8 Oleh-Oleh Khas Trenggalek yang Bisa Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Trenggalek terkenal sebagai salah satu daerah yang punya banyak tempat wisata yang indah. Kabupaten ini berbatasan dengan Tulungagung dan Ponorogo. Dulu daerah ini tandus tapi sekarang dikenal dengan pantai-pantainya yang indah serta gua-guanya yang membuat orang penasaran.

Selain wisata alamnya, ada juga oleh-oleh khas Trenggalek yang tak boleh kamu lewatkan. Simak daftar oleh-oleh khas Trenggalek berikut ini ya!

1. Ikan Asap Prigi

Ikan Asap Prigi

* sumber: htt139.wordpress.com

Oleh-oleh khas Trenggalek yang satu ini adalah ikan asap. Di daerah Prigi ikan asap merupakan makanan khas. Daerah Prigi adalah tujuan wisata pantai yang populer di kota Trenggalek. Ikan hasil tangkapan nelayan dari Trenggalek rasanya enak karena ikan dalam keadaan segar.

Namun, ikan mentah akan mudah menjadi busuk jika tidak disimpan di dalam lemari pendingin atau diolah. Karena itulah, ikan yang baru ditangkap umumnya langsung diolah dengan cara diasap. Ikan yang baru datang biasanya langsung di asap tanpa pengawet.

Yang unik dari ikan asap khas Prigi yang menjadi oleh-oleh ini adalah ikan yang digunakan pada proses pengasapan. Jadi ikan yang dipilih adalah ikan segar dan bukan ikan yang sudah diawetkan. Itulah alasan mengapa ikan asal khas Trenggalek ini rasanya lezat dan segar. Harga ikan asap ini cukup terjangkau.

2. Geti Wijen

Geti Wijen

Jajanan yang menjadi oleh-oleh khas Trenggalek ini terbuat dari  wijen yang juga diberi campuran bahan lain, yaitu gula merah, kacang tanah, campuran rebusan gula dengan wijen atau kacang tanah lalu dikeringkan dan dicetak dalam bentuk kotak-kotak.

Kue ini rasanya sangat manis karena menggunakan gula merah dan teksturnya sangat kental. Biji wijen yan digunakan dalam jajanan ini kandungan minyaknya tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Bahkan ada beberapa jenis wijen yang kandungan minyaknya mencapai 50%.

Jumlah tadi tiga kali lebih besar dibandingkan dengan kandungan minyak dalam kacang kedelai yang hanya sebesar 20%. Minyak wijen memiliki kandungan antioksidan, yaitu sesamin, sesamol dan sesamolin.

Biji wijen yang akan digunakan dalam pembuatan geti sebelumnya disangrai terlebih dahulu sampai matang. Kacang tanah juga bisa digunakan dalam pembuatan geti. Sama dengan wijen, kacang tanah yang akan dibuat jadi geti harus disangrai dahulu lalu ditumbuk halus.

Kalau kamu berminat membeli geti wijen sebagai oleh-oleh, perlu diketahui kalau harganya itu cukup murah. Untuk satu kemasan geti wijen yang berisi 10 buah dihargai sekitar Rp9.000.

3. Alen-Alen

Alen-Alen

Jajanan atau cemilan khas Trenggalek yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Trenggalek lainnya adalah alen-alen. Camilan ini memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang renyah ketika dikunyah. Karena cita rasanya tersebut, alen-alen sering dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Camilan ini memang cocok untuk dijadikan teman mengobrol bersama teman dan keluarga atau juga sebagai teman ketika nonton. Alen-alen dibuat dari beberapa bahan, di antaranya tepung tapioka, telur, bawang putih, dan masih ada bahan yang lainnya. Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Oleh-oleh khas Trenggalek ini tersedia dalam beragam variasi rasa, seperti rasa original, jagung bakar, balado, dan juga rasa bawang. Tak lengkap rasanya jika kamu tak membawa alen-alen sepulang dari Trenggalek. Harga alen-alen per kilonya sekitar Rp20.000.

4. Kripik Sale Pisang

Kripik Sale Pisang

Kripik pisang sepertinya sudah sangat terkenal untuk dijadikan oleh-oleh. Camilan ini dibuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng sampai berwarna kuning sedikit kecoklatan, tetapi tidak boleh terlalu cokelat karena bisa jadi gosong. Selain digoreng, bisa juga diolah dengan cara dioven.

Camilan ini dibuat dengan tanpa diberi tambahan apapun sehingga rasanya sale pisangnya sangat enak. Ketika pisang ini sudah sedikit kecokelatan, pisang diangkat dan langsung dipisahkan selagi masih panas karena kalau dipisahkan saat sudah dingin, kripik akan mudah hancur.

Tidak semua jenis pisang bisa digunakan untuk membuat kripik pisang sale. Hanya pisang-pisang tertentu saja yang cocok untuk digunakan, seperti pisang kepok atau pisang tanduk. Pisang kepok atau tanduk yang dipilih adalah pisang yang sentengah matang.

Oleh-oleh khas Trenggalek ini aromanya juga menggoda orang yang menciumnya. Kripik sale pisang ini sering kali dijual sampai ke luar kota karena banyak peminatnya. Karenanya untuk kamu yang jalan-jalan atau kebetulan sedang berkunjung ke Trenggalek, jangan lupa untuk membeli camilan ini.

5. Kripik Tempe

Kripik Tempe

Kripik tempe bisa dengan mudah kamu temui di berbagai tempat di Indonesia dan sering sekali dijadikan sebagai oleh-oleh bahkan sampai dibawa ke luar negeri. Camilan ini enak untuk disantap saat makan dengan nasi hangat juga sebagai camilan saja saat berkumpul bersama teman-teman dan keluarga.

Tempe bukan produk olahan yang asing bagi penduduk Indonesia dan bahan makanan ini bisa dijadikan makanan atau juga lauk pauk. Bahan makanan yang dibuat dari kedelai ini diketahui banyak mengandung protein. Di Trenggalek, tempe diolah juga menjadi kripik yang bisa dibawa jadi oleh-oleh.

Oleh-oleh khas Trenggalek ini dibuat dari tempe yang diiris tipis-tipis dan dilumuri dengan tepung yang telah diberi bumbu serta daun jeruk kemudian digoreng hingga matang dan renyah. Kripik tempe ini bisa kamu beli di toko oleh-oleh di sekitar Trenggalek dengan harga per bungkus sekitar Rp16.000-Rp20.000.

6. Kue Manco

Kue Manco

Kue Manco merupakan oleh-oleh yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan khas Trenggalek. Kue tradisional ini bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu manco wijen serta manco ketan. Manco ketan adalah camilan yang dibuat dari bahan seperti tepung beras.

Adonan ini kemudian dibentuk seperti tabung kecil. Di tengahnya terdapat rongga dan kue ini diberi lapisan kroto. Sementara manco wijen diberi lapisan wijen. Tekstur kue ini renyah dan rasanya manis. Seringnya kue manco muncul sebagai hantaran pada acara lamaran tradisi orang Tionghoa.

Di masyarakat Trenggalek, biasanya kue ini dijadikan sebagai cinderamata pada acara hajatan. Kamu bisa pilih camilan khas ini sebagai oleh-oleh khas Trenggalek. Manco dapat dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh Trenggalek. Per bungkusnya dijual dengan harga Rp8.000-Rp20.000.

7. Sego Tiwul

Sego Tiwul

Dikenal juga dengan nasi tiwul, sego tiwul merupakan sumber karbohidrat khas Trenggalek. Jika kebanyakan nasi itu dari beras, nasi yang satu ini memiliki bahan yang berbeda. Sego tiwul bahan dasarnya adalah ketela pohon yang telah direndam sebelumnya lalu dikeringkan dan jadi nasi.

Sego tiwul adalah makanan tradisional yang pengolahannya dilakukan secara turun-temurun. Makanan ini adalah makanan khas Trenggalek yang punya rasa yang unik dan membuat orang ketagihan setelah mencobanya. Sego tiwul bisa disantap dengan beragam lauk, seperti ikan asin, ayam lodho, dan urap.

Namun biasanya sego tiwul disajikan disajikan dengan lauk yang sederhana tapi mempunyai kekhasan tersendiri, contohnya tempe, ikan asin, dan sambal. Rasa gurih yang dihasilkan oleh nasi tiwul berpadu dengan lauk-pauk tadi sehingga terasa pas di lidah.

Mau mencari sego tiwul? Tak perlu bingung karena makanan ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional ataupun warung tradisional di pinggir jalan di daerah Trenggalek. Harga makanan unik ini pun tak mahal. Per porsinya dijual seharga Rp5.000 sampai Rp10.000.

8. Bandrex

Bandrex

Kalau kamu dari Jawa Barat pasti pernah mendengar minuman ini. Minuman ini mirip dengan sarabah tapi bahan yang digunakannya sedikit berbeda. Untuk bandrek, bahan yang digunakan, yaitu jahe, kayu manis, gula merah, daun pandan, terkadang diberi tambahan cengkih.

Kota Trenggalek juga ternyata memproduksi bandrek. Minuman ini dipercaya bisa menambah stamina khususnya saat menghadapi musim hujan. Kamu bisa membeli bandrek khas Trenggalek ini sebagai oleh-oleh dengan harga sekitar Rp40.000 dengan berat 400gr di toko-toko online.

Selain menikmati keindahan pantai-pantai dan tempat wisata terkenal di Trenggalek, kamu juga bisa berburu kuliner untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Trenggalek. Makanan dan minuman tradisional ini bisa jadi buah tangan yang akan membuat keluarga dan teman menjadi senang saat menerimanya. Jangan lupa beli oleh-oleh dari Trenggaleknya ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *