10 Pantai Cantik di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 8 November 2019

Bangka Belitung memiliki banyak pantai cantik yang wajib dikunjungi dan pastinya sangat cocok untukmu yang suka sekali berwisata pantai. Jangan bingung pantai mana saja yang bakal kamu kunjungi karena kami  akan mengulasnya di artikel berikut ini.

Adapun sejumlah rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Rekomendasi pantai yang pertama adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini adalah sebuah pantai yang letaknya sekitar 40 km dari Pangkalpinang, Bangka Belitung. Kamu akan menemukan pasir yang putih saat pertama kali menginjakkan kaki ke sini.

Kamu pun juga akan menemukan ombak laut yang berdebur dengan lembut. Kamu pun juga bisa menemukan hamparan batu granit yang indah di sekitaran bibir pantai ini. Bila ingin melihat semua keindahan di pantai ini, sila datang saja ke alamat berikut:

  • Alamat : Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
  • No. Telepon : (0717) 93888.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp10.000.

2. Pantai Romodong

Pantai Romodong

Saat pertama kali sampai ke pantai ini, kamu bakal disambut oleh sepasang batu hitam raksasa. Sepasang batu itu merupakan batu granit yang tingginya mencapai 10 meter. Kalau kamu masuk ke dalam wilayah pantai ini, kamu bakal menemukan batu lainnya yang tak kalah unik.

Batu Kodok adalah nama batu yang dimaksud. Sesuai namanya, batu tersebut merupakan batu besar yang bentuknya serupa kodok. Adapun pemandangan pantai ini tergolong amat indah. Keindahan pantai ini terletak pada air lautnya yang jernih dan tidak bergelombang. Kamu bisa mendatangi pantai ini di alamat berikut:

  • Alamat : Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp7.000.

3. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Tak jauh dari Pantai Romodong, ada satu pantai lainnya yang harus kamu kunjungi. Pantai Penyusuk adalah pantai yang kami maksud. Seperti Pantai Romodong, pantai ini juga memiliki batuan granit di dalamnya. Hanya saja, batuan granit di sini tidak terlalu besar dan bentuknya serupa cerukan.

Di pantai ini, ada sebuah lapangan landai yang menjadi pembatas Pantai Penyusuk. Lapangan landai tersebut memiliki deretan pohon kelapa dan ilalang liar yang menarik untuk disimak. Kamu bisa mengunjungi alamat di bawah ini, bila kamu tertarik ke Pantai Penyusuk:

  • Alamat : Jalan Penyusuk, Belinyu, Bukit Kelok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33253.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00 – 18.00.
  • HTM : Rp10.000.

4. Pantai Tikus

Pantai Tikus (Copy)

* sumber: ksmtour.com

Pantai ini memiliki nama yang cukup unik. Nama pantai yang unik sendiri terilhami oleh banyaknya jalan setapak di sini yang serupa jalan tikus. Selain pasir dan panorama lautnya, pantai ini juga punya satu daya tarik yang membuatnya berbeda dengan pantai lain.

Daya tarik tersebut adalah kehadiran pagoda yang ada di bibir pantainya. Pagoda yang merupakan vihara Puri Tri Agung ini memiliki arsitektur menarik yang membuat bibir Pantai Tikus semakin enak dilihat. Pantai ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp5.000.

5. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi (Copy)

* sumber: www.telinsongbelitungtour.com

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Maka tak heran, bila pantai satu ini sering disebut Pantai Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki daya tarik berupa airnya yang jernih dan ombaknya kecil.

Kamu bisa berenang atau menyelam di air laut pantai ini. Bila kamu menyelami laut pantai ini, kamu bakal melihat ratusan bahkan ribuan ikan yang berenang di sekitarmu. Kamu pun juga bisa menemukan Lamun atau rumput hidup yang ada di dasar laut pantai ini. Pantai Laskar Pelangi ini bisa kamu temui di alamat berikut:

  • Alamat : Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33414.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp10.000.

6. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang (Copy)

Selain Pantai Tanjung Tinggi, ada satu pantai lainnya yang juga pernah dipakai lokasi syuting Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai yang kami maksud. Seperti beberapa pantai lainnya di Bangka Belitung, pantai ini juga memiliki batu granit raksasa yang banyak jumlahnya.

Di antara semua batu granit itu, ada satu batu yang bentuknya serupa kepala burung garuda. Menurut kepercayaan warga sekitar, batu granit tersebut memiliki kekuatan mistis di dalamnya. Di pantai ini, kamu bisa menyusuri lautnya dengan menyewa perahu. Siapkan perbekalan yang cukup karena kamu bisa seharian mengelilingi pulau yang terdiri dari banyak pantai ini. Kalau kamu berminat, sila datang saja ke alamat berikut:

  • Alamat : Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Belitung, Bangka Belitung.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp8.000.

7. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi (Copy)

* sumber: explorebabel.com

Anak muda di Bangka Belitung sering sekali menjadikan pantai ini sebagai trek latihan motor balap, hal itu dikarenakan pantai ini memiliki garis pantai yang panjang. Selain cocok dijadikan trek latihan motor balap, pantai ini juga cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Hal itu disebabkan karena pantai ini memiliki ombak yang tenang serta memiliki air laut yang jernih. Di area laut lepas pantai ini, kamu bisa melihat deretan kapal tangker milik perusahaan tambang timah yang ada di Bangka Belitung.

Pantai satu ini bisa kamu jumpai di alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
  • No. Telepon : (0717) 9100853.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp10.000.

8. Pantai Serdang

Pantai Serdang (Copy)

* sumber: pesona.travel

Kalau berkunjung ke Pantai Serdang, kamu bakal menemukan deretan pohon pinus. Adanya pohon pinus itu membuat pantai ini memiliki suasana yang begitu teduh. Kamu juga bisa melihat deretan nelayan yang ada di pantai ini, terutama di area garis pantainya.

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu juga bisa melakukan sejumlah aktivitas di pantai ini. mulai dari menaiki perahu Katir khas Bangka Belitung, hingga menikmati sajian lokal yang ada di warung pantai ini.

Pantai Serdang bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Manggar, Belitung Timur, Bangka Belitung.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp5.000.

 9. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Pantai Penyabong adalah sebuah pantai yang ada di selatan Belitung. Pantai ini memiliki batuan granit yang indah; seperti halnya pantai-pantai Bangka Belitung lainnya. Pantai ini juga memiliki pepohonan hijau yang membuat suasana pantai ini begitu sejuk.

Di bagian tengah laut pantai ini, ada sejumlah pulau yang memiliki pemandangan indah. Kamu bisa melihat pulau-pulau ini dari tepi pantai ini, masih banyak hal yang bisa kamu lihat dan nikmati selama di pantai ini. Kalau kamu tertarik, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33452.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Sekitar Rp8.000

10. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci (Copy)

* sumber: sportourism.id

Kamu akan disambut oleh deretan payung Tiongkok kala kamu masuk ke gerbang pantai ini. Payung-payung itu letaknya persis ada di bagian atas gerbang masuk pantai ini. Adapun untuk area pantainya, pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang bersih.

Kalau kamu ke sini, kamu jangan hanya menikmati suasana pantainya saja. Cobalah datang ke area penangkaran penyu di salah satu sudut pantainya. Di sana, kamu bakal melihat bagaimana proses kelahiran penyu, mulai dari telur hingga saat penyu-penyu itu dilepaskan ke laut.

Pantai Tongaci bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Kampung Pasir, Jalan Laut, Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33211.
  • No. Telepon : 0813-6860-639.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.30 – 18.00.
  • HTM : Sekitar Rp5.000.

Itulah beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi saat di Bangka Belitung nanti. Di antara semua pantai itu, mana yang bakal kamu kunjungi terlebih dulu? Yuk, beritahu kami di kolom komentar!

Selain mengunjungi pantai-pantainya yang indah, jangan lewatkan juga untuk kesempatan untuk menikmati kulinernya yang lezat. Keluyuran telah menyusun daftar lengkapnya di artikel 10 Makanan Khas Bangka Belitung yang Enak Banget. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram