10 Oleh-Oleh Khas Magelang yang Wajib Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau bicara soal kota Magelang, pasti kita akan teringat dengan candi terbesar di Indonesia, yaitu Borobudur. Di kota ini, kamu akan menjumpai Candi Borobudur yang sudah mendunia tersebut. Eits! Tapi bukan Borobudur saja yang menarik, oleh-olehnya pun juga tak kalah menariknya.

Di artikel ini kamu akan menemukan 10 oleh-oleh khas Magelang yang tak boleh dilewatkan. Ada apa saja ya?

1. Getuk Trio

Getuk Trio

Getuk adalah panganan yang bisa kamu temukan di daerah Jawa. Kamu bisa menemukan makanan ini di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah juga Jawa Timur. Getuk pun memiliki beberapa jenis, ada getuk lindri, getuk goreng, getuk sukun, getuk pisang, getuk singkong gula jawa, getuk kurung dan getuk trio.

Salah satu dari getuk tersebut merupakan makanan khas dari Magelang, Jawa Tengah. Nama getuknya adalah getuk trio. Bahan dasar untuk makanan ini adalah singkong yang diolah dengan diberi tambahan gula, maka terciptalah cita rasa yang manis serta tekstur empuk.

Getuk Trio yang menjadi oleh-oleh khas Magelang ini dibungkus menggunakan box bambu atau biasa disebut besek. Karena tergolong sebagai kue basah, maka getuk hanya bisa tahan 2 hari saja. Ini karena panganan ini tak memakai bahan pengawet. Getuk Trio bisa kamu beli di pusat oleh-oleh Magelang.

2. Wajik dan Jenang Ny. Week

Wajik dan Jenang Ny. Week

Wajik merupakan jajanan tradisional Indonesia. Makanan ini bisa kamu temukan di daerah Jawa dan Sumatera dengan nama yang berbeda. Di Jawa disebut wajik sedangkan di Sumatera disebut dengan nama pulut manis. Jenisnya pun beragam ada wajik ketan, wajik kletik, dan wajik bandung.

Jajanan tradisional ini ada juga di daerah magelang. Wajik yang terbuat dari bahan dasar ketan ini memiliki tekstur yang lengket tapi lembut saat dikunyah di mulut dan rasanya manis. Umumnya wajik memiliki warna hijau dengan rasa pandan, sedangkan rasa gula kelapa berwarna cokelat.

Bukan tanpa alasan kalau makanan manis ini ini jadi oleh-oleh favorit yang harus dibawa ketika berkunjung ke kota Magelang. Salah satu wajik yang terkenal di kota ini adalah wajik dan jenang Ny. Week. Wajik ini salah satu oleh-oleh legendaris dari Magelang.

3. Gethuk Bolen

Gethuk Bolen

Sebelumnya kita sudah bahas getuk trio. Tapi selain getuk itu ada juga getuk lain yang jadi oleh-oleh khas Magelang, yaitu gethuk bolen. Tak perlu khawatir dengan rasa makanan ini, gethuk bolen mempunyai cita rasa yang manis dan gurih.

Berbeda dari gethuk lain yang dibuat dari singkong saja, Gethuk Bolen ini memiliki keunikan karena dilapisi oleh puff pastry. Jikalau umumnya bolen di dalamnya diisi dengan pisang, getuk bolen justru kebalikannya, gethuklah yang jadi isian bolen, maka tak heran disebut sebagai Gethuk Bolen.

Kalau kamu penasaran dengan oleh-oleh khas Magelang ini, kamu bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh lainnya  yang terletak di Wilayah Magelang. Atau kamu bisa membeli gethuk bolen di salah satu toko oleh-oleh Fiori Bakery & Patisery. Toko ini terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No. 17.

4. Permen Tape Khas Magelang

Permen Tape Khas Magelang

Jika kamu biasa mendengar atau membeli permen yang terbuat dari gula atau susu, kali ini ada permen yang dibuat dari tape. Bahan makanan ini tak hanya dimakan langsung atau diolah jadi kue, tapi juga bisa diolah menjadi sebuah permen. Jadilah namanya permen tapi khas Magelang.

jajanan berbahan dasar tape ini disulap jadi permen yang sebelumnya sudah dicampur dengan gula juga parutan kelapa. Permen ini memiliki rasanya unik, yaitu tidak terlalu manis dan disertai aroma gurih. Tekstur oleh-oleh dari Magelang ini agak sedikit keras.

Permen tape dulu hanya bisa dijumpai ketika Hari Raya Idul Fitri, tapi sekarang permen ini tersedia kapanpun dan di mana saja, meskipun ketenaran oleh-oleh khas Magelang ini hampir punah. Walaupun demikian, makanan ringan ini jadi kudapan yang masih diburu oleh para wisatawan. Hargan per kilogramnya sekitar Rp20.000. Cukup murah, kan?

5. Slondok

Slondok

Kamu sebagai orang muda tentu suka sekali dengan mengkonsumsi makanan ringan sebagai camilan di saat sedang senggang.  Nah, daerah Magelang memiliki camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh kekinian ketika berkunjung ke Magelang, namanya yaitu slondok.

Slondok dibuat dari singkong yang menjadi bahan dasarnya. Singkong kemudian diolah sampai jadi seperti kerupuk yang rasanya gurih. oleh-oleh khas Magelang ini memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih, seperti rasa original (asin gurih), juga balado, dan keju.

Kamu bisa menjumpai slondok dijual di pusat oleh-oleh Magelang. Salah satu gerai yang menjual makanan camilan ini adalah gerai Slondok Mentah Magelang yang terletak di Jl. Sunan Kalijogo. Selain itu ada juga Slodok Matahari Magelang di daerah Tanjung Anom. Makanan ini bisa bertahan lama.

6. Grubi

Grubi

Apakah kamu penyuka makanan yang manis dan gurih? Kamu harus mencoba mencicipi grubi ketika berkunjung ke kota Magelang. Grubi merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang yang kekinian yang cocok untuk jadi buah tangan karena mampu bertahan lama.

Bahan dasar makanan ini adalah ubi jalar yang diparut lembut kemudian dibentuk menjadi bola-bola, baru selanjutnya digoreng. Proses pembuatan grubi tidak bisa dipisahkan dari gula Jawa yang membuat makanan ini memiliki cita rasa manis khas Jawa.

Untuk kamu yang tertarik untuk membeli grubi sebagai oleh-oleh, cobalah kunjungi gerai Sentra Grubi Kerang Mas yang terletak di Peten Dawung, Tegalrejo, Magelang atau bisa juga di gerai oleh-oleh lainnya. Grubi yang merupakan oleh-oleh khas Magelang ini cocok untuk jadi camilan santai.

7. Gula Kacang atau Ampyang

Gula Kacang atau Ampyang

Kalau kamu suka manisnya gula merah, oleh-oleh khas Magelang yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Biasanya makanan ringan ini sering kali dibawa untuk jadi oleh-oleh ketika pulang dari Magelang. Bagi kamu yang suka makanan manis, mungkin kamu ingin coba mencicipi gula kacang atau ampyang.

Tak hanya jadi oleh-oleh, makanan ini pun bisa kamu bawa untuk jadi camilan selama di perjalanan. Bahan dasar untuk membuat ampyang adalah kacang tanah dan gula merah. Kacang ini disiram dengan cairan gula merah lalu didiamkan beberapa saat sampai menjadi keras bentuknya.

Ingin membawa ampyang sebagai oleh-oleh? Tak perlu khawatir, kamu bisa membelinya di beberapa toko oleh-oleh yang ada di daerah Magelang. Harga yang dipatok untuk bisa mencicipi ampyang pun cukup murah yaitu sekitar 15 ribu sampai 25 ribu per bungkus.

8. Pothil

Pothil

Pothil merupakan makanan khas Magelang yang mempunyai bentuk seperti cincin yang berukuran besar. Camilan khas kota Magelang ini dibuat dari bahan dasar ketela yang diberi ketumbar bubuk sebagai perasanya dan memiliki warna kecokelatan.

Makanan ringan ini dijual dengan beragam rasa, ada rasa keju, jagung bakar sampai pizza. Satu bungkus pothil harganya sekitar delapan ribu sampai sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa menemukan pothil di toko oleh-oleh yang ada di daerah Magelang.

9. Tape Muntilan

Tape Muntilan

Tape ini adalah jenis jajajan tradisional yang menjadi oleh-oleh khas Magelang. Dibuat dari bahan ketan putih kemudian diberi pewarna yang alami. Muntilan adalah nama yang diberikan oleh masyarakat Magelang pada tape ketan yang jadi oleh-oleh khas kota mereka ini.

Makanan khas Magelang ini memiliki dua pilihan, yaitu tape ketan yang dibungkus memakai kemasan plastik ½ kg yang di ujungnya diikat memakai karet. Pilihan kedua adalah yang dimasukkan langsung ke dalam kemasan stoples isi 1kg.

Kamu bisa menemukan jajanan tradisional dengan mudah karena di Magelang semakin banyak produsen tape muntilan ini. Karenanya kamu bisa dengan mudah mendapatkan tape muntilan tanpa harus berdesak-desakkan saat membelinya.

Tape Muntilan ternyata tidak hanya dibuat oleh para produsen-produsen kecil, tapi juga diproduksi oleh produsen tape yang berskala besar. Namun biasanya pabrik tapi akan menggunakan zat pewarna sedikit tapi masih dalam takaran yang aman untuk dimakan.

10. Geblek

Geblek

Selain Slondok, kota Malang mempunyai makanan khas yang jadi camilan yang tak kalah unik, yaitu geblek. Mungkin kata ini sering kamu dengar dalam percakapan sehari-hari dan memiliki konotasi yang negatif. Tapi geblek yang satu ini tidak negatif justru enak.

Meskipun namanya aneh, para wisatawan tidak memperdulikan nama makanan ringan ini. Buktinya geblek tetap disukai oleh banyak masyarakat luas di Magelang. Bahkan makanan ini jadi ikon kuliner Kota Magelang. Makanan yang mirip dengan donut bentuknya ini terbuat dari tepung pathi.

Tepung ini sering juga disebut dengan tepung kanji yang asalnya dari singkong. Inilah yang membuat tekstur geblek jadi kenyal dengan rasa yang gurih. Geblek yang baru digoreng memiliki tekstur kulit yang garing tetapi kenyal dalamnya serta mudah disantap. Geblek yang belum digoreng bisa tahan 4 hari.

Unik-unik bukan makanannya? Dari mulai makanan manis hingga asin semuanya ada. Kalau kamu liburan ke Magelang, boleh dicoba oleh-oleh khas Magelangnya. Jangan lupa untuk bawa pulang juga, ya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *