8 Destinasi Wisata Pantai di Banten yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 8 November 2019

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki wilayah perairan terbesar, maka dari itu Indonesia memiliki banyak destinasi wisata pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya di Bali, ada banyak destinasi wisata pantai terbaik yang bisa kamu kunjungi di Banten.

Letak geografisnya yang berada di ujung paling barat pulau Jawa ini membuat Banten memiliki wilayah perairan yang luas. Bagi kamu pecinta pantai, beberapa pantai terbaik yang ada di Banten sangat indah dan jangan sampai dilewatkan. Karena ada begitu banyak pilihan pantai di Banten. Supaya kamu tidak bingung, simak langsung yuk rekomendasi destinasi wisata pantai di Banten berikut ini.

1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung (Copy)

* sumber: www.pegipegi.com

Berbicara soal pantai Tanjung Lesung mungkin akan membuat kamu teringat dengan peristiwa Tsunami yang dialami oleh salah satu band ternama Indonesia. Namun terlepas dari peristiwa tersebut, pantai Tanjung Lesung adalah salah satu pantai paling populer di Banten. Tanjung Lesung disebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Banten karena lokasinya yang cukup jauh.

Pantai ini lebih spesial dari pantai lainnya karena berada di kawasan Tanjung Lesung Resort. Selain itu Tanjung Lesung juga memiliki fasilitas beach club seperti di Bali. Mulai dari diving dan snorkeling, water sport, banana boat dan juga camping ground. Salah satu ciri khas pantai ini adalah jembatan yang memanjang ke arah laut yang banyak dijadikan spot foto.

Air lautnya yang jernih membuat pengunjung senang dapat melihat pemandangan bawah laut tanpa harus berenang langsung. Terutama saat sunset tiba, pemandangan pantai Tanjung Lesung semakin eksotis dan membuat pengunjungnya betah berlama-lama.

  • Alamat: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten
  • Telepon: 081319476447
  • Jam buka: 08:00 – 17:25 WIB
  • Harga: Rp25.000 (Weekday) & Rp40.000 (Weekend)

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna (Copy)

* sumber: www.pantainesia.com

Pantai eksotis lain yang letaknya jauh dari kota besar adalah Pantai Sawarna. Pantai yang populer ini memiliki gua-gua yang cantik, alamnya yang masih asri serta budayanya yang masih terjaga dengan baik. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini memiliki ombak yang ideal bagi para peselancar.

Karena letaknya yang sangat jauh, sangat disarankan bagi kamu untuk menginap. Di sana tersedia beberapa penginapan mulai dari villa, homestay, dan resort. Bagi kamu yang ingin datang rombongan, pantai Sawarna juga menyediakan catering dalam bentuk nasi kotak atau prasmanan yang bisa kamu pilih.

Bagi kamu yang ingin mengujungi pantai Sawarna, kamu juga bisa memilih paket wisata Sawarna sekaligus dengan tour guide. Beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai Sawarna adalah berenang, surfing, mengunjungi desa wisata, tracking ke gua-gua, dan menikmati indahnya sunrise dan sunset.

Pantai yang indah dan fasilitas yang menyenangkan tentu membuat banyak pengunjung datang kesana. Tertarik untuk kesana?

  • Alamat: Jl. Sawarna Km. 1 Kampung Cibeas, Desa Sawarna, Kec.Bayah, Kab. Lebak, Banten
  • Telepon: 082112232146
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000/orang

3. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar (Copy)

* sumber: wisatanasional.net

Pantai Tanjung Layar adalah salah satu destinasi wisata pantai unggulan yang berada di kawasan Sawarna. Ciri khas dari pantai ini adalah sepasang karang yang berukuran sangat besar dan bentuknya seperti kapal layar. Maka dari itu pantai ini diberi nama Tanjung Layar.

Saat memasuki pantai Tanjung Layar, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih yang bersih dan karang yang menjulang tinggi. Pantai ini sangat cantik jika dinikmati saat sunset tiba, selain itu banyak dijadikan tempat untuk fotografi. Bagi kamu yang suka foto, pantai ini sangat direkomendasikan karena terdapat banyak spot-spot yang indah dan menarik untuk difoto.

Kamu juga bisa berkemah di pantai ini karena mereka menyediakan camping ground. Fasilitas penginapan yang tersedia lainnya adalah hotel, homestay, atau villa yang tersedia di sana.

  • Alamat: Pesona Sawarna, Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir Desa Sawarna, Bayah, Kab.Lebak, Banten
  • Telepon: 0818646547
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000/orang

4. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur (Copy)

* sumber: www.pantainesia.com

Berlokasi di bagian Selatan Banten membuat pantai ini memiliki arus ombak yang kuat. Pantai Bagedur terkenal dengan keindahannya dan belum banyak terjamah manusia karena aksesnya yang tidak mudah. Salah satu daya tariknya adalah hamparan pasir putih yang sangat luas membentang hingga 15km.

Pasir pantainya yang bersih tanpa karang membuat pengunjung puas bermain di pinggir pantai untuk sekedar berjalan-jalan. Tetapi pantai ini tidak memiliki fasilitas air maupun penyewaan kegiatan air lainnya. Jadi pantai ini sangat coock bagi kamu yang ingin melepaskan penat atau menenangkan pikiran.

Di pantai Bagedur kamu tidak bisa menemukan makanan ala resto karena disana hanya tersedia penjual makanan yang menjajakan makanannya di warung-warung. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu juga menyiapkan bekal piknik secukupnya. Bagi kamu yang ingin menginap, disana tersedia Pondok Bagedur Cottage yang berjarak sekitar 1km dari pantai.

  • Alamat: Desa Sukamanah, Kec. Malingping. Kab.Lebak, Banten
  • Telepon: 085219449898
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp2.000/orang, Rp5.000 (motor) dan Rp25.000 (mobil)

5. Pantai Mabak

Pantai Mabak (Copy)

* sumber: www.pantainesia.com

Jika kamu ingin berkunjung ke pantai yang lokasinya tidak jauh, pantai Mabak di Cilegon bisa menjadi pilihan yang tepat. Letaknya yang dekat dengan pelabuhan Merak membuat pantai ini menjadi pilihan banyak orang karena mudah diakses. Pantai ini memiliki suasana sunset yang sangat indah sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan pantai ini sebagai spot foto.

Di pantai Mabak terdapat pemandangan pulau kecil yang berada di depannya. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai ini, kamu tidak akan dikenakan biaya tetapi cukup bayar parkir sesuai kendaraan yang kamu bawa.

  • Alamat: Java Sea, Mekarsari, Kec.Pulomerak, Kota Cilegon, Banten
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000 (motor), Rp10.000 (mobil)

6. Pantai Anyer

Pantai Anyer (Copy)

Pantai Anyer adalah salah satu pantai populer yang dikunjungi wisatawan karena letaknya yang cukup dekat dengan pusat kota. Terdapat beberapa pantai di daerah Anyer yang bisa kamu kunjungi. Selain itu berbagai aktifitas dan kegiatan menyenangkan bisa kamu lakukan disana.

Mulai dari berenang, bermain water sport, snorkeling, surfing, menikmati sunset, atau sekedar menikmati indahnya pemandangan pantai. Disana juga terdapat fasilitas penginapan seperti hotel, cottage, villa, atau homestay yang full AC dan memiliki kolam renang. Selain itu pantai Anyer juga memiliki banyak spot menarik yang memanjakan mata.

Jadi masih ragu untuk mengunjungi pantai Anyer?

  • Alamat: Jl. Raya Anyer Sirih, Sindanglaya, Kab.Serang, Banten
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000/orang

7. Pantai Pasir Putih Florida Indah

Pantai Pasir Putih Florida Indah (Copy)

Pantai Florida memiliki ciri khas pasir pantainya yang putih dengan arus ombak yang indah. Pasir pantainya bersih dan lembut sehingga akan membuat pengunjung nyaman berjalan-jalan di pinggir pantai, Lokasinya pun mudah di akses dari pusat kota. Disebut sebagai pantai Florida karena mirip dengan pantai Florida yang berada di Amerika.

Beberapa kegiatan menyenangkan bisa kamu lakukan bersama keluarga maupun teman-teman. Mulai dari bermain pasir, piknik, berenang, dan wisata kuliner.

  • Alamat: Jl. Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Kec.Cinangka, Serang, Banten
  • Telepon: 081906038727
  • Jam buka: 05:00 – 20:00 WIB
  • Harga: Rp10.000/orang

8. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong (Copy)

* sumber: ngulon.com

Pantai Karang Bolong memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat banyak karang yang berlubang dan perbukitan batuan sedimen yang indah. Selain itu pantai ini juga berkontur landai dan berpasir luas. Keindahan pantai ini memiliki pasir yang berwarna keabuan dan dentuman ombak yang menambrak karangnya.

Selain itu, Pantai Karang Bolong memiliki gua karang dengan lorong panjang yang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan. Pantai juga ini digemari oleh para pemancing. Salah satu spot favorit para pengunjung adalah karang besar yang berlubang. Selain itu ada gardu pandang yang bisa membuat kamu menikmati keindahan pantai dan derasnya ombak dengan aman.

  • Alamat: Jl. Raya Karang Bolong Km. 35 Cinangka, Kab.Serang, Banten
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp5.000/orang

Itulah beberapa rekomendasi pantai terbaik di Banten yang wajib kamu kunjungi. Setelah tahu informasi di atas, kira-kira pantai mana nih yang akan kamu kunjungi saat liburan nanti? Bagi kamu yang ingin pergi liburan ke pantai, jangan lupa persiapkan barang bawaan demi kenyamanan liburanmu. Kamu tahu pantai lainnya yang ada di Banten? Jangan ragu berbagi dengan kami di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram