Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Madura yang Wajib Dibeli

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain mengunjungi tempat wisatanya yang beragam, kamu juga bisa membeli sejumlah oleh-oleh saat di Madura nanti. Madura sendiri kebetulan memiliki beragam jenis oleh-oleh yang sebaiknya jangan kamu lihat saja.

Kalau kamu belum tahu apa saja buah tangan di sana, jangan khawatir. Kami akan memberikan sejumlah rekomendasi buah tangan menarik dari Madura di artikel ini. Sejumlah rekomendasi itu bisa dilihat di bawah ini:

1. Petis Madura

Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Madura yang Wajib Dibeli 1

*

Bagi kamu yang ingin membawa bumbu khas Madura, maka buah tangan ini sangat cocok untuk dibawa pulang. Berbeda dengan petis kebanyakan, petis khas Madura ini memiliki warna cokelat kemerahan. Bahan dasarnya pun juga berbeda dengan petis biasanya.

Petis Madura dibuat dari ikan tuna atau cakalang. Selain membuat warnanya berbeda, penggunaan bahan tersebut juga membuat cita rasa petis ini terhitung unik. Tak seperti petis umumnya yang cenderung manis, Petis Madura memiliki cita rasa yang asin dan sedikit gurih.

Petis Madura sangat cocok untuk bumbu masak atau bumbu rujak Madura. Kamu bisa datang ke Dusun Mungsapada bila ingin membeli buah tangan satu ini.

2. Kacang Otok

Kacang Otok (Copy)

Bila ingin membawakan buah tangan berupa kacang-kacangan, maka buah tangan ini cocok untuk dibawa. Kacang yang bernama lain kacang tunggak ini merupakan sejenis kacang panjang yang juga dipakai sebagai bahan sayur lodeh atau brongkos.

Pada makanan ini, kacang otok/tunggak digoreng hingga kering. Setelah itu, diberi bumbu yang bercita rasa pedas dan manis. Buah tangan ini bisa kamu beli di wilayah Pamekasan. Di sana, buah tangan ini dijual dalam kemasan 500 gram dengan harga Rp. 15 ribu saja. Tertarik? Sila datang saja langsung ke daerah Pamekasan.

3. Terasi Macajah

Terasi Macajah (Copy)

* sumber: agenterasi.blogspot.com

Selain petis, Madura juga punya terasi yang khas dan layak dibeli namanya adalah Terasi Macajah. Terasi khas Madura ini dibuat dari ebi asli, tanpa campura tepung ataupun ikan. Cara pembuatannya pun juga tidak biasa.

Tak seperti terasi umumnya, Terasi Macajah dibuat dengan cara ditumbuk. Cara pembuatannya yang berbeda itu membuat Terasi Macajah memiliki rasa yang enak. Daya tahannya pun juga kuat, di mana terasi ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

Bentuknya pun juga khas. Terasi satu ini punya bentuk silinder dan berukuran besar. Bila Anda berminat membeli terasi satu ini, sila datang ke desa Macajah yang ada di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura.

4. Rengginang Lorjuk

Rengginang Lorjuk (Copy)

* sumber: www.tatitujiani.com

Madura rupanya juga memiliki rengginang sebagai buah tangan. Rengginang bernama Rengginang Lorjuk ini memiliki perbedaan dengan rengginang lazimnya. Rengginang khas Madura ini memiliki bentuk serupa mangkuk.

Bahannya sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan rengginang umumnya. Rengginang ini dibuat dari beras ketan, gula pasir, dan rempah-rempah. Namun yang membuat rengginang ini berbeda adalah adanya bumbu tambahan berupa ikan lorjuk.

Bagi yang belum tahu, lorjuk merupakan sejenis kerang laut yang bentuknya mirip seperti bambu. Buah tangan ini bisa kamu temukan di daerah Sumenep. Tepatnya, di Jalan Raya Sumenep, Nyamplong, Kapedi, Bluto, Kabupaten Sumenep.

5. Keripik Tette

Keripik Tette (Copy)

* sumber: plappamadura.com

Keripik Tette adalah sebuah buah tangan berbahan dasar singkong yang dibuat dengan cara dipipih. Dalam bahasa Madura, cara membuat keripik ini dinamakan e tette. Maka itulah mengapa keripik ini dinamai Keripik Tette.

Buah tangan ini sangat cocok dikonsumsi langsung atau disantap bareng rujak yang diulek dengan sambal petis. Di Madura, Keripik Tette tersedia dalam beragam rasa, mulai dari yang original, teri, udang, hingga yang bercita rasa pedas.

Keripik Tette bisa kamu dapatkan di sejumlah tempat. Salah satunya di Cak Duros yang ada di Jalan Kini Balu No. 16, Area Sawah/Kebun, Bilaporah, Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

6. Rung Terung

Rung Terung (Copy)

Rung Terung adalah buah tangan berupa kerupuk yang dibuat dari bahan dasar yang unik. Bahan dasar tersebut tak lain adalah teripang khususnya bagian kulit dari hewan laut tersebut. Nantinya si bagian kulit itu akan dicampur dengan bumbu, dan digoreng hingga matang.

Kerupuk ini memiliki cita rasa yang gurih, renyah, dan sedikit pahit. Di Madura, kamu bisa mendapatkan kerupuk ini dengan kisaran harga mulai Rp27.000 hingga Rp40.000. Kalau kamu tertarik untuk membeli, kamu bisa datang ke Desa Galis, Pamekasan, Madura.

7. Jubede

Jubede (Copy)

* sumber: berita-bondowoso.blogspot.com

Buah tangan yang bernama lain Jubada ini adalah sebuah camilan berbahan dasar tepung dan gula merah. Kedua bahan itu nantinya diaduk dan dicampur dengan air, lalu dimasak hingga agak mengental. Barulah sesudahnya dibentuk gulungan panjang dipotong kecil. Dijemur dan diikat dengan tali dari daun siwalan.

Cara terbaik mengonsumsi buah tangan ini adalah dengan dicampur dengan telur. Setelah itu, diulek hingga tercampur rata, serta digoreng hingga matang. menyantapnya secara langsung pun juga tak salah untuk dilakukan. Buah tangan ini bisa kamu dapatkan di Sumenep. Tepatnya, di jalan Raya Desa Kapedi, Sumenep, Madura.

8. Buah Siwalan

Buah Siwalan (Copy)

Madura tak hanya mempunyai buah tangan berupa camilan. Pulau satu ini juga punya buah tangan berupa buah-buahan yaitu Buah Siwalan. Buah ini adalah buah yang biasa ditemukan di sejumlah daerah di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Timur, serta tentu saja di Madura.

Buah ini diyakini kaya akan khasiat. Seperti: penahan lapar, membantu perbaikan fungsi ginjal, serta sebagai obat bagi kulit. Buah Siwalan memiliki cita rasa yang manis, berair, serta bertekstur agak kenyal.

Bila menyantap buah ini, disarankan untuk membuang lapisan tipis yang menyelimuti bagian daging buahnya. Hal itu dilakukan agar buah ini tidak terasa pahit saat disantap. Buah Siwalan bisa kamu temukan di sejumlah penjual yang ada di Sumenep.

9. Legen

Legen (Copy)

Di Madura, Siwalan tak hanya dijual dalam bentuk buah. Buah satu ini juga dijual dalam bentuk olahan lain yang bernama Legen. Legen merupakan olahan buah Siwalan yang bentuknya serupa air kelapa muda.

Legen sendiri didapat dari bagian getah pohon siwalan betina. Getah tersebut diambil dengan menggunakan tabung bambu. Legen memiliki bentuk seperti air kelapa namun warnanya lebih keruh. Cita rasanya pun jauh lebih segar dibanding air kelapa muda.

Selain menyegarkan, Legen juga kaya akan khasiat. Beberapa di antaranya adalah memperbaiki fungsi ginjal, mencegah impotensi dan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Seperti halnya buah Siwalan, legen juga bisa kamu dapatkan di daerah Sumenep.

10. Batik Sumenep

Batik Sumenep (Copy)

* sumber: www.koranmadura.com

Madura, khususnya Sumenep tak hanya menyajikan buah Siwalan dan Legen saja. Daerah di Madura ini juga memiliki buah tangan lain berupa batik. Batik Sumenep adalah buah tangan tersebut. Seperti batik pada lazimnya, batik asal Sumenep ini juga punya corak yang khas lagi unik.

Batik Sumenep memiliki keunikan berupa motifnya yang beragam di tiap kainnya. Penggunaan warnanya pun variatif, di mana tiap kainnya berisi tiga corak warna berbeda. Batik Sumenep bisa kamu beli di Toko Apollo yang ada di Jalan Trunojoyo, Sumenep.

Itulah sejumlah buah tangan yang bisa kamu beli saat di Madura nanti. Semoga rekomendasi di atas bisa membantu kamu menemukan buah tangan yang ingin dibeli saat di Madura nanti. Terima kasih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *