Roti Kompyang

Roti Kompyang (Copy)

* sumber: www.florestanahku.com

Roti Kompyang sebenarnya merupakan roti khas Ruteng. Namun, karena pusat wisata Flores terletak di Labuan Bajo, maka kamu akan dengan mudah mendapatkan Roti Kompiang di toko oleh-oleh ataupun toko makanan. Roti ini berbentuk bulat dengan taburan wijen di atasnya. Rasanya gurih dan lembut.

Roti Kompyang cocok dimakan pada waktu pagi untuk hidangan sarapan. Di beberapa hotel di Labuan Bajo dan Kota Ruteng pun sudah menyediakan roti ini sebagai sajian sarapan. Cara memakannya, kamu perlu memanggang roti ini yang sudah dioleskan dengan margarin, kemudian disajikan ketika masih panas. Rasanya lezat dan gurih!

3. Kerajinan Mutiara

Kerajinan Mutiara (Copy)

* sumber: www.blanja.com

Sebagai destinasi wisata bahari, Labuan Bajo dikenal juga dengan produksi mutiara yang diolah menjadi kalung, gelang, cincin, hingga hiasan tas. Mutiara ini memiliki kualitas serta harga yang bermacam-macam pula. Buat kamu yang suka dengan pernak-pernik khas daerah setempat, jangan sampai dilewatkan berbelanja oleh-oleh yang satu ini.

Banyak traveler wanita yang menjadikan mutiara khas Labuan Bajo ini sebagai oleh-oleh maupun aksesoris pribadi. Buat kamu yang berencana traveling ke Labuan Bajo, bisa jadikan mutiara ini sebagai oleh-oleh untuk pasangan ataupun untuk Ibunda di rumah.

4. Kain Songke

Kain Songke (Copy)

* sumber: umkm.online

Kamu suka dengan kerajinan khas daerah tertentu? Nah, Kain Songke khas Labuan Bajo ini wajib jadi salah satu oleh-oleh yang perlu kamu bawa ke kota asal. Kain Songke ini dibuat oleh pengrajin perempuan dari Kabupaten Manggarai Barat, Flores, dengan beragam motif seperti Wela Kawong, Ranggong, Mata Manuk, Jok, Su’i, Wela Runu, dan masih banyak lagi.

Kain Songke bisa digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak hingga dewasa, baik itu perempuan maupun laki-laki. Biasanya, Kain Songke digunakan menjadi selendang, hiasan sepatu, pelengkap motif pada tas, gantungan kunci, hingga pakaian sehari-hari. Motifnya yang unik, akan membuat tampilanmu lebih keren dengan songke dari Labuan Bajo.

5. Kaos Chomabee

Kaos Chomabee (Copy)

* sumber: graphixto.com

Kaos seringkali menjadi salah satu oleh-oleh dari tempat yang baru saja dikunjungi. Sama halnya ketika berkunjung ke Kota Istimewa Yogyakarta, ada banyak sekali kaos dengan desain kota Yogyakarta dijual untuk wisatawan. Begitupun dengan Labuan Bajo. Salah satu pusat penjualan kaos adalah Chomabee, yang didirikan oleh putra asli Labuan Bajo.

Di sini, menjual kaos dengan beragam desain yang akan mengingatkanmu pada Flores. Seperti kaos bergambar komodo, bertuliskan Labuan Bajo, Flores, dan masih banyak lagi desain unik yang bisa kamu pilih. Kaos yang dijual di sini unisex, jadi bisa dibelikan untuk teman baik laki-laki maupun perempuan.

6. Cemilan Rebok

Cemilan Rebok (Copy)

Rebok merupakan salah satu kuliner khas Labuan Bajo yang terbuat dari tepung beras dan kelapa parut. Rebok ini berbentuk bubuk, rasanya mirip kue sagon dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cara mengonsumsi Rebok ini bisa langsung dimakan dalam kondisi bubuk, bisa juga dijadikan sebagai toping roti yang dicampurkan dengan susu kental manis.

Cemilan Rebok ini memiliki rasa yang unik dan lezat. Jika kamu berlibur ke Labuan Bajo, wajib memasukkan makanan ini ke dalam list oleh-oleh untuk saudara dan kerabat di kota asal. Bisa dijadikan sebagai pelengkap ketika makan roti untuk sarapan atau pisang goreng pada sore hari.

7. Banana Cake Labuan Bajo

Banana Cake Labuan Bajo (Copy)

* sumber: picpanzee.com

Sesuai dengan namanya, Banana Cake terbuat dari pisang yang diolah dan dicampur dengan kayu manis, gula merah, serta kenari. Bahan baku pembuatan kue ini, berasal dari Manggarai. Banana Cake cocok disantap untuk sarapan pagi maupun saat bersantai di sore hari. Ditemani dengan teh atau kopi Flores, semakin lengkap!

Banana Cake, bisa kamu temukan di Bandara Komodo. Bisa dijadikan teman santai sambil menunggu penerbangan ke kota asal. Setelah mencoba kelezatannya, jangan lupa bawakan pula untuk sanak saudara di rumah! Banana Cake khas Labuan Bajo ini, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat, atau dijadikan sebagai camilan di rumah.

8. Ikan Cara

Ikan Cara (Copy)

* sumber: perantau16.blogspot.com

Sebagai tempat tinggal para nelayan, Labuan Bajo tentu memproduksi banyak jenis ikan. Di Labuan Bajo terdapat pasar ikan dan sentra kuliner Pantai Kampung Ujung. Di sini, bisa kamu temukan jenis-jenis ikan laut dengan harga yang beragam pula. Namun, tak lengkap rasanya jika tidak ada ikan yang dijadikan sebagai oleh-oleh.

Labuan Bajo banyak memproduksi ikan kering yang bisa dibawa untuk keluarga di kota asal. Ikan paling banyak dicari wisatawan adalah Ikan Cara. Ikan jenis ini biasa dikeringkan dan dijadikan ikan asin oleh nelayan. Tak hanya Ikan Cara, ada juga Ikan Lajang, Belut Laut, dan masih banyak ikan kering lainnya yang bisa kamu bawa untuk oleh-oleh.

Nah, banyak kan, oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa kamu bawa pulang. Jadi, tak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya saja, kabupaten di ujung barat Pulau Flores ini memiliki banyak oleh-oleh khas yang sayang jika dilewatkan. Jadi, kamu sudah ada rencana ke Labuan Bajo? Jangan sampai lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di rumah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram