10 Oleh-Oleh Khas Purbalingga yang Mesti Dibawa Pulang

Saat mendengar nama Kabupaten Purbalingga, kita akan langsung teringat dengan Kota Perwira. Karena Kabupaten Purbalingga adalah Kabupaten terlahirnya seorang panglima besar, yaitu Jenderal Soedirman. Purbalingga tidak hanya dikenal dengan objek wisata sejarahnya saja, ada juga objek wisata alam hingga kuliner. Bukan hanya itu Purbalingga ternyata memproduksi knalpot- knalpot berkelas dunia juga loh.

Tetap saja saat berlibur atau mengunjungi tempat lain, kita selalu harus membawa yang namanya oleh-oleh. Kabupaten Purbalingga sendiri memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang dan bagikan pada keluarga dan teman, mulai dari kerajinannya, hingga makana-makanan khas yang wajib kamu bawa pulang.

Apa saja sih oleh-oleh khas Kabupaten Purbalingga yang wajib banget kamu bawa pulang? Nah, kita akan bahas lengkap informasinya di artikel di bawah ini.

1. Wayang Suket

Wayang Suket

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Kabupaten Purbalingga memiliki kerajinan yang memang ikonik banget sejak jaman dahulu. Kerajinan itu adalah Wayang Suket atau Wayang Rumput. Kenapa sih kok Wayang ini sangat ikonik? Jawabannya karena Wayang Suket terbuat dari anyaman rumput yang dibentuk jadi tokoh pewayangan. Meski sangat khas, ternyata tidak membuat produksi wayang ini menjadi banyak loh.

Di Tahun 2019, diketahui hanya ada satu orang saya pengrajin Wayang Suket di Purbalingga., namanya Badriyanto. Bapak Badriyanto ini mendapatkan keahlian dari kakeknya yang biasa di panggil Mbah Gepuk.

Saat ini hanya bapak Badriyanto lah yang bisa membuat wayang suket karena a memang membuat Wayang Suket ini membutuhkan talenta dan ketelitian yang sangat detail. Belum lagi bahan bakunya yaitu rumput Kasuran yang hanya dipanen saat bulan Suro saja.

2. Tenun Kluwung

Tenun Kluwung

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=coS2FaAbKzo

Tenun Kluwung mungkin tidak seterkenal Wayang Suket dan makanan khas Purbalingga lainnya. Karena memang tidak terlalu banyak yang tahu bahwa tenun ini memang khasnya dari Purbalingga. Bahkan Bupati Purbalingga juga mengaku baru tahu soal ini dan meminta untuk lebih dilestarikan.

Tenun Kluwung pada masa lalu dijadikan sebagai kain bahan kemben wanita atau pembalut perut. Kain tenun ini dahulu tidak dimanfaatkan untuk di jadikan bahan pakaian. Tapi sejak tahun 2019, kain Tenun Kluwung mulai dilestarikan dan di produksi menjadi pakaian. Jadi Tenun ini bisa kamu bawa pulang baik dalam bentuk kain atau sudah menjadi pakaian loh.

3. Kacang Goreng Mirasa Asli

Kacang Goreng Mirasa Asli

Kemanapun kita pergi, pasti oleh-oleh kuliner adalah jenis oleh-oleh yang tidak boleh di lewatkan. Kabupaten Purbalingga ada camilan yang khas dan terkenal sekali nih, namanya Kacang Goreng Mirasa Asli. Jangan tertipu dengan tampilannya, meski terlihat seperti kacang gosong ternyata rasanya bikin ketagihan. Belum lagi saat di gigit kacang ini terasa sangat renyah, karena disangrai dalam pasir panas.

Kacang Goreng Mirasa ini berbeda jauh dengan kacang oven pabrikan loh. Karena memakai kacang kering bukan kacang basah untuk di oven. Inilah yang membuat kacang ini memiliki tekstur yang renyah. Untuk bisa membawa pulang kacang yang renyah ini, kamu harus pergi ke jalan Letnan Yusuf. Di sana kamu akan menemukan toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Purbalingga.

4. Kacang Umpet

Kacang Umpet

Camilan lainnya yang menjadi camilah khas kabupaten Purbalingga adalah Kacang Umpet. Tekstur yang legit dan juga sangat renyah, bisa bikin kamu ketagihan deh. Kacang Umpet menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang. Bahkan Kacang Umpet kini sudah menjadi camilan yang paling banyak dicari oleh para wisatawan.

Sebelum membeli kamu tahu gak apa sih arti dari nama ‘Umpet’? Jika kita artikan kedalam Bahasa Indonesia ‘Umpet’ artinya ‘sembunyi’. Kenapa kacang ini kok dinamakan Umpet? Karena kacang ini disembunyikan di balik kue manis khas dari purbalingga.

5. Kue Manco

Kue Manco

* sumber: mancoketan.wordpress.com

Kabupaten Purbalingga memang kaya akan oleh-oleh kulinernya yah. Oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang lainnya adalah Kue Manco yang terasa manis dan gurih di mulut. Sedikit bercerita soal sejarah kue Manco, dulunya kue ini menjadi hidangan kepada para tamu-tamu atau menjadi hidangan wajib saat hajatan dan lebaran.

Ada dua jenis Kue Manco yang bisa kamu bawa pulang loh, yang berbahan dasar aci atau beras ketan. Cara membedakannya juga mudah, bahan aci berbentuk bulat sedangkan beras ketan bentuknya lonjong.

6. Makaroni Keju

Makaroni Keju

* sumber: mackkeddju.blogspot.com

Mendengar nama Makaroni Keju pasti kamu berpikir, buat apa beli di Purbalingga toh di kota asal juga sudah banyak. Buat kamu yang belum tahu nih, cemilan yang hits Makaroni Keju ini awal mulanya tercipta di Purbalingga loh. Diadaptasi dari hidangan khas Italia, bahan-bahan membuat macaroni dan keju di olah agar menjadi makanan ringan yang enak.

Kamu bisa membeli camilan ini di sentra oleh-oleh khas Kabupaten Purbalingga di jalan Ahmad Yani. Kamu bisa makan cemilan ini saat di perjalanan pulang atau untuk menemani saat sedang santai di rumah.

7. Permen Davos

Permen Davos

Nah oleh-oleh satu ini menjadi oleh-oleh paling wajib banget untuk kalian bawa pulang kerumah. Permen Davos atau dulunya dikenal dengan nama Permen Polo adalah permen legend nya Purbalingga. Bayangkan saja, permen ini sudah diproduksi sejak 87 tahun yang lalu loh. Hingga kini Permen Davos sudah dikelola hingga ke generasi ketiga loh.

Permen Davos ini memiliki rasa semriwing yang khas banget dan pastinya banyak di kenang. Kamu bisa memberikan permen ini pada sanak saudara atau bisa kamu konsumsi sendiri dirumah.

8. Abon Sapi Koki

Abon Sapi Koki

Nah, makanan satu ini pasti banyak sekali penggemarnya baik tua maupun muda makanan satu ini pasti disukai. Purbalingga memiliki Abon sapi terbaik yang dirintis sejak tahun 1940, yaitu Abon Koki. Abon sapi ini bukan abon biasa loh, Abon Sapi Kok bahkan mendapatkan penghargaan Brand Award tahun 2015. Tekstur dan rasanya pun sangat renyah dan sedap banget deh pokoknya.

Abon ini akan cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh bagi orang tua di rumah loh. Belum lagi abon juga bisa bertahan hingga 1 satu bulan jika di simpan di kulkas. Jadi kamu bisa makan Abon bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

9. Sambel Knalpot

Sambel Knalpot

Buat kamu yang suka banget makan sambel, kamu wajib banget bawa pulang Sambel Knalpot ke rumah. Sambel ini rasanya pedas dan panas saat dimakan, pokoknya cocok banget buat kamu pencinta pedas. Sambel Knalpot ini tersedia dengan berbagai pilihan rasa, mulai dari teri, udang, tongkol, belut, ikan uceng, pindang, original, extra pedas hingga sambel ijo.

Sedikit bercerita mengenai sejarah ditemukan sambel knalpot. Sambel ini ternyata inovasi yang dibuat pemilik saat mengikuti lomba memasak sambal inovasi tingkat provinsi. Hingga akhirnya sambel ini booming dan menjadi oleh-oleh khas Purbalingga.

10. Sapu Hamada

Sapu Hamada

* sumber: www.inibaru.id

Membeli sapu sebagai oleh-oleh mungkin sangat tidak wajar yah, tapi sapu satu ini mungkin harus kalian bawa pulang. Di Kabupaten Purbalingga terdapat sentra kerajinan sapu, sapu-sapu ini sering disebut Sapu Hamada. Sapu ini bukan sapu biasa loh, karena Sapu Hamada ini ternyata sudah diekspor hingga ke negara Jepang.

Sapu Hamada ini terbuat dari batang gandum ini lah yang membedakan sapu Hamada dengan sapu lainnya. Untuk mendapatkannya kamu bisa berjalan-jalan ke Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari sambil melihat cara pembuatannya.

Gimana Nih, sudah tahu oleh-oleh mana saja yang akan kamu bawa kerumah dan hadiahkan pada sanak saudara. Sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas Kabupaten Purbalingga yang bisa kamu bawa pulang kerumah. Terutama oleh-oleh kuliner, tapi pastikan memilihnya dengan hati-hati dan perhatikan tanggal expired-nya yah!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram