10 Oleh-Oleh Makanan Khas Jepang yang Wajib Dibawa Pulang!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Kamu sedang ingin atau tengah berlibur di Jepang? Jangan lupa beli oleh-oleh di sana! Jepang sendiri punya beberapa barang yang bisa dipakai sebagai buah tangan. Salah satunya yang paling gampang adalah makanan. Kebetulan, Jepang punya sejumlah makanan khas yang bisa dan cocok banget buat buah tanganmu nanti. Lalu, apa saja makanan-makanan itu? Yuk lihat saja list-nya di bawah ini!

1. Yokan

Yokan

* sumber: matcha-jp.com

Makanan satu ini merupakan sejenis jeli yang berbahan dasar kacang merah atau azuki. Kacang merah yang dipakai nantinya dicampur dengan gula dan dibentuk seperti laiknya jeli. Yokan sendiri punya varian rasa lainnya, yakni Imo Yokan. Yokan satu ini memiliki cita rasa laiknya ubi jalar. Hal itu wajar, mengingat Imo Yokan yang bahan dasarnya berupa ubi jalar.

Makanan ini sangat cocok disantap bersama secangkir teh hijau. Kalau mau membeli makanan ini, maka kamu bisa membelinya di toko Funawa. Toko ini letaknya di 22-10 Asakusa, Taito, Tokyo, Jepang.

2. Wasanbon

Wasanbon

* sumber: matcha-jp.com

Nama makanan satu ini terinspirasi dari bahan yang dipakainya, yakni Wasanbon. Wasanbon sendiri merupakan gula khas Jepang yang berkualitas tinggi. Adapun makanan yang dibuat dari bahan tersebut adalah sebuah camilan yang bentuknya mirip bunga dan kipas lipat, serta diberi warna yang cukup menarik.

Di Jepang, makanan satu ini sering dihidangkan sebagai hidangan pendamping teh, terutama saat upacara Sado berlangsung. Adapun Sado sendiri merupakan sebuah upacara minum teh yang lazim diadakan di Jepang. Makanan ini bisa kamu dapatkan di sejumlah supermarket atau toko manisan di Jepang.

3. Kit Kat Green Tea

Kit Kat Green Tea

* sumber: www.goodsfromjapan.com

Kit Kat Green Tea sebetulnya bisa kita dapatkan di mana pun, bahkan di Indonesia sendiri. Namun, bila ingin mendapatkan Kit Kat dengan cita rasa green tea yang asli, maka belilah saja langsung di Jepang. Bila kamu ingin membeli varian rasa Kit Kat ini, sebaiknya jangan membelinya di luar musim semi. Ini tak lepas dari beberapa kabar yang beredar, kalau makanan ini hanya bisa didapat kala musim semi telah tiba.

4. Senbei

Senbei

* sumber: matcha-jp.com

Sebetulnya, makanan satu ini sudah bisa ditemukan di supermarket-supermarket di luar Jepang. Namun, kalau mau membeli makanan ini, maka belilah saja di toko-toko yang ada di Jepang. Selain rasanya lebih khas, Senbei yang ada di Jepang bentuknya jauh lebih besar dari Senbei di luar Jepang.

Rasanya pun variatif, ada rasa shoyu, matcha, hingga rasa zarame (gula cokelat). Tekstur makanan ini sangatlah gurih. Tentu ini cocok dijadikan buah tangan untuk kerabat-kerabatmu yang doyan makanan manis dan gurih.

5. Chocobi

Chocobi

* sumber: www.tokopedia.com

Kamu suka nonton Crayon Sinchan? Pasti nggak asing dong dengan makanan satu ini. Chocobi sendiri merupakan camilan berbentuk bintang, berwarna coklat, dan rasanya pun juga rasa coklat.

Kalau di serial Sinchan, kita bisa melihat kalau makanan ini biasanya dimakan secara langsung tanpa dimasak atau diolah dengan sejumlah cara. Tapi, ternyata ada cara lain untuk memakan camilan ini, lho, Adapun cara lain tersebut adalah dengan mencampurnya dengan segelas susu, laiknya sebuah sereal.

Chocobi sendiri mudah ditemukan di sejumlah toko makanan. Selain itu, Chocobi ternyata juga punya varian rasa lainnya, seperti vanilla dan karamel madu. Sayangnya, sejumlah varian rasa tersebut sulit didapat, karena hanya diproduksi secara musiman saja.

6. Tokyo Banana

Tokyo Banana

* sumber: matcha-jp.com

Kalau kamu lagi ada di Tokyo, jangan lupa membeli makanan ini sebagai buah tanganmu nanti. Tokyo Banana sendiri merupakan sebuah softcake dengan aroma dan cita rasa pisangnya yang kental. Walaupun berbahan dasar pisang, namun makanan yang sudah ada sejak 1991 ini punya varian rasa lainnya, misalnya coklat, karamel, stroberi, dan mint.

Tokyo Banana bisa didapatkan di sejumlah toko kue di Tokyo. Namun, khusus untuk Tokyo Banana rasa coklat, kamu bisa membelinya di area Tokyo Sky Tree. Tokyo Sky Tree sendiri letaknya persis di Chome 1-2 Oshiage, Sumida, Tokyo, Jepang.

7. Tokyo Nicorin

Tokyo Nicorin

* sumber: en.blog.kkday.com

Selain Tokyo Banana, Tokyo masih menyimpan satu makanan lain untuk buah tanganmu nanti. Tokyo Nicorin adalah nama makanan tersebut. Makanan satu ini bentuknya seperti lonceng kecil berwarna keemasan, berisi pasta yang manis rasanya.

Usut punya usut, bentuk makanan satu ini terinspirasi dari simbol Stasiun Tokyo. Dan kebetulan, makanan satu ini dijual di Stasiun Tokyo yang ada di 1 Chome Marunouchi, Chiyoda, Tokyo, Jepang. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih dari makanan ini. Kacang merah, black tea, dan green tea adalah beberapa varian rasa tersebut.

8. Tokyo Honey Sugar

Tokyo Honey Sugar

* sumber: omiyadata.com

Masih mau membeli makanan lainnya yang ada di Tokyo? Coba saja membeli makanan ini! Tokyo Huney Sugar sendiri merupakan camilan manis yang bentuknya seperti waffle. Orang-orang menganggap makanan ini sebagai waffle dari Negeri sakura. Kendati begitu, sebagian orang juga menganggap kalau camilan ini bentuknya amat mirip dengan sarang lebah. Itulah mengapa camilan ini bernama Tokyo Honey Sugar.

Cara menyantap makanan ini hampir sama dengan Chochobi bisa dimakan langsung atau dicampur dengan bahan lain. Kalau ingin dicampur, makanan ini sangat cocok dicampur dengan siraman madu yang manis dan bergizi. Untuk membeli makanan ini, kamu tinggal datang saja ke sejumlah toko makanan atau kue yang ada di Tokyo dan daerah lain di Jepang.

9. Hello Kitty Gaufrette

Hello Kitty Gaufrette

* sumber: www.yelp.com

Kalau punya kerabat atau teman pecinta Hello Kitty, makanan satu ini layak banget nih dijadiin sebagai buah tanganmu nanti. Sesuai namanya, makanan ini punya kemasan yang sangat mirip dengan Hello Kitty.

Makanan satu ini punya cita rasa yang manis. Ada tiga varian rasa utama makanan ini, yakni stroberi, matcha, dan juga pisang. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke toserba Don Quijote Asakusa yang ada di 2 Chome-10 Asakusa, Tokyo, Jepang.

10. Hiyoko Sweet (Meika Hiyoko)

Hiyoko Sweet (Meika Hiyoko)

* sumber: japan-magazine.jnto.go.jp

Ini adalah makanan khas Jepang yang tergolong lawas. Bagaimana tidak, makanan ini sudah ada sejak 1912 lalu, lho. adapun makanan ini adalah sebuah kue yang berisi kacang hijau dan bentuknya serua anak ayam. Dari bentuknya tersebut, sejumlah orang sering menyebutnya sebagai “Kue Anak Ayam Hiyoko.”

Di Jepang, makanan ini dianggap sebagai bentuk terima kasih warga Jepang terhadap tamu atau turis yang telah berkunjung ke Jepang. Makanan ini bisa ditemukan di tiap daerah di Jepang.

Makanan bisa menjadi bahan oleh-oleh saat kamu pulag piknik nanti. Dan bila kamu nanti piknik ke Jepang, 10 makanan di atas bisa menjadi rekomendasi oleh-oleh makanan yang tepat buat kamu nantinya. Jika menginginkan makanan yang halal, silakan simak rekomendasinya di artikel 10 oleh-oleh halal dari Jepang. Btw, selamat berlibur dan membeli oleh-oleh, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram