10 Oleh-Oleh Khas Kota Serang yang Wajib Kamu Beli

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota Serang memang terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai Anyer menjadi salah satu pantai favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meski sudah lelah seharian beraktivitas atau berjalan-jalan mengelilingi kota Serang. Oleh-oleh merupakan hal yang tidak boleh terlupakan saat sedang dinas ke luar kota apa lagi liburan.

Oleh-oleh selalu menjadi hal paling di tunggu-tunggu orang rumah jika kita sudah bepergian. Maka dari itu kita wajib banget menyempatkan waktu meski hanya sedikit untuk membeli oleh-oleh. Selain keindahan pantainya, Kota Serang juga kaya akan berbagai kuliner dan kerajinan khasnya. Mulai dari batik, keramik hingga camilan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kali ini kita akan membahas 10 oleh-oleh khas Kota Serang yang harus kamu bawa pulang. Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. Sate Bandeng

Sate Bandeng

* sumber: travelingyuk.com

Salah satu oleh-oleh khas Serang yang paling banyak dicari adalah Sate Bandengnya. Kuliner khas Serang ini termasuk dalam jajaran kuliner legendari yang ada di Provinsi Banten. Sate Bandeng ini memiliki tekstur yang empuk dengan rasa yang manis dan tanpa adanya tulang. Kuliner satu ini bisa jadi oleh-oleh yang cocok untuk kamu berikan pada orang tua di rumah.

Menurut cerita para orang tua, sate bandung ini dulunya bukanlah makanan yang biasa loh. Sate bandeng ini dulu hanya disajikan pada para raja saja pada masanya. Jika kamu ingin membelinya kamu bisa datang ke beberapa toko sate bandeng terkenal di Serang. Seperti Sate Bandeng Hj. Maryam yang sudah berdiri sejak 1970-an atau Sate Bandeng Ibu Aliyah yang dirintis sejak tahun 1989.

2. Emping Melinjo

Emping Melinjo

Selain Sate Bandeng khas Serang, ada juga emping yang menjadi salah satu kuliner khas Serang. Emping sendiri bisa kita kategorikan sebagai jenis makanan ringan yang terbuat dari biji melinjo. Emping ini sering sekali dijadikan makanan pendamping dari soto, bubur, ketoprak atau gado-dago. Jika kamu suka ngemil makanan yang pedas, kini sudah ada emping balado yang bisa kamu bawa pulang.

Meski Emping sudah dikenal sebagai salah satu cemilan khas yang berasal dari Kota Serang. Sayangnya justru produk emping khas Serang ini semakin menurun setiap tahunnya. Padahal Emping dari Serang sudah banyak yang di ekspor ke Timur Tengah hingga ke Amerika Serikat.

3. Kue Gipang

Kue Gipang

* sumber: wartawisata.id

Kue Gipang adalah oleh-oleh khas Kota Serang yang wajib banget kamu bawa pulang. Kue ini teksturnya agak lengket karena dibuat dari campuran ketan dan air gula. Tapi untuk rasanya bukan main manis dan sangat renyah di mulut. Kue Gipang ini memang sudah menjadi khasnya Banten loh dan hanya ada satu jenis saja. Tapi kini Kue Gipang memiliki varian rasa lainnya, seperti rasa pandan dan gula merah.

Meski menjadi khasnya Kota Serang, Kue Gipang ini ternyata cukup sulit untuk ditemukan loh. Kebanyakn yang memproduksi Kue Gipang adalah industry-industri rumahan di kampung saja. Padahal potensi penjualan makanan ringan ingin sangat besar. Kue Gipang ini dijual dengan kisaran harga yang murah, yaitu Rp10.000 hingga Rp12.000 saja.

4. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum

Kuliner lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat pulang dari Kota Serang adalah ‘Nasi Sumsum’. Kota Serang memiliki satu nasi bakar yang cukup berbeda dengan nasi bakar Khas Sunda dan Jawa. Nasi Bakar khas Serang adalah nasi bakar yang diisi dengan sumsum yang lembut sebagai pengganti ikan teri atau daging ayam.

Sumsum inilah yang membuat nasi bakar menjadi terasa lebih nikmat, saat dimakan pun sumsumnya sangat lembut. Kamu bisa membeli kuliner ini di kaki lima di sekitar Kota Serang, dengan harga sekitar Rp16.000an saja. Saat dirumah kamu bisa membakarnya di Teflon atau dimasukkan kedalam microwave agar nasi kembali hangat.

5. Kue Pasung

Kue Pasung

Saat kamu berkunjung ke Kota Serang, jangan lupa untuk membeli jajan khas Banten yaitu Kue Pasung. Kue Pasung ini bisa disebut kue spesial karen biasanya ditemui saat hajatan, khitanan dan perayaan keagamaan. Jika kamu sedang berada di Serang, kamu bisa mendapatkan Kue Pasung di Pasar Taman Sari saat pagi hari, kalau bisa datang sembuh yah.

Kue Pasung ini adalah makanan yang legend dan primadona, karena perpaduan antara Jawa dan Sunda. Kue Pasung terbuat dari tepung beras yang bisa di campur 2 adonan lain, yaitu gula merah/aren dan santan dan tepung sagu. Belum lagi potongan Nangka atau Kelapa parut di atasnya membuat makanan satu ini sangat wangi saat di cium.

6. Batik Serang

Batik Serang

* sumber: gpswisataindonesia.info

Batik memang menjadi salah satu oleh-oleh paling wajib untuk kamu hadiahkan pada orang rumah. Kota Serang juga memiliki setidaknya 6 jenis motif batik yang bisa kamu pilih. Mulai dari Batik 1000 Bedug, Batik Saung Patok, Batik Menara, Batik Padu Raksa, Batik Sate Bandeng dan Almadad.

Batik ini sudah diresmikan sebagai batik Khas Kota Serang pada tahun 2019, berdasarkan hasil lomba batik yang diselenggarakan. Batik-batik ini bisa kamu beli di toko-toko yang menjual kain Batik yang ada di Kota Serang, baik berupa kain atau pakaian.

7. Gerabah Bumi Jaya

Gerabah Bumi Jaya

* sumber: www.radarbanten.co.id

Selain kuliner, Kota Serang juga memiliki kerajinan Gerabah Bumi Jaya yang harus kamu bawa pulang loh. Gerabah Bumi Jaya adalah salah satu ikon kerajinan tangan yang khas banget dari Provinsi Banten. Gerabah Bumi Jaya ini sudah ada sejak zaman lampau dan hingga kini masih bertahan dari generasi ke generasi.

Gerabah ini berasal dari “kampung gerabah” Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kota Serang. Gerabah ini terkenal dengan kualitasnya karena terbuat dari tanah lempung. Gerabah ini juga tetap mempertahankan nuansa klasik dan tersedia dalam banyak peralatan rumah tangga.

8. Gerabah Bandulu

Gerabah Bandulu

* sumber: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Selain Gerabah Bumi Jaya, Kota Banten juga memiliki gerabah lainnya yaitu Gerabah Bandulu. Seperti namanya, gerabah ini hanya bisa kamu dapatkan di Desa Bandulu. Gerabah ini bisa kamu dapatkan saat kamu berkunjung ke pantai Anyer yang terkenal di Kota Serang.

Gerabah Bandulu ini menjadi gerabah dengan nilai seni tinggi loh, makannya sering di jadikan souvenir para wisatawan. Bukan hanya membeli, kamu juga dapat melihat langsung cara pembuatan Gerabah Bandulu ini.

Bisa coba buat sendiri gak sih? Jangan khawatir, kita juga bisa mencoba membuat gerabah sendiri loh. Tenang saja, nanti akan di berikan arahan juga oleh para pengrajin agar gerabah yang kita buat tidak gagal.

9. Golok Ciomas

Golok Ciomas

Sumber: https://twitter.com/smescoindonesia/status/992731921544249344?lang=ca

Membeli golok sebagai oleh-oleh mungkin terdengar enggak banget yah. Tapi golok satu ini memang salah satu senjata khas Provinsi Banten. Golok Ciomas ini berasal dari wilayah bernama “Ciomas” yang merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Serang.

Golok Ciomas ini dikenal sebagai senjata yang selalu dibawa oleh para jawara saat jaman penjajahan. Golok ini kini bisa menjadi pajangan di rumah, sebagai salah satu kerajinan legendaris yang harus dihargai.

10. Kerajinan Pelepah Pisang

Kerajinan Pelepah Pisang

* sumber: inkratuban.blogspot.com

Satu lagi kerajinan tangan khas Kota Serang yang harus kamu tahu yaitu kerajinan pelepah pisang. Kerajinan ini sangat cantik dan akan cocok untuk jadi pajangan menghiasi rumah kita loh. Kamu bisa mendapatkan vas bunga dan bunga palsu yang cantik untuk di simpan di ruang tamu.

Kini kerajinan ini bisa kamu dapatkan di beberapa toko kerajinan tangan di Kota Serang. Tapi jika ingin datang ke tempat pembuatannya, kamu bisa datang ke daerah Kaujon Buah Gede, Serang, Banten. Kamu akan melihat berbagai kerajinan yang cantik dan unik yang bisa kamu bawa pulang.

Bagaimana nih, sudah dapat inspirasi kira-kira mau bawa pulang apa nih saat pulang nanti? Sebenarnya masih banyak kerajinan dan kuliner khas Kota Serang yang bisa kamu bawa pulang. Kamu hanya perlu mencarinya di sentra oleh-oleh dan sentra kerajinan khas Kota Serang saja.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *