10 Pantai di Bantul yang Kaya akan Tradisi dan Budayanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat berwisata pantai ke Kabupaten Bantul Yogyakarta, kamu mungkin lebih sering mendengar wisata Pantai Parangtritis. Padahal selain Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul memiliki banyak pantai yang dapat kamu kunjungi di saat berlibur ke Yogyakarta.

Untuk kamu yang ingin ke pantai di Bantul, berikut ini adalah ulasan beberapa pantai di Bantul yang mesti kamu coba datangi.

1. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan pantai yang letaknya bertetangga dengan pantai Parangtritis. Pantai yang satu ini dapat dikatakan sebagai pantai yan cukup sakral. Banyak kegiatan ritual yang biasa dilakukan dipantai ini, selain itu pantai ini merupakan pantai yang erat dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Pantai yang sangat kental dengan aura mistis ini menjadi satu pantai yang dikeramatkan oleh masyarakat. Selama kamu berada di pantai ini penting sekali untuk menghormati kearifan lokal dimiliki masyarakatnya. Selain itu juga pantai ini biasa dipakai untuk kegiatan keagamaan, seperti Melasti.

Kamu dapat melihat agenda budaya tersebut yang biasa diadakan setiap tahunnya. Selain keunikan dengan budaya setempat pantai ini cocok untuk para pemburu senja. Keindahan langit sore di pantai ini tidak boleh kamu lewatkan. Siluet yang tercipta terlihat cantik dengan langit yang jingga.

  • Alamat : Jl. Pantai Parang Kusumo,Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

2. Pantai Samas

Pantai Samas

* sumber: www.aldebaranhomestay.com

Pantai Samas merupakan pantai yang juga digunakan masyarakat setempat untuk melakukan upacara adat. Upacara Kitab Tumuruning Mahesi Suro dan labuhan sedekah merupakan upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat pada malam 1 suro. Upacara ini dilakukan untuk mengenang Maheso Suro.

Perjalanan menuju pantai ini dapat kamu tempuh dengan mobil atau motor, karena infrastrukturnya telah memadai. Selain itu fasilitas di pantai ini juga cukup memadai, kamu bisa melakukan banyak aktivitas dipantai ini. Satu kegiatannya adalah konservasi penyu yang edukatif.

  • Alamat : Desa Srigading, Kec. Sanden, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp4.000

3. Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

Pantai kuwaru merupakan pantai yang dihiasi dengan pohon cemara yang tumbuh disepanjang pantai. Jejeran pohon cemara udang yang jadi daya tarik pantai ini sesungguhnya dibuat untuk mencegah abrasi pantai. Keindahan senja di pantai Kuwaru adalah hal yang jadi daya tarik pantai ini juga.

Fasilitas  pendukung pantai ini juga cukup lengkap, sehingga kamu akan terasa nyaman berwisata di sini. Selain itu, ada beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di pantai ini. Bagi orang yang senang memancing tempat ini juga menyediakan area untuk yang senang kegiatan memancing.

  • Alamat : Dsn. Poncosari, Kec. Srandakan, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • HTM : Rp5.000

4. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara adalah pantai yang menggunakan pohon cemara udang sebagai cara untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain abrasi, pohon juga digunakan untuk menghalangi tiupan angin pantai untuk memasuki area perkebunan warga sehingga tidak merusak tanaman.

Nama cemara tersemat karena pepononan cemara udang ini membentuk lengkungan yang indah seperti mulut goa. Selain keindahan pohon cemaranya, pantai ini juga memiliki tradisi budaya yang jadi daya tariknya. Tradisi di pantai ini adalah melabuh seekor kambing kendhit yang terbuat dari kayu.

  • Alamat : Dsn. Patihan, Ds. Gadingsari, Kec. Sanden, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • HTM : Rp5.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000, Bus Rp15.000

5. Pantai Depok

Pantai Depok

Pantai Depok merupakan pantai yang cocok untuk orang yang senang dengan fotografi, terutama dengan pemandangan kapal yang bersandar menjadi panorama yang menarik. Waktu yang tepat untuk mengunjung pantai ini adalah di pagi hari, karena di pantai terdapat pasar dengan ragam kuliner.

Selain pasar di pagi hari  tempat kamu menikmati wisata kulinernya, pantai ini juga terdapat laguna yang menjadi pasar digital. Hal unik di pasar digital masyarakat akan berbelanja dengan menggunakan koin seperti di masa lalu. Selain itu setiap tahunnya terdapat festival perahu naga yang menarik.

  • Alamat : Jl. Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • HTM : Rp10.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

6. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu

Sumber: https://twitter.com/visiting_jogja/status/872030304940195841?lang=de

Hal unik dari pantai Cemara sewu adalah pepohonan yang memenuhi bagian pinggir pantainya, yang menjadikan tempatnya teduh dan sejuk. Setiap tempatnya dijadikan spot untuk berswafoto , bahkan dijadikan tempat untuk melakukan prewedding. Tempat ini surga untuk pencinta swafoto

Kelebihan dari Pantai cemara Sewu adalah kebersihan di area pohon cemaranya, karena terdapat petugas yang membersihkan serta terdapatnya tempat sampah. Pantai ini lebih terkenal karena keindahan dan uniknya pepohonan cemara dibandingkan dengan pantainya sendiri.

  • Alamat : Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • HTM : Rp10.000
  • Parkir : Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

7. Pantai Baros

Pantai Baros

* sumber: panskifarula.blogspot.com

Pantai Baros merupakan pantai yang menawarkan ekowisata, perpaduan antara wisata pantai dan wisata hutan mangrove. Selain itu pantai ini juga terkenal karena kualitas udaranya yang terbilang masih segar. Keindahan dari hutan mangrove dan pantainya yang menarik orang untuk berkunjung.

Bukan hanya udara yang segar dan hutan mangrovenya saja yang jadi daya tarik dari Pantai Baros ini. Keindahan pantai Baros di kala senja menjadi pemandangan yang menarik untuk disaksikan. Terdapat juga gardu pandang untuk melihat panorama sekitar ditemani sejuknya semilir angin berhembus.

  • Alamat : Dsn Baros, Ds. Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • HTM : Rp10.000
  • Parkir : Motor Rp3.000, Mobil Rp5.000

8. Pantai Barchan

Pantai Barchan

Pantai Barchan menawarkan keindahan dalam keheningan. Pantai ini lokasinya masih satu jalur dengan pantai Parangtritis. Keindahan pantai ini hampir sama dengan pantai Parangtritis, hanya saja pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai yang cocok untuk pencari keheningan.

Bagi kamu yang mencari pantai yang jauh lebih tenang, kamu musti mencoba datang ke pantai ini. Kamu akan disuguhi lapangan pasir yang luas dengan pepohonan tinggi yang tumbuh di sekitar pantai. Ombak dan desiran angin yang terdengar dipantai ini memberikan perasaan tenang pada yang datang.

  • Alamat : Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • Telpon : 0819 – 0424 – 7370
  • Jam buka : 06.00 – 19.00 WIB
  • HTM : Rp10.000

9. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo merupakan pantai yang unik dengan kincir angin sebagai ciri khasnya. selain itu pantai ini juga terkenal sebagai satu pantai yang biasa digunakan ziarah. Tempat ini dipercaya pernah menjadi tempat tirakat sejak zaman Kesultanan Yogyakarta, yakni Sri Sulatan Hamengku Buwono VIII.

Seperti kebanyakan pantai di Bantul, masyakat juga melakukan tradisi labuan sedekah laut atau merti dusun. Kincir yang terdapat dipantai ini digunakan untuk pembangkit listrik tenaga angin. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk menerangi pantai di saat malam hari tiba.

  • Alamat : Ds. Poncosari, Kec. Srandakan, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • Jam buka : 05.00 WIB – Malam
  • HTM : Rp2.000
  • Parkir : Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

10. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

Mercusuar menjadi satu daya tarik dari Pantai Pandansari ini. Mercusuar ini dapat kamu naiki dengan menjejakan kaki pada ratusan anak tangga untuk sampai keatas. Panorama laut lepas dan garis pantai selatan serta perbukitan tersaji dari atas mercusuar ini dan juga sunset yang cantik.

Pantai ini juga ditumbuhi pohon cemara udang di bagian bibir pantainya. Adanya pepohonan itu menambah suasana sejuk dan asri dari Pantai Pandasari ini. Pepohonan cemara di pinggir pantai ini juga sering dijadikan spot untuk melakukan prewedding atau pun bersantai sambil menggelar tikar.

  • Alamat : Dsn. Wonoroto, Ds. Gadingsari, Kec. Sanden, Kab, Bantul. Prov. DIY
  • Telpon : 0815 – 8067 – 666
  • HTM : Rp3.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

Itulah beberapa pantai di Bantul yang dapat kamu kunjungi. Pantai di Kabupaten Bantul ini tak hanya menyuguhkan keindahan alamnya saja, tetapi mereka juga memiliki tradisi dan budaya yang masih mereka junjung tinggi. Ada baiknya saat berkunjung kamu tetap menghormati setiap kearifan lokal yang masih mereka pertahankan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *