10 Oleh-Oleh Makanan Khas Lombok yang Unik untuk Keluarga

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 1 Mei 2020

Membawa oleh-oleh dari satu daerah yang dikunjungi memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Setiap daerah memang memiliki ciri khas oleh-oleh yang cukup beragam dan juga unik. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik bagi masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut.

Selain menawarkan cita rasa yang berbeda. Proses pembuatannya yang unik pun terkadang bisa membuat pengunjung penasaran untuk mencoba. Nah, berbicara oleh-oleh yang menarik. Kali ini Bacaterus telah memilih 10 oleh-oleh makanan khas lombok yang unik untuk keluarga. Oleh-oleh apa saja yang masuk dalam list kali ini? Simak daftarnya berikut ini!

1. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Bila selama ini kita mengenal Garut sebagai penghasil dodol di Jawa Barat. Maka di Lombok, Nusa Tenggara Barat terkenal pula sebagai daerah penghasil dodol yang enak. Dodol yang berasal dari Lombok ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan dodol yang berada di daerah lain.

Hal tersebut karena bahan baku yang digunakan untuk membuat dodol berasal dari tepung rumput laut. Karena keunikannya, dodol rumput laut menjadi oleh-oleh makanan yang menjadi ikon dari pulau Lombok.

Dodolnya sendiri memiliki tekstur lembut dan kenyal. Vatian rasanya pun cukup beragam. Mulai dari berbagai macam sayuran sampai buah-buahan. Nah, bagi kamu yang berpelesir ke Lombok. Oleh-oleh makanan yang satu ini memang wajib kamu bawa untuk keluarga.

2. Terasi Lombok

Terasi Lombok

Sebagai daerah yang berada dekat dengan laut, masyarakat Lombok sering juga memanfaatkan hasil laut yang melimpah untuk dijadikan oleh-oleh yang khas. Salah satunya adalah terasi Lombok.

Terasi Lombok memiliki kualitas terasi yang tak kalah enak dari terasi yang dihasilkan oleh beberapa wilayah yang ada di Indonesia, seperti Medan dan Cirebon. Terasi Lombok memiliki kualitas rasa yang gurih serta aromanya yang nikmat.

Di Lombok sendiri terdapat beberapa jenis terasi yang berasal dari beberapa wilayah. Masyarakat Lombok sering menggunakan terasi untuk menambah cita rasa setiap masakan. Nah, bila kamu sedang berada di Lombok. Terasi Lombok pun bisa menjadi buah tangan yang wajib kamu bawa.

3. Stik Kangkung

Stik Kangkung

Bila selama ini sayur kangkung kerap dimanfaatkan sebagai lauk. Maka masyarakat Lombok memiliki cara unik untuk menambah nilai jual dari sayuran yang banyak dihasilkan tersebut, yaitu dengan mengolahnya menjadi stik kangkung.

Stik kangkung merupakan oleh-oleh khas yang cukup unik dan populer di Lombok. Camilan unik yang berbahan dasar kangkung ini memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang sedang berlibur maupun orang-orang yang sedang melakukan dinas di sana.

Stik Kangkung sendiri memiliki tekstur renyah dan gurih. Keunikan bahan baku yang digunakan memang menjadi daya tarik bagi para wistawan, sehingga tak heran bila oleh-oleh yang satu ini cukup laku keras.

4. Kopi Prabe Lombok

Kopi Prabe Lombok

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang menghasilkan kopi terbaik dan terbesar yang ada di dunia. Kopi sendiri memang menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat hampir di seluruh belahan dunia. Sama seperti beberapa daerah lain penghasil kopi, Lombok pun memiliki kopi yang memiliki cita rasa yang khas.

Kopi yang dihasilkan di daerah Prabe ini memang kerap menjadi buah tangan para wisatawan yang melancong ke Lombok. Kopi Prabe sendiri memiliki rasa ringan dengan aroma yang cukup kuat. Hal tersebut tentu bisa menjadi alasan bagi wisatawan untuk membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

5. Kripik Rumput Laut

Kripik Rumput Laut

Melimpahnya rumput laut yang dihasilkan tentu menjadi sebuah anugerah tersendiri bagi masyarakat Lombok. Masyarakat Lombok sendiri kerap memanfaatkan rumput laut sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan pengolahan yang baik, rumput laut pun bisa menjadi camilan yang tidak hanya enak namun juga menyehatkan.

Bila kamu sedang berada di Lombok, camilan kripik rumput laut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Selain memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Camilan yang satu ini juga sangat tinggi serat dan memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

Madu Sumbawa adalah oleh-oleh yang juga banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Khasiat madu yang baik bagi tubuh memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat maupun bahan tambahan untuk membuat makanan.

Kualitas madu Sumbawa memang cukup baik dan sudah dikenal sampai ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu daerah penghasil madu berkualitas, Madu Sumbawa Lombok pun menjadi salah satu oleh-oleh yang sering dibawa oleh para wisatawan ke rumah.

7. Sambal Encim

Sambal Encim

Siapa yang tidak suka sambal. Mayoritas penduduk yang ada di Indonesia memang sangat menyukai sambal. Indonesia sendiri memiliki beragam jenis sambal yang memiliki cita rasa pedas yang berbeda di setiap daerah.

Salah satu oleh-oleh khas yang juga memiliki banyak penggemar adalah sambal Encim. Sambil Encim memiliki cita rasa pedas yang khas dan pas di lidah. Sambalnya memiliki berbagai varian rasa yang bisa memanjakan lidah pembeli.

Mulai dari sambal rumput laut, sambal plecing kangkung, sambal ikan asap, sambal terasi, sambal ebi dan masih banyak lagi. Bagi para penikmat rasa pedas. Sambal Encim memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani santapan kamu.

8. Kerupuk Ceker Ayam

Kerupuk Ceker Ayam

Bila beberapa daerah memanfaatkan kulit sapi atau ikan sebagai bahan utama pembuatan kerupuk. Maka di Lombok terdapat kerupuk berbahan dasar ceker ayam. Oleh-oleh yang satu ini memang cukup unik dan sering membuat penasaran pembeli.

Kreativitas masyarakat Lombok yang menyulap ceker ayam menjadi sajian kuliner unik dengan cita rasa yang khas ini memang patut diacungi jempol. Kerupuk ceker ayam sendiri bertekstur renyah serta memiliki rasa yang gurih.

Sama seperti oleh-oleh Lombok lainnya. Kerupuk ceker ayam selalu menjadi incaran para pelancong. Nah, bagi kamu yang berencana liburan ke Lombok. Kerupuk ceker ayam bisa kamu masukan ke dalam list belanja oleh-oleh yang ada di Lombok.

9. Manisan Rumput Laut

Manisan Rumput Laut

Kreativitas masyarakat Lombok dalam mengolah bahan baku rumput laut memang cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya olahan berbahan dasar rumput laut yang di jual di toko oleh-oleh. Hal tersebut tentu berdampak pada perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya.

Manisan rumput laut sendiri merupakan oleh-oleh yang sering kita jumpai hampir di setiap toko makanan yang ada di Lombok. Kelezatan sajian kuliner yang satu ini memang bisa membuat orang jatuh hati. Manisan rumput laut sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu manisan rumput laut kering dan manisan rumput laut basah.

10. Kacang Mete Lombok

Kacang Mete Lombok

Oleh-oleh khas Lombok terakhir yang wajib kamu beli adalah kacang mete Lombok. Kacang mete Lombok memiliki bumbu khas yang berbeda dari kacang mete yang ada di tempat lain. Selain memiliki banyak varian rasa yang enak. Sensasi renyah dan gurih memang bisa membuat kamu ketagihan.

Kacang mete lombok pun menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup laris. Selain bisa menjadi camilan ketika traveling. Kacang mete Lombok juga bisa dijadikan oleh-oleh yang aman bila dibawa dalam perjalanan yang membutuhkan waktu panjang.

Nah, itulah 10 oleh-oleh makanan khas lombok yang unik untuk keluarga. Mulai sekarang kamu tidak usah bingung lagi mencari oleh-oleh bila sedang traveling ke Lombok. Semoga referensi yang diberikan Bacaterus bermanfaat untuk kamu.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram