10 Rekomendasi Oleh-Oleh yang Wajib Dibeli di Semarang

Ditulis oleh Linda

Siapa di sini yang setuju bahwa Semarang adalah surganya kuliner? Di kota ini kamu bisa menemukan berbagai makanan lezat yang menggugah selera. Selain makanan berat, ternyata Semarang juga memiliki banyak makanan yang bisa dijadikan buah tangan, lho.

Kalau kamu sedang melipir ke Semarang, jangan lupa untuk membungkus beberapa makanan atau barang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Apabila kamu masih belum memiliki ide untuk membeli oleh-oleh khas Semarang, simak rekomendasi dari Keluyuran berikut ini, yuk!

1. Lumpia

* sumber: akhsadew.blogspot.com

Lumpia adalah jajanan khas Kota Semarang. Kalau sudah berada di Semarang rasanya tidak afdol kalau kita tidak mencoba lumpia. Makanan peranakan Asia ini memang sudah lama dikembangkan di Semarang. Bahkan, penjual lumpia di Semarang tidak hanya satu dua tempat saja, melainkan ada puluhan.

Lumpia sendiri merupakan campuran udang, ayam, wortel, dan rebung (bonggol bambu muda) yang dibungkus dengan kulit khusus. Makanan ini bisa digoreng atau disajikan dalam keadaan basah. Biar rasanya makin mantap, kamu bisa menambahkan saus tauco saat menyantapnya.

Lumpia paling favorit di Semarang adalah Lumpia Gang Lombok, berikut adalah keterangan tempatnya:

  • Lumpia Gang Lombok: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah
  • Telepon: 0816-4881-194
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 17:00
  • Harga: Sekitar Rp 15.000/buah

2. Bandeng Presto

* sumber: www.agenkuliner.com

Masih bingung menentukan buah tangan yang akan dibawa pulang dari Semarang? Beli saja bandeng presto karena makanan ini juga merupakan kuliner khas Kota Semarang. Jika biasanya kamu malas menyantap ikan bandeng karena durinya terlalu banyak, kamu tak perlu merisaukan hal ini kala menyantap bandeng presto. Tulang dan duri bandeng presto sudah lunak dan bisa dimakan.

Bandeng presto adalah oleh-oleh yang tahan hingga berhari-hari karena umumnya dikemas secara vacuum. Di Semarang, ada banyak toko oleh-oleh yang menjual bandeng presto. Akan tetapi, bandeng presto yang paling terkenal adalah Juwana. Berikut adalah keterangan tempat di mana kamu bisa membelinya:

  • Bandeng Juwana Elrina – Padanaran: Jl. Pandanaran No. 57, Semarang
  • Telepon: (024) 8311488 / 0811-277-575 (SMS/WA)
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 23:00
  • Harga: Mulai Rp 107.000 – Rp 163.000 (tergantung ukuran).

3. Wingko Babat

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Bila tidak ingin membeli oleh-oleh berupa makanan berat, Semarang juga punya kudapan yang lezat untuk dijadikan buah tangan, namanya wingko babat. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan dan kelapa. Adonan dibakar hingga padat dan berwarna cokelat kehitaman, lalu dikemas.

Rasa wingko babat begitu gurih dan tidak terlalu manis. Kini, sudah banyak varian rasa yang dihadirkan oleh para penjual wingko babat, mulai dari nangka, durian, dan cokelat. Kudapan ini banyak dijual di tokoh oleh-oleh. Namun, salah satu tempat membeli wingko babat paling terkenal adalah:

  • Wingko Babad Cap Kereta Api: Jl. Cendrawasih No.14, Purwodinatan, Semarang
  • Telepon: (024) 3542064
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul: 07:00 – 18:30
  • Harga: Mulai Rp 2.000 – Rp 3.000/buah

4. Tahu Baxo Ibu Pudji

* sumber: www.befren.com

Oleh-oleh lain dari Semarang yang wajib kamu beli adalah tahu bakso. Ini merupakan kombinasi antara tahu goreng dan bakso daging sapi yang lezat. Menariknya, tahu bakso ini bisa dijadikan cemilan atau lauk untuk disantap bersama nasi putih.

Makanan yang memiliki nama beken “tahu baxo” ini sejatinya juga banyak dijual di Semarang. Namun, merk tahu baxo yang menjadi favorit para wisatawan adalah Tahu Baxo Ibu Pudji. Kunjungi alamat berikut jika kamu ingin membeli tahu baxo:


  • Tahu Baxo Pibu Pudji: Salamanmloyo, Jl. Pamularsih Raya No.15, Bongsari, Semarang
  • Telepon: 0822-4247-5758
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 21:00
  • Harga: Sekitar Rp 4.000/biji

5. Kaos Costa Brava van Java

Selain makanan, Semarang juga menyediakan oleh-oleh berupa kaos ikonik. Ya, kaos-kaos koleksi Costa Brava van Java biasanya disablon dengan gambar-gambar yang mengingatkan kita pada Kota Semarang, seperti bangunan Lawang Sewu atau Tugu Muda.

Memberi oleh-oleh berupa kaos tentu saja lebih tahan lama ketimbang kamu membeli makanan. Apalagi desain kaos dari Costa Brava van Java ini terbilang kekinian, lho. Yuk, langsung saja datang ke alamat ini untuk membeli kaos oleh-oleh dari Semarang:

  • Costa Brava van Java: Jl. Tlogosari III No. 32, Tembalang, Semarang
  • Harga: Sekitar Rp 95.000/pcs

Kamu juga bisa membelinya secara online jika kamu kesulitan untuk menemukan tempat penjualan offline-nya.

6. Moaci Wijen

* sumber: www.1001malam.com

Moaci atau mochi adalah jajanan kenyal yang rasanya sangat legit. Makanan ini memiliki tampilan yang mirip dengan onde-onde karena bagian luarnya dibalut dengan wijen. Namun, jika onde-onde terbuat dari kacang hijau, moaci ini bagian dalamnya merupakan kombinasi antara tepung ketan, kacang cincang, dan gula.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram