Liburan ke Lombok? Ini 10 Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli!

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Lombok terkenal dengan panoramanya yang indah dan memanjakan mata. Selain Bali, Lombok juga menjadi destinasi liburan favorit masyarakat Indonesia, lho. Bahkan, wisatawan mancanegara pun mulai banyak yang melirik Lombok sebagai tujuan wisata.

Pesona Lombok tidak hanya terdapat pada tempat wisatanya saja, tetapi juga pada makanan dan oleh-olehnya. Kali ini, Keluyuran akan mengajakmu melihat-lihat sejumlah oleh-oleh yang unik dari Lombok. Sudah penasaran banget, nih? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Mutiara

Mutiara

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Lombok dikenal sebagai tempat budidaya mutiara. Kamu bisa menemukan dua jenis mutiara di pulau ini, yakni mutiara air asin dan mutiara air tawar. Jenis mutiara bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan warnanya.

Mutiara dari Lombok ini dijual dalam bentuk bijian sampai yang sudah dibuat menjadi perhiasan, seperti kalung, anting, maupun cincin. Jika ingin memilih berbagai jenis perhiasan mutiara secara lebih lengkap, kunjungi sentra penghasil mutiara Sekarbela di Kota Mataram. Kamu dapat memilih-milih mutiara kualitas ekspor ini dengan harga yang lebih ekonomis, lho.

2. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

* sumber: dikemas.com

Buat kamu yang gemar menyantap makanan manis, kamu pasti suka dengan oleh-oleh yang satu ini, apalagi jika bukan dodol rumput laut. Dodol rumput laut punya tampilan yang berbeda dari jenis dodol lainnya. Dodol ini memiliki warna yang lebih bening.

Soal rasa, dodol rumput laut tak kalah enak dengan berbagai varian dodol lain khas nusantara. Justru dodol rumput laut ini dinilai lebih sehat karena kaya serat alami. Di samping itu, dodol khas Lombok ini juga dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 – 20.000 per kotak isi 200 gram.

3. Kain Songket Sasak

Kain Songket Sasak

* sumber: www.lombokmandalika.co.id

Tak masalah jika kamu tidak ingin membeli buah tangan berupa makanan. Selain mutiara, ada juga buah tangan ideal lainnya dari Lombok, yakni kain songket Sasak. Untuk membeli kain songket Sasak asli, kamu bisa langsung melipir ke Desa Sukarara yang lokasinya 20 km dari pusat Kota Mataram. Di desa tersebut hampir semua penduduk yang berjenis kelamin perempuan berprofesi sebagai pengrajin songket.

Di Desa Sukarara kamu tak hanya bisa membeli kain songket saja, tapi kamu pun dapat melihat langsung proses pembuatan kain tenun ini. Sambil belanja oleh-oleh ternyata bisa sekaligus berwisata, ya?

4. Telur Asin Bakar

Telur Asin Bakar

* sumber: budaya-indonesia.org

Sudah pernah mencoba makan telur asin yang proses pengolahannya dengan cara dibakar? Telur asin bakar adalah oleh-oleh khas Lombok yang mulai populer di tahun 2012. Makanan ini merupakan inovasi dari warga Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur.

Telur asin yang dibakar memiliki warna kuning telur yang lebih cerah dibanding telur asin biasa. Saat telurnya dibelah, kamu akan mencium aroma asap yang justru semakin menambah sedap telur tersebut. Usut punya usut, telur asin bakar lebih tahan lama dibanding telur asin biasa. Jadi, pas banget jika kamu membawa telur asin bakar sebagai oleh-oleh.

5. Anyaman Ketak

Anyaman Ketak

* sumber: lombokatraktif.blogspot.com

Lombok adalah surganya berbagai jenis barang bernilai seni tinggi. Selain kain songket Suku Sasak, ada juga anyaman ketak. Anyaman ini terbuat dari tumbuhan liar bernama ketak. Uniknya, tumbuhan liar ini bisa disulap menjadi benda-benda yang cantik, seperti tas, meja hias, dan pajangan. Desa pengrajin anyaman ketak di Lombok adalah Desa Beleka.

Sama seperti proses pembuatan kain songket, kamu pun bisa melihat bahkan mencoba langsung membuat anyaman ketak. Kamu akan memperoleh pengalaman baru tak terlupakan ketika menjajal langsung membuat anyaman ketak yang kelihatannya gampang tapi sebenarnya cukup sulit ini. Kerajinan anyaman ketak ada yang dijual mulai harga Rp 15.000 saja, lho.

6. Tuak Manis Lombok

Tuak Manis Lombok

*Sumber: https://www.instagram.com/aisake/

Pernah minum bir pletok khas Betawi? Nah, tuak manis ini merupakan minuman sejenis yang berasal dari Lombok. Minuman khas Lombok ini sejatinya tidak mengandung alkohol sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika meminumnya.

Akan tetapi, perlu kamu garis bawahi jika membawa tuak manis ini sebagai buah tangan, sebaiknya minta penerimanya untuk segera menghabiskan minuman ini. Pasalnya, jika dibiarkan dalam waktu lama, tuak manis akan mengalami proses fermentasi yang dapat mengubahnya menjadi minuman beralkohol.

7. Kendi Maling

Kendi Maling

* sumber: www.gadizalombok.com

Kerajinan gerabah memang selalu mempunyai daya tarik sendiri. Bila kamu ingin membeli oleh-oleh yang nantinya bisa dijadikan pajangan yang tahan lama oleh penerimanya, pertimbangkan untuk membeli kendi maling.

Kendi ini memiliki ciri khas berupa leher kendi yang sangat panjang. Dengan leher yang sangat tinggi, tentu kamu bakal kesulitan jika ingin memasukkan air ke dalamnya. Namun, kendi ini memang sebaiknya dijadikan pajangan saja.

Berencana untuk membeli kendi maling? Kunjungi sentra kerajinannya yang terdapat di Desa Banyumulek, Lombok.

8. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar

Mendengar nama susu kuda liar mungkin kamu akan merasa sedikit aneh. Wajar saja, orang yang terbiasa mengonsumsi susu sapi atau susu kedelai pasti akan merasa geli ketika harus mencoba susu kuda liar.

Susu kuda liar diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah radang usus. Rasa dan aroma susu ini juga tidak menyengat dan bisa diterima oleh lidah orang yang terbiasa minum susu sapi. Bahkan, kandungan gula pada susu kuda ini lebih banyak sehingga rasanya pun lebih gurih.

Kamu dapat membeli susu kuda liar ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk menjaga kesegarannya sebaiknya minta penerimanya untuk segera mengonsumsi susu ini, ya!

9. Kerajinan Cukli

Kerajinan Cukli

* sumber: www.suarantb.com

Kerajinan tangan lainnya yang terdapat di Pulau Lombok adalah kerajinan cukli. Kerajinan yang terbuat dari kayu ini proses pembuatanya cukup rumit. Pengrajinnya membuat pola pada permukaan kayu dengan menggunakan alat khusus. Bahkan, mereka akan mengombinasikan kerajinan ini dengan kulit kerang.

Harga kerajinan cukli ini terbilang lebih mahal dibanding anyaman ketak atau kendi maling. Hal tersebut disebabkan karena kerajinan ini membutuhkan proses yang lebih sulit dalam membuatnya.

10. Terasi Lombok

Terasi Lombok

* sumber: travel.detik.com

Bukankah terasi dikenal sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo? Faktanya, ada beberapa daerah di Indonesia yang juga memproduksi terasi, salah satunya Lombok. Terasi dari setiap daerah pasti menawarkan cita rasa yang berbeda-beda. Jadi, kalau kamu gemar menambahkan terasi pada setiap masakanmu, tak ada salahnya untuk turut mencoba terasi khas Lombok ini.

Terasi Lombok dikenal sebagai penyedap rasa alami yang biasa dimanfaatkan untuk membuat ayam taliwang atau nasi balap puyung. Kamu bisa hunting terasi ini di Pasar Kamis di Desa Sukarara, Lombok Tengah.

Catat 10 rekomendasi oleh-oleh khas Lombok ini agar kamu tidak bingung ketika harus membeli buah tangan di sana. Ingin merekomendasikan barang khas Lombok lainnya sebagai oleh-oleh? Tentu saja boleh. Tuliskan rekomendasi oleh-oleh khas Lombok lainnya di kolom komentar yang tersedia di bawah ini, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram