keluyuran web banner

10 Oleh-Oleh Khas Sumbawa dari Madu hingga Kain Tenun

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 November 2020

Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, seperti Pulau Kenawa, Bukit Mandar, Pantai Maluk ataupun Pulau Bedil. Selain itu, Sumbawa juga terkenal dengan kuda dan produknya susu kuda liar. Ada juga minyak khas Sumbawa yang sudah terkenal khasiatnya.

Kalau kamu punya rencana berlibur ke Sumbawa, berikut ini info tentang oleh-oleh Khas Sumbawa untuk kamu bawa pulang.

1. Minyak Sumbawa

Minyak Sumbawa

Pernah mendengar minyak dari Sumbawa? Banyak orang yang membawa minyak ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sumbawa. Selain terkenal sebagai penghasil madu juga susu kuda liar, Sumbawa juga merupakan penghasil minyak yang sudah ternama.

Minyak dari Sumbawa sudah populer di hampir semua kalangan karena minyak ini dikenal bisa menyembuhkan beragam penyakit. Kalau ingin membawa oleh-oleh yang lain selain makanan, kamu bisa membawa minyak sebagai oleh-oleh khas Sumbawa.

Berbahan ramuan khusus, minyak sumbawa dipercaya bisa patah tulang, luka bakar, lecet, keseleo, masalah kejantanan juga masalah-masalah lainnya.  Pembuatan minyak sumbawa ini konon katanya dipikirkan dengan begitu matang dengan menggunakan bahan yang berkualitas tinggi.

Proses pembuatan minyak ini tidak sembarangan. Pengolahan bahan dilakukan dengan baik supaya menghasilkan minyak yang berkualitas. Umumnya, pembuatan minyak sumbawa terlarang untuk bulan yang lain, hanya dilakukan di bulan Muharam. Dipercaya akan mengurangi kesakralannya.

Pembuatan minyak ini pun hanya boleh dilakukan oleh kaum pria saja. Kalau pembuatan dilakukan oleh perempuan, dipercaya akan menghilangkan kualitas serta khasiat minyak sumbawa ini. Jika kamu tertarik, kamu bisa  membelinya di toko oleh-oleh khas Sumbawa dengan harga mulai dari Rp20.000.

2. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar

Pasti kamu pernah mendengar produk yang menjadi oleh-oleh khas Sumbawa ini. Tentunya susu kuda liar khas Sumbawa sudah sering diiklankan di radio-radio atau media lainnya.  Susu kuda liar yang berkhasiat ini asalnya dari kuda-kuda Sumbawa yang terkenal.

Susu kuda liar dari Sumbawa ini dipercaya bisa membantu dalam mengatasi beberapa penyakit, contohnya leukimia, paru-paru basah, tipes, kanker, bronkitis dan penyakit-penyakit lainnya. Untuk khasiat dari susu kuda liar ini sudah dilakukan penelitiannya di Jerman.

Terbukti kandungan dalam susu kuda liar ampuh dalam menyembuhkan radang usus. Produk dari Sumbawa ini sangat laku dijual di pasaran.  Kebanyakan orang yang datang ke Sumbawa, pasti akan mencoba susu kuda liar ini.  Rasa susunya gurih tidak enek seperti susu kambing atau sapi.

Desa saneo yang berada di Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu dikenal sebagai salah satu desa penghasil susu kuda liar. Susu liar ini harganya memang cukup mahal, yaitu sekitar Rp75.000 – Rp100.000/botolnya karena tak mudah untuk mendapatkan susu ini.

Hal itu karena untuk mendapatkan susu, pekerja harus pergi ke hutan dan memanggil kuda liar. Hewan-hewan ini tidak hidup  di kandang, tapi dibiarkan hidup liar di hutan. Memang tak haru ke Desa Saneo untuk mencicipi susu ini, tapi jika ingin susu yang masih segar, ya di desa inilah tempatnya.

Sekarang ini susu kuda liar sudah banyak diolah jadi bermacam-macam jenis makanan, contohnya kue, permen susu, juga makanan ringan lainnya. Kalau jalan-jalan ke Sumbawa, jangan lupa untuk membawa susu kuda liar sebagai oleh-oleh.

3. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

Madu dikenal sebagai produk yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh-oleh khas Sumbawa ini berupa madu putih karena daerah ini memang dikenal sebagai penghasil jenis madu tersebut. Madu dari Sumbawa pada umumnya berbeda dengan madu kebanyakan.

Jika umumnya madu berwarna cokelat keemasan, madu sumbawa memiliki warna putih. Ini dikarenakan madu tersebut sudah melalui proses yang cukup panjang. Namun, bagi mereka yang suka dengan madu berwarna cokelat pun bisa mendapatkannya di Sumbawa.

Lebah yang menjadi sumber untuk madu sumbawa adalah lembah yang khas yang menghasilkan madu dengan rasa yang manis dan enak. Untuk madu yang didapatkan dari hutan, harganya lebih mahal karena madu ini mempunyai kualitasnya lebih bagus. Per botolnya sekitar Rp75.000 untuk  450 ml.

Kalau kamu takut terjadi apa-apa ketika di jalan, kamu bisa bernafas lega karena madu akan dijual dalam bungkus yang aman sehingga tidak mudah yang pecah. Jadi kamu bisa membawa madu ini sebagai  oleh-oleh khas Sumbawa.

4. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Yang juga tak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh khas Sumbawa adalah dodol rumput laut. Itu karena dodol ini memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan dodol pada umumnya yang lembek dan lengket. Tekstur dodol rumput laut kenyal mirip dengan tekstur jelly.

Jika umumnya dodol berwarna  cokelat, dodol rumput laut mempunyai warna kuning, merah, hijau, juga oranye. Warna ini merupakan warna dari buah-buahan dan sayuran yang menjadi rasa dodol tersebut, seperti nanas, stroberi, durian, melon, tomat, labu siam, dan yang lainnya.

Dodol ini selain rasanya yang enak juga mempunyai banyak vitamin dari rumput laut. Camilan sehat ini cocok sekali sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga dodol rumput laut bermacam-macam bergantung pada berat kemasannya.

5. Keripik Plecing Tempe

Keripik Plecing Tempe

Oleh-oleh khas Sumbawa ini cocok untuk para pencinta pedas. Kuliner dari Sumbawa ini  berupa keripik pelecing tempe. Tentu kamu sudah hafal dengan sambal pelecing yang merupakan makanan khas masyarakat Nusa Tenggara. Sambal ini biasanya digunakan sebagai cocolan kangkung rebus.

Akan tetapi sekarang kamu bisa membawa makanan ini dalam bentuk keripik tempe. Sambal pelecing yang memiliki rasa yang gurih dan sangat pedas begitu terasa dalam keripik ini. Kalau kamu tidak bisa makan makanan pedas, coba memakannya dengan nasi. Camilan ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh.

6. Manjareal

Manjareal

Satu lagi makanan tradisional dari Sumbawa yang bisa jadi oleh-oleh, yaitu manjareal. Makanan ini berupa permen kacang bertekstur keras dengan tekstur yang renyah. Permen kacang ini memiliki rasa yang sangat unik di mulut. Ada sensasi manis serta rasa kacang yang kuat.

Tampilan manjareal sangat unik dan cantik dengan warnanya yang putih serta dibungkus dengan apik menggunakan daun lontar. Cetakan atau bungkus majareal terlihat seperti bunga dan isinya bisa terlihat jelas. Manjareal bisa dibeli di toko makanan atau oleh-oleh dengan harga sekitar Rp10.000.

7. Baso Siong (Jagung Sangrai)

Baso Siong (Jagung Sangrai)

Satu lagi camilan yang masuk dalam daftar oleh-oleh khas Sumbawa yang tak boleh ketinggalan untuk kamu beli ketika berkunjung ke tempat ini. Baso siang adalah olahan jagung yang diproses dengan cara disangrai. Mungkin kamu membayangkan rasa camilan ini akan pahit dan keras tapi justru sebaliknya.

Masyarakat Sumbawa ternyata berhasil membuat jagung sangrai menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang gurih asin juga bertekstur renyah. Tentu saja ini karena penggunaan bumbu rahasia mereka. Harganya pun bervariasi dan makanan ini bisa ditemukan di hampir banyak tempat.

8. Terasi Udang Labuhan Botong

Terasi Udang Labuhan Botong

Terasi adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sambal. Ketika berkunjung ke Sumbawa, jangan lupa untuk membawa pulang terasi udang Labuhan Botong. Produk terasi ini adalah produk unggulan yang banyak digemari masyarakat setempat.

Bahan pembuat terasi ini tentu saja dari udang segar yang merupakan hasil tangkapan langsung dari laut-laut di Sumbawa. Terasi udang Labuhan Botong memiliki keunggulan pada rasa udangnya yang lezat yang terasa ketika digunakan untuk membuat sambal.

Biasanya penduduk setempat memakai terasi ini untuk dijadikan sambal cocol ikan bakar. Kalau kamu berminat untuk membeli oleh-oleh khas Sumbawa ini, kamu bisa mendatangi pasar tradisional ataupun modern.

9. Kue Babingka

Kue Babingka

Daerah Sumbawa memiliki kue khas yang bernama kue Babingka. Rasa kue ini sangat gurih juga legit. Di daerah Jawa, makanan ini mirip dengan kue wingko atau wingko babat. Itu karena makanan ini dibuat dari tepung beras ketan dan dicampur dengan parutan kelapa muda yang diparut dan dipanggang.

Para wisatawan banyak yang mengincar jajajan tradisional ini saat berkunjung ke Sumbawa. Kalau kamu datang ke pusat pembuatan kue ini, kamu akan bisa mencium lezatnya kue ini dari jauh ketika dipanggang. Datanglah ke pasar atau pusat oleh oleh khas Sumbawa untuk membelinya.

10. Kre’alang

Kre’alang

Kain tenun merupakan salah satu produksi kain yang banyak dijumpai di Indonesia, salah satunya di wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Daerah ini dikenal sebagai penghasil kain tenun terbaik. Kalau kamu ke Sumbawa, kamu bisa membawa pulang kre’alang.

Kre'alang merupakan kerajinan tenun yang berupa sarung yang dibuat memakai sesek. Ukuran kain sarung ini lebih kecil jika dibandingkan dengan kain sarung pada umumnya. Kre'alang terbuat dari benang berwarna emas dan punya ciri khas yaitu motifnya yang berbentuk binatang ataupun tumbuhan.

Oleh-oleh khas Sumbawa ini bisa kamu beli di pusat pengrajin kre’alang, yaitu di desa Poto. Oleh-oleh ini merupakan produk handmade maka harganya  sedikit mahal yaitu sekitar 1,5 juta  rupiah per helai.

Selain memiliki alam yang cantik, Sumbawa pun memiliki oleh-oleh khas yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Sumbawa, pastikan tak ketinggalan untuk membeli salah satu rekomendasi oleh-oleh yang dibahas di artikel ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram