10 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Nggak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat kamu berwisata ke Sukabumi, selain wisata alamnya kamu pun mesti menikmati makanan khas Sukabumi yang enak-enak. Nah, kalau sudah menikmati semua keindahan alam serta kulinernya, jangan lupa bawakan oleh-oleh khas Sukabumi untuk kerabat atau teman kamu ya.

Keluyuran sudah merangkum daftar oleh-oleh khas Sukabumi yang mesti kamu beli nih! Ingin tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini ya.

1. Mochi

Mochi

* sumber: travelingyuk.com

Siapa yang tidak kenal dengan oleh-oleh khas Sukabumi yang satu ini, kue mochi menjadi oleh-oleh yang paling terkenal dari Kota Sukabumi. Kue mochi adalah kue bundar yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang dan biasanya di bungkus dengan keranjang bambu.

Kue ini dahulunya merupakan kue yang biasa ada pada pernikahan warga keturunan Tiongkok, tetapi setelah dikenalkan pada masyarakat, ternyata banyak yang menggemarinya. Kini kue moci tak hanya dinikmati oleh masyarakat keturunan Tiongkok tetapi juga dinikmati oleh semua kalangan

Satu tempat yang menjadi sentra pembuatan moci adalah Gang Kaswari, dengan terdapat lima merk dagang yang berasal dari tepat ini. Tetapi yang paling terkenal adalah merk Lampion, yang memiliki banyak pelanggan, walaupun harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya tidak diragukan lagi.

 2. Roti Priangan

Roti Priangan

Satu lagi makanan yang legendaris dari Kota Sukabumi yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu mampir ke kota ini. Makanan itu adalah Roti Priangan yang telah berdiri sejak tahun 1943, yang hanya ada di kota ini dan tidak ada di kota lain. Pendirinya adalah Oey Tjiang Lie.

Kamu bisa menemukan roti ini selain di toko tempat rotinya sendiri yang berada di jalan Parigi Blok A2 No. 31, tetapi kamu juga kan menemukan roti ini yang dijajakan oleh para pedagang roti keliling.  Hal unik dari roti ini adalah penggunaan pengunaan mesin dan oven yang masih tradisional.

Roti ini juga terkenal karena bahan baku dalam pembuatan roti ini tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi roti ini hanya dapat bertahan hanya dalam waktu satu hari. Roti yang khas dari Roti Priangan adalah roti tanduk, roti dengan isian mentega dan susu.

3. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Makanan yang berbahan dasar kelapa ini memiliki rasa yang gurih dan juga renyah.  Makanan ini cocok kamu makan bersama kopi atau juga teh hangat. Kini sagon bakar pun memiliki varian rasa yang lain, yaitu kopi, keju, dan juga cokelat. Camilan ini juga bagus untuk kamu yang alergi dengan terigu.

Satu merk sagon bakar yang terkenal adalah Sagon Bakar Ciaul. Sagon bakar ini biasanya dicetak dalam bentuk oval atau persegi panjang. Rasanya yang gurih dari kelapa membuatnya memiliki rasa yang unik dari camilan-camilan yang lain. Jika bertandang ke Sukabumi jangan lewatkan untuk mencobanya.

4. Pepes Ikan

Pepes Ikan

Saat mendengar kata pepes ikan Sukabumi, maka kamu akan banyak mendegar tentang Pepes Ikan Ibu Tatty yang sangat tersohor di Sukabumi. Pepes ikan ini dapat di jadikan oleh-oleh karena ikan pepes ini di kemas dengan baik, ikan pepes ini dapat bertahan seminggu di dalam lemari es.

Ikan ini di pepes dengan cara di kukus bukan dengan cara dipresto, sehingga rasanya lebih nikmat. Sekalipun di kukus , ikan ini memiliki duri yang lunak seperti makanan yang di presto. Selain itu kelebihan ikan ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet.

5. Kue Jahe

Kue Jahe

Kue jahe adalah satu jajanan atau cemilan yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke Sukabumi. Kue yang berasal dari parutan jahe asli yang dicampur dengan gula dan juga telur, sehingga memiliki rasa yang manis dan juga menghangatkan di saat kamu memakannya.

Kue jahe Sukabumi merupakan makanan khas dari zaman Belanda yang rasanya sangat legendaris.  Camilan ini sangat cocok kamu nikmati di cuaca yang dingin dengan ditemani dengan secangkir teh hangat. Kamu bisa mencoba Kue Jahe Animo yang resepnya telah turun termurun sejak tahun 1959.

6. Coklat Unai Choco

Coklat Unai Choco

Kamu yang penyuka coklat tidak boleh melupakan untuk mencoba coklat dari dapur Unai Choco. Coklat yang digunakan adalah seratus persen coklat asli, dan menawarkan rasa yang cukup beragam. Coklat ini pun sering dijadikan sebagai souvenir pada pesta pernikahan.

Olahan coklat ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, satu toples dari coklat ini dijual dengan harga 35 ribu. Coklat ini terkenal karena dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jika kamu tertarik kamu dapat datang ke tempatnya di Jalan Zamrud Raya No 9, Kecamatan Baros Sukabumi.

 7. Bolu Pisang

Bolu Pisang

Bolu pisang menjadi satu oleh-oleh dari kota Sukabumi yang sedang populer saat ini. Bolu pisang dari Sukabumi ini memiliki toping yang bermacam-macam. Bolu pisang  Sukabumi adalah penganan yang layak kamu coba saat kamu mengunjungi kota Sukabumi.

Saat ini banyak yang telah menjual penganan ini di Kota Sukabumi, tetapi satu yang terkenal adalah Bolu Pisang Bu Onih yang terdapat di Jalan Raya Sukaraja Gang Mesjid Sukabumi. Bolu pisang bu Onih dikatakan tidak menggunakan bahan pengawet dan dapat bertahan hingga seminggu.

8. Bandros Atta

Bandros Atta

* sumber: www.laluahmad.com

Bandros Atta adalah satu makanan yang bisa dikatakan melegenda. Nama Bandros Atta sendiri di ambil dari penjualnya yaitu Mbah Atta, yang telah berjualan bandros dari tahun 1973. Hal yang unik dari bandros ini adalah tempat berjualannya yang bukan di toko tetapi di trotoar depan toko makanan.

Sekalipun hanya berjulan di trotoar tetapi bandros ini  tetap ramai dikunjungi oleh pembeli. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau di kantong. Jika kamu tertarik untuk merasakan kenikmatannya, kamu bisa datang ke Jalan Gudang N0. 4 Kebonjati, Kecamatan Cikole, Sukabumi.

9. Opak Jampang

Opak Jampang

Camilan ini  terbuat dari beras ketan putih dan kelapa yang diolah dengan menggunakan tungku. Kini opak telah tampil dengan kemasan yang lebih keren dan memiliki nama G-Opak yang terinspirasi dari nama Geopark Ciletuh. Opak Khas dari jampang ini memiliki rasa asin dan juga manis serta aneka rasa.

G-Opak ini merupakan hasil Industri Kecil Menengah rumahan Pawon Moghes. Opak ini kini telah dipasarkan juga ke luar pulau Jawa, bahkan telah sampai ke luar negeri, yaitu ke Hongkong dan Uni Emirat Arab. G-Opak diharapkan dapat menjadi daya tarik orang untuk datang ke Geopark Ciletuh.

10. Pisang Cokelat Cakra

Pisang Cokelat Cakra

* sumber: ramahtraveler.com

Pisang Cokelat Cakra adalah kudapan pisang cokelat yang dibungkus dengan kulit lumpia. Pisang cokelat yang dibalut dengan kulit lumpia memberikan rasa gurih dan juga manis dari coklat yang lumer. Pisang cokelat ini biasanya di sajikan dengan parutan keju diatasnya.

Jika kamu berminat untuk mencobanya, kamu bisa datang ke Jalan AR Hakim, Sukabumi lokasinya berada di halaman Toserba Tiara. Piscok ini tidak akan membuat kantong kamu bolong, harganya sangat terjangkau. Piscok ini banyak peminatnya jadi kamu harus antri jika datang sore hari.

Selain wisata alamnya, Kota sukambumi juga memiliki kuliner menjadi ciri khasnya. Makanan- makanan yang khas dari kota ini sayang untuk kamu lewatkan. Ada beragam makanan yang dapat memanjakan lidahmu. Jadi jangan lupa untuk mencoba semuanya ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *