10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Juli 2021

Hal yang (semi) wajib ketika berlibur adalah membeli oleh-oleh. Hal ini memang tidak berlaku bagi setiap orang, hanya saja kalau tidak membeli buah tangan habis bepergian rasanya ada yang kurang. Sebagai turis yang melancong di negeri orang, sayang sekali kalau tidak mencoba oleh-oleh khasnya. Apalagi Thailand terkenal dengan berbagai makanan dan barang-barang lucu untuk souvenir.

Untuk muslim, perkara membeli oleh-oleh harus lebih teliti. Pasalnya oleh-oleh di Negeri Gajah Putih tersebut tidak semuanya berlabel halal. Tapi Tak sedikit lho pilihan oleh-oleh negeri itu yang aman untuk turis muslim. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Thailand, kami punya rekomendasi oleh-oleh khas Thailand yang halal nih. Berikut ini informasinya.

1. Thai Experiences Gift Set

Oleh-oleh berikut ini merupakan bumbu-bumbu tradisional khas Thailand yang biasa digunakan untuk memasakan apa saja di rumah. Dalam satu set bumbu ini terdapat beberapa macam bumbu dan rempah dalam kemasan kecil.

Gift set ini cocok untuk diberikan pada teman kantor atau bos. Bumbu ini dikemas dalam kotak cantik dengan ikon-ikon Thailand yang sangat khas. Terlihat cocok sebagai hadiah liburan.

Thai Experiences Gift Set ini terdiri dari dua macam, yakni Spiced Thaidan BKK Thai To Go. Satu set bumbu khas Thailand ini bisa kamu dapatkan dengan harga berkisar 249 Baht / Rp 113.000. Kamu bisa mendapatkan gift set ini di supermarket Thailand dan pasar tradisional.

2. Sabun Beras Khas Thailand

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 2

Selain makanan, oleh-oleh khas Thailand berikut ini akan cocok untuk dijadikan hadiah atau oleh-oleh. Namanya sabun beras Thailand, atau nama kerennya yaitu Thai Rice Milk Soap. Sabun beras khas Thailand ini merupakan sabun yang dibuat dari bahan air tajin (air cucian beras).

Sabun beras khas ini masih diproses dengan cara tradsional dan diambil dari beras jasmine. Kandungan sabun beras ini baik untuk kulit. Ada vitamin E dan B, enzim, mineral dan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Beberapa komponen dalam tajin terdapat glukosa, magnesium, kalsium, poliglukosa dan protein. Sabun beras khas Thailand ini diberi tambahan bahan alami yang dapat menghaluskan kulit seperti minyak zaitan dan vitamin B3.

Sabun wangi yang bagus untuk kulit ini bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Sabun beras berbentuk batang dan dijual dengan kisaran harga Rp 7.000++.

3. Keripik Durian

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 3

Durian memang bukan buah yang langka di Indonesia. Buah berbau tajam ini malah sering kita jumpai di pasar tradisional dan supermarket. Namun, Thailand meracik buah satu ini dalam bentuk keripik renyah yang manis dan legit.

Oleh-oleh keripik renyah khas Thailand ini jangan dilewatkan. Pasalnya durian Thailand adalah salah satu yang terbaik di Asia. Selain itu, buah durian Thailand banyak diminati oleh wisatawan karena kelezatan rasanya.

Nah, kalau kamu kebetulan sedang melancong ke Thailand, mampirlah ke supermarket di sana dan beli keripik durian. Ada beberapa macam rasa yang tersedia di sana. Keripik durian bisa kamu nikmati sebagai camilan sore hari. Satu pack keripik durian dibanderol sekitar 65 Baht atau Rp 30.000.

4. Mango Cake

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 4

Tak mau kalah dengan Jepang, Thailand punya kue manis yang lembut yang sering dijadikan buah tangan oleh para turis asing maupun turis domestik. Kue manis ini disebut mango cake. Cake manis ini bikin selera tergugah. Aroma mangga yang harus langsung tercium ketika kemasannya dibuka.

Satu kotak mango cake dihargai mulai dari 179 Baht atau sekitar Rp 80.000. Kue ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

Untuk dibawa ke kantor pun tidak masalah. Pasalnya kemasan mango cake ini uni. Kamu bisa dapatkan mango cake ini di supermarket besar di Thailand atau di pasar paling popular di Thailand, Chatuchak.

5. Pad Thai Instant

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 5

Pada dasarnya phad Thai merupakan kwetiau goreng dengan sayuran seperti sawi, taoge, irisan telur, udang dan bumbu Thailand lainnya. Pad thai adalah street food paling popular di Thailand dan sering dijajakan di pinggir jalan.

Phad Thai biasanya dihidangkan dalam piring dan enak disantap dalam keadaan panas. Sekarang ini sudah tersedia phad Thai instant yang bisa dibawa pulang. Phad Thai instant saat ini banyak diminati oleh para turis sebagai oleh-oleh khas Thailand.

Salah satu merek Phad Thai yang sering diburu oleh para turis ini adalah Blue Elephant Phad Thai. Satu box phad instant ini sudah terdiri dari bumbu, mie khas Thailand dan taburan kacang serta bahan pelengkap lainnya. Harga satu box phad thai instant ini dihargai kurang lebih Rp 55.000 atau 120 Baht.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Makanan Enak Khas Thailand yang Paling Dicari

6. Kerupuk Kelapa

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 6

Keripik kelapa udah sering kita jumpai, manisannya pun sama.  Tapi kerupuk kelapa belum pernah nyoba ‘kan? Makanan khas thailand unik lainnnya ini wajib kamu coba ketika kamu jalan ke Thailand.

Kerupuk di Indonesia biasanya terbuat dari tepung tapioca atau tepung kentang dan tepung jagung. Nah, sekarang coba deh kerupuk kelapa yang rasanya manis ini.

Kerupuk kelapa atau coconut chips ini tersedia dalam beberapa varian rasa, misalnya rasa cokelat, sea salt caramel dan original. Harga kerupuk kelapa relatif murah. Satu kantongnya dijual mulai dari harga 35 Baht atau sekitar Rp 16.000.

7. Permen Susu

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 7

Siapa yang tidak suka permen? Rasanya semua orang menyukai camilan manis ini. Tua-muda selalu menyukai permen. Di Thailand, ada permen kunyah yang terbuat dari susu ini rasanya manis dan kenyalnya pas.  Ada beberapa permen susu yang diijual di sini.

Rasa original dan buah-buahan adalah yang sering diburu oleh para wisatawan. Permen susu manis ini bisa jadi oleh-oleh yang ekonomis. Dengan harga mulai dari 49 Baht (Rp 22.500), kamu bisa mendapatkan oleh-oleh untuk banyak orang.

8. Beras Melati Thailand

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 8

Oleh-oleh beras dari Thailand bukanlan sebuah ide buruk. Beras melati khas negeri itu berbeda dengan beras yang sehari-hari kita konsumsi. Beras melati dari Thailand mempunyai tekstur yang lebih lengket dan lebih banyak mengandung vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beras melati Thailand mengandung amilopektin yang tinggi. Itulah kenapa hasil nasi dari beras jenis ini menjadi lebih lengket.

Bulir beras melati lebih panjang dari beras pada umumnya dan ada aroma melati yang dicampur dengan pandan yang khas. Selain bercita rasa enak, beras melati dinobatkan sebagai beras paling warngi yang ada di dunia.

Menghadiahi teman-temanmu dengan beras ini pasti akan membuatnya senang. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 156.900.

9. Kacang Koh-Kae 

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 9

Koh-Kae merupakan camilan kacang pertama di Thailand yang mulai ada tahun 1964. Produk pertama dari perusahaan ini adalah kraker kacang dan kraker udang. Tahun-tahun selanjutnya, Koh-Kae banyak memproduksi camilan berbahan kacang lainnya.

Mereka dagang Koh-Kae adalah snack paling terkenal di Thailand. Kelezatan rasanya dan renyah teksturnya adalah keunggulan dari kacang ini. Koh-Kae diproses dengan teknik dry roasting. Untuk memastikan kualitasnya, mereka memasukan gas nitrogen ke dalam wadah kemasannya dan mengunakan kaleng yang divakum.

Ciri khas kacang Koh-Kae adalah kacang yang dibalut berbagai rasa. Mulanya Koh-Kae hanya dibalut dengan rasa krim kelapa, seiring meningkatnya penjualan. Koh-Kae menyediakan varian rasa lainnya seperti jeruk, kopi, bahkan rasa tom yum. Satu kaleng Koh-Kae harganya berkisar Rp 30.000.

10. Thailand Dessert Set

10 Oleh-Oleh Khas Thailand yang Enak dan Juga Halal 10

Agar nuansa Thailand lebih terasa, bawalah dessert khas Thailand sebagai oleh-oleh dari Thailand. Hidangan penutup yang mirip kolak ini pas dibeli untuk hadiah liburan. Harganya pun relatif murah. Satu box hidangan ini dibanderol dengan harga Rp 21.000 atau 45 Baht.

Dessert box ini terdiri dari beberapa macam rasa, seperti kacang hitam, dan ubi. Sebagai pelengkapnya, dessert ini tersedia dengan kuah santan dan kuah jahe. Dua pilihan kuah ini sama-sama pas disantap sebagai hidangan penutup.

Itu dia 10 oleh-oleh khas Thailand yang halal. Semua makanan ini terbuat dari bahan-bahan yang halal dan pastinya aman bagi turis muslim yang datang berwisata ke Thailand. Jika kamu termasuk orang yang memperhatikan hukum hukum islam, 10 rekomendasi oleh-oleh khas ini bisa jadi pilihanmu.

Selain rekomendasi oleh-oleh makanan, Thailand punya banyak suvenir cantik yang kental nuansa Thailand, misalnya miniatur tuk-tuk, miniatur gajah, hiasan sabun, celana sarung, hiasan dinding dan kain sutra Thailand. Barang-barang ini tersedia di pasar tradisional dan di Big C Supercenter Ratchadamri yang beralamat di 11 Ratchadamri Rd, Khwaeng Lumphini Krung Thep Maha.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram