keluyuran web banner

10 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Dibeli

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Sudah puas menjajal tempat nongkrong keren di Pekanbaru? Kini, saatnya Anda membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat tercinta yang menanti Anda di rumah. Nah, tidak perlu pusing saat hendak membeli oleh-oleh di Pekanbaru karena di ibu kota Provinsi Riau ini ada begitu banyak makanan dan barang yang bisa dijadikan buah tangan.

Nah, berikut ini Keluyuran akan memberi ulasan mengenai barang dan makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Barang dan makanan ini selalu menjadi buah tangan yang selalu dicari oleh para wisatawan kala berkunjung ke Pekanbaru.

1. Kaos Khas Pekanbaru

kaos pekanbaru

Kurang lengkap rasanya jika kita berkunjung ke suatu tempat tanpa membeli kaos yang bertuliskan nama tempat tersebut. Ya, kaos dengan tulisan “I Love Pekanbaru” adalah salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang paling banyak diminati.

Kaos ini bisa dijadikan sebagai souvernir yang tentunya bisa dipakai kembali dalam jangka waktu panjang oleh penerimanya. Anda bisa mendapatkan kaos dengan tema Pekanbaru atau Riau ini mulai harga 25 ribu sampai ratusan ribu rupiah. Pilih bahan kaos yang terbaik agar penerimanya lebih nyaman saat memakai kaos ini.

2. Batik Corak Riau

Batik Corak Riau Oleh-Oleh Khas Pekanbaru

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang berbeda. Pun begitu di Pekanbaru, Anda bisa menemukan Batik Corak Riau dengan motif yang khas. “Corak Riau” adalah sebuah merk batik terkenal di wilayah Riau.

Koleksi Batik Corak Riau ini sangat eksklusif karena motif batiknya sendiri dibuat oleh tangan dengan menggunakan lilin cair. Tentu saja motif Batik Corak Riau ini sangat tidak pasaran. Kualitas kain yang terbaik dan warna batik yang tidak mudah luntur adalah alasan yang tepat untuk membeli Batik Corak Riau ini sebagai oleh-oleh.

3. Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kacang Pukul Bagansiapiapi

Pernahkah Anda mencicipi makanan ringan kacang ting-ting? Nah, Kacang Pukul Bagansiapiapi ini memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama dengan kacang ting-ting. Hanya saja cemilan khas Pekanbaru ini lebih padat dan memiliki rasa manis yang sangat khas.

Sejarah dari oleh-oleh ini berasal dari masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi yang membuat makanan ini secara turun menurun. Alhasil, Kacang Pukul Bagansiapiapi ini menjadi makanan umum di Kota Pekanbaru dan sekitarnya, bahkan makanan ini banyak dijual di pusat oleh-oleh yang ada di kota ini.

4. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Belum ke Pekanbaru jika Anda belum mencicipi Bolu Kemojo. Kue ini sangat terkenal di Pekanbaru bahkan banyak wisatawan yang membeli kue ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Bolu Kemojo adalah kue yang dilengkapi dengan santan murni lalu dimasak dengan cara dikukus. Berbeda dengan tekstur kue bolu pada umumnya, Bolu Kemojo ini memiliki tekstur yang kenyal dan cukup padat.

Dewasa ini, oleh-oleh khas Pekanbaru ini hadir dengan berbagai varian rasa yang sangat menggugah selera, di antaranya ada coklat, pandan, nangka, dan durian. Kue Bolu Kemojo ini bisa menjadi teman untuk minum teh atau kopi yang sangat nikmat.

5. Viz Cake

Viz Cake

Bukan hanya terkenal dengan pisang kipas, Pekanbaru juga memiliki bolu gulung yang tersohor. Viz Cake adalah jenis kue seperti bolu dalam bentuk roll sekaligus menjadi nama merk untuk kue tersebut. Lantas, apa perbedaan Viz Cake ini dengan kue bolu pada umumnya? Perbedaan dapat Anda lihat dari rasa dan motif bulu yang sangat unik. Jika pada umumnya bolu menawarkan rasa yang umum, seperti coklat atau keju, lain halnya dengan Viz Cake.

Kue yang selalu menjadi oleh-oleh favorit dari Pekanbaru ini menawarkan rasa nanas dan durian. Ada pula varian unik yang akhir-akhir ini menjadi produk yang best-seller, yakni Viz Cake Rainbow Durian. Selain kue tersebut, toko oleh-oleh Viz Cake ini juga menjual Soft Durian, Kek Pisang, dan Roti Durian.

6. Gantungan Kunci Pekanbaru

gantungan kunci pekanbaru

* sumber: ukurbumi.blogspot.co.id

Murah, simple, dan mudah didapat. Itulah oleh-oleh dari Pekanbaru yang berupa gantungan kunci. Jika Anda mencari souvernir murah untuk diberikan kepada kerabat sebagai oleh-oleh, maka gantungan kunci Pekanbaru ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

Model gantungan kunci ini sangat bervariasi, salah satu adalah gantungan kunci dengan gambar bangunan yang menjadi landmark di Pekanbaru atau sekedar ikon-ikon Provinsi Riau. Dimana Anda bisa memperoleh gantungan kunci yang bertema Pekanbaru ini? Anda bisa mendapatkan gantungan kunci Pekanbaru di toko oleh-oleh atau pasar-pasar yang ada di kota ini.

7. Keripik Nanas

Keripik Nanas

Buah nanas memang paling enak dimakan sebagai rujak manis. Namun, di Pekanbaru Anda bisa menikmati buah ini dengan cara yang berbeda. Adalah Keripik Nanas yang menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yang sangat populer.

Nah, bagaimana cara membuat keripik nanas ini? Apakah buah nanas ini harus digoreng terlebih dahulu? Keripik nanas diolah dengan cara digoreng seperti jenis keripik lainnya. Akan tetapi, sebelum digoreng buah nanas ini diiris tipis, dibumbui, lalu dijemur. Cemilan yang satu ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan yang paling penting rasanya sangat renyah dan enak.

8. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Bagaimana rasanya jika buah yang biasa diolah menjadi bahan rujak manis ini dibuat menjadi dodol? Apakah rasanya akan sedikit asam dan sepat? Di Pekanbaru Anda bisa menemukan jajanan berupa dodol yang terbuat dari kedondong. Buah kedondong diolah bersama dengan gula dan wijen.

Warna dodol kedondong ini cenderung lebih terang dibandingkan dodol pada umumnya yang berwarna gelap. Uniknya, makanan khas Pekanbaru ini menawarkan rasa yang sangat pas, tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam.

9. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Hampir sama dengan dodol, Lempuk Durian merupakan cemilan dengan tekstur yang kenyal dan sedikit lengket. Hanya saja, Lempuk Durian ini berbahan dasar buah durian dan dibungkus dengan daun. Lempuk Durian ini tidak hanya diburu oleh wisatawan lokal saja, lho. Cemilan ini sudah diekspor ke beberapa negara di Asia.

Jadi, apabila Anda berencana untuk berkunjung ke Pekanbaru dalam waktu dekat, pastikan Anda membeli Lempuk Durian ini untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga dan sahabat Anda di rumah.

10. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Pekanbaru memang memiliki berbagai macam jajanan dan kue basah yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah Lopek Bugi. Ini adalah kue basah yang dibungkus dengan daun pisang. Lopek Bugi sendiri adalah lepat ketan dengan rasa yang manis dan gurih. Kemudian, kue ini berisi ketan yang membuat rasanya jadi semakin gurih.

Jika ingin mencari Lopek Bugi saat Anda berada di Pekanbaru, Anda bisa segera mengunjungi sepanjang Jalan Lintas Pekanbaru Bangkinang yang lokasinya berada dekat dengan Jembatan  Danau Bingkuang.

11. Pancake Durian

Pancake Durian Nelayan

Pecinta durian harus coba oleh-oleh khas Pekanbaru yang satu ini. Jajanan olahan durian ini terasa sangat nikmat disantap dalam keadaan dingin. Pancake durian sendiri dibuat dari buah durian yang dihaluskan.

Kemudian, durian yang sudah dihaluskan akan dimasukkan ke dalam kulit yang lembut. Uniknya, kulitnya ini memiliki warna yang beragam, sehingga akan menarik perhatian Anda untuk segera menyantapnya. Penasaran?

12. Salai Ikan Patin

10 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Dibeli 1

* sumber: makananoleholeh.com

Melimpahnya ikan patin di Pekanbaru, Riau menjadikan warganya kreatif untuk mengolah ikan patin menjadi lebih sedap dan nikmat. Salah satu jajanan khas yang bisa Anda bawa pulang yakni Salai Ikan Patin.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa makanan satu ini memang terbuat dan berbahan dasar ikan patin yang diasapi (disalai). Makanan satu ini bahkan bisa bertahan selama berbulan-bulan, jadi cocok untuk dibawa sebagai buah tangan yang khas dari Pekanbaru.

13. Kue Bangkit

10 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Dibeli 2

* sumber: makananoleholeh.com

Jika Anda mencari jajanan kering khas Pekanbaru maka Kue Bangkit bisa menjadi solusi terbaik untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Kue ini terbuat dari tepung sagu atau tepung tapioka. Kenapa disebut Kue Bangkit?

Disebut sebagai Kue Bangkit karena bentuknya akan mengembang layaknya kue yang sedang bangkit, lucu ya? Nah, untuk rasanya juga sangat renyah dan nikmat. Rata-rata Kue Bangkit ini memiliki bentuk bunga. Mau menyicipinya?

14. Kerupuk Ikan Tengiri

Kerupuk Ikan Tengiri

* sumber: makananoleholeh.com

Selain ikan patin, Pekanbaru juga melimpah akan ikan tengirinya. Ya, ikan tengiri di Pekanbaru juga diolah sebagai jajanan khas yang renyah dan gurih. Adalah kerupuk ikan tengiri, jajanan ini siap untuk disantap sebagai cemilan atau sebagai pelengkap makan berat.

15. Pastel Ikan Patin

10 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Wajib untuk Dibeli 3

* sumber: makananoleholeh.com

Kembali lagi dengan cemilan yang berbahan dasar ikan patin, kali ini pastel ikan patin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh. Ya, sama seperti pastel pada umumnya, yang membedakan adalah isiannya.

Biasanya, pastel akan diisi dengan sayur-mayur segar, mie, telor, dan lainnya. Namun, untuk khas oleh-oleh Pekanbaru satu ini, isian pastel diganti dengan daging ikan patin yang enak dan bernutrisi. Tertarik membelinya?

Itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pekanbaru  yang sangat terkenal. Bahkan, beberapa dari oleh-oleh di atas sudah diekspor hingga ke luar negeri. Yuk, catat semua oleh-oleh dari Pekanbaru ini agar Anda tidak lupa membelinya saat berkunjung ke ibu kota Provinsi Riau ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram