10 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Berwisata ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas dari kota tersebut. Ibu kota Jawa Timur ini memiliki kuliner dan cemilan legendaris yang bisa dijadikan buah tangan. Jadi, Anda tidak perlu bingung mencari oleh-oleh yang tepat saat berkunjung ke Surabaya.

Keluyuran akan membahas seputar oleh-oleh khas Surabaya yang wajib untuk Anda bawa pulang. Daftar oleh-oleh ini didominasi oleh makanan. Penasaran dengan oleh-oleh Surabaya yang akan kami rekomendasikan di sini? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy

Oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibawa pulang adalah Sambal Bu Rudy. Sambal khas Bu Rudy memang selalu diburu oleh wisatawan yang datang dari luar Surabaya. Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo pun menyukai sambal ini.

Sambal Bu Rudy bisa ditemukan di restoran-restoran Bu Rudy atau toko oleh-oleh yang berada di kawasan Genteng Besar. Bu Rudy memiliki tiga varian sambal terfavorit, yakni sambal bawang, sambal bajak, dan sambal ijo.

Sambal ini cocok dimakan bersama lauk apapun. Namun, lebih cocok lagi jika Anda menyantap Sambal Bu Rudy ini bersama dengan udang goreng tepung yang juga dijual di outlet-outlet Depot Bu Rudy.

2. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese 1

 

Surabaya memang surganya makanan enak! Bahkan, cemilan khas Surabaya pun menawarkan kelezatan yang tiada duanya. Seperti Almond Crispy Cheese ini, kue kering yang sangat tipis dan bertabur kacang almond serta parutan keju. Kue dengan tekstur yang sangat renyah ini pasti disukai oleh siapapun.

Almond Crispy Cheese hadir dalam rasa original, green tea, dan cokelat. Harga satuannya memang cukup mahal, tapi sangat sebanding dengan rasanya yang enak. Kue kering ini bisa menjadi buah tangan yang lezat untuk sahabat atau keluarga Anda.

Saat ini, Anda bisa menemukan Almond Crispy Cheese di toko oleh-oleh Wisata Rasa. Produk ini juga dijual di toko oleh-oleh lain bahkan drug store yang ada di Bandara Juanda Surabaya.

3. Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

* sumber: www.laurangelia.com

Makanan memang merupakan buah tangan yang paling diminati oleh penerimanya. Ketika berkunjung ke suatu tempat, sudah menjadi tradisi bagi kita untuk membeli makanan khas daerah itu untuk dijadikan oleh-oleh. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, bungkuslah beberapa kotak Lapis Kukus Surabaya Pahlawan, kue yang menjadi oleh-oleh khas kota pahlawan.

Lapis Kukus Surabaya Pahlawan adalah dua lapis kue yang rasa dan warnanya berbeda. Di atas kue ini biasanya ditaburi parutan keju sebagai topping. Yang menarik, bahan utama pembuatan kue ini adalah singkong, tapi tidak ada rasa singkong sedikit pun pada kue ini.

4. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang

Surabaya sangat dekat dengan Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo terkenal dengan olahan ikan dan udangnya. Nah, saat Anda berkunjung ke Surabaya, mampir saja ke Sidoarjo untuk membeli makanan olahan ikan dan udang, salah satunya adalah kerupuk udang.

Belilah beberapa bungkus kerupuk udang mentah untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk udang dari Surabaya ini terkenal dengan aromanya yang sangat khas rasanya yang benar-benar enak. Aroma udang segar tercium dari kerupuk yang masih mentah. Setelah digoreng, kerupuk udang ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang nagih banget.

5. Bandeng Asap

Bandeng Asap

Walaupun bukan di Semarang, Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas berupa bandeng asap. Ini merupakan ikan bandeng yang diproses dengan metode pengasapan. Aroma asap dari ikan ini masih tercium jelas ketika Anda menyantapnya. Ada tambahan sambal pada bandeng asap sehingga membuat makan jadi semakin lahap.

Bandeng asap sendiri merupakan oleh-oleh dari Sidoarjo. Akan tetapi, makanan ini sudah banyak dijual di toko oleh-oleh yang tersebar di Surabaya. Meskipun makanan, bandeng asap bisa awet sampai berhari-hari sehingga Anda tidak perlu khawatir bandengnya basi ketika dibawa ke luar kota atau negeri.

6. Petis Udang

Petis Udang

Hanya di Indonesia Anda bisa menemukan bahan masakan sejenis petis. Ini merupakan saus kental berwarna hitam atau cokelat tua yang diolah dari udang. Petis biasa dipakai untuk membuat lontong balap, rujak cingur, lontong kupang, sampai dengan sambal untuk menyantap gorengan.

Kalau Anda sedang berkunjung ke Surabaya, mampirlah ke toko oleh-oleh untuk membeli petis udang. Meskipun sentra pembuatan petis bertempat di Sidoarjo, tetapi di toko oleh-oleh yang ada di Surabaya banyak menjual bahan makanan yang satu ini.

7. Belinjo Udang

Belinjo Udang

Cemilan adalah buah tangan yang selalu disukai oleh banyak orang. Apabila Anda sedang berada di Surabaya, jangan lupa membeli belinjo udang yang jadi cemilan khas kota ini. Belinjo udang ini terbuat dari melinjo segar yang diolah dengan sempurna sehingga memiliki tekstur yang renyah.

Agar rasa belinjonya tidak hambar, ada rempah-rempah dan olahan udang yang ditambahkan ke belinjo tersebut. Di toko oleh-oleh banyak dijual belinjo udang yang siap santap atau mentah dan harus digoreng dulu. Jika ingin dibawa bepergian jauh, kami menyarankan membeli belinjo udang mentah agar bisa dinikmati dalam keadaan renyah ketika sampai di tujuan.

8. Kue Spiku

Kue Spiku

Serupa tapi tak sama dengan kue lapis, kue spiku khas Surabaya juga sangat tersohor di seantero Indonesia, lho. Jika ingin membeli kue spiku, belilah “Spikoe Resep Kuno” karena ini adalah merk yang paling terkenal di kota pahlawan.

Kue spiku di sini dijual per kotak sehingga lebih mudah jika ingin dijadikan buah tangan. Varian spiku yang dijual bermacam-macam, mulai dari spikoe raisin (dengan kismis), spikoe tanpa kismis, sampai dengan spikoe prunes (tanpa bagian cokelat). Jajanan khas Surabaya ini bisa bertahan lebih dari 3 hari sehingga cukup tahan lama jika dibawa bepergian jauh.

9. Kue Mente

Kue Mente

Oleh-oleh dari Surabaya memang sangat beragam dan wajib untuk diborong. Salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal dari kota pahlawan adalah kue mente. Sesuai dengan namanya, kue ini memang terbuat dari kacang mente. Kue dengan perpaduan rasa gurih dan legit ini memang sangat menggugah selera.

Bentuk kue mente ini bulat pipih dan berisi. Rasanya tidak terlalu manis sehingga tidak bikin eneg. Kue mete ini sangat cocok dinikmati sambil minum secangkir kopi atau teh hangat.

10. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk

* sumber: avneytravelesia.blogspot.com

Mau cari buah tangan lain selain makanan? Beli saja kaos yang dijual oleh Cak Cuk. Kaos oleh-oleh khas Surabaya ini biasanya bertuliskan kata-kata slang asli “Suroboyo”. Warna kaosnya pun beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Soal harga, kaos-kaos koleksi Cak Cuk dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, lho.

Nah, 10 oleh-oleh khas Surabaya ini bisa Anda bungkus untuk dibawakan kepada teman dan keluarga di tempat tinggal Anda. Jika ingin mencari oleh-oleh lebih banyak lagi, kunjungi saja artikel tempat oleh-oleh khas Surabaya ini. Anda tidak perlu repot mencari tempat oleh-oleh lagi ketika sudah mengunjungi tempat-tempat yang kami rekomendasikan itu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram