10 Rekomendasi Pantai di Bangkalan yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kabupaten Bangkalan yang terletak di Pulau Madura bisa kamu masukkan ke dalam rencana jalan-jalan selanjutnya. Apalagi jika kamu sangat gemar menikmati pantai. Ada beberapa pantai di Bangkalan yang menawarkan keindahan pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Berlibur ke pantai-pantai di daerah sini, dapat menyegarkan mata serta pikiran dari berbagai penatnya kesibukan. Berada di bagian ujung barat Pulau Madura, Kabupaten Bangkalan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara serta Selat Madura di bagian barat dan selatan.

Posisinya yang demikian boleh jadi merupakan alasan mengapa kabupaten yang luasnya sekitar 1,260,14 Km² ini memiliki beberapa pantai yang cantik. Sebelum memutuskan liburan, lebih baik simak ulasan 10 pantai di Bangkalan berikut ini ya!

1. Pantai Gebang

Pantai Gebang

Pantai di Bangkalan yang pertama bisa dikunjungi adalah Pantai Gebang. Selain airnya yang tenang, pantai ini merupakan lokasi peneropongan Hilal. Kamu bisa mengunjunginya untuk menyegarkan pikiran. Di sini terdapat beberapa warung atau tenda yang dapat digunakan untuk duduk bersantai, baik sendiri atau bersama keluarga.

Pantai Gebang juga ditumbuhi banyak pohon bakau. Penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mencegah abrasi. Keberadaan hutan bakau ini secara tidak langsung menambah keunikan dan kecantikan Pantai Gebang.

  • Alamat: Jln. Raya Gebang, Gebang Barat, Gebang, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 Jam)
  • Harga tiket: Gratis

2. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi Pantai Siring Kemuning saat liburan ke Bangkalan. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota Bangkalan, yakni 41 Km ke arah utara. Namun, keindahan pantai ini dapat membayar kelelahan kamu selama di perjalanan. Apalagi jika dinikmati saat sore hari.

Pantai Siring Kemuning sudah tersohor sejak tahun 90-an sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Sebab keindahannya, pantai ini bahkan dijuluki sebagai Kuta dari Madura. Julukan tersebut diberikan karena Siring Kemuning mempunyai kecantikan yang dirasa sama persis dengan Pantai Kuta di Bali.

  • Alamat: Desa Mecajah, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Rp3.500

3. Pantai Pocokan

Pantai Pocokan

Jika ingin menikmati sunset dengan pemandangan yang cantik, kamu bisa berkunjung ke Pantai Pocokan. Suasanya masih cukup sepi dan tidak ada tiket masuk. Namun, khusus hari Minggu pagi, suasana di sekitar pantai biasanya akan lebih ramai. Di sini sudah mulai ada fasilitas publik seperti warung atau para pedagang.

Sunset di Pantai Pocokan juga sayang untuk dilewatkan. Sampai saat ini, pengelolaan Pantai Pocokan sedang terus dioptimalkan. Terutama karena sekarang ini, ia sudah terhubung atau terintegrasi dengan Pulau Tengket. Saat berkunjung nanti jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan ya!

  • Alamat: Pocongan I, Desa Lajig, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Gratis

4. Pantai Pandela (Pantai Api-api, Pocogan, Lajing)

Pantai Pandela (Pantai Api-api, Pocogan, Lajing)

Pantai Pandela tergolong tempat wisata yang baru dioptimalkan di Bangkalan. Selain pantai, di sini terdapat hutan mangrove. Pengoptimalan Pantai Pandela berkomitmen pada tiga hal yaitu Eco, Culture dan Education. Walau fasilitas publiknya masih terus dilengkapi, keindahan Pantai Pandela tidak tertutupi.

Nama Pandela sendiri merupakan hasil kesepakatan Mudes setempat, yakni kependekan dari Pantai Api-Api, Pantai Pocogen dan Pantai Lajing. Berkunjung ke sini, kelak kamu tidak hanya terpuaskan dengan keindahan pantainya, namun juga dikenalkan pada budaya setempat. Terutama peninggalan Cakra Ningrat berupa replika-replika bangunan peninggalannya.

  • Alamat: Dusun Pocogen, Desa Lajing, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Gratis

5. Pantai Magesing

Pantai Magesing

Pantai di Bangkalan selanjutnya yang siap memanjakan mata adalah Pantai Magesing. Pantai ini cantik dengan warna pasirnya yang putih. Kamu juga bebas bermain di pesisir pantai yang cukup luas. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Magesing adalah pagi atau sore hari.

Perpaduan gradasi warna antara biru laut dan biru langit serta pasir pantai yang putih dan hijaunya pepohonan adalah kesempurnaan yang dapat menyegarkan mata dan pikiran kamu. Pantai ini juga cocok untuk berenang, hanya tetap berhati-hati ya!

  • Alamat: Dsn. Tolbuk Dejeh, Ds. Tolbuk, Kec. Klampis, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Gratis

6. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan

Letak Pantai Sambilangan tidak terlalu jauh dari pusat Bangkalan. Hanya berjarak sekitar 7 Km ke arah selatan dari Kota Bangkalan. Pantai ini memiliki daya tarik yang berbeda dari pantai di Bangkalan lainnya yaitu terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda berusia tua.

Menara pantau tersebut diketahui sudah berada di kawasan pantai sejak 1879. Tingginya mencapai 78 meter sementara jumlah lantainya sebanyak 17 lantai. Sunset di pantai ini juga tidak kalah cantik dibanding yang lain lho!

  • Alamat: Ds. Sambilangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Gratis

7. Pantai Tengket

Pantai Tengket

Jarak Pantai Tengket dari pusat Kota Bangkalan sekitar 30 Km. Untuk menuju ke sini, lebih baik kamu menggunakan sepeda motor sebab jalannya yang kecil dan cukup berkelok. Pengelolaan pun belum dilakukan secara maksimal sehingga fasilitas umum belum optimal.

Keadaan seperti itu tidak mengurangi kecantikan alami Pantai Tengket. Pantai Tengket letaknya berdempetan dengan Makam Ra Lilur sehingga berdasarkan kesepakatan antara masyarakat setempat dan pihak pemerintah, lokasi ini dibuka sebagai wisata religi.

  • Alamat: Ds. Sepulu, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (06.30 – 17.00)
  • Harga tiket: Gratis (bayar parkir saja)

8. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Pantai di Bangkalan lainnya yang siap memanjakan mata kamu adalah Pantai Rongkang. Letaknya sekitar 35 Km ke arah selatan Kota Bangkalan. Di bagian utara pantai ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pantai Rongkang memiliki pemandangan yang tak kalah cantik dibanding dengan pantai lainnya di Bangkalan, meskipun belum begitu dioptimalkan.

Ciri khasnya terletak pada pasir berwarna putih serta bebatuan kecil yang membuatnya tampak unik. Menikmati keindahan Pantai Rongkang paling seru bersama kawan-kawan. Kamu bisa berbagi keindahan bersama.

  • Alamat: Ds. Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (06.00-18.00 WIB)
  • Harga tiket: Gratis

9. Pantai Maneron

Pantai Maneron

Pantai Maneron berada di bagian barat Selat Madura. Pantainya berbentuk melengkung dengan panjang sekitar 1 Km. Saat berada di sana, kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari pasir yang halus dan putih. Apabila kamu seorang sunset hunter, Pantai Maneron adalah lokasi terbaik menikmati matahari tenggelam.

Hal yang menarik dari Pantai Maneron adalah keindahannya yang masih sangat alami. Dia belum banyak terjamah oleh banyak tangan. Situasi yang demikian membuat Pantai Maneron pas dikunjungi bersama teman. Kamu bisa camping, membangun tenda di pesisirnya.

Selain itu, Pantai Maneron juga memungkinkan pengunjung untuk snorkeling. Hanya tetap berhati-hati, pasalnya Pantai Maneron tergolong laut lepas dengan ombang khas Laut Jawa yang cukup besar.

  • Alamat: Ds. Maneron, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Gratis

10. Pantai Tlangoh

Pantai Tlangoh

Letak Pantai Tlangoh berada di bagian utara Kabupaten Bangkalan. Menariknya, Pantai Tlangoh memiliki pesisir pantai yang sangat luas. Pasirnya juga berwarna putih dan halus, tidak sakit di kaki. Untuk sampai ke pantai ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 39 Km dari pusat Bangkalan.

Berlama-lama berada di Pantai Tlangoh tidak akan membosankan. Jarak yang luas antara pesisir dan bibir pantai, membuat kamu leluasa bermain-main atau sekadar jalan-jalan merasakan hangatnya pasir tanpa terganggu oleh tekstur pasir yang kasar. Tidak mengherankan jika pantai ini selalu ramai oleh para wisatawan.

  • Alamat: Ds. Tlangoh, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan
  • Jam operasional: Senin – Minggu (24 jam)
  • Harga tiket: Rp 3.000

Keberadaan sepuluh pantai di Bangkalan pada ulasan di atas semoga dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang berencana untuk liburan. Terutama jika ingin mencoba menjelajah pantai-pantai di Indonesia selain Bali dan Lombok.

Sebelum berlibur pastikan sudah menyiapkan segala sesuatu ya, mulai dari pakaian yang pas, obat pribadi hingga alat komunikasi atau dokumentasi. Sayang kan jika sudah jauh-jauh ke Bangkalan, mengunjungi pantai-pantainya, tetapi tidak bisa diabadikan.

Semenjak Jembatan Suramadu diresmikan, Bangkalan menjadi gerbang utama memasuki Pulau Madura. Secara otomatis hal tersebut berdampak pada sektor pariwisata. Beberapa potensi wisata Bangkalan mulai banyak dikenal. Sebut saja yang paling terkenal adalah wisata Bukit Jaddih. Bagaimana? Pantai di Bangkalan cantik-cantik, bukan? Siap berangkat? Selamat berlibur ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *