Pakaian yang Perlu Dibawa untuk Liburan Musim Gugur di Jepang

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 16 Februari 2021

Momoji merupakan sebutan untuk daun yang berubah menjadi kuning kemerahan di Jepang. Tidak hanya cantiknya pemandangan dari khasnya momiji, cuaca pada saat musim gugur pun masih cukup bersahabat untuk kita yang terbiasa dengan cuaca tropis di Indonesia.

Biasanya langit akan tampak cerah, namun terkadang masih turun hujan bahkan badai pada awal-awal musim gugur tiba. Musim gugur di Jepang biasanya terjadi pada bulan September – November. Untuk kamu yang mau melihat indahnya Momiji ini ada baiknya datang pada bulan Oktober – November.

Meskipun cuacanya cukup bersahabat tapi cuaca pada saat musim gugur cukup sulit ditebak. Maka butuh persiapan pakaian yang ekstra ketika berlibur pada saat musim gugur di Jepang agar tidak salah kostum. Berikut ini beberapa pakaian yang perlu kamu bawa ketika berlibur pada musim gugur di Jepang.

Pakaian Musim Gugur di Jepang

Memasuki awal musim gugur di bulan September cuaca di Jepang akan masih terasa cukup panas , namun biasanya pada malam hari mulai terasa sejuk. Berikut pakaian yang bisa kamu bawa ketika akan berlibur pada awal musim gugur di Jepang:

1. Kaos

Kaos

Pada awal musim gugur cuaca masih akan terasa panas khususnya pada siang hari. Kamu bisa mengenakan kaos lengan pendek atau kaos lengan panjang yang agak tipis agar kamu tetap merasa adem.

Jika suhu mulai mendingin pada pertengahan atau penghujung musim gugur, kamu bisa mengenakan cardigan atau jaket yang tidak terlalu tebal untuk menghangatkan tubuhmu.

2. Sweater

Sweater

Setelah memakai kaos, kamu bisa mengenakan sweater yang tidak terlalu tebal. Tapi jika kamu adalah tipe orang yang mudah kedinginan, kamu bisa menggunakan sweater yang agak tebal.

Sweater bisa kamu lepas ketika suhu pada siang hari dirasa cukup hangat dan bisa kamu pakai kembali ketika suhu mulai semakin sejuk atau bahkan dingin dikarenakan angin yang berhembus cukup kencang.

3. Celana Panjang

Celana Panjang

Karena pada masa peralihan musim panas ke musim gugur biasanya terjadi curah hujan dari intensitas ringan hingga terjadi hujan badai, celana panjang merupakan salah satu pilihan untuk dibawa.

Pilihlah celana panjang yang nyaman dan mudah kering agar bisa tetap bergerak aktif. Celana panjang juga bisa berfungsi untuk melindungi kaki dari terpaan angin yang cukup kencang agar tetap terasa hangat.

4. Rok Panjang

Rok Panjang

Selain celana panjang, jika kamu adalah tipe wanita feminim kamu bisa mengenakan rok panjang untuk melindungi kaki dari terpaan angin musim gugur agar tetap terasa hangat. Pilihlah rok yang bisa tetap membuatmu bergerak dengan leluasa dan juga tetap terasa nyaman saat dipakai.

Selain kenyamanan rok yang kamu pakai, kamu juga bisa memilih rok motif seperti bunga, kotak-kotak dengan latar warna yang netral dan cenderung gelap seperti coklat, merah tua, navy dan lain sebagainya.

5. One-piece

One-piece

Jika kamu tipe wanita feminism dan sedang malas untuk mix and match pakaian, atau kamu sedang terburu-buru kamu bisa mengenakan baju one-piece untuk menikmati musim gugur di Jepang.

Kamu bisa mengenakan model baju one-pice maxi atau A line, baju one piece model tersebut cocok dipadu-padankan dengan bermacam gaya sesuai yang kamu sukai. Jangan lupa juga untuk mengenakan legging yang cukup tebal agar kaki tetap terasa hangat.

 Pakaian Luar Musim Gugur di Jepang

Semakin mendekati musim dingin sekitar bulan Oktober – November, suhu di musim gugur pun semakin mendingin. Maka kunci untuk tetap menghangatkan tubuhmu adalah dengan mengenakan pakaian berlapis. Berikut pakaian luar yang dapat menghangatkan tubuhmu yang dapat kamu bawa.

1. Cardigan

Cardigan

Suhu pada musim gugur, semakin lama akan terasa semakin dingin. Untuk mensiasati agar tidak kedinginan, kamu bisa mengenakan cardigan. Ketika dirasa cuaca pada siang hari terasa agak panas, kamu bisa melepaskan cardigan yang dipakai.

Agar isi koper tidak terlalu penuh, kamu bisa memakai cardigan dengan bahan yang cukup ringan atau tidak terlalu tebal tapi masih bisa menghangatkan tubuh ketika suhu mulai mendingin.

2. Jaket Bomber

Jaket Bomber

Jaket bomber atau dikenal juga dengan flight jacket, karena awalnya digunakan oleh para pilot. Jaket bomber juga identik dipakai oleh para penyanyi atau musisi hip hop. Ciri khasnya adalah berbahan parasut, berbentuk gemuk, memiliki resleting dan juga kantung di kedua sisi jaketnya.

Walaupun sering dipakai oleh laki-laki, tapi jaket bomber kini bisa juga dipakai oleh wanita karena semakin banyaknya model yang bermunculan. Jaket bomber bisa kamu pakai untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya angin musim gugur.

3. Jaket Parka

Jaket Parka

Jaket parka umumnya tahan air, memiliki hoodie, kadang ada drawstring dibagian pinggang. Jaket yang sangat nyaman digunakan dan yang pasti dapat melindungi tubuh dari terpaan angin musim gugur.

Meskipun jaket ini identik dipakai oleh laki-laki, tapi sekarang sudah semakin banyak model jaket parka yang bisa juga dipakai oleh wanita lho. Selain dari segi model jaketnya, warnanya pun semakin banyak pilihan.

4. Coat

Coat

Mantel biasanya berbahan ringan, cukup tebal, hingga tebal. Ada juga mantel yang panjangnya bisa sampai dengan lutut bahkan bisa menutupi seluruh tubuh. Ketika musim gugur, kamu bisa mengenakan mantel yang bahannya tidak terlalu tebal.

Tapi jika kamu tipe yang mudah kedinginan, kamu bisa memilih mantel yang bahannya cukup tebal. Kamu juga bisa memilih mantel seperti trench coat atau overcoat untuk menemani liburan musim gugur.

Alas Kaki Saat Musim Gugur di Jepang

Selain pakaian luar, alas kaki pun perlu kamu perhatikan ketika akan berlibur di Jepang pada saat musim gugur. Pasalnya cuacanya cukup sulit ditebak, karena sesekali masih terjadi hujan pada saat musim gugur di Jepang. Untuk menemani liburanmu di Jepang pada saat musim gugur kamu dapat memakai beberapa jenis sepatu seperti dibawah ini.

1. Sneaker

Sneaker

Jika kamu berlibur ke daerah perkotaan di Jepang atau saat awal-awal musim gugur dengan cuaca yang masih hangat, kamu bisa mengenakan sneaker untuk menemani hari-harimu. Karena sepatu sneaker memang cocok dipakai untuk jalan santai.

Gunakanlah sepatu sneaker yang nyaman juga breathable agar kamu bisa leluasa berjalan kaki juga kaki tidak lembab saat berjalan-jalan di Jepang pada musim gugur.

2. Hiking Shoes

Hiking Shoes

Jika kamu ingin menikmati indahnya musim gugur di pegunungan Jepang sambil melakukan pendakian, sebaiknya kamu menggunakan sepatu hiking.

Kamu bisa menggunakan sepatu hiking standar yang tahan air dan juga breathable. Dan yang paling penting, gunakanlah sepatu hiking yang nyaman dipakai agar pendakian yang kamu lakukan tetap menyenangkan.

3. Boots

Boots

Jika kamu liburan di penghujung musim gugur atau berlibur di sekitar perkotaan Jepang, sebaiknya kamu memakai sepatu boots. Pilihlah sepatu boots yang nyaman, berlapis bulu tebal agar dapat menghangatkan kakimu.

Kamu bisa memadupadankan sepatu boots dengan celana jeans. Kalau kamu wanita yang menggunakan rok atau pun baju one piece masih bisa mengenakan sepatu boots untuk melindungi kaki dari terpaan angin musim gugur.

4. Kaos Kaki

Kaos Kaki

Sebelum menggunakan sepatu jangan lupa juga untuk memakai lapisan dasar alas kaki dengan kaos kaki. Apalagi jika kamu akan berjalan-jalan cukup jauh, ada baiknya kamu mengenakan kaos kaki untuk melindungi kaki dari lecet-lecet.

Pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap keringat juga memiliki bahan yang sirkulasinya baik agar kaki tidak terasa lembab bahkan bau.

Aksesoris Pakaian Saat Musim Gugur di Jepang

Aksesoris pakaian juga perlu kamu siapkan, terlebih jika kamu orang yang mudah kedinginan atau saat kamu berlibur di penghujung musim gugur. Berikut ini beberapa aksesoris pakaian yang dapat kamu bawa.

1. Topi Newsboy

Jika ingin tetap tampil gaya dan juga tetap hangat, kamu bisa mengenakan topi newsboy. Topi ini biasanya memiliki brim kecil juga kaku. Terkadang memiliki kancing di bagian atas topi. Gunakanlah topi newsboy dengan bahan flanel atau tweed.

Meskipun umumnya topi berjenis ini banyak digunakan oleh laki-laki, tapi jangan khawatir karena sekarang sudah banyak wanita yang menggunakan jenis topi ini. Topi ini cocok dipakai untuk kamu yang suka gaya vintage dan tampil casual.

2. Syal

Tidak hanya kepala, tapi bagian leher pun tentunya harus dilindungi dari terpaan angin, apalagi jika kamu tipe yang mudah kedinginan. Untuk menghangatkan bagian lehermu, kamu bisa mengenakan syal atau selendang.

Gunakan syal dengan bahan flanel yang bercorak kotak-kotak atau polos. Gunakan syal berbahan wol jika suhu semakin dingin atau kamu berlibur ke daerah yang suhunya sangat dingin.

3. Sarung Tangan

Sarung tangan perlu kamu persiapkan jika kamu akan berlibur di Jepang pada penghujung musim gugur karena suhunya akan semakin dingin. Kamu bisa menggunakan sarung tangan berbahan bludru atau kulit untuk menghangatkan tanganmu.

Kamu juga bisa memakai sarung tangan khusus agar tetap bisa mengoperasikan smartphone kamu meskipun memakai sarung tangan. Tapi jika kamu berlibur ke daerah yang tak begitu dingin, kamu bisa menggunakan sarung tangan tanpa jari.

Nah, itulah beberapa pakaian yang dapat kamu bawa ketika akan berlibur di Jepang pada musim gugur. Meskipun dari segi cuaca cukup bersahabat untuk yang terbiasa dengan cuaca tropis seperti di Indonesia, namun pakaian saat musim gugur cukup tricky.

Kunci menggunakan pakaian saat musim gugur adalah dengan mengenakan pakaian berlapis, agar bisa dilepas jika cuaca agak panas pada siang harinya. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek suhu tempat yang akan kamu kunjungi supaya kamu tidak saltum.

Biar makin lengkap dan gak nyesel, kamu bisa baca artikel tempat yang keren untuk dikunjungi ketika musim gugur di Jepang di artikel 6 Destinasi Liburan Musim Gugur yang Mengesankan di Jepang. Dan untuk mengetahui ada festival apa saja di Jepang ketika musim gugur, kamu bisa baca artikel 10 Festival Musim Gugur di Jepang yang Sarat Nilai Budaya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram