Pakaian yang Perlu Dibawa Untuk Liburan Musim Dingin di Jepang

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 18 September 2020

Untuk yang terbiasa tinggal di daerah tropis yang hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, berlibur ke negara yang memiliki empat musim biasanya menjadi list salah satu tujuan untuk berlibur ke negara tersebut. Apalagi jika berlibur ketika musim dingin untuk melihat salju merupakan impian para wisatawan.

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki empat musim dan termasuk negara yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Musim dingin pun menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk berlibur dan menikmati salju.

Meskipun cuacanya sangat dingin, tapi para wisatawan tetap banyak yang berkunjung ke Jepang. Tidak hanya bisa menikmati indahnya salju, tapi banyak festival musim dingin di Jepang juga yang biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk melihat ada festival apa saja di Jepang kamu bisa cek 10 Festival musim dingin di Jepang yang tak boleh dilewatkan.

Kota Sapporo yang ada di pulau Hokkaido, Jepang merupakan salah satu kota yang terkenal akan keindahan saljunya. Sehingga banyak wisatawan yang datang berlibur ke sana saat musim dingin. Tidak hanya itu, di Sapporo juga merupakan salah satu kota yang terkenal dengan festival musim dinginnya.

Biasanya musim dingin di Jepang terjadi pada bulan Desember sampai Februari dengan suhu rata-rata di Hokkaido berkisar 3° C sampai dengan -11° C. Sedangkan untuk daerah Tokyo biasanya suhu berkisar 12° C sampai dengan 0° C.

Untuk kamu yang berencana melakukan liburan ke Jepang saat musim dingin jangan sampai salah kostum ya. Apalagi suhunya akan sangat jauh berbeda dari Indonesia yang merupakan negara tropis ini. Berikut ini pakaian yang harus kamu bawa ketika akan berlibur ketika musim dingin di Jepang.

Pakaian Musim Dingin di Jepang

Suhu pada awal musim dingin pada bulan Desember biasanya berkisar 10° C bahkan bisa minus. Tentunya untuk kita yang terbiasa dengan suhu yang terbilang hangat karena berada di negara tropis, menggunakan pakaian berlapis adalah kunci ketika akan berlibur saat musim dingin. Berikut ini beberapa pakaian yang bisa kamu bawa ketika akan berlibur ke Jepang pada musim dingin.

1. Heattech

Heattech

Heattech merupakan baju dalam setelan yang bisa menghangatkan tubuh dari dinginnya suhu di musim dingin. Banyak orang Jepang yang menggunakan Heattech, meskipun bahannya tidak terlalu tebal tapi dapat menghangatkan tubuh lho. Di Indonesia sendiri Heattech dapat dibeli di Uniqlo atau di marketplace lainnya.

2. Kaos

Kaos

Setelah menggunakan pakain lapisan dalam seperti heattech, kamu juga bisa mengenakan kaos dengan bahan yang lembut. Disarankan menggunakan kaos yang bertangan panjang ya, supaya bisa menghangatkan hingga pergelangan tangan. Gunakanlah kaos yang nyaman dan tidak cepat lembap.

3. Sweater

Sweater

Setelah kaus, kamu juga bisa mengenakan sweater untuk mendapatkan kehangatan yang ekstra. Sweater yang berbahan rajut ini umum digunakan sebagai pakaian lapisan lanjutan setelah mengenakan kaos. Kamu bisa mengenakan sweater yang cukup tebal agar tubuhmu tetap hangat.

4. Celana Panjang

Celana Panjang

Bukan hanya pakaian bagian atas yang perlu diperhatikan, tapi juga bagian bawah seperti celana. Gunakanlah celana panjang yang nyaman dan tetap memberikan keleluasaan ketika kamu beraktivitas saat berlibur musim dingin. Gunakan juga lapisan dasar seperti heattech atau celana legging agar kamu tetap hangat.

5. Rok Panjang

Untuk wanita muslim atau kamu yang feminim dan lebih senang menggunakan rok, kamu bisa mengenakan rok panjang untuk melindungi kaki dari suhu dingin. Jangan lupa pakai rok yang nyaman dan memudahkan kamu saat beraktivitas di musim dingin juga pakai lapisan dasar agar semakin hangat.

Pakaian Luar Musim Dingin di Jepang

Memasuki pertengahan musim dingin, tentunya suhu akan semakin dingin. Biasanya suhu mulai mencapai puncaknya pada bulan Januari dengan suhu bisa minus -11° C. Untuk melindungimu dari dinginnya suhu musim dingin, berikut ini pakaian luar yang dapat kamu bawa :

1. Down Jacket

Down Jacket

Down Jacket merupakan jaket yang umum digunakan ketika musim dingin tiba, terutama di bagian utara Jepang seperti Hokkaido. Down jacket ini biasanya terbuat dari bulu angsa yang cukup tebal sehingga bisa menghangatkan tubuhmu ketika musim dingin. Biasanya juga sudah banyak down jacket yang bisa menutupi hingga kepala.

2. Mantel atau Coat

Mantel atau Coat

Pakaian luar yang selanjutnya adalah mantel atau coat. Mantel biasanya ada yang berbahan tebal ada juga yang tidak terlalu tebal. Dengan panjang ada yang hingga hampir menutupi kaki. Kamu bisa menggunakan mantel berbahan bulu angsa atau wol jika suhu sedang sangat dingin.

Alas Kaki Saat Musim Dingin di Jepang

Tentunya selain pakaian, alas kaki pun penting untuk melindungimu dari dinginnya suhu musim dingin. Berikut ini  alas kaki yang harus kamu bawa ketika berlibur pada saat musim dingin di Jepang :

1. Kaus Kaki

Kaus Kaki

Lapisan dasar untuk melindungi kakimu adalah kaos kaki. Kenakan kaos kaki khusus musim dingin yang tebal dan juga memiliki sirkulasi yang baik, agar kaki tidak lembap tapi tetap kering dan juga hangat.

2. Boots

Boots

Setelah kaus kaki, sepatu adalah alas kaki selanjutnya yang harus dipakai. Kamu bisa menggunakan sepatu boots untuk menemani liburanmu di musim dingin Jepang. Kamu bisa memilih ankel boots atau yang lebih tinggi.

Pilihlah sepatu boot yang anti slip, cukup tebal dan anti air. Untuk bahannya kamu bisa memilih yang berbahan polyester atau bulu angsa. Dan yang terpenting gunakan sepatu yang nyaman dikenakan untuk beraktifitas.

Aksesoris Pakaian Saat Musim Dingin di Jepang

Selain pakaian, pakaian luar dan alas kaki ada juga aksesoris yang dapat kamu bawa ketika berlibur pada saat musim dingin di Jepang. Berikut ini beberapa aksesoris pakaian yang dapat kamu bawa :

1. Topi Kupluk

Topi Kupluk

Jika kamu datang berlibur pada penghujung musim Dingin, kamu bisa pakai topi kupluk ini untuk menghangatkan bagian kepala juga telingamu. Biasanya topi kupluk ini terbuat dari rajutan wol dan ada berbagai macam jenis yang dapat kamu pilih.

2. Syal

Syal

Selain kepala, bagian leher juga tentunya perlu dilindungi dari dinginnya musim dingin. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan syal. Kamu bisa mengenakan syal atau selendang dengan bahan yang cukup tebal seperti bahan dari wol.

3. Sarung Tangan

Sarung Tangan

Sarung tangan akan kamu butuhkan agar tangan tetap hangat ketika kamu berlibur di Jepang pada saat musim dingin. Gunakan sarung tangan yang cukup tebal dan kalau bisa menggunakan sarung tangan khusus musim dingin juga yang tetap memudahkanmu mengoperasikan smartphone agar tidak harus lepas pasang sarung tangan.

4. Penutup Telinga

Penutup Telinga

Telinga merupakan bagian tubuh yang cukup sensitif dengan suhu yang ekstrim. Maka dari itu kamu bisa menyiapkan penutup telinga. Pilihlah penutup telinga yang berbahan cukup tebal agar telingamu tetap terasa hangat.

Nah, itulah beberapa pakaian dan juga aksesorisnya yang harus kamu bawa ketika akan berlibur di Jepang pada saat musim dingin. Agar kamu tetap merasa hangat ketika berlibur disana, minimal kamu memakai tiga lapis pakaian dan pakailah pakaian yang nyaman agar tetap memudahkanmu beraktifitas.

Bahan pakaian yang nyaman, lembut dan cukup tebal sangat disarankan digunakan agar melindungi kulitmu dari suhu yang sangat dingin. Selain itu gunakan bahan yang tidak mudah bau, juga lembab agar acara liburanmu tidak terganggu.

Kamu bisa cek tempat wisata saat musim dingin di Jepang untuk menambah list tempat yang akan kamu kunjungi di Jepang di: 10 Tempat Wisata Musim Dingin di Jepang yang Menyenangkan. Atau kamu juga bisa mengecek tempat wisata musim dingin lainnya di: 10 Tempat Wisata Bersalju untuk Liburan Musim Dingin.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram