10 Rekomendasi Oleh-Oleh Makanan Khas Malaysia Terfavorit

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Sudah menjadi rahasia umum jika Malaysia menjadi salah satu negara yang paling sering dikunjungi orang-orang Indonesia. Tak hanya untuk jalan-jalan, Malaysia sudah menjadi destinasi untuk bekerja, berobat, sampai dengan menempuh studi. Makanan-makanan di Malaysia pun juga bisa diterima oleh lidah masyarakat kita. Jadi, tak heran jika orang-orang Indonesia merasa nyaman berkunjung ke Malaysia.

Kalau kamu ingin membawa pulang makanan khas Malaysia agar kerabat dan keluarga di Indonesia dapat mencicipinya, ada sejumlah makanan yang ternyata bisa dijadikan oleh-oleh, lho. Yuk, simak ulasan Keluyuran seputar oleh-oleh makanan khas Malaysia ini!

1. Penang White Curry Mee

Penang White Curry Mee

Maksud hati ingin membawa kari khas Malaysia, tetapi teksturnya yang berkuah dan tidak bisa disimpan dalam waktu lama membuatmu harus mengurungkan niat tersebut. Namun, kamu tetap bisa membawa kari khas Malaysia dalam bentuk mie instan, lho.

Ya, Penang White Curry Mee adalah mie instan dengan cita rasa khas Malaysia. Sesuai dengan namanya, mie instan ini memiliki rasa white curry yang sedap seperti yang biasa dijual di Penang. Kuahnya sangat kental dan gurih sehingga kamu akan merasakan kelezatan yang mirip dengan white curry aslinya. Terlebih lagi, makanan yang satu ini praktis dan bisa dibawa dalam jumlah banyak.

2. Tau Sar Piah

Tau Sar Piah

* sumber: sethlui.com

Apabila kamu sudah pernah mencicipi bakpia atau pia, rasa Tau Sar Piah ini mirip banget dengan kue tersebut, lho. Bagian dalam kue Tau Sar Piah ini juga diisi dengan kacang hijau dan kacang merah, hampir sama dengan isian yang juga dipakai untuk bakpia.

Makanan khas Malaysia yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh karena berupa makanan kering yang bisa tahan hingga berhari-hari. Selain itu, kamu bisa menemukan kue ini dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh maupun supermarket di Malaysia. Salah satu tempat terkenal yang menjual Tau Sar Piah adalah toko Ghee Hiang di Penang, Malaysia.

3. Kek Lapis Sarawak

Kek Lapis Sarawak

* sumber: sg.openrice.com

Di Indonesia, kita mengenal makanan ini sebagai kue lapis. Namun di Malaysia, makanan ini dikenal dengan nama Kek Lapis Sarawak. Makanan khas negeri jiran ini biasa disuguhkan pada acara-acara tertentu, seperti Idul Fitri, Deepavali, perayaan ulang tahun, atau acara pernikahan. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa membeli kue ini dengan mudah. Kek Lapis Sarawak tetap dijual meskipun tidak sedang Idul Fitri atau Deepavali.

Keistimewaan Kek Lapis Sarawak terletak pada motif di setiap layer-nya. Kue ini memiliki motif dan warna-warna unik yang semakin menggugah selera makan. Menariknya, Kek Lapis Sarawak ini juga tersedia dalam rasa original, stroberi, asam manis, jeruk, dan cokelat hazelnut.

4. Keropok Lekor

Keropok Lekor

* sumber: www.tasteatlas.com

Ingin membawa buah tangan berupa makanan khas Malaysia? Keropok Lekor adalah pilihan yang tepat. Makanan yang satu ini bentuknya mirip pempek lenjer ketika belum digoreng. Setelah digoreng, teksturnya sedikit lebih renyah jika dibandingkan pempek.

Keropok Lekor terbuat dari olahan ikan, sagu, garam, dan gula. Aroma ikan dari makanan ini begitu kuat tetapi hal tersebut tidak mengurangi kelezatan makanan ini. Agar rasanya lebih nikmat, Keropok Lekor disantap bersama dengan saus khusus yang mirip dengan sambal khas Bangkok.

5. Kuih Kapit

Kuih Kapit

* sumber: asianinspirations.com.au

Makanan khas Malaysia memang memiliki banyak kemiripan dengan hidangan khas nusantara, seperti Kuih Kapit ini. Kue kering yang satu ini hampir sama persis dengan Semprong. Adonan Kuih Kapit ini juga sama dengan adonan kue Semprong, yakni hanya tepung, gula, dan telur.

Yang membuat Kuih Kapit dan Semprong berbeda adalah bentuknya, Semprong biasanya berbentuk gulungan seperti rokok raksasa. Sementara itu, Kuih Kapit memiliki bentuk segitiga. Rasa kue kering khas Malaysia ini enak dan teksturnya renyah. Kamu bisa membeli Kuih Kapit ini untuk dijadikan oleh-oleh yang mudah dibawa pulang ke tanah air.

6. Dodol Malaysia

Dodol Malaysia

* sumber: appleblossomgifts.blogspot.com

Siapa bilang dodol hanya bisa ditemukan di Indonesia? Malaysia juga mengklaim dodol sebagai salah satu makanan khasnya. Dodol Malaysia umumnya berbentuk piramida mini, sedangkan dodol khas Indonesia dikenal dengan bentuknya yang memanjang seperti jari.

Keunikan Dodol Malaysia terletak pada rasanya. Dodol dari negeri jiran ini umumnya menggunakan rasa kelapa dan durian sehingga rasanya tetap berbeda dengan dodol yang biasa dijual di tanah air. Dodol Malaysia juga bisa bertahan hingga satu minggu sehingga kamu bisa membawa makanan ini sebagai buah tangan.

7. Roti Jala

Roti Jala

* sumber: www.plated.asia

Selanjutnya, ada makanan Malaysia yang bentuknya cukup unik, namanya Roti Jala. Dinamakan Roti Jala karena bentuk makanan ini seperti jala. Tekstur Roti Jala renyah dan rasanya pun mantap karena tidak terlalu asin atau terlalu manis.

Di Malaysia, Roti Jala biasa disuguhkan bersama dengan kuah kari atau saus kacang. Mengingat Roti Jala adalah makanan kering, maka kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Namun, setibanya di Indonesia Roti Jala harus segera dikonsumsi agar tetap renyah.

8. Karipap

Karipap

* sumber: www.friedchillies.com

Kok bentuknya mirip sama pastel, sih?” Mungkin pertanyaan ini langsung muncul di benakmu ketika melihat tampilan Karipap. Bukan sekadar mirip bentuknya saja, ternyata isi dan rasa Karipap juga mirip banget dengan kue Pastel yang biasa dijual di Indonesia.

Yang membedakan hanyalah Karipap tidak diisi dengan wortel dan bihun seperti Pastel. Kue Karipap hanya diisi dengan daging. Jadi, bisa kamu bayangkan bahwa dagingnya benar-benar full di dalam kue ini.

9. Maggi Pedas Giler

Maggi Pedas Giler

Mau membawa oleh berupa makanan khas Malaysia tapi tidak berani mengambil risiko makanan tersebut akan basi? Solusinya bawa saja makanan yang hits di Malaysia tapi dikemas dalam bentuk instan, seperti Maggi Pedas Giler.

Mie instan yang satu ini sedang hype banget di Malaysia. Konon, rasa pedasnya tidak sama dengan Samyang (mie instan Korea), tetapi bahkan lebih pedas. Maggi Pedas Giler ini tersedia dalam rasa Ayam Bakar, Seafood Berapi maupun Tom Yummz.

10. Apam Balik

Apam Balik

* sumber: asianinspirations.com.au

Kalau melihat tampilan Apam Balik, kamu pasti teringat dengan tampilan martabak manis, bukan? Ya, Apam Balik adalah martabak manis khas Malaysia. Makanan ringan yang satu ini biasa dijual di pinggir jalan. Kamu bisa membeli Apam Balik untuk dibawa pulang ke Indonesia. Namun, rasanya akan lebih enak jika dikonsumsi dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum kue ini dibuat.

Apakah Apam Balik rasanya sama dengan martabak manis yang banyak dijual di Indonesia? Hampir sama tapi tetap ada sedikit perbedaan mengingat apam balik juga menggunakan labu dalam adonannya sedangkan martabak manis tidak menambahkan labu. Apam Balik juga disajikan dengan isian kacang, cokelat, dan keju. Nah, mirip banget dengan martabak manis, kan?

Berbagai makanan dari Malaysia ini bisa kamu jadikan oleh-oleh yang tepat untuk keluarga atau orang terdekat di tanah air. Untuk menjamin kesegarannya, tak ada salahnya untuk bertanya ke pedagang mengenai masa berlaku atau best before dari makanan yang akan kamu beli. Kunjungi juga artikel oleh-oleh khas Malaysia ini untuk mencari referensi buah tangan lainnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram