10 Oleh-Oleh Khas Vietnam yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain Filipina dan Thailand, Vietnam adalah negara tujuan wisata lainnya di Asia Tenggara. Negara beribukota Hanoi ini memiliki tempat-tempat wisata yang eksotis. Negara yang tak jauh dari Laos ini juga memiliki sejumlah buah tangan yang menarik.

Di artikel ini, Keluyuran punya sejumlah buah tangan yang bisa kamu beli sepulang dari Vietnam nanti. Oleh-oleh tersebut adalah sebagai berikut:

1. Banh Pia

Banh Pia (Copy)

Oleh-oleh pertama yang bisa kamu beli adalah Banh Pia. Kalau diibaratkan, buah tangan ini merupakan versi Vietnam dari bakpia atau kue pia khas Indonesia. Bahan-bahan pembuat kue satu ini juga tak jauh beda dengan pia khas Indonesia.

Isiannya pun tak kalah beragam. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan isian yang cukup unik. Adapun isian yang lazim dipakai pada makanan ini adalah kacang hijau, durian, abon lemak babi, dan kuning telur dari telur asin. Sebungkus kue ini bisa kamu dapatkan dengan kocek sekitar 40 – 65 VND.

2. Kopi Vietnam

Kopi Vietnam (Copy)

Vietnam adalah salah satu negara Asia Tenggara penghasil kopi. Jadi, tak afdol rasanya bila kamu tak membeli kopi sepulang dari sana. Ada beberapa merk kopi Vietnam yang bisa kamu beli. Salah satunya adalah Nescafe Café Viet.

Merk kopi ini memiliki varian rasa beragam. Mulai dari milk coffee hingga cap he den da alias kopi hitam. Satu bungkus merk kopi ini bisa kamu dapatkan di supermarket Vietnam dengan harga sekitar 50 ribu hingga 100 ribu VND.

3. Fried Lotus Seed

Fried Lotus Seed (Copy)

Oleh-oleh ini adalah kudapan berbahan dasar kacang lotus yang diolah dengan cara digoreng. Selain enak, kudapan ini dipercaya memiliki sejumlah khasiat. Beberapa di antaranya adalah memelihara fungsi hati dan mengurangi insomnia.

Kudapan satu ini memiliki warna kuning gading, serta cita rasanya mirip dengan kacang koro. Satu kilogram kudapan kacang ini bisa kamu dapatkan dengan kocek sekitar 117 ribu hingga 300 ribu VND saja.

4. Hao Hao

Hao Hao (Copy)

Seperti Indonesia, Vietnam juga punya merk mi instan yang paling terkenal. Merk tersebut adalah Hao Hao. Merk mi instan yang sudah ada sejak tahun 2000 ini menawarkan mi instan dengan varian rasa beragam.

Chicken soup, shrimp soup, hingga rasa satay and shallot adalah beberapa di antaranya. Secara umum, merk mi instan ini dijual dalam dua bentuk kemasan, yaitu kemasan plastik laiknya mi instan biasa, serta kemasan cup layaknya Pop Mie.

5. Marou Chocolate

Marou chocolate (Copy)

Buah tangan satu ini merupakan sebuah merk cokelat ternama Vietnam. Merk cokelat ini didirikan oleh dua wraga asing yang kini tinggal di Vietnam. Keduanya adalah Samuel Maruta yang merupakan warga campuran Perancis-Jepang, serta Vincent Mourou yang beraal dari San Fransisco.

Beragam varian rasa cokelat yang unik disajikan oleh merk ini. Mulai dari caramelized nibs, candied chili, hingga feullantine. Semua varian itu dijual dengan harga mulai dari 55 ibu VND. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke toko resminya yang ada di Calmette, Phoung Nguyen Thai Binh, Guan 1, Ho Chi Minh, Vietnam.

6. Coconut Candy

Coconut Candy (Copy)

Sesuai namanya, ini adalah sebuah permen berbahan dasar kelapa. Permen ini memiliki bentuk serupa balok dengan tekstur yang agak tipis. Saat digigit, permen ini akan memunculkan tekstur yang agak chewy dan sedikit keras.

Walau dibuat dari kelapa, cita rasa yang ditawarkan permen ini tak hanya kelapa saja. ada sejumlah varian rasa lainnya yang tersedia. Semisal durian dan juga pandan. Sebungkus permen ini bisa kalian dapatkan di sejumlah night market Vietnam dengan harga sekitar 40 ribu hingga 50 ribu VND.

7. Coca Cola Vietnam

Coca Cola Vietnam (Copy)

Coca Cola sebetulnya bisa kita dapatkan di negara mana pun, termasuk Indonesia. Namun, tidak da salahnya untuk membeli merk minuman bersoda ini di Vietnam. Soalnya, di Vietnam sana, ada dua varian rasa Coca Cola yang tidak bisa kamu temukan di mana pun.

Dua varian rasa tersebut adalah kopi dan jahe. Dua rasa yang tergolong unik untuk minuman bersoda seperti Coca Cola. Baik rasa kopi maupun jahe, masing-masing bisa kalian dapatkan dengan kocek 10 ribu hingga 15 ribu VND.

Ada beberapa tempat yang menjual Coca Cola rasa kopi dan/atau jahe. Salah satunya adalah toko BigC Thang Long Supermarket yang ada di Tran Duy Hung, Trung Hoa, Cau Giay, Hanoi, Vietnam.

8. Corn Milk

Corn Milk (Copy)

Susu biasanya disajikan dengan varian rasa cokelat, stroberi, ataupun moka. Namun tidak dengan susu satu ini. Sesuai namanya, susu satu ini dibuat dengan rasa jagung manis. Terbilang unik, bukan? Corn milk sendiri memiliki paduan rasa susu dan jagung yang padu, serta teksturnya mirip seperti bubur jagung.

Corn milk bisa kalian dapatkan di BigC. Jika tidak, kalian bisa membelinya di pasar tradisional, pasar, atau di Hoi An Ancient Town. Sebotol susu bercita rasa unik ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 10 ribu – 15 ribu VND.

9. Guoc Moc Sai Gon

Guoc Moc Sai Gon (Copy)

Buah tangan di Vietnam tak hanya makanan dan minuman saja. barang-barang seperti sandal atau pakaian pun juga bisa kamu beli di negara berjuluk Vietnam rose ini. Gouc Moc Sai Gon adalah satu di antaranya.

Buah tangan ini merupakan sebuah bakiak yang terbuat dari akar bambu. Masyarakat Vietnam sering memakai bakiak ini, baik di kala musim dingin, musim panas, dan saat menghadiri festival. Bahkan, bakiak ini pun sering dipakai ketiga masyarakat Vietnam hendak berkunjung ke rumah saudara atau teman. Bakiak khas Vietnam ini bisa ditemui di sejumlah toko suvenir, dengan harga yang bervariasi.

10. Ao Dai

Ao Dai (Copy)

Ao Dai adalah oleh-oleh non-makanan lainnya dari Vietnam. Ao Dai sendiri merupakan pakaian khas Vietnam yang bentuknya serupa gaun panjang. Ciri khas pakaian ini terdapat dari bahannya yang berupa sutera, serta agak ketat saat dipakai di badan.

Ao Dai sendiri bisa dipakai pria maupun wanita. Ao Dai khusus pria dan wanita memiliki sedikit perbedaan, terutama dari panjang pakaiannya. Untuk mendapatkan buah tangan ini, kamu harus memesannya ke tukang jahit di Vietnam seminggu sebelum dibawa pulang.

Ao Dai bisa kamu dapatkan di Ben Thanh Market dengan harga sekitar Rp. 500 ribu rupiah. Buah tangan ini cocok diberikan kepada pasangan atau kerabat terdekatmu.

Vietnam adalah salah satu negara tujuan di Asia Tenggara, selain Thailand dan Filipina. Selain karena punya tempat wisata eksotis, negara beribukota Hanoi ini juga punya buah tangan yang kaya. Sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas.

Kamu bisa membeli salah satu atau beberapa oleh-oleh tersebut, bila nanti pulang dari Vietnam. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *