9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung yang Wajib Dibeli

Ditulis oleh Anggie Warsito

Lampung bisa menjadi lokasi wisata alternatif, bila kamu bosan ke Sumatera Utara atau Sumatera Selatan. Di sana, kamu bisa menemukan pelbagai tempat wisata yang menarik dan potensial. Tak hanya itu, sejumlah oleh-oleh pun bisa kamu dapat di sana.

Bila kamu ingin membeli buah tangan di sana, cobalah baca artikel ini hingga usai. Pasalnya, Keluyuran bakal menampilkan sejumlah rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang layak kamu beli.

9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lampung

1. Pempek Lampung

Pempek Lampung

* sumber: www.pempekselamat.com

Siapa bilang pempek hanya ada di Palembang? Lampung pun juga punya makanan ini, lho. Berbeda dengan yang di Palembang, pempek di Lampung punya rasa yang tergolong unik. Di Lampung, kamu bisa menemukan pempek dengan rasa daging, telur ayam, hingga kulit ikan dan pepaya.

Bila ingin membelinya, kamu bisa datang ke Pempek 123. Di sini, kamu bisa mendapatkan 20 pcs pempek Lampung dengan harga Rp 135 ribu saja. Jika ingin ke sini, langsung saja datang ke Jalan Ikan Belanak No. 15, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Lampung.

2. Kopi Cap Bola Dunia

Kopi Cap Bola Dunia

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Oleh karenanya, membeli kopi Lampung sebagai oleh-oleh adalah suatu kewajiban. Bila ingin membeli kopi Lampung, maka Kopi Cap Bola Dunia adalah kopi Lampung yang layak untuk dibeli.

Kopi tersebut merupakan kopi bubuk di Lampung yang legendaris. Bagaimana tidak, kopi satu ini sudah ada sejak 1907 yang lalu. Keunggulan kopi ini terletak dari aromanya yang wangi, rasanya yang gurih, dan teksturnya yang pekat lagi masam. Keunggulan lainnya dari kopi ini adalah bahannya yang murni tanpa campuran bahan-bahan lain, dan kemasannya mudah dibawa ke mana pun.

Untuk membeli kopi ini, kamu bisa datang ke Kopi Bubuk Sinar Baru Cap Bola Dunia yang ada di Jalan Ikan Kakap No. 22/72, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

3. Manisan Lampung

Manisan Lampung

* sumber: www.makananlampung.com

Tak hanya di Pulau Jawa, Lampung juga punya manisan sebagai makanan khasnya. Mayoritas manisan di Lampung adalah manisan buah-buahan. Adapun satu di antaranya yang terkenal adalah manisan pala. Toko Yen Yen di Lampung adalah tempat yang cocok untuk membeli makanan satu ini. Toko Yen Yen beralamat di Jalan Kakap No. 86, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

4. Keripik Pisang

Keripik Pisang

* sumber: travel.tribunnews.com

Masih di Toko Yen Yen, ada satu oleh-oleh lainnya yang bisa kamu beli. Keripik Pisang adalah oleh-oleh tersebut. Tak seperti keripik pisang yang lazim, Keripik Pisang Lampung punya rasa yang lebih variatif. Mulai dari rasa stroberi hingga susu, bisa kamu temukan pada Keripik Pisang di Lampung.

Di antara semua varian yang ada, Keripik Pisang rasa coklat adalah yang banyak digemari. Ini tak lepas dari cita rasa cokelatnya yang bertaburan di atas keripik satu ini. Sila datang langsung ke Toko Yen Yen, bila ingin membeli buah tangan satu ini.


5. Sambal Goreng Udang

Sambal Goreng Udang

Untuk pecinta sambal, oleh-oleh satu ini layak untuk dibawa ke kampung halaman nanti. Sesuai namanya, ini adalah sambal goreng berbahan udang kering atau ebi. Bahan dasar tersebut nantinya ditambahkan kentang untuk memperkuat rasanya. Adanya tambahan kentang tersebut membuat sambal satu ini gurih kala kamu menyantapnya.

6. Sambal Lampung

Sambal Lampung

* sumber: www.mlancong.com

Selain Sambal Goreng Udang, ada Sambal Lampung adalah sambal lainnya yang harus kamu beli. Sambal ini terbuat dari cabai yang diuleg kasar bersama dengan bawang putih, cuka, dan garam. Sambal ini sangat cocok sebagai lauk untuk santap nasimu nanti. Kamu juga bisa menambahkan sambal ini ke makanan lainnya, seperti bakso ataupun nasi goreng. Bahkan, kamu pun bisa menjadikan sambal ini sebagai campuran dalam masakanmu nanti.

7. Pie Susu Pisang

Pie Susu Pisang

Selain keripik pisang, ada satu oleh-oleh Lampung berbahan pisang lainnya yang patut kamu beli. Buah tangan tersebut adalah Pie Susu Pisang. Sesuai namanya, buah tangan ini terbuat dari pisang yang dicampur dengan bahan-bahan dasar untuk pie. Selain berbahan pisang, pie ini juga bentuknya menyerupai potongan buah pisang.

Buah tangan satu ini punya beragam varian rasa. Coklat, Keju, Almond, dan Oreo adalah empat di antaranya. Buah tangan satu ini juga dibuat dengan dua jenis ukuran berbeda, yaitu: ukuran Mini dan juga Besar.

Kamu bisa membeli buah tangan ini di Toko Roti dan Kue Yusi Akmal. Di Lampung, toko ini mempunyai beberapa outlet. Salah satunya ada di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.

8. Kerupuk Kemplang (Amplang)

Kerupuk Kemplang

* sumber: www.antarafoto.com

Kerupuk Kemplang ternyata juga ada di Lampung. Berbeda dengan yang ada di Palembang, kerupuk bernama lain Amplang ini tidak diolah dengan cara digoreng. Akan tetapi, dibuat dengan cara dipanggang. Cara pengolahan ini membuat Kerupuk Kemplang khas Lampung memiliki cita rasa yang lebih gurih, serta bertekstur keras.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram