Pencinta Pantai, Kunjungi 9 Pantai di Aceh yang Mempesona Ini

Ditulis oleh Riastri Herliana

Ketika traveling, destinasi wisata selalu menjadi poin utama. Mulai dari gunung, pantai, hingga wisata kota, rasanya wajib dikunjungi. Jika biasanya traveler yang ingin liburan ke Pantai memilih Bali sebagai destinasi, kali ini Keluyuran akan merekomendasikan wisata pantai di ujung barat Indonesia. Tepatnya, di Provinsi Aceh.

Aceh sempat diguncang gempa dan tsunami dahysat pada tahun 2004 lalu. Namun, kini Aceh sudah bangkit dan pariwisatanya semakin banyak dikenal wisatawan. Bahkan salah satu pulau di Aceh dinobatkan sebagai salah satu surga terumbu karang di Indonesia. Penasaran kan, apa saja sih destinasi wisata pantai di Aceh? Yuk, simak artikel ini!

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih

* sumber: www.blog.my.safariwisata.co.id

Pertama, ada pantai yang sudah sangat dikenal oleh traveler di Indonesia. Pantai Iboih namanya atau biasa disebut juga dengan Teupin Layeu. Pantai ini terletak di sebelah barat Pulau Weh, Sabang, tepatnya di ujung barat Pulau Sumatera. Pantai Iboih dikenal karena pesona bawah lautnya. Disarankan kamu mencoba aktivitas snorkeling di sini.

Pantai Iboih merupakan pelabuhan bagi kapal yang hendak menuju ke Pulau Rubiah. Meski menjadi pelabuhan, tak mengurangi keindahan Pantai Iboih dan tetap ditumbuhi terumbu karang yang cantik. Jika berkunjung ke Aceh, tempat ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi.

  • Alamat : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

* sumber: www.tempatwisata.pro

Pantai Lhok Bubon merupakan salah satu saksi bisu dahsyatnya gelombang tsunami pada tahun 2004 silam. Pantai ini terletak di Meulaboh, yang menjadi salah satu wilayah terparah ketika bencana itu tiba. Meski begitu, Pantai Lhok Bubon kini banyak diminati traveler yang liburan ke Aceh karena pantai ini dikenal dengan hasil laut yang melimpah.

Pantai Lhok Bubon dihiasi dengan pasir putih yang lembut. Di sini kamu bisa menikmati seafood yang masih segar sambil menikmati pemandangan. Tak hanya itu saja, jika kamu ingin membawa pulang seafood, di Pantai Lhok Bubon terdapat pelelangan ikan.

  • Alamat : Lhok Bubon, Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

*

Pulau Weh terdiri dari deretan pantai berpasir putih yang begitu memesona. Namun, ada yang berbeda dari pantai yang satu ini. Pantai Anoi Itam tak seperti pantai lain di Pulau Weh. Satu-satunya pantai berpasir hitam yang tak kalah eksotis dengan pantai lainnya di Aceh. Nama Anoi Itam, memiliki arti pasir hitam. Sesuai dengan kondisi di sini.

Ada yang menyebutkan bahwa berat pasir Pantai Anoi Itam berbeda dengan pantai lain. Di sini pasirnya lebih berat, itu karena terdapat kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Pasir hitam berpadu dengan batu kapur berwarna putih membuat pantai ini semakin cantik. Terlebih laut biru yang jernih sangat menenangkan.

  • Alamat : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

* sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Salah satu pantai di Pulau Weh, Sabang, ini diberi nama Pantai Sumur Tiga. Karena di sini terdapat tiga buah sumur di sekat pinggir pantai. Air yang ada di sumur ini bukan air asin, melainkan air tawar. Namun, sumur itu kini sudah tidak digunakan dan dianggap sebagai peninggalan sejarah.

Pantai Sumur Tiga terbilang masih sangat alami. Dihiasi pasir putih yang membentang sejauh 2 km hingga gradasi air laut dari biru muda hingga biru tua yang sangat memesona. Pantai ini sering digunakan pula untuk aktivitas snorkeling ataupun diving.


  • Alamat : Ie Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

* sumber: steemit.com

Pantai Lampuuk adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona di Aceh Besar. Pantai ini selalu ramai dikunjungi baik dari dalam daerah Aceh, hingga daerah lainnya. Pantai Lampuuk dihiasi dengan pasir putih bersih, dan ditumbuhi pohon pinus yang rindang. Benar-benar cantik dan memesona.

Pada tahun 2004, Aceh diguncang gempa hebat dan tsunami yang meruntuhkan sebagian Provinsi Aceh. Pantai Lampuuk yang berjarak 15 km dari Banda Aceh mengalami kerusakan cukup parah. Hotel yang berjajar di tepi pantai serta pemukiman penduduk hancur diterjang gelombang tsunami. Namun, kini Pantai Lampuuk sudah pulih dan layak dikunjungi kembali.

  • Alamat : Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp 3.000/orang

6. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

* sumber: dolandolen.com

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau yang terletak di Sabang, menyimpan kekayaan alam bawah laut yang sangat indah dan masih terjaga kealamiannya. Pulau seluas 2.600 hektar ini disebut sebagai surganya taman laut bagi mereka yang memiliki hobi menyelam / diving.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram