Keluyuran / Kuliner Thailand / 10 Oleh-Oleh Makanan Enak Khas Thailand yang Paling Dicari

10 Oleh-Oleh Makanan Enak Khas Thailand yang Paling Dicari

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Thailand memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu daya tarik wisata di Asia Tenggara. Banyak wisatawan yang tertarik datang kesana karena Thailand memiliki harga barang yang lebih murah dan bervariasi. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke suatu negara adalah membeli oleh-olehnya, termasuk makanan khas negara tersebut.

Ada begitu banyak pilihan oleh-oleh makanan khas Thailand yang wajib kamu coba dan tentunya paling banyak dicari wisatawan. Supaya kamu tidak bingung makanan apa yang mau di bawa pulang, berikut rekomendasi oleh-oleh makanan khas Thailand untuk kamu.

1. Camilan Rumput Laut “Tao Kae Noi”

Camilan Rumput Laut “Tao Kae Noi” (Copy)

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau camilan rumput laut asal Thailand ini memang paling juara! Tidak hanya camilannya saja yang populer, film yang menceritakan tentang kisah sukses pembuatan Tao Kae Noi pun sudah sangat populer di dunia. Sebenarnya Tao Kae Noi bisa ditemukan dengan mudah di minimarket terdekat.

Tetapi di Indonesia sendiri, tidak semua rasa bisa kita coba. Nah, jika kamu berkunjung ke Thailand, kamu wajib mencicipi rasa lain dari brand camilan populer ini. Karena di negaranya sendiri, Tao Kae Noi diproduksi dengan banyak varian rasa sesuai selera kamu.

Di Thailand kamu bisa mencicipi semua rasanya, mulai dari original, hot & spicy, tom yam gong, tomato sauce, wasabi, pad thai, chicken ramen, seafood, pizza, salted egg, bahkan ada yang rasa durian! Wah, kelihatannya menarik ya? Penasaran buat coba semua rasanya?

2. Camilan Ikan “Taro”

Camilan Ikan “Taro” (Copy)

Jika kamu sedang mencari oleh-oleh makanan Thailand yang bernutrisi sekaligus enak, kamu bisa membeli camilan ikan Taro. Camilan ini telah diproduksi sejak 1983 dan menjadi brand makanan ringan yang terkenal di seluruh Thailand. Camilan ini terbuat dari 80 persen ikan putih segar yang merupakan sumber protein yang baik.

Teksturnya sedikit keras, kenyal, dan terasa pedas. Bentuknya potongan memanjang seperti stick camilan pada umumnya namun cenderung pipih. Taro menjadi camilan sehat terbaik karena rasanya yang unik dari ikan laut berkualitas dan memilki manfaat nutrisi dibanding dengan jenis makanan ringan lainnya.

3. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice (Copy)

* sumber: www.indochinavoyages.com

Makanan asal Thailand yang satu ini sempat populer di Indonesia. Banyak juga yang menjual secara offline maupun online dan disesuaikan dengan rasa lidah Indonesia. Terdiri dari ketan yang sedikit asin dan dilapisi dengan saus krim santan dan irisan mangga kuning matang yang sangat enak.

Makanan ini dapat kamu temukan di hampir sepanjang tahun tepatnya di tempat wisata Thailand. Nasi ketannya terbuat dari nasi putih yang dikukus dengan daun pandan dan dituang santan murni dengan gula. Sedangkan mangganya adalah jenis mangga Nam Dok Mai yang berukuran besar dan lebih populer serta rasanya yang manis.

Selain itu ada juga mangga jenis Aok Rong yang ukurannya lebih kecil dan lebih gemuk dengan rasanya yang sedikit asam. Sedangkan saus santannya terasa sedikit asin dan manis.

4. Khanom Ping

Khanom Ping (Copy)

* sumber: hot-thai-kitchen.com

Khanom Ping adalah kue bangkit ala Thailand. Kue bangkit ini dikenal karena teksturnya yang lembut dan meleleh di mulut. Versi Thailand lebih renyah di luar dan memiliki rasa kelapa yang sedikit lebih kuat. Khanom Ping original memiliki rasa manis, harum, dan berwarna cokelat

Tetapi sekarang makanan ini hadir dengan varian rasa dan warna seperti warna hijau, pink, dan kuning. Umumnya Khanom Ping dikemas dalam toples kecil dan dihiasi dengan pita untuk diberikan sebagai hadiah pada tahun baru.

5. Keripik Kulit Salmon

Keripik Kulit Salmon (Copy)

* sumber: sethlui.com

Makanan ringan kulit ikan adalah salah satu makanan sehat yang bisa kamu bawa pulang dari Thailand. Kulit ikan salmon ini memiliki dua rasa yaitu original dan wasabi. Rasa wasabi adalah rasa yang sangat pedas.

Makanan ringan ini terbuat dari 100 persen kulit ikan salmon, sehingga rasa ikannya sangat nikmat karena terbuat dari ikan alami. Kemasannya terdiri dari dua warna yaitu warna kuning dan warna merah.

6. Keripik Durian

Keripik Durian (Copy)

Bagi kamu pecinta durian, jangan sampai melewatkan oleh-oleh makanan khas Thailand yang satu ini. Jika biasanya durian diolah menjadi es krim atau kue, kali ini durian diolah menjadi keripik dalam kemasan. Keripik ini terbuat dari durian yang belum matang dan dipotong tipis-tipis kemudian di goreng hingga renyah.

Bagi kamu yang tidak senang dengan aroma durian tapi penasaran dengan rasanya, keripik durian ini bisa menjadi solusinya. Rasa dan aromanya tidak terlalu kuat namun tetap mempertahankan aroma durian yang halus.

7. Kacang Koh-Kae

Kacang Koh-Kae (Copy)

Kacang Koh-Kae adalah makanan ringan kacang nomor satu di Thailand yang telah diproduksi sejak 30 tahun lalu. Kacang ini adalah kacang panggang dilapisi oleh ayam khas Koh-Kae yang lezat. Lapisan tersebut membuat rasanya renyah. Kamu bisa menemukan camilan kacang ini di setiap supermarket yang ada di Thailand.

Selain itu kacang ini juga diproduksi dengan rasa lainnya seperti kelapa, nori wasabi, udang, dan kopi. Dikemas dalam kaleng berukuran panjang untuk menjaga rasa dan kesegaran kacang yang bisa bertahan hingga dua minggu.

8. Camilan Bento Squid

Camilan Bento Squid (Copy)

Makanan ringan seafood lainnya adalah Bento Squid khas Thailand. Oleh-oleh makanan ini populer di Thailand yang terkenal dengan rasa pedasnya yang enak. Terbuat dari cumi kering yang bentuknya pipih memanjang sangat pas untuk dinikmati sebagai camilan di rumah.

Camilan cumi ini tersedia dalam 3 varian rasa yaitu thai spicy chillli food, sweet & spicy sauce, dan seasoned squid original. Bento squid ini berukuran 5 gram dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman-temanmu.

9. Keripik Serangga

Keripik Serangga (Copy)

Jika kamu ingin mencicipi oleh-oleh makanan yang berbeda di Thailand, kamu bisa membeli keripik serangga. Oleh-oleh Makanan ini menawarkan jangkrik dan ulat sutra dalam berbagai rasa meliputi rumput laut dan keju. Rasa ulat sutra yang renyah dengan perpaduan barbeque dan keju dapat membuat kamu memiliki sensasi makan yang berbeda.

Sedangkan jangkrik adalah salah satu serangga yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Thailand. Konsumsi serangga ini bukanlah hal baru. Keripik ini memiliki kemasan yang lucu dengan ikon gambar serangga dan juga warna bungkusnya yang menarik.

10. Keripik Kentang “Lays”

Keripik Kentang “Lays” (Copy)

Keripik kentang yang satu ini memang dapat mudah ditemukan di minimarket Indonesia. Tetapi keripik kentang Lays asal Thailand memiliki rasa yang bervariasi dan juga unik yang tidak bisa kita temukan di Indonesia. Seperti rasa wasabi Jepang yang halus dan tidak terlalu kuat. Selain itu ada rasa lobster hotplate beraroma udang yang kuat dengan sedikit rasa asin.

Bahkan keripik Lays Thailand memiliki rasa madu. Seain itu ada juga lays 2 in 1 yang memiliki rasa ayam bakar dan saus barbeque. Tidak hanya itu, terdapat keripik Lays lainnya yang bikin penasaran. Mau coba semua rasanya?

Jika kamu berada di Thailand, jangan lupa untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh makanan di atas ya! Kamu dapat menemukan oleh-oleh tersebut di supermarket Thailand dan tempat oleh-oleh khusus disana.

Apakah kamu sudah mencoba beberapa makanan ini? Jika kamu tahu mengenai oleh-oleh makanan khas Thailand lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar