10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Paling Enak dan Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bali merupakan sebuah pulau yang sangat populer dan menjadi ikonnya Indonesia yang sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia berkat keindahan alamnya yang begitu cantik. Tak sedikit para traveller lokal maupun asing rela jauh-jauh datang berkunjung ke Pulau Bali hanya untuk membuktikan keeksotisan yang ditawarkannya.

Pulau Bali terkenal dengan julukannya sebagai “Pulau seribu pura” karena banyaknya pura-pura yang berdiri di sana. Pulau Bali memiliki keeksotisan pantainya yang memukau terlebih saat sunset tiba. Selain itu, pulau Bali juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap dari mulai penginapan hingga tempat makan yang mewah.

Bukan hanya itu, Pulau Bali juga merupakan pulau yang kaya akan budayanya. Salah satu budaya lokal khas Bali adalah tari pendet dan kecak yang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tak kalah penting, makanan khas Bali juga memiliki rasa yang sangat juara tak kalah lezat dibandingkan dengan makanan lainnya.

Kelezatan makanan khas Bali tersebut tak lepas dari setiap rempah yang dipadukan yaitu rempah-rempah khas Indonesia sehingga memiliki cita rasa dan kelezatan yang khas. Beberapa makanan khas Bali dikemas sedemikian rupa dan diperjual belikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Kira-kira, apa saja, ya makanan khas Bali yang wajib dibawa sebagai oleh-oleh bagi kamu para wisatawan? Di bawah ini kami akan memaparkannya khusus untukmu!

1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

Bagi kamu para pecinta kopi, maka oleh-oleh khas Bali yang satu ini wajib kamu bawa sebagai buat tangan ketika berkunjung ke Pulau Bali. Ya, bernama Kopi Kintamani, kopi yang satu ini merupakan kopi yang dibudidayakan di dataran tinggi daerah Kintamani, Bali.

Kopi Kintamani ini memiliki rasa dan aroma yang khas yaitu aroma jeruk yang melekat karena konon Kopi Kintamani ditanam berbarengan dengan tanaman buah-buahan lainnya seperti jeruk yang memengaruhi rasa dan aroma kopi ini.

Karena rasa dan aromanya yang enak, kopi ini bahkan sudah mendunia, lho. Beberapa negara telah menjadi tujuan ekspor dari kopi khas Bali ini yaitu Jepang, Australia, dan beberapa negara di Eropa.

2. Pia Legong

Pia Legong

Oleh-oleh makanan khas Bali selanjutnya adalah Pia Legong. Pia legong merupakan kue pia yang memiliki beberapa varian rasa yaitu keju, cokelat, dan kacang hijau. Rasa pia legong sendiri tentu saja tak kalah lezat dibandingkan dengan kue pia lainnya.

Selain memiliki rasa yang lezat, pia legong juga memiliki tekstur lembut dan renyah sehingga banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai buah tangan. Bagi kamu para pecinta makanan manis, pia legong ini sangat worth it, deh!

3. Salak Bali

Salak Bali

Siapa sih yang tak mengenal buah yang satu ini? Sepertinya hampir semua orang tahu buah yang memiliki keunikan pada kulitnya ini. Bernama buah salak, buah yang satu ini memiliki kulit yang unik karena menyerupai sisik yang bertekstur kasar.

Meskipun demikian, buah salak memiliki rasa yang manis dan lezat termasuk salak bali yang sangat direkomendasikan untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Salak Bali memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu salak biasa dan salak gula. Salak biasa memiliki rasa kecut dengan daging buahnya yang tebal. Sementara salak gula memiliki rasa manis dengan daging buahnya yang lebih tipis.

Maka dari itu, ketika kamu membeli salak Bali untuk dijadikan oleh-oleh, pastikan terlebih dahulu jenis dari salak Bali tersebut agar tidak salah pilih, ya.

4. Pie Susu

Pie Susu Dhian Pie Susu Bali yang Enak dan Terkenal

Tak kalah terkenal, Bali juga memiliki kue khas yang sangat lezat dan menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh, yaitu pie susu. Jajanan khas Bali ini dibuat dengan bentuk agak sedikit datar dengan campuran susu di tengahnya yang memberi kesan lembut dan creamy.

Pie susu khas Bali menawarkan beberapa varian toping yang bisa kamu pilih sesuai selera diantaranya adalah keju, almond, kismis, dan choco chips. Pie susu khas Bali menjadi salah satu makanan populer yang selalu menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan buah tangan berkat kelezatannya.

5. Kacang Disco

Kacang Disco

Bagi kamu yang hobi ngemil, kacang yang satu ini wajib kamu cobain, deh. Bernama kacang disco, kacang yang menjadi makanan khas Bali ini merupakan kacang tepung yang memiliki kulit tepung lebih tebal dan renyah dengan rasa gurih juga pedas.

Kacang disco menjadi makanan khas Bali dan menjadi oleh-oleh yang wajib kamu bawa ketika berkunjung ke pulau Bali. Kacang disco memiliki beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih diantaranya adalah original, BBQ, pedas, dan rasa udang yang sangat lezat.

6. Kacang Asin

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Paling Enak dan Unik 1

Masih tentang kacang-kacangan, rupanya Bali juga memiliki makanan khas yang wajib kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk dirimu sendiri atau dibagikan kepada orang-orang terkasih.

Ya, kacang asin namanya. Berbeda dengan kacang disco, kacang asin ini tidak dibalut dengan tepung agar memiliki tekstur yang renyah. Meskipun demikian, kacang asin ini tetap memiliki rasa yang gurih dan sangat cocok untuk dijadikan cemilan.

Karena rasanya yang enak dan cocok dijadikan cemilan, sebuah tempat makan di Bali menjadikan kacang asin ini sebagai makanan “penunggu” sebelum makanan yang dipesan siap disajikan.

7. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

* sumber: laskarkuliner.blogspot.com

Jika Jogja memiliki makanan khas yang sudah terkenal dengan harganya yang murah meriah bernama nasi kucing angkringan, begitu pula dengan Bali dengan nasi jinggonya yang tak kalah murah namun memiliki rasa yang super lezat.

Nasi jinggo khas Bali disajikan hanya sebesar kepalan tangan saja dengan beberapa lauk yang disajikan berupa tempe atau tahu goreng, mie, atau ayam suwir.

Selain itu, bentuk penyajiannya pun sangat unik menggunakan media daun pisang yang dibungkus rapi. Karena harganya yang ekonomis serta rasanya yang enak juga pengemasannya yang unik, banyak wisatawan menjadikan nasi jinggo sebagai buah tangan untuk disantap di perjalanan.

Bagi kamu yang tertarik membawa nasi jinggo sebagai oleh-oleh, pastikanlah membeli nasi jinggo yang baru selesai dimasak. Selain itu, pastikan pula membawa nasi jinggo ini dengan kendaraan yang cepat seperti pesawat agar kelezatan nasi tidak berkurang atau bahkan basi.

8. Kerupuk Kulit Babi

Kerupuk Kulit Babi

Yang satu ini adalah kerupuk khas Bali yang mengandung unsur Babi. Tentu saja tak semua orang bisa memakan kerupuk yang satu ini terlebih di Indonesia yang memiliki kepercayaan didominasi oleh umat Muslim.

Kerupuk kulit babi memiliki rasa asin dan gurih. Selain itu, teksturnya yang renyah akan menggoyang lidah sehingga ingin terus menerus memakannya. Merk kerupuk kulit babi yang paling populer di Bali adalah merk “Rejeki” dan merk “Babi”. Tertarik untuk mencoba?

9. Kerupuk Ceker

Kerupuk Ceker

Tah hanya kerupuk kulit babi, kerupuk ceker yang satu ini tak kalah enak dibandingkan dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ceker khas Bali memiliki rasa gurih yang khas dengan teksturnya yang super renyah dan akan menimbulkan suara khas krispy ketika dikunyah.

Kelezatan kerupuk ceker khas Bali rupanya tak hanya disukai oleh masyarakat sekitar akan tetapi oleh para wisatawan yang berkunjung sehingga kerupuk ini banyak diperjual-belikan dan wajib menjadi buah tangan bagi kamu para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali.

10. Bagiak Bali

Bagiak Bali

Ada yang tahu Bagiak Bali? Ya, mungkin rasanya agak sedikit asing bagi kamu yang baru pertama kali mendengar nama makanan khas Bali ini. Bernama Bagiak Bali, makanan khas Bali ini merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu.

Bagiak Bali memiliki rasa yang gurih dan manis akan tetapi tidak terlalu tajam karena bahan dasarnya merupakan bahan alami yang tidak berbahaya bagi tubuh. Bagiak Bali menjadi makanan yang populer dibeli para wisatawan untuk dijadikan buah tangan karena rasa dan bentuknya yang unik.

Saat ini, bagiak Bali telah dikemas sebaik mungkin guna memudahkan para konsumen membawanya sebagai oleh-oleh khas Bali untuk dirinya sendiri atau dihadiahkan kepada orang terkasihnya.

Itu dia beberapa makanan khas Bali yang wajib kamu bawa sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Pulau seribu pura ini. Apakah kamu tertarik untuk membeli salah satu oleh-oleh tadi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *