10 Oleh-Oleh Purwokerto yang Banyak Dicari Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purwokerto, salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain memiliki beberapa tempat wisata seperti daerah Baturaden, Purwokerto juga memiliki makanan khas yang enak serta banyak juga oleh-oleh khas.

Sedikit berbeda dengan daerah lain yang biasanya memiliki banyak souvenir atau kain batik khas, Purwokerto didominasi dengan oleh-oleh berupa makanan. Dijuluki sebagai kota keripik, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh makanan jika berkunjung ke sana. Buat kamu yang sedang berlibur di Purwokerto, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Purwokerto berikut ini!

1. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe mendoan memang cukup mudah ditemukan dimana-mana. Tapi sebenarnya tempe mendoan adalah makanan khas Purwokerto. Makanan ini juga menjadi salah satau oleh-oleh favorit yang diburu para wisatawan.

Tempe mendoan berbentuk lebar dan tipis yang dilapisi dengan tepung. Digoreng setengah matang serta berwarna kekuningan. Tekstur tempenya yang lembek dan lembut menjadikan tempe mendoan disukai banyak orang.

Adonan tepung mendoan juga dicampur dengan daun bawang sehingga membuat aromanya enak. Biasanya tempe mendoan dicocol dengan kecap yang dicampur cabai. Atau bisa juga dinikmati dengan nasi. Kamu juga bisa membawa tempe mendoan mentah sebagai oleh-oleh untuk di rumah.

2. Getuk Goreng

Getuk Goreng

Daerah Jawa Tengah memang khas dengan makanan yang manis-manis, termasuk getuk goreng. Oleh-oleh khas Purwokerto ini terbuat dari singkong yang dicampur gula Jawa dan parutan kelapa. Sehingga berwarna kecokelatan dan rasanya manis. Teksturnya empuk dan paling nikmat disantap selagi hangat.

Getuk goreng juga tersedia dalam berbagai varian mulai dari nangka, nanas, durian, dan lain-lain. Supaya mudah dibawa sebagai oleh-oleh biasanya getuk goreng dikemas dengan wadah bambu kotak. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan getuk goreng di sepanjang jalan kecamatan Sokaraja, kota Purwokerto.

3. Cenil

Cenil

Bentuknya yang mungil, berwarna-warni dan kenyal ini memang biasanya mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Tetapi cenil khas Purwokerto memiliki cita rasa sendiri lho! Makanan ini terbuat dari tepung tapioka, singkong, gula merah, daun pandan, dan parutan kelapa.

Rasa cenil yang manis sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai camilan di rumah nih. Biasanya cenil dicocol ke dalam saus gula merah yang akan membuat rasanya lebih nikmat.

4. Nopia

Nopia

Sekilas, makanan ini memiliki bentuk dan nama yang mirip dengan bakpia Jogja. Tetapi nopia memiliki tekstur yang lebih padat dibanding bakpia. Bentuknya yang bulat cenderung lonjong dan berwarna putih biasanya dilengkapi dengan isian gula Jawa.

Nopia ini diproses dengan cara dipanggang menggunakan oven tradisional. Sehingga menimbulkan rasa yang khas dan nikmat. Kini, nopia tersedia dalam varian rasa mulai dari cokelat, durian, pandan, stroberi, dan lainnya.

Biasanya nopia yang dijual dengan kemasan dalam satu bungkus plastik. Sehingga makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dari Purwokerto.

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Disebut sebagai kota keripik, tidak lengkap rasanya jika tidak ada makanan yang dibuat menjadi keripik. Nah salah satu oleh-oleh khas Purwokerto adalah keripik tempe. Sesuai dengan namanya, keripik tempe ini terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris sangat tipis dan dilapisi tepung.

Teksturnya yang renyah dan gurih memang paling cocok dijadikan sebagai camilan. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh yang satu ini, kamu tidak akan sulit menemukannya. Keripik tempe tersedia di tempat oleh-oleh yang ada di Purwokerto. Selain itu keripik tempe juga termasuk makanan yang tahan lama.

6. Dage

Dage

Dage adalah jenis gorengan khas Purwokerto. Dage terbuat dari campuran tempe dan ampas kelapa yang sudah difermentasi. Warnanya cokelat bercampur keabuan karena efek fermentasi dari makanan ini. Rasanya manis dan gurih, sehingga sangat nikmat dijadikan camilan untuk di perjalanan pulang dari Purwokerto.

Biasanya dage dikemas dalam bungkus plastik sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi penasaran kan dengan gorengan yang difermentasi ini?

7. Cokelat Kayu Manis Inyong

Cokelat Kayu Manis Inyong

Purwokerto juga punya cokelat khas yang banyak dicari pemburu oleh-oleh lho! Cokelat inyong namanya. Cokelat ini memiliki rasa kayu manis yang sangat khas. Cokelat ini berbentuk batangan kotak yang dibungkus dengan logo wayang khas Jawa.

Selain rasa kayu manis, cokelat ini juga memiliki rasa kacang mete dan kacang tanah. Cokelat ini juga bisa dijadikan sebagai hadiah Valentine jika kamu sedang berkunjung ke Purwokerto.

8. Jenang Jaket

Jenang Jaket

Walaupun nama belakangnya jaket, tapi ini bukanlah jenis pakaian. Melainkan jenis makanan yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, kembang kelapa, pandan, santan kelapa, dan wijen. Nama jaket diambil dari jenang ketan asli. Makanan ini dibuat dengan proses yang cukup lama. Sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat enak.

Rasanya manis namun tidak bikin enek. Tekturnya kenyal dan memiliki warna cokelat karena kandungan gula jawa. Selain sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari Purwokerto, jenang jaket juga biasanya disajikan untuk acara-acara spesial.

9. Lumpia Boom

Lumpia Boom

Purwokerto juga memiliki lumpia khas sendiri, yaitu lumpia boom. Hal yang membuat lumpia ini unik adalah bentuknya yang jumbo dan memiliki isi yang banyak. Lumpia boom juga memiliki varian isi yang beragam. Mulai dari sayuran, telur, daging sapi, ayam, jamur, cumi, bakso, sosis, hingga keju.

Berbeda dengan daerah lain yang biasanya menjadikan lumpia sebagai camilan, lumpia boom ini biasanya disajikan dengan nasi, kremesan, lalapan, dan juga sambal. Teksturnya yang gurih dan renyah bisa bikin kamu ketagihan.

10. Klanting

Klanting

Camilan yang berbentuk bulat dengan lubang dibagian tengahnya ini adalah klanting. Klanting memiliki bentuk seperti cincin yang terbuat dari singkong. Teksturnya yang cukup keras namun gurih ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Biasanya klanting memiliki warna putih, namun ada juga yang berwarna pink dan oranye. Paling enak menikmati klanting bersama keluarga di rumah nih.

11. Kaos Khas Purwokerto

Kaos Khas Purwokerto

Selain makanan, Purwokerto juga memiliki kaos khas sendiri. Kaos yang satu ini disebut sebagai kaos inyong. Jika kamu berkunjung ke suatu daerah tapi tidak memiliki kaos atau kain khasnya, rasanya kurang lengkap deh.

Kaos ini terbuat dari katun yang lembut dan nyaman dipakai. Jika kamu tertarik untuk membeli kaos ini, kamu bisa mengunjungi rumah warga yang memproduksi kaos khas Purwokerto ini. Biasnya kaos ini diproduksi dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan lainnya.

Purwokerto memang dikenal sebagai daerah yang banyak memiliki makanan khas. Tidak heran jika oleh-olehnya pun didominasi dengan beragam makanan yang enak. Mulai dari makanan manis hingga makanan gurih, kamu wajib mencicipinya jika berkunjung ke Purwokerto.

Apakah kamu salah satu orang yang berasal dari Purwokerto atau pernah berkunjung ke kota tersebut? Jika kamu tahu oleh-oleh khas Purwokerto lainnya silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *