Keluyuran / Thailand / Inilah 10 Oleh-Oleh khas Pattaya yang Harus Kamu Bawa Pulang

Inilah 10 Oleh-Oleh khas Pattaya yang Harus Kamu Bawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2019

Ketika mendengar nama Pattaya, kami yakin kamu sudah tidak merasa asing lagi, kan? Ya, Pattaya adalah nama dari sebuah kota di Negeri Gajah Putih, Thailand yang menjadi salah satu destinasi favorit para turis. Baik lokal, maupun internasional.

Pattaya sendiri punya banyak tempat wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong. Sebut saja Pattaya Floating Market, Mini Siam, Underwater World Pattaya hingga beberapa pantai indah seperti Pantai Pattaya, Pantai Bang Saray dan Pantai Jomtien.

Nah, sebagai salah satu destinasi wisata yang tersohor di Thailand, Pattaya tentu bukan hanya memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pattaya juga punya buah tangan atau oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang sehabis berlibur.

Kali ini, keluyuran akan membahas mengenai 10 oleh-oleh khas Pattaya yang tentunya bisa kamu bawa pulang dan kamu jadikan buah tangan untuk orang-orang tercinta di Tanah Air. Apa sajakah itu? Let’s check this out!

1. Sepatu Handmade

oleh oleh khas pattaya sepatu otop

* sumber: www.bangkok.com

Salah satu oleh-oleh khas Pattaya yang bisa kamu bawa pulang ke Tanah Air sebagai buah tangan adalah sandal atau sepatu handmade atau buatan tangan. Sepatu ini merupakan hasil karya para perajin lokal. Sepatu ini ada berkat program satu desa satu produk atau One Tambon One Product yang diterapkan pemerintah Negeri Gajah Putih untuk mendukung industri lokal di sana.

Sepatu-sepatu buatan perajin lokal ini tentu kualitasnya tak kalah bagus dari sepatu yang dibuat oleh mesin di pabrik-pabrik besar. Nah, kalau ke Pattaya, jangan lupa untuk beli sepatu handmade cantik buah karya warga lokal ini, ya.

2. Baju

mike pattaya

* sumber: www.bangkok.com

Belanja pakaian memang menjadi hal wajib ketika kita melancong ke luar negeri. Tak terkecuali di Pattaya, Thailand. Nah, mungkin kalau berbelanja pakaian atau kaos dengan tulisan “Thailand” sudah kamu lakukan.

Ingin yang beda? Coba saja pergi ke Pattaya Night Bazaar dan belilah beberapa potong pakaian dengan aneka model dan juga ukuran yang tentunya bisa kamu jadikan buah tangan dari Pattaya. Pakaian-pakaian yang dijual di sini tentu saja harganya bersahabat. Kamu juga bisa mencari kaos dengan tulisan “Pattaya” untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga di rumah.

3. Lukisan

lukisan

* sumber: pixabay.com

Di Pattaya, kamu juga bisa membeli lukisan untuk dijadikan oleh-oleh. Jika ingin membeli lukisan unik dengan harga terjangkau, kamu bisa mengunjungi Pattaya Night Bazaar. Namun, kalau kamu ingin membeli lukisan dengan harga yang bisa dibilang lebih tinggi dan lebih otentik, kamu bisa membeli lukisannya di tempat lain. Seperti toko khusus yang menjual beragam lukisan atau juga dekorasi rumah.

4. Gantungan Kunci

gantungan kunci thailand

Yup! Benda ini adalah oleh-oleh yang paling mudah didapat. Gantungan kunci juga menjadi salah satu item wajib saat liburan yang harus dibawa pulang untuk dijadikan buah tangan buat orang rumah, teman-teman bahkan tetangga kamu. Di Pattaya, kamu bisa membeli gantungan kunci di banyak toko souvenir yang ada.

Kamu tentu bisa memilih gantungan kunci dengan berbagai bentuk. Mulai dari yang berbentuk bendera Thailand sampai gajah, yang melambangkan Negeri Gajah Putih. Oleh-oleh berupa gantungan kunci tentu saja bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau alias nggak bikin dompetmu bolong.

5. Celana Muay Thai

celana muay thai

Bukan cuma di Bangkok saja, di Pattaya juga kamu bisa beli celana buat kamu pakai saat latihan Muay Thai sesampainya di Tanah Air. Kamu tentu bisa mendapatkan celana khusus olahraga asal Thailand ini dengan harga terjangkau.

Oh ya, di Pattaya, kamu bisa membeli celana khusus olahraga Muay Thai ini di pusat perbelanjaan ataupun pasar yang ada di sana. Nah, buat yang hobi olahraga Muay Thai, jangan lupa bawa pulang celana Muay Thai kalau kamu liburan ke Pattaya, ya.

6. Pajangan

lukisan

* sumber: www.bangkok.com

Pajangan seperti guci atau patung-patung kecil juga adalah oleh-oleh khas Pattaya yang bisa kamu bawa untuk diberikan kepada keluarga tercinta atau bisa kamu pajang sendiri di rumah. Salah satu toko yang menjual aneka pajangan unik di Pattaya adalah Home Port yang berlokasi di Central Pattaya Road.

Selain menjual pajangan, toko ini juga menjual aneka furnitur, souvenir hingga lukisan. Oh ya, semua barang di sini memang dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada biasanya. Tapi, ada harga ada kualitas tentunya. Yep, kualitas barang yang dijual di toko ini bagus.

For your info, barang-barangnya pun memiliki ciri khas Thailand yang kentara. Nah, tertarik untuk berbelanja aneka pajangan dan barang lainnya di sini?

7. Makanan

Keripik Durian

Makanan atau camilan juga sangat amat wajib kamu bawa sebagai oleh-oleh, nih. Ada banyak makanan khas yang bisa kamu beli. Mulai dari keripik durian, manisan, snack cumi, mangga ketan alias mango sticky rice sampai dengan permen susu. Kamu juga bisa membawa pulang tom yum dan pad thai instan untuk dijadikan oleh-oleh.

8. Kain Sutera

Kain Sutra

* sumber: www.chadquilt.com

Seperti yang kita ketahui, Thailand adalah salah satu negara penghasil kain sutera berkualitas. Rata-rata kain sutera yang ada di Thailand dibuat secara handmade atau langsung menggunakan tangan manusia. Sehingga, lebih terkesan otentik. Kain sutera Thailand tentu sangat cocok untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga atau kerabat di Indonesia.

9. Sabun

Sabun Beras

Selain kain sutera, Thailand juga terkenal sebagai produsen sabun, utamanya sabun beras Thailand yang diklaim memiliki banyak kegunaan. Salah satunya tentu saja untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Nah, sabun beras biasanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang ramah di kantong. Jadi, jangan lupa untuk membawa sabun beras untuk dijadikan oleh-oleh juga, ya.

10. Minuman

Thailand Nestea

Yang dimaksud dengan minuman di sini tentu saja bukanlah merupakan minuman beralkohol ataupun beragam jenis minuman yang membahayakan kesehatan.

Minuman khas yang bisa kamu bawa pulang tentu saja adalah Thai tea instan. Ya, meski di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual Thai tea dengan aneka topping yang lezat, nggak ada salahnya buat kamu untuk membawa pulang Thai tea instan sebagai buah tangan.

Kamu tentunya bisa memilih oleh-oleh apa yang ingin kamu bawa pulang ke rumah. Makanan, pakaian bahkan pernak-pernik seperti gantungan kunci dan pajangan pun tersedia. Nah, jangan lupa siapkan budget yang cukup untuk membeli oleh-oleh kala berlibur ke Pattaya, ya.

Itulah kesepuluh oleh-oleh khas Pattaya yang wajib untuk kamu bawa pulang untuk dijadikan hadiah atau buah tangan bagi anggota keluarga, teman-teman atau rekan sejawat di tempat kerja. Oleh-oleh yang masuk dalam daftar di atas tentu memiliki banderol harga yang bervariasi, tergantung di mana kamu membeli dan tergantung dari kualitas barang itu sendiri.

Adakah di antara kamu yang sudah pernah berbelanja oleh-oleh di Pattaya atau di wilayah Thailand lainnya? Yuk, bagikan pengalaman atau tips berbelanja kamu selama di Pattaya ataupun tempat lainnya di Thailand kepada pembaca keluyuran melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Eits, tapi sebelum kamu sibuk mencari oleh-oleh, kunjungi juga 8 Tempat Wisata di Pattaya ini, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar