keluyuran web banner

10 Oleh-Oleh Khas Probolinggo dari Buah Hingga Kue

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 November 2020

Dikenal sebagai kota Mangga dan Anggur, Probolinggo banyak didatangi wisatawan yang berburu kedua buah tersebut. Namun tak hanya kedua buah itu saja, Probolinggo juga memiliki olahan makanan lainnya yang pas untuk dijadikan oleh-oleh khas Probolingo.

Penasaran dengan oleh-oleh khas Probolinggo? Simak rekomedasi oleh-oleh khas Probolinggo yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini ya!

1. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari

Kalau kamu mencari oleh-oleh khas Probolinggo, buah yang satu ini harus masuk dalam daftar makanan untuk kamu bawa pulang. Kota Probolinggo dikenal sebagai penghasil mangga dan anggur. Buah yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah anggur karena Probolinggo dikenal sebagai kota anggur.

Julukan sebagai kota anggur ini karena Probolinggo adalah salah satu sentra anggur yang unggul dan terbesar di Indonesia semenjak tahun 1980-an. Anggur dari Probolinggo memiliki rasa yang manis dan segar. Sayangnya, julukan kota anggur saat ini mulai luntur karena para petani anggur sudah berkurang.

Walaupun demikian, kota ini masih memiliki anggur khas yang bernama anggur prabu bestari yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas Probolinggo. Pada dekade 80-an, budidaya anggur di daerah ini berada di sepanjang Jl. Mastrip di Desa Wonoasih. Tempat ini adalah sentra anggur terbesar di Probolinggo.

Di desa ini ada ribuan pohon anggur yang bisa di panen. Kualitas anggur Probolinggu sangat unggul. Anggur ini juga tak hanya dimakan mentah-mentah tapi diolah menjadi minuman jus yang bisa diminum saat dahaga.

2. Proll Tape Probolinggo

Proll Tape Probolinggo

Tak hanya anggur, Probolinggo juga memiliki oleh-oleh khas berupa olahan dari tape. Kalau kamu berkunjung ke kota ini dan tak membawa makanan ini rasanya tidak akan lengkap. Olahan tape ini bernama proll tape, oleh-oleh khas Probolinggo.

Bahan yang digunakan untuk membuat proll tape ini adalah tepung terigu, singkong, mentega, telur, gula, susu sapi, garam serta taburan keju dan kismis. Untuk membeli oleh-oleh khas Probolinggo ini, kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang ada di Probolinggo.

3. Keripik Kentang

Keripik Kentang

Ciri khas keripik kentang yang merupakan oleh-oleh khas Probolinggo warnanya putih susu, ukurannya lebar, serta memiliki tekstur yang renyah. Keripik ini mirip dengan keripik gadung, tapi terdapat perbedaan di teksturnya. Keripik kentang teksturnya lebih lunak juga renyah saat disantap.

Probolinggo mempuyai dua daerah dataran tinggi yang menjadi penghasil kentang, yaitu Sumber dan Sukapura. Letak kedua daerah ini ada di daerah wisata Bromo, maka tak heran jika kentang ini sering disebut kentang Bromo. Supaya bisa tahan lama serta bernilai jual tinggi, kentang pun diolah.

Salah satu olahan kentang itu adalah keripik kentang. Harga keripik mentah bervariasi berantung ukuran keripik. Ukuran keripik yang paling besar akan dijual dengan harga yang paling mahal. Ukuran keripik yang siap saji umumnya berukuran sedang dan harganya hampir sama di tiap penjual.

4. Sirup Pokak

Sirup Pokak

Tak hanya anggur prabu bestari dan proll tape, ada lagi oleh-oleh khas Probolinggo yang bisa kamu bawa ketika pulang dari kota ini. Oleh-oleh ini berupa sirup yang merupakan olahan dari beragam rempah dan jeruk. Cocok sekali untuk dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga.

Sirup Pokak adalah salah satu minuman khas  dari Probolinggo yang sangat terkenal di kalangan masyarakat setempat , bahkan orang-orang yang datang ke daerah Probolinggo. Bahan untuk membuat sirup pokak adalah gula merah, cengkeh, jahe, kayu manis, pandan, juga jeruk purut.

Ketika meminum sirup ini, tubuh kamu akan terasa hangat. Tak hanya untuk menghangatkan tubuh, minuman ini juga mempunyai khasiat lain, yaitu untuk mengobati meredakan batuk, masuk angin, dan mampu menurunkan kadar kolestrol.

Pokak dari Probolinggo memiliki dua macam bentuk, yaitu sirup pokak yang dibuat dari jahe, gula, kayu manis, pandan wangi, jeruk purut, sereh, dan cengkeh. Satu lag, yaitu serbuk pokak yang bahannya adalah gula merah, gula putih, jahe, keningar, kapulogo, cengkeh, daun jeruk purut, dan sere.

Sirup pokak bisa disajikan dengan air panas juga air dingin, bergantung selera. Namun disajikan panas-panas akan lebih enak, terutama diminum saat udara sedang dingin. Minuman sirup ini sudah bisa dibeli di beberapa toko oleh-oleh yang terletak di daerah Probolinggo. Harga per botolnya sekitar Rp10.000.

5. Olahan Manggrove

Olahan Manggrove

Selama ini kita lebih mengenal mangrove atau hutan bakau memiliki peran penting untuk ekosistem laut juga alam sekitarnya. Akan tetapi masyarakat Probolinggo mengeluarkan kreativitasnya dan mangrove diolah jadi produk pangan yang berkualitas yang bisa jadi oleh-oleh khas Probolinggo.

Olahan mangrove ini tersedia dalam beragam bentuk, seperti sirup, jenang juga cola yang memiliki rasa yang nikmat. Olahan ini diproduksi oleh para petani mangrove yang berada di Probolinggo.

Sirup mangrove memiliki kandungan vitamin A, C, juga Yodium yang sangat baik sebagai antisoksidan bagi tubuh. Rasa sirupnya asam manis yang pastinya sangat menyeggarkan saat diminum di siang hari yang panas.

6. Abon

Abon

Abon adalah salah satu makanan yang memiliki cita rasa yang enak juga bergizi tentunya. Selain itu, makanan ini bisa tahan dalam jangka waktu yang lama walaupun tanpa diberi tambahan bahan pengawet. Salah satu oleh-oleh khas Probolinggo adalah abon ikan.

Bahan untuk membuat abon bisa berupa irisan tipis daging, sapi, ayam, juga ikan. Bahan-bahan ini kemudian direbus lalu dimemarkan setelah itu disuir-suir halus. Ditambahkan juga bumbu-bumbu, seperti ketumbar, bawang putih serta bumbu lainnya dan juga santan.

Untuk kamu yang tak suka daging, abon ikan dari Probolinggo ini cocok untuk kamu. Ikan laut yang biasa digunakan adalah ikan tongkol dan tuna. Ada juga abon kluwih yang bahannya dari buah kluwih. Buah kluwih mirip seperti buah nangka atau sukun.

Daging buahnya biasa dipakai untuk sayur, seperti halnya buah nangka muda. Karena menggunakan buah sebagai bahan dasarnya, maka abon kluwih sangat cocok untuk yang vegetarian. Tertarik untuk mencoba abon dari buah kluwih?

7. Bawang Merah

Bawang Merah

Salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil bawang merah di pulau Jawa adalah Probolinggo. Daerah ini memiliki area perkebuan bawang merah yang luas. Bawang merah dari Probolinggo dikenal lebih pedas serta lebih mengkilap daripada bawang merah yang berasal dari daerah lain.

Karenanya bawang merah yang berasal dari Probolinggo jadi favorit pencinta olahan bawang.   Untuk oleh-oleh khas Probolinggo ini, terdapat tiga jenis bawang merah, yaitu bawang merah goreng, bawang merah mentah, dan sambal bawang merah.

Untuk kamu yang ingin membawa bawang oleh-oleh berupa bawang merah mentah, berkunjunglah ke pasar bawang Probolinggo yang letaknya ada di jalur pantura, kecamatan Dringu, tepatnya di sebelah timur kota Probolinggo.

8. Manisan

Manisan

Agar buah-buahan bisa awet dan tahan lama, biasanya diolah menjadi manisan, contohnya buah mangga dari Probolinggo. Daerah ini dikenal sebagai penghasil mangga sehingga saat musim panen tiba, Probolinggo akan dipenuhi buah mangga. Agar masa simpan mangga lama, dibuatlah jadi manisan.

Sekarang ini manisan mangga merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Probolinggo. Tak hanya mangga, ada juga manisan tomat. Manisan ini dibuat karena kota Probolinggo banyak petani yang menanam tomat, contohnya di daerah Sukapura.

Saat musim panen tiba, buah tomat harganya akan turun sangat drastis sehingga banyak petani menderita kerugian. Untuk itu dibuatlah tomat-tomat tersebut menjadi manisan agar bisa dijadikan oleh-oleh saat wisatawan berkunjung ke kota Probolinggo.

9. Keripik Jahe

Keripik Jahe

Masih mencari oleh-oleh khas Probolinggo yang berupa keripik? Cobalah keripik jahe. Olahan makanan ini tak boleh kamu lewatkan kalau berkunjung ke Probolinggo. Bahannya terbuat dari jahe yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng sampai kering.

Olahan jahe ini pas sekali untuk jadi oleh-oleh buat keluarga di rumah ataupun teman dan rekan kantor. Keripik jahe ini banyak manfaatnya bagi tubuh dan aman untuk dikonsumsi.

10. Rengginang Ikan Tenggiri

Rengginang Ikan Tenggiri

Biasanya rengginang dibuat dari beras ketan kemudian diberi bumbu lalu digoreng sampai garing. Namun di Kota Probolinggo ada rengginang yang terbuat dari bahan ikan tenggiri. Oleh-oleh khas Probolinggo ini cukup unik.

Secara penampilan, kerupuk rengginang ikan tenggiri khas Probolinggo ini sama saja seperti kebanyakan rengginang lainnya. Hanya saja rengginang dari Probolinggo diberi potongan ikan tenggiri jadi rasanya lebih gurih dan enak. Harga per bungkusnya antara Rp25.000 - Rp30.000 saja.

Ternyata Probolinggo memiliki beragam oleh-oleh yang menarik untuk dijadikan buah tangan sepulang berkunjung ke kota tersebut. Kira-kira kamu akan membawa oleh-oleh apa kalau singgah di kota Probolinggo?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram