10 Oleh-Oleh Khas Malang yang Paling Unik dan Menarik

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 2 Juni 2021

Malang punya banyak buah tangan yang bisa dibawa pulang. Mulai dari makanan hingga non-makanan, semua bisa kamu jadikan sebagai buah tanganmu nanti. Jadi, bila kamu pulang dari Malang nanti, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas di sana, ya.

Dari sekian banyak buah tangan khas Malang, beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Jadi, kamu pun bisa mengetahui apa saja buah tangan yang harus kamu beli di sana. Lalu, apa saja buah tangan yang kami rekomendasikan? Yuk, simak saja langsung daftarnya di bawah ini!

1. Keripik Apel

Keripik Apel

Sebagaimana yang kita tahu, Malang merupakan penghasil apel yang cukup besar. Di Malang, apel tak hanya dijual dalam bentuk buah semata. Buah satu ini juga kini lazim diolah menjadi sejumlah makanan lezat dan Keripik Apel adalah salah satunya.

Keripik Apel memiliki cita rasa yang manis dan renyah. Sejumlah toko oleh-oleh sudah menyajikan buah tangan satu ini, salah satunya adalah Kanefood. Di Kanefood, Keripik Apel tersedia dalam bentuk yang agak besar serta berkualitas baik. Kalau kamu berminat, sila datang saja ke Jalan Terusan Ijen No. 853 B, Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116.

2. Malang Strudel

Malang Strudel

* sumber: www.idntimes.com

Selain dijadikan keripik, apel Malang juga sering dijadikan olahan Strudel. Bagi yang belum tahu, Strudel adalah makanan khas Austria yang bentuknya serupa kue kering yang berlapis dan berbahan pastry. Strudel sendiri bagian dalamnya lazim diisi buah-buahan.

Tak seperti Strudel lazimnya, Malang Strudel memiliki isian apel Malang di dalamnya. Malang Strudel sendiri rupanya dirintis oleh seorang artis kenamaan, Teuku Wisnu. Suami Shiren Sungkar ini mengaku kalau inspirasi terciptanya Malang Strudel tercipta saat dia berlibur ke berbagai negara Eropa, termasuk Austria.

3. Pia Mangkok

Pia Cap Mangkok

* sumber: www.bukalapak.com

Bisa dibilang ini adalah versi Malang-nya Bakpia Jogja. Secara tampilan, buah tangan ini memang mirip Bakpia. Bedanya, Pia Mangkok memiliki tekstur yang renyah, terutama di bagian kulit luarnya. Bila kamu menggigit kue ini, maka kamu bakal merasakan rekahan lapisan kulit pia yang muncul di antara kulit dan isian pia.

Dari segi isian, Pia Mangkok memiliki isi yang tidak padat, berbanding terbalik dengan Bakpia Jogja. Isinya pun memiliki sejumlah varian rasa, ada rasa kacang hijau, keju, durian, hingga rasa tangkwee alias labu putih.

4. Keripik Ceker

Keripik Ceker

Kalau kamu mau membeli keripik tak biasa, maka Keripik Ceker sangat bisa kamu beli. Sesuai namanya, ini adalah keripik yang dibuat dari ceker alias kaki ayam. Kendati begitu, tak semua bagian ceker rupanya bisa dijadikan keripik.

Pada Keripik Ceker, bagian ceker yang dipakai adalah bagian kulitnya. Bagian ini nantinya bakal dipisahkan dari tulangnya. Sesudah itu, dipresto hingga melunak serta direndam dalam air kapur selama 10 menit.

Direndamnya kulit ceker ke air kapur sendiri dilakukan agar kulitnya tidak berlendir. Setelah direndam, ceker pun dijemur, kemudian digoreng hingga garing. Selain enak, keripik ini ternyata juga bergizi. Ini tak lepas dari kandungan kolagen dan asam amino pada keripik satu ini.

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Mungkin kamu bisa menemukan buah tangan ini di kota lain. Tapi, sebaiknya kamu coba membeli keripik ini di kota Malang. Keripik tempe di Malang sendiri memiliki keunikan di dalamnya. Keripik tempe Malang dibuat dari tempe yang diiris tipis-tipis.

Penggunaan tempe yang diiris tipis membuat teksturnya lebih krispi tinimbang keripik tempe lazimnya. Rasanya pun begitu lezat, karena irisan tempenya dilapisi dengan tepung beras yang sudah diberi bumbu khusus.

Adapun bumbu khusus yang dipakai biasanya terbuat dari ketumbar, kencur, bawang putih, dan kunyit. Di Malang, keripik ini bisa kamu beli di kawasan Sanan.

6. Bakpao Telo

Bakpao Telo

Bila bakpao umumnya dibuat dari tepung terigu, maka bakpao ini sangatlah berbeda. Bakpao satu ini dibuat dari telo alias ubi jalar. Ubi jalar pada bakpao ini dipakai sebagai pengganti tepung terigu. Ini membuat cita rasanya lebih legit ketimbang bakpao pada umumnya.

Bakpao unik ini bisa kamu beli di toko Repoeblik Telo yang ada di Pasuruan dan Malang. Untuk di Malang, kamu bisa datang ke alamat lengkapnya di Jalan Raya Malang – Gempol No. 62, Sumping Wetan, Turirejo, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur 65213.

7. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang

Selain Bakpao Telo, Malang masih punya satu bakpao unik lainnya, yakni Bakpao Sayang. Letak keunikan bakpao ini adalah pada warnanya yang putih kekuningan, serta kulit bakpaonya yang lebih lembut. Varian rasanya pun beragam. Konon, varian rasa bakpao ini bisa mencapai 30 macam, lho!

Penjual bakpao ini sudah banyak menjamur di Malang, Batu, dan kota-kota lainnya. Untuk di Malang, kamu bisa membeli di salah satu toko yang ada di Jalan Langsep, Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65116.

8. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka

Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari bahan dasar pisang. Pisang yang dipakai sendiri tak lain adalah pisang raja. Pada makanan ini, pisang raja dilumat, diberi taburan gula, serta diletakkan ke dalam adonan yang terbuat dari gula, garam, tepung ketan, serta bahan-bahan lainnya.

Secara tampilan, buah tangan ini agak mirip dengan crepes. Teksturnya juga gurih, dengan cita rasa pisang yang kuat. Untuk membeli buah tangan ini, silakan datang ke toko resminya di Jalan Bangka no. 20-22, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65117.

9. Kaos Soak Ngalam

Kaos Soak Ngalam

Bila kamu ingin buah tangan selain makanan, maka kaos buatan Soak Ngalam wajib untuk dibeli. Buah tangan ini memiliki keunikan berupa desain kaosnya yang berisi sejumlah kata atau kalimat yang dibaca secara terbalik.

Misalnya, “Orang” yang dibalik menjadi “Genaro”, atau “Kamu” yang dibalik menjadi “Umak”. Kalau kamu ingin membeli buah tangan ini, sebaiknya kamu datang ke toko resminya yang ada di Jalan Kawi Atas No. 24, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

10. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Oleh-oleh non-makanan khas Malang lainnya adalah Keramik Dinoyo. Keramik ini merupakan keramik produksi rumahan yang dibuat di daerah Dinoyo. Bahan dasar keramik ini diproduksi sendiri oleh para pengrajinnya. Oleh karenanya, kualitas keramiknya amat bisa dipertanggungjawabkan.

Keramik Dinoyo dibuat dalam beragam bentuk, seperti vas bunga, guci, dan juga gelas. harganya pun juga relatif terjangkau. Kalau berminat, kamu bisa datang ke Jalan MT Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang bisa kamu beli nanti. Tapi, kalau kamu masih penasaran dengan tempat yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, coba cari rekomendasinya di 9 Tempat Oleh-oleh di Malang ini. Semoga rekomendasi kami bermanfaat untukmu, ya. Bila kamu punya rekomendasi buah tangan khas Malang lainnya, silakan beritahu kami via kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram