Pecinta Pantai, Kunjungi 9 Pantai di Aceh yang Mempesona Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2020

Ketika traveling, destinasi wisata selalu menjadi poin utama. Mulai dari gunung, pantai, hingga wisata kota, rasanya wajib dikunjungi. Jika biasanya traveler yang ingin liburan ke Pantai memilih Bali sebagai destinasi, kali ini Keluyuran akan merekomendasikan wisata pantai di ujung barat Indonesia. Tepatnya, di Provinsi Aceh.

Aceh sempat diguncang gempa dan tsunami dahysat pada tahun 2004 lalu. Namun, kini Aceh sudah bangkit dan pariwisatanya semakin banyak dikenal wisatawan. Bahkan salah satu pulau di Aceh dinobatkan sebagai salah satu surga terumbu karang di Indonesia. Penasaran kan, apa saja sih destinasi wisata pantai di Aceh? Yuk, simak artikel ini!

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih

* sumber: www.blog.my.safariwisata.co.id

Pertama, ada pantai yang sudah sangat dikenal oleh traveler di Indonesia. Pantai Iboih namanya atau biasa disebut juga dengan Teupin Layeu. Pantai ini terletak di sebelah barat Pulau Weh, Sabang, tepatnya di ujung barat Pulau Sumatera. Pantai Iboih dikenal karena pesona bawah lautnya. Disarankan kamu mencoba aktivitas snorkeling di sini.

Pantai Iboih merupakan pelabuhan bagi kapal yang hendak menuju ke Pulau Rubiah. Meski menjadi pelabuhan, tak mengurangi keindahan Pantai Iboih dan tetap ditumbuhi terumbu karang yang cantik. Jika berkunjung ke Aceh, tempat ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi.

  • Alamat : Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon

* sumber: www.tempatwisata.pro

Pantai Lhok Bubon merupakan salah satu saksi bisu dahsyatnya gelombang tsunami pada tahun 2004 silam. Pantai ini terletak di Meulaboh, yang menjadi salah satu wilayah terparah ketika bencana itu tiba. Meski begitu, Pantai Lhok Bubon kini banyak diminati traveler yang liburan ke Aceh karena pantai ini dikenal dengan hasil laut yang melimpah.

Pantai Lhok Bubon dihiasi dengan pasir putih yang lembut. Di sini kamu bisa menikmati seafood yang masih segar sambil menikmati pemandangan. Tak hanya itu saja, jika kamu ingin membawa pulang seafood, di Pantai Lhok Bubon terdapat pelelangan ikan.

  • Alamat : Lhok Bubon, Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam

*

Pulau Weh terdiri dari deretan pantai berpasir putih yang begitu memesona. Namun, ada yang berbeda dari pantai yang satu ini. Pantai Anoi Itam tak seperti pantai lain di Pulau Weh. Satu-satunya pantai berpasir hitam yang tak kalah eksotis dengan pantai lainnya di Aceh. Nama Anoi Itam, memiliki arti pasir hitam. Sesuai dengan kondisi di sini.

Ada yang menyebutkan bahwa berat pasir Pantai Anoi Itam berbeda dengan pantai lain. Di sini pasirnya lebih berat, itu karena terdapat kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusunnya. Pasir hitam berpadu dengan batu kapur berwarna putih membuat pantai ini semakin cantik. Terlebih laut biru yang jernih sangat menenangkan.

  • Alamat : Anoe Itam, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

* sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Salah satu pantai di Pulau Weh, Sabang, ini diberi nama Pantai Sumur Tiga. Karena di sini terdapat tiga buah sumur di sekat pinggir pantai. Air yang ada di sumur ini bukan air asin, melainkan air tawar. Namun, sumur itu kini sudah tidak digunakan dan dianggap sebagai peninggalan sejarah.

Pantai Sumur Tiga terbilang masih sangat alami. Dihiasi pasir putih yang membentang sejauh 2 km hingga gradasi air laut dari biru muda hingga biru tua yang sangat memesona. Pantai ini sering digunakan pula untuk aktivitas snorkeling ataupun diving.

  • Alamat : Ie Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk

* sumber: steemit.com

Pantai Lampuuk adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona di Aceh Besar. Pantai ini selalu ramai dikunjungi baik dari dalam daerah Aceh, hingga daerah lainnya. Pantai Lampuuk dihiasi dengan pasir putih bersih, dan ditumbuhi pohon pinus yang rindang. Benar-benar cantik dan memesona.

Pada tahun 2004, Aceh diguncang gempa hebat dan tsunami yang meruntuhkan sebagian Provinsi Aceh. Pantai Lampuuk yang berjarak 15 km dari Banda Aceh mengalami kerusakan cukup parah. Hotel yang berjajar di tepi pantai serta pemukiman penduduk hancur diterjang gelombang tsunami. Namun, kini Pantai Lampuuk sudah pulih dan layak dikunjungi kembali.

  • Alamat : Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp 3.000/orang

6. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah

* sumber: dolandolen.com

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau yang terletak di Sabang, menyimpan kekayaan alam bawah laut yang sangat indah dan masih terjaga kealamiannya. Pulau seluas 2.600 hektar ini disebut sebagai surganya taman laut bagi mereka yang memiliki hobi menyelam / diving.

Selain wisata alam bawah laut yang memukau, di sini kamu juga bisa menemukan makam pahlawan wanita asal Aceh, Cut Nyak Rubiah. Karena itu pula, pulau cantik ini diberi nama Pulau Rubiah. Meski merupakan pulau tak berpenghuni, Pulau Rubiah tetap asyik dikunjungi. Kamu bisa menyewa perahu untuk keliling pulau dan juga snorkeling.

  • Alamat : Pulau Rubiah, Sabang, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee

* sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Pantai di Aceh besar biasanya ditumbuhi pohon cemara di tepi pantai. Namun, ada yang berbeda dengan pantai yang satu ini. Di Pantai Lhok Mee, terdapat pohon yang tumbuh berjajar di tengah laut. Penduduk sekitar menyebutnya Pohon Geurumbang. Pepohonan tersebut tumbuh setinggi 1 – 5 meter dari laut.

Jika air laut sedang pasang, maka pantai ini akan dihiasi dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Ketika air laut surut, akan terlihat akar bakau yang muncul satu persatu. Di pantai ini ada pula perahu kecil yang bisa kamu gunakan untuk mengelilingi pantai atau memancing di tengah laut.

  • Alamat : Lamreh, Masjid Raya, Kabupaten Aceh besar, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp 5.000/orang

8. Pantai Lange

Pantai Lange

* sumber: www.pedomanwisata.com

Pantai Lange merupakan salah satu pantai yang letaknya cukup tersembunyi di Aceh. Jaraknya kurang lebih 15 km dari Banda Aceh. Pantai Lange terletak di pegunungan Lange. Sehingga untuk menuju ke sini, kamu perlu memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan kondisi fisik pun dalam keadaan fit.

Membutuhkan waktu dua jam untuk mendaki pegunungan Lange. Sepanjang perjalanan kamu dapat menemukan pohon ketapang, cengkeh, mahoni, pinang, hingga durian. Kemudian kamu pun perlu berjalan kaki untuk bisa sampai di Pantai Lange. Rasa lelah akan terbayar begitu saja setibanya di Pantai Lange.

Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan uniknya di sini terdapat air pancuran yang terbentuk ketika air laut menghantam batu karang yang ada di tepi pantai. Sungguh cantik dan memesona!

  • Alamat : Pantai Lange, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

* sumber: www.indonesiakaya.com

Pantai Lhoknga masih satu lokasi dengan Pantai Lampuuk. Banyak yang tidak bisa membedakan antara Pantai Lampuuk dengan Pantai Lhoknga, mengingat lokasinya yang berdekatan. Meski begitu, keduanya memiliki keunggulan dan pesonanya masing-masing. Pantai Lampuuk dikenal dengan wahana rekreasi seperti banana boat dan kuliner ikan bakarnya.

Pantai Lhoknga, dikenal dengan lapangan Golf, serta aktivitas surfing dan memancing. Pantai Lhoknga memiliki ombak yang besar dan garang, sehingga sangat cocok dikunjungi bagi pecinta aktivitas surfing. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Lhoknga adalah bulan Juni hingga November.

  • Alamat : Jl. Lintas Barat Sumatera, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp 15.000/orang

Jadi, sudah tahu kan, apa saja pantai di Aceh yang recommended untuk dikunjungi? Dari 9 pantai yang disebutkan di atas, mana yang paling membuatmu penasaran? Yuk, rencanakan liburanmu ke Aceh! Baca juga artikel tempat wisata di Aceh ini untuk menemukan destinasi wisata lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *