Jangan Lewatkan 10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Lezat Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Palu merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Kota ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah serta negara. Kota ini dijuluki sebagai Kota Lima Dimensi. Hal itu dikarenakan Palu mempunyai lembah, sungai, lautan, teluk, juga pegunungan.

Selain memiliki alam yang indah, Palu juga memiliki beragam makanan untuk dijadikan oleh-oleh. Simak daftar oleh-oleh khas Palu berikut ini ya!

1. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Oleh-oleh khas Palu yang pertama yang akan kita bahas adalah kacang goyang. Camilan ini merupakan kacang telur yang mempunyai rasa yang gurih. Keunikan kacang goyang adalah memiliki bermacam varian rasa. Jadi kamu bisa memilih yang sesuai dengan seleramu.

Sekarang ini, kacang goyang dijual dengan beragam rasa, mulai dari gurih, asin, manis, dan bahkan ada juga yang rasa pedas.  Kacang goyang ini cocok sekali untuk jadi buah tangan saat kamu berkunjung ke kota Palu. Camilan kacang ini bisa disantap oleh keluarga sambil menonton televisi.

Kalau kamu ingin membeli kacang goyang khas Palu sebagai oleh-oleh, kamu bisa mencarinya di pusat oleh-oleh kota Palu yang menjual bermacam-macam makanan ringan. Harga satu kotak kacang goyang sekitar Rp5.000 – Rp10.000. Cukup murah bukan?

2. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa

Ikan roa merupakan jenis ikan yang ditemukan di perairan Sulawesi, terutama di perairan Poso di Sulawesi Tengah. Seperti halnya di daerah Jawa Barat yang memiliki beragam khas sambal, kota Palu pun mempunyai sambal khasnya sendiri yaitu sambal ikan roa yang juga menjadi oleh-oleh khas Palu.

Sambal biasanya terbuat dari cabe yang dihaluskan kemudian diberi bumbu lainnya agar sambal menjadi terasa pedas maksimal. Di Palu sambal ikan roa merupakan jenis sambal yang bahannya dicampur dengan ikan roa yang sebelumnya telah digoreng kemudian dihaluskan.

Rasa khas dari ikan roa yang berada di perairan Palu ini membuat sambal ikan roa mempunyai rasa berbeda dari sambal lainnya. Kalau kamu ingin membeli sambal ikan roa sebagai oleh-oleh, mudah saja. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Palu dan sekitarnya.

Harga sambal ikan roa ini berkisar Rp20.000 saja. Sambal ini bisa tahan sampai satu tahun kalau disiman di dalam di toples yang tertutup rapat dan di suhu ruangan atau lemari pendingin. Umumnya, sambal roa dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat dan lauk pendamping untuk menambah cita rasa.

3. Keripik Pisang Donggala

Keripik Pisang Donggala

Mungkin kamu sudah sering melihat keripik pisang dijual di toko oleh-oleh di beragam tempat. Di Palu juga terdapat keripik pisang yang jadi oleh-oleh khas Palu. Bahannya sama dengan bahan yang digunakan oleh keripik pisang dari daerah lain, yaitu pisang tanduk.

Meskipun sama bahannya tapi kamu tetap bisa merasakan cita rasa manis, gurih dan tekstur renyah dari camilan asal kota Palu ini. Camilan ini memiliki beragam varian rasa, seperti seperti keju, pedas, hingga cokelat.

Tak hanya rasanya yang lezat, oleh-oleh khas Palu ini juga sering dijadikan buah tangan karena harganya yang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 untuk mendapatkan keripik pisang donggala dalam kemasan 100 gram. Tak heran camilan ini sering dibeli secara borongan.

4. Keripik Buah Naga

Keripik Buah Naga

Oleh-oleh khas Palu yang satu ini adalah keripik buah naga. Mungkin jenis keripik yang satu ini belum sepopuler keripik pisang, keripik singkong, ataupun keripik sukun. Untuk kamu yang belum pernah coba oleh-oleh keripik buah naga ini, kamu harus coba cicipi ketika berkunjung ke kota Palu.

Rasa keripik buah naga berbeda dengan keripik lain, terasa lebih gurih dan manis. Camilan yang satu ini juga dipercaya kaya manfaat. Itu karena buah naga mempunyai kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Keripik ini pas untuk dijadikan camilan saat bersama keluarga ataupun teman.

Kalau kamu tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Palu ini, kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Palu. Harganya sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp10.000 untuk bisa mendapatkan satu kemasan kecil keripik buah naga ini.

5. Keripik Paru Rica-Rica

Keripik Paru Rica-Rica

Orang Indonesia sudah dikenal suka mengkonsumsi beragam jeroan sapi atau ayam. Jeroan-jeroan itu tak hanya bisa dibuat jadi lauk-pauk tapi juga jadi camilan, seperti keripik usus ayam. Nah, ada lagi keripik yang berasal dari jeroan. Kali ini keripik ini menggunakan jeroan sapi.

Nama oleh-oleh khas Palu ini adalah keripik paru rica-rica. Keripik ini berasal dari jeroan sapi yang sudah dikeringkan kemudian digoreng hingga renyah. Sesudah digoreng kemudian diberi bumbu pedas rica-rica. Keripik paru rica-rica ini sering dijadikan pendamping makanan utama oleh masyarakat palu.

Rasa pedas dari camilan ini bisa menggoyang lidah. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Palu ini, kamu bisa membelinya di toko-toko penjual oleh-oleh di kota ini. Untuk harganya, keripik paru rica-rica ini dibandrol dengan harga sekitar Rp40.000 ke atas. Kamu bisa memilih varian rasa sesuai selara.

6. Bagea

Bagea

Camilan lain yang harus kamu coba dan bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Palu adalah bagea. Camilan ini berupa kue yang bisa kamu temui di beberapa daerah di Sulawesi. Namun di kota Palu, kue ini pembuatannya dicampur dengan kacang. Jadi kamu bisa merasakan sensasi gurih dan manis.

Bagea disajikan dalam berbagai rasa, ada rasa original juga ada rasa lainnya, seperti keju. Untuk harganya, camilan ini dijual dalam harga yang masih cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp18.000 – Rp40.000 bergantung ukuran serta varian rasa yang kamu pilih.

Kalau kamu ingin membawa camilan kue bagea sebagai oleh-oleh, kamu bisa mencarinya di toko-toko penjual oleh-oleh khas Palu. Kalau tak sempat, kamu juga bisa membelinya dii Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie sebelum kamu meninggalkan kota Palu.

7. Olahan Daun Kelor

Olahan Daun Kelor

Salah satu yang menjadi keunikan Kota Palu yang mungkin tak kamu temukan di daerah lain yaitu olahan makanan dari daun kelor. Oleh-oleh khas Palu ini diolah menjadi beragam jenis makanan, seperti dodok kelor, pia kelor, cokelat kelor, keripik kelor, dan masih banyak lagi.

Karena mempunyai cita rasa yang khas, banyak orang yang jadi suka dengan beragam jenis olahan daun kelor ini. Daun kelor juga diakui mempunyai kandungan vitamin yang tinggi. Kalau kamu berminat untuk mencoba beragam oleh-oleh berbahan daun kelor, kamu bisa membelinya di gerai oleh-oleh di Palu.

8. Cokelat Banua

Cokelat Banua

Kamu pernah mendengar chocodot dari Garut. Nah, kota Palu mempunyai Banua. Ini adalah nama oleh-oleh khas Palu yang berupa cokelat. Cokelat banua merupakan salah satu oleh-oleh favorit di daerah Palu, Sulawesi Tengah.

Cita rasa olahan biji kakao yang berasal dari Sulawesi Tengah ini memiliki sedikit perbedaan dari cokelat lain pada umumnya. Cokelat ini terasa  lebih pahit. Akan tetapi, penggunaan zat pemanis yang sedikit menjadikan cokelat banua memiliki manfaat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan cokelat lain.

Di laman resmi cokelat Banua dijelaskan bahwa rasa dasar cokelat yang sebenarnya adalah pahit sehingga diberi tambahan sedikit pemanis. Ansaruddin bersama istrinya Hasnidar Haidir mendirikan Banua Cokelat pada 2010, Mereka melihat potensi Sulawesi Tengah yang merupakan penghasil kakao.

9. Kopi Jahe Sofie

Kopi Jahe Sofie

Sofie Localfood merupakan salah satu toko yang juga memproduksi oleh-oleh khas Palu yaitu berbagai jenis kopi Khas Palu. 12 dari 13 Kecamatan yang berada di Kota Palu adalah sentra kopi yang olahannya telah diekspors hingga ke berbagai daerah di Indonesia serta mancanegara.

Rasa kopi dari daerah Palu sangat khas karena memiliki perpaduan rasa legit serta manis yang sangat pas. Beragam jenis kopi bisa kamu pilih di gerai Sofie yang beralamat di Jalan Zebra V Lorong 1 Nomor 5 Tatura Selatan. Harga olahan kopinya berkisar belasan sampai puluhan ribu sesuai jenis dan ukuran.

10. Bawang Goreng Palu

Bawang Goreng Palu

Bawang Goreng Palu merupakan bawang goreng yang diproses dari bawang merah hasil dari tanah Palu. Bawang merah yang menjadi oleh-oleh khas Palu ini mempunyai aroma yang lebih harum dibandingkan jenis bawang lainnya. Selain itu, rasa dari bawang merahnya juga terasa lebih gurih, enak, dan renyah.

Kalau kamu berjalan-jalan ke kota Palu, jangan sampai lupa untuk membeli bawang goreng khas Palu untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh ini bisa dijadikan teman makan dan tentunya rasanya akan bertambah sedap. Untuk membeli bawang goreng ini, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 30 ribu.

Selain menikmati indahnya kota ini, saat mengunjungi kota Palu jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas kotanya. Kamu bisa menemukan beragam buah tangan untuk keluarga dan teman yang bisa dibawa pulang. Oleh-oleh khas Palu seperti apa yang ingin kamu beli?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram