Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Mesti Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kabupaten Pasuruan terkenal dengan tempat wisata Bromo Tengger sehingga tak mengherankan selalu jadi incaran para wisatawan. Selain memiliki pemandangan alam, kota kabupaten ini juga memiliki beragam kuliner yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Pasuruan. Meskipun sudah banyak makanan kekinian, kuliner dari Pasuruan yang berikut ini tetap bisa menjadi pilihan untuk buah tangan.

Untuk kamu yang sedang berlibur di Pasuruan, berikut ini daftar oleh-oleh khas Pasuruan yang mesti kamu bawa pulang.

1. Roti Matahari

Roti Matahari

Kalau kamu penyuka roti, jangan lewatkan oleh-oleh khas Pasuruan yang satu ini. Kota Pasuruan memiliki makanan yang berupa roti yang banyak disukai namanya Roti Matahari. Toko Roti Matahari berdiri sejak tahun 1955. Sudah cukup lama bukan? Bisa dibilang toko roti yang melegenda.

Toko roti ini menjual beragam jenis roti, di antaranya, roti sisir, roti warmball, roti ronde, roti celup, roti kasur dan lain-lain. Terdapat dua jenis roti sisir, yakni roti sisir basah dan kering. Roti sisir yang basah juga punya dua varian, yakni roti sisir rombotter dengan roti sisir biasa.

Yang paling disukai oleh penikmat roti adalah roti sisir rombotter-nya karena roti ini memakai mentega Australia. Kalau kamu membeli roti jenis ini, ada pilihan roti sisi roombotter yang berwarna cokelat. Rasanya tentu saja enak.

Roti Matahari ini dapat di jumpai di banyak kota. Namun terkadang kondisinya berbeda dengan roti yang dibeli di tempat asalnya langsung. Tak hanya kondisinya yang berbeda, harganya pun terkadang lebih mahal. Toko Roti Matahari berada di Jl. Raya Sukarno Hatta 42-44, Pasuruan.

Jika kamu berminat untuk membeli roti ini dan masih dalam keadaan bagus, datang saja ke tokonya langsung. Harga untuk roti ini beragam, antara sekitar Rp27.000 sampai Rp46.000.

2. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar

* sumber: tatagtribunus.wordpress.com

Untuk sebagain kamu, nama oleh-oleh khas Pasuruan ini mungkin terdengar agak aneh karena kamu masih jarang mendengarnya. Oleh-oleh ini sudah ada semenjak 1949 dan namanya adalah bipang jangkar. Dulu saat pertama kali dibuat, bipang jangkar tak mempunyai banyak varian rasa, tetapi sekarang jenisnya sudah banyak.

Oleh-oleh dari Kota Pasuruan ini dibuat dari beras yang kemudian dipanaskan pada suhu tinggi hingga akhirnya mekar. Sesudah mekar, beras tadi kemudian diberikan campuran vanili dan gula yang sudah dicairkan. Setelahnya dicetak lalu dipotong-potong. Rasanya manis dan teksturnya renyah.

Bungkus bipang jangkar yang pertama kali digunakan saat diproduksi adalah kertas. Kemudian berkembang menggunakan bungkus plastik sehingga bipang bisa lebih tahan lama juga tidak melempem. Bipang jangkar bisa kamu beli di Toko Bipang Jangkar di Jl. Lombok 37-41.

Bipang jangkar ini dijual dalam bentuk kemasan yang berisi beberapa bungkus kecil bipang. Harganya bergantung jumlah bipang per bungkus serta jenisnya. Untuk harga oleh-oleh khas Pasuruan ini dimulai dari Rp24.000 per bungkus.

3. Permen jahe (Ting Ting Jahe) Sina

Permen jahe (Ting Ting Jahe) Sina

Oleh-oleh khas Pasuruan ini sepertinya didominasi oleh makanan yang mempunyai cita rasa manis. Sebelumnya tadi ada Roti Matahari dan Bipang Jangkar. Nah, oleh-oleh yang satu ini masih memiliki rasa yang manis tapi tidak seluruhnya. Bentuknya permen namanya Permen Jahe Sina.

Di Pasuruan permen jahe ini biasanya disebut Ting Ting Jahe. Pada awal produksinya, oleh-oleh yang satu ini dikemas memakai bungkus dari kertas. Namun saat ini kemasannya lebih praktis yaitu menggunakan plastik. Tak hanya enak, permen ini juga bisa menyehatkan karena bahan dasarnya jahe.

Ting ting jahe diproduksi oleh Sina sejak tahun 1935. Produk-produk Sina hingga sekarang dibuat menggunakan bahan yang berkualitas dan bahkan sudah diekspor ke beberapa negara, di antaranya Australia, Hongkong, Inggris, Amerika, dan Jerman.

Kalau kamu ingin membawa permen ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Pasuruan atau toko online. Harganya beragam. Untuk yang beratnya 100 gr dijual dengan harga sekitar Rp10.000 sedangkan untuk berat 300 gr dibanderol sekitar Rp19.000.

4. Ikan Lempuk

Ikan Lempuk

Ini adalah oleh-oleh gurih khas Pasuruan yang tak memiliki cita rasa manis seperti oleh-oleh sebelumnya. Panganan yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan ini berupa ikan kecil-kecil yang bernama ikan lempuk. Ikan ini mempunyai panjang sekitar 2 atau 3 cm dan bentuknya menyerupai teri.

Biasanya ikan lempuk ini dibuat jadi beragam macam makanan, tetapi seringnya ikan ini  dibawa untuk oleh-oleh dalam bentuk lempuk crispy. Makanan ini cocok sekali untuk dijadikan camilan ataupun lauk makan. Kamu bisa membelinya di Dsn. Tegalan, Kec. Grati. Harganya sekitar Rp20.000-Rp25.000 per kilo.

5. Kopi Kaspandi

Kopi Kaspandi

Kopi Kaspandi merupakan home industri yang sudah dirintis sejak tahun 1954 dan berhasil bertahan hingga sekarang. Kemasan kopi ini terkesan jadul yaitu menggunakan kertas warna putih dan pada bagian tengahnya terdapat sablonan dengan gambar kereta api zaman belanda.

Pada bagian atas serta bawah kemasan kopi ini terdapat keterangan yang menyebutkan kalau kopi kaspandi ini hasil produksi dari Griya Kopi Kaspandi yang bertempat di Jl. Dewi Sartika Gg. V Kota Pasuruan. Ketika banyak muncul produk kopi bubuk pabrik, eksistensi kopi ini masih bisa terjaga.

Griya Kopi Kaspandi dikelola oleh Hj. Anisah yang merupakan generasi kedua dari keluarga pengusaha kopi tersebut. Kopi kaspandi, menurut Anisah sengaja dipertahankan desain lama kemasan produksinya. Tidak ada perubahan yang signifikan pada kopi Kaspandi walaupun produk warisan turun-temurun.

Tak hanya desainnya, kualitas kopinya juga selalu dijaga dengan memakai resep rahasia keluarga. Agar kualitas kopinya tetap terjaga, kopi kaspandi dalam memilih bahan baku tak sembarangan. Bahan baku utama kopi ini diperoleh dari Perkebunan kopi yang ada di Jember.

Biji-biji kopi bercita rasa tinggi menurut Anisah bisa didapatkan dari sana. Usaha kopi ini mempunyai latar belakang budaya ngopi dan nyangkruk yang sangat kuat di daerah Pasuruan. Kopi yang jadi oleh-oleh khas Pasuruan ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp25.000.

6. Jamu Kebonagung

Jamu Kebonagung

Jamu Kebonagung adalah minuman yang jadi oleh-oleh khas Pasuruan, Jawa Timur. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah berbagai jenis rempah-rempah, contohnya kayu manis, lada, bunga pala, kapulaga, cabe jamu, cengkeh, gula jawa dan sereh.

Minuman ini tak hanya menyegarkan badan tapi juga berkhasiat untuk mengatasi batuk berdahak, menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, sakit tenggorokan, dan tentunya menjaga kebugaran tubuh.

Jamu Kebonagung bisa didaptakan di beberapa toko jamu dan minuman tradisional yang ada di Pasuruan. Jamu Kebonagung ini awalnya hanya dijual di Pasar Kebonagung yang ada di Kota Pasuruan. Harga jamu ini beragam, mulai dari sekitar Rp16.500.

7. Klepon

Klepon

Jika ingin membawa camilan tradisional yang jadi oleh-oleh khas Pasuruan, cobalah klepon gempol. Kue berbentuk bulat yang  terbuat dari tepung dan diberi campuran pandan serta taburan kelapa ini tidak tahan lama, jadi jajanan ini tak bisa dibawa untuk perjalanan yang jauh.

Kue basah satu ini mempunyai tekstur yang cukup kenyal dan isinya cairan gula merah serta taburan kelapa di atasnya. Klepon banyak dijumpai di sepanjang jalan Raya Gempol dengan beragam rasa, ada melon durian, dan stroberi. Untuk masalah harga, klepon ini hanya sekitar Rp5.000 untuk 12 bijinya.

8. Sirup Pokak Bu Endang

Sirup Pokak Bu Endang

Salah satu minuman tradisional warisan para leluhur yang bisa jadi oleh-oleh khas Pasuruan adalah Sirup Pokak Bu Endang Pasuruan. Minuman menyehatkan ini dibuat dari bahan rempah-rempah khas Kecamatan Winongan yang berada di Kabupaten Pasuruan. Biasanya disajikan dalam keadaan segar.

Sayangnya minuman ini tidak tahan lama dan cepat basi. Akhirnya di tahun 1999 minuman ini membuat modifikasi agar minuman ini bisa bertahan lama dan  praktis ketika disajikan atau diminum. Sirup pokak ini bisa diminum panas atau dingin.

Minuman yang jadi produk unggulan Kabupaten Pasuruan ini mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh, di antaranya menambah stamina serta kebugaran, menanggulangi tekanan darah, masuk angin rendah, dan perut kembung.

Sirup Pokak diproduksi secara profesional hingga bisa tahan lama hingga 1 tahun lebih. Harga satu botol berisi 500 ml dibanderol dengan harga sekitar Rp40.500.

Oleh-oleh khas Pasuruan di daftar ini tak hanya mengenyangkan dan lezat tapi juga menyehatkan badan. Kamu bisa memilih untuk membawa pulang makanan manis atau minuman sehat. Jadi, apa pilihanmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *