10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Setelah mengunjungi tempat wisata di Palangkaraya, kami sarankan untuk jangan langsung pulang ke kampung halaman. Cobalah untuk membeli sejumlah buah tangan yang khas di sana. Siapa tahu, kerabat atau orang yang kamu tinggal selama ke Palangkaraya terkesan oleh buah tangan yang kamu bawa.

Buah tangan khas Palangkaraya sendiri tergolong lumayan banyak. Beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di sini. Siapa tahu bisa membantumu saat hendak belanja buah tangan di sana. Adapun sejumlah rekomendasi buah tangan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Keripik Kelakai

Keripik Kelakai

Selain sebagai buah tangan, cemilan satu ini juga merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya. Sesuai dengan namanya, buah tangan ini dibuat dari pohon Kelakai atau Kalakai, terutama bagian daunnya yang masih muda.

Adapun cara mengolahnya adalah dengan membalurkan daun Kelakai muda dengan tepung dan bumbu, setelah itu digoreng hingga kering. Selain lezat, buah tangan ini juga berkhasiat, lantaran adanya sejumlah kandungan gizi pada daun Kalakai muda.

2. Wadi

Wadi

Buah tangan satu ini juga merupakan salah satu makanan khas Palangkaraya. Wadi sendiri terbuat dari ikan yang difermentasi sedemikian rupa. Ikan yang dipakai pada bahan ini bisa apa saja, mulai dari ikan bawal sampai dengan ikan patin.

Saat kamu membawa buah tangan ini ke rumah, kamu bisa mengolahnya lagi dengan cara digoreng atau dikukus. Setelah diolah lagi, Wadi akan memiliki cita rasa asam, asin, dan segar.  Cocok sekali untuk yang suka hidangan dengan cita rasa yang kaya.

3. Rabuk Patin Kandas Sarai

Rabuk Patin Kandas Sarai

Ini adalah abon versi Palangkaraya. Bila abon lazimnya berbahan daging sapi, namun abon satu ini justru sebaliknya. Adapun yang menjadi bahan dasar abon ini adalah daging ikan patin yang tentu saja telah dihaluskan.

Ikan patin tersebut nantinya bakal dipadupadankan bersama dengan Kandas Sarai. Bagi yang belum tahu, Kandas Sarai merupakan sambal khas Palangkaraya yang berbahan dasar serai. Penggunaan sambal tersebut membuat abon satu ini bercita rasa gurih dan tentu saja pedas.

4. Keripik Ikan Seluang

Keripik Ikan Seluang

Rupanya, Palangkaraya tak hanya memiliki Keripik Kelakai saja. Pasalnya, masih ada satu keripik lainnya yang bisa kamu beli nanti di sana. Keripik Ikan Seluang adalah keripik tersebut. Keripik ini dibuat dari Ikan Seluang yang dicampur garam, rempah, tepung tapioka, dan minyak sayur.

Buah tangan ini sangat cocok untuk yang suka keripik ikan dengan tekstur yang renyah dan bergizi. Keripik ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Tingkat keawetannya pun juga baik, sehingga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

5. Bingka

Bingka

Kalau mau membawa buah tangan kue-kuean maka buah tangan ini bisa kamu bawa pulang. Kue Bingka sebetulnya bisa kamu temukan di Pontianak atau di Banjarmasin. Namun, kamu juga tak salah bila membeli kue ini di Palangkaraya.

Apalagi, kue Bingka Palangkaraya punya perbedaan dibanding Bingka di daerah lain. Bingka khas Palangkaraya sendiri dibuat dari kentang yang diberi santan kelapa kental dan dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk bundar kecil.

Kalau kamu mau membeli kue ini, kamu bisa datang ke toko Bingka H. Enor. Alamat toko tersebut ada di PAlangka, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.

6. Wadai Apam

Wadai Apam

Wadai Apam adalah kue-kuean yang bisa kamu bawa pulang nanti. Kue ini merupakan kue apemnya kota Palangkaraya yang berbahan dasar tepung terigu. Bahan dasar tersebut kelak akan dicampur dengan tepung beras, kelapa parut, gula, santan, dan sedikit ragi.

Adonan kue ini kelak akan dicetak ke dalam loyang berbentuk bundar, persegi empat, atau berbentuk bunga. Setelah itu, barulah dikukus hingga matang. Di Palangkaraya, kue ini tak hanya dijadikan sebagai buah tangan. Kue ini juga lazim dipakai sebagai sajian di acara-acara sakral seperti pernikahan.

7. Kue Gagatas

Kue Gagatas

Mau buah tangan kue-kuean lagi? Coba saja membeli kue satu ini! kue Gagatas atau bisa juga disebut Getas adalah kue tradisional Palangkaraya yang terbuat dari beras ketan. Bahan dasar itu nantinya dicampur parutan kelapa dan diselimuti tepung dan gula basah.

Kue ini memiliki bentuk yang agak lonjong serupa telur. Penggunaan gula basah pada kue ini membuat cita rasanya begitu manis. Untuk membeli kue ini, kamu bisa mendatangi sejumlah pasar tradisional di Palangkaraya.

8. Tahu Bakso Ijjo

Tahu Bakso Ijjo

Di Palangkaraya, ada satu bakso yang bisa kamu bawa pulang. Tahu Bakso Ijjo adalah bakso tersebut. Meskipun mengandung kata “Ijjo”, bakso satu ini tidaklah berwarna hijau. Ini hanyalah sebuah bakso biasa yang cita rasanya luar biasa.

Tahu Bakso Ijjo sendiri memiliki dua varian rasa, yakni sapi dan ayam. Kalau kamu tertarik membeli buah tangan ini, silakan datang ke toko resminya di Jalan G. Obos, Menteng, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.

9. Topi Kulit Kayu

Topi Kulit Kayu

Palangkaraya tak hanya menyajikan buah tangan makanan. Jadi, kamu pun bisa membeli buah tangan selain makanan saat di Palangkaraya nanti. Salah satu buah tangan non-makanan khas Palangkaraya adalah Topi Kulit Kayu.

Buah tangan ini merupakan sebuah topi berbahan dasar kayu nyamung. Kayu nyamung sendiri tergolong kuat dan tahan air, sehingga cocok dipakai sebagai topi. Meski berbahan dasar kayu, harga topi ini tergolong terjangkau.

Perbuahnya, kamu bisa mendapatkan topi ini dengan kocek sekitar Rp160 ribu. Selain terjangkau, varian warna dan bentuknya pun beragam. Ada yang berwarna cokelat atau pun krem, bahkan ada yang berbentuk bundar biasa dan juga berbentuk seperti topi koboi.

10. Batik Benang Bintik

Batik Benang Bintik

Selain topi, kamu bisa menjadikan batik sebagai buah tanganmu nanti. Adapun batik khas Palangkaraya yang bisa kamu beli adalah batik Benang Bintik. Ini adalah sebuah batik yang mempunyai motif khas Suku Dayak, suku yang ada di Kalimantan Tengah.

Konon, motif yang ada pada batik ini berasal dari lukisan atau ukiran sisa sejarah khas Suku Dayak. Batik Benang Bintik sendiri ternyata punya sejumlah varian, dan tiap variannya punya nilai filosofis tersendiri, misalnya saja pada batik motif Batang Garing.

Pada motif yang dimaksud, terdapat sebuah nilai filosofis yang menunjukkan hubungan manusia dengan makhluk di sekitarnya. Jadi, motif tersebut secara tersirat menyatakan kalau kita harus menjalin hubungan baik dengan makhluk lain di sekitar kita.

Bila kamu ingin membeli batik ini, kamu bisa datang ke butik Benang Bintik Lestari Indah yang ada di Jalan Rajawali No. 46, Bukit Tunggal, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah 74874.

Demikianlah beberapa rekomendasi buah tangan khas Palangkaraya yang bisa kamu beli nanti. Jadi, saat kamu mau pulang ke Palangkaraya nanti, jangan lupa untuk membeli salah satu atau semua buah tangan di atas. Siapa tahu orang-orang yang kamu tinggal piknik senang dengan buah tangan yang kamu beli.

Tapi, kalau kamu sedang berada di Samarinda dan bingung dengan oleh-olehnya, bisa cari tahu informasi selengkapnya di artikel 10 Oleh-oleh Khas Samarinda ini. Selamat berbelanja!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram