keluyuran web banner

Yuk, Berwisata ke 10 Padang Rumput di Indonesia Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 13 April 2020

Pariwisata di Indonesia tidak ada habisnya untuk di-explore. Pantai, gunung, laut, bukit, air terjun, hingga padang rumput bisa kamu kunjungi di sini. Tak heran, banyak turis mancanegara yang suka menjelajah alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Banyaknya gunung di Indonesia, membuat negara ini kaya akan padang rumput yang cantik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 10 padang rumput cantik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi bersama teman, sahabat, ataupun keluarga.

10 Padang Rumput di Indonesia yang Memesona

1. Padang Sabana di Gunung Bromo

Padang Savanna Gunung Bromo

* sumber: www.flickr.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Padang Sabana yang satu ini. Salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi di daerah Jawa Timur, Gunung Bromo memiliki pesona Padang Sabana yang berwarna hijau ketika musim hujan, dan menguning di kala musim kemarau tiba. Gunung Bromo selalu memiliki alasan untuk dikunjungi.

Berada di empat kabupaten, Gunung Bromo bisa diakses melalui Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan. Berkunjung ke Bromo, kamu perlu menyewa Jeep yang akan mengantar kamu sampai di kaki Gunung Bromo. Kemudian mengeksplor kawasan Bromo hingga Padang Sabana bisa dilakukan dengan berjalan kaki, atau menunggangi kuda yang bisa kamu sewa di sana.

2. Sabana Bukit Teletubbies di Puncak Gunung Prau

Savanna Bukit Teletubbies

* sumber: www.kaskus.co.id

Gunung Prau adalah gunung yang berada di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 2565 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Prau memiliki puncak yang luas berbentuk perbukitan rendah yang indah dipandang mata. Sekilas, puncak Gunung Prau ini seperti Bukit Teletubbies, terlebih jika kamu mengunjungi setelah musim hujan, sebelum memasuki kemarau.

Kamu bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing dari Puncak Gunung Prau. Puncaknya yang luas sangat memungkinkan kamu untuk bermalam di sana. Langit dengan kerlip bintang pada malam hari, akan menambah keindahan malammu. Paginya, kamu akan disuguhkan cantiknya matahari terbit di tempat yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise.

3. Taman Nasional Baluran, Afrika-nya Indonesia

Yuk, Berwisata ke 10 Padang Rumput di Indonesia Ini! 1

* sumber: www.idntimes.com

Jika kamu pernah menonton film dan melihat padang rumput kering yang luas di Afrika, kini kamu bisa berkunjung langsung ke padang rumput yang mirip seperti di Afrika sana. Taman Nasional Baluran, disebut sebagai Afrika-nya Indonesia, karena memiliki padang rumput yang sangat luas dan dihidupi oleh rusa, monyet, dan binatang liar lainnya.

Taman Nasional Baluran berada di perbatasan Situbondo - Banyuwangi yang akan kamu lewati jika menggunakan kendaraan pribadi atau bus dari Surabaya menuju Banyuwangi. Masih dalam satu kawasan, Baluran memiliki pantai indah yang disebut Pantai Bama. Jadi, setelah puas berkeliling Baluran, kamu bisa bersantai di Pantai Bama sambil menikmati deburan ombak yang menenangkan.

4. Sabana Cikasur, Gunung Argopuro

Sabana Cikasur, Gunung Argopuro

* sumber: tigatitik.wordpress.com

Gunung dengan jalur terpanjang se-Pulau Jawa ini memiliki padang rumput yang luas dan cantik sekali. Sabana Cikasur yang terletak di Gunung Argopuro selalu menjadi primadona bagi para pendaki. Di sini, kamu bisa bermalam dengan memasang tenda di area dekat Sabana Cikasur. Lalu pagi harinya, padang rumput ini akan semakin cantik dengan disinari pancaran matahari terbit.

Umumnya, pendaki melakukan perjalanan dengan melewati jalur Baderan - Bremi. Maka dari itu, pendaki memerlukan waktu 5 hari 4 malam untuk mendaki Gunung Argopuro. Hal tersebut pula yang menjadi alasan Gunung Argopuro merupakan gunung dengan jalur terpanjang di Pulau Jawa, mengalahkan Gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

5. Taman Nasional Alas Purwo, Surga di Banyuwangi

Yuk, Berwisata ke 10 Padang Rumput di Indonesia Ini! 2

* sumber: www.merdeka.com

Tidak hanya Kawah Ijen, Banyuwangi memiliki padang rumput luas yang terbentuk akibat kerusakan hutan yang kemudian menjadi sebuah sabana yang cantik di Taman Nasional Alas Purwo, tepatnya di Jalan Brawijaya No.20, Kebalenan, Banyuwangi.

Tempat yang dipercaya sebagai tanah tertua yang ada di Pulau Jawa, Alas Purwo dikenal orang sebagai “Hutan Angker” yang menyebabkan tempat ini cukup jarang dikunjungi wisatawan.

Taman Nasional Alas Purwo memiliki beragam destinasi yang bisa dikunjungi. Padang Sabana, Goa Astana, Goa Mayangkoro, Goa Padepokan, hingga Pantai Tak Bernama yang akan menemani hari libur kamu. Suasana yang masih asri, kamu bisa menikmati keindahan alam dan kesunyian di Banyuwangi.

6. Merbabu, Gunung dengan Luasnya Sabana

Merbabu

Boleh dibilang, Gunung Merbabu adalah gunung yang memiliki padang rumput yang indah di sepanjang jalur pendakian. Tak heran, jalur menuju puncak, disebut sebagai Sabana 1, Sabana 2, dan Sabana 3, karena banyaknya sabana yang bisa kamu temui di sana. Lelahnya mendaki, akan terbayar dengan keindahan sabana di Gunung Merbabu.

Berlokasi di antara 4 kabupaten, yaitu Magelang, Salatiga, Semarang, dan Boyolali, kamu akan dengan mudah mengakses jalur pendakian gunung ini. Pemandangan Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing bisa kamu lihat dari puncak Gunung Merbabu. Jika kamu pendaki gunung, jangan lewatkan keindahan gunung dengan sabana yang cantik di Jawa Tengah ini.

7. Sembalun, Sabana Terbaik di Gunung Rinjani

Sembalun

* sumber: wonderfulisland.id

Gunung tertinggi ketiga di Indonesia, Gunung Rinjani memiliki 3 jalur pendakian resmi, di antaranya; Senaru, Sembalun, dan Torean. Jalur Sembalun yang merupakan pintu pendakian menuju Puncak Rinjani dari arah timur ini memiliki sabana yang membentang dari 0 km sampai mendekati pos 3 atau kurang lebih berjarak 6 km.

Disebut sebagai salah satu pemandangan sabana terbaik di Indonesia, kamu perlu mencoba jalur ini jika hendak mendaki Gunung Rinjani. Namun, saat ini jalur Senaru, Sembalun, dan Torean masih ditutup akibat gempa yang terjadi di Lombok, pertengahan tahun 2018 lalu. Meski begitu, kamu tetap bisa mendaki sampai batas aman melalui jalur baru, yaitu Jalur Aik Berik.

8. Hamparan Padang Rumput di Kawah Wurung Bondowoso

Yuk, Berwisata ke 10 Padang Rumput di Indonesia Ini! 3

* sumber: uniknegeriku.blogspot.com

Jawa Timur selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. Bondowoso, tepatnya di Margahayu, Kalianyar, Sempol, ini memiliki padang rumput yang indah dan masih jarang diketahui oleh wisatawan ini bisa menjadi tujuan traveling-mu berikutnya bersama pasangan, keluarga, maupun sahabat.

Kawah Wurung, sabana dengan hamparan padang rumput yang luas. Memiliki bukit dengan kubangan yang mirip dengan kaldera berbentuk seperti cincin, yang dinamakan Bukit Cincin. Tempat ini bisa kamu kunjungi setelah turun dari Kawah Ijen, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh, memungkinkan kamu untuk mengunjungi kedua tempat ini.

9. Pulau Kenawa, Sabana dengan Bukit Menjulang

Pulau Kenawa

* sumber: sportourism.id

Jika di Flores ada Pulau Kanawa yang memiliki daya tarik pemandangan bawah laut, di Sumbawa, NTB ada Pulau Kenawa yang memiliki sabana di tengah laut. Pulau kecil ini, berisi padang rumput yang hijau ketika musim hujan, dan kecoklatan ketika musim kemarau, juga terdapat bukit yang menjulang.

Kamu bisa menikmati keindahan Pulau Kenawa dengan berkemah di sabana, dan pada waktu sunrise, naik ke bukit Pulau Kenawa untuk melihat keseluruhan pemandangan dari atas bukit. Kamu bisa melihat birunya lautan, dan sabana yang terbentang.

10. Sabana Sumba Timur

Sabana Sumba Timur

* sumber: phinemo.com

Tidak hanya terkenal dengan Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan alam yang tak kalah dengan pulau provinsi lainnya. Terletak di selatan Pulau Flores, Sumba yang berlokasi di Mondu, Kanatang ini menyimpan keindahan yang tidak ada duanya.

Sabana Sumba Timur merupakan salah satu sabana yang terluas di Indonesia. Sejauh mata memandang, kamu hanya dapat melihat rerumputan yang menguning pada musim kemarau. Di sini kamu juga bisa melihat gagahnya kuda liar Sumba yang menambah kecantikan dan kealamian sabana ini.

Itulah keindahan padang rumput yang ada di Indonesia. Semuanya bisa kamu kunjungi sebagai alternatif berwisata bersama teman atau keluarga, meskipun beberapa aksesnya masih sulit dijangkau. Jadi, tahun ini kamu mau berwisata ke padang rumput mana? Atau mau camping bersama keluarga? Kalau begitu, temukan rekomendasi tempatnya di 10 Tempat Camping Keluarga ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram