Butuh Vitamin Sea? Inilah 10 Pantai di Batam yang Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jika mendengar kata Batam maka yang terlintas adalah industri bisnis elekroniknya. Batam juga lebih dikenal sebagai pintu masuk ke Singapura. Kedua hal itu yang paling menonjol dari Batam, padahal Batam menyimpan potensi besar sebagai destinasi wisata bahari, satu diantaranya adalah wisata Pantai.

Untuk kamu yang butuh vitamin sea alias penyuka pantai, simak ulasan pantai di Batam yang wajib kamu kunjungi berikut ini yuk!

1. Pantai Pulau Ranoh

Pantai Pulau Ranoh

*

Pantai yang indah ini terletak di sebuah pulau yang berada di ujung Pulau Batam. Lokasinya masih satu gugusan dengan Pulau Abang, pulau itu adalah Pulau Ranoh. Destinasi wisata ini termasuk satu destinasi wisata baru dengan tempat yang tersembunyi yang menyimpan keindahan yang luar biasa.

Pantai di Pulau Ranoh memiliki hamparan pasir putih  yang bersih dengan bibir pantai yang landai, dan ombak yang cukup tenang. Pantainya dihiasi pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi dan air laut berwarna biru tosca nan jernih. Kamu akan disuguhi dengan view yang sangat menyegarkan mata.

Fasilitas di Pulau Ranoh ini cukup memadai, disini terdapat fasilitas glamping atau glamour camping yang akan membuat liburan kamu jadi mengesankan. Selain itu itu juga ada penginapan untuk para backpacker. Pengelola tidak membebankan biaya masuk hingga saat ini, tetapi ada beragam paket wisata untuk ke pulau ini.

  • Alamat: Pulau Abang, Kecamatan Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau
  • Telpon: 0821-7007-2624
  • IG: @pulauranohbatam
  • Jam buka: 12.00 – 24.00 WIB
  • HTM: Gratis

2. Pantai Pulau Abang

Pantai Pulau Abang

*

Pantai yang jadi destinasi untuk kegiatan snorkeling dan diving ini terletak di sebuah pulau yang berada di sebelah selatan Pulau Batam, yaitu Pulau Abang. Pulau yang cukup sepi ini, yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Kota Batam dengan menawarkan keindahan bawah lautnya.

Pulau Abang merupakan sebuah pulau yang terbilang lumayan mungil, tetapi memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Di sini kamu dapat melihat segerombolan ikan warna warni berenang diantara terumbu karang. Selain itu pantainya memiliki pasir putih yang bersih dihiasi nyiur melambai.

Fasilitas di Pulau Abang memang masih belum memadai, tetapi sudah terdapat homestay untuk pengunjung pulau. Selain itu juga sudah terdapat resort dan hotel yang memiliki akses wifi. Pengelola belum membebankan tiket masuk, tetapi banyak tawaran paket wisata untuk berkunjung ke pulau ini.

  • Alamat: Kel. Pulau Abang. Kec. Galang, Kota Batam, Prov. Kepulauan Riau
  • HTM: Gratis

3. Pantai Pulau Mubut Darat

Pantai Pulau Mubut Darat

Sesungguhnya Pulau Mubut darat merupakan sebuah pulau yang kosong tak berpenghuni. Berbeda dengan Pulau Mubut Laut yang diisi oleh penduduk. Perjalanan menuju Pulau Mubut darat harus kamu tempuh sekitar 20 menit dengan perahu pompong dari Desa Sembulang, Kota Batam.

Saat tiba di Pulau Mubut darat kamu akan disambut dengan pasir putih yang bersih, dan juga air laut yang jernih berwarna hijau toska. Pantainya memiliki ombak yang besar disisi barat, dan yang lebih tenang disisi timur. Di pantai dengan ombak yang tenang kamu dapat berenang layaknya di kolam.

Pulau Mubut memiliki pemandangan pantai yang luar biasa indah. Keindahannya kini ditunjang oleh fasilitas dasar yang diperlukan pengunjung. Ada gazebo yang disewakan untuk tempat beristirahat, selain itu tersedia fasilitas kamar mandi, mushola, kedai, dan juga pondok tempat menginap.

  • Alamat: Pulau Mubut Darat, Kec. Galang, Kota Batam, Provinsi Kepualuan Riau
  • HTM: Rp20.000
  • Transport: Rp50.000 (PP)

4. Pantai Pulau Tunjuk

Pantai Pulau Tunjuk

Pulau tunjuk merupakan sebuah pulau kecil yang berukuran sekitar 15 hektar, Pulau tunjuk bukalah sebuah pulau tak berpenghuni, melainkan sebuah pulau yang dihuni oleh beberapa kepala keluarga. Perjalanan menuju pulau ini harus ditempuh dengan menyewa perahu pompong.

Pulau yang tempak seperti dengan jari yang sedang menunjuk ini memilik pantai yang berpasir putih dan bersih. Pantainya dihiasi dengan rimbunnya pepohonan. Satu hal yang unik adalah pasir pantainya yang terkadang timbul tenggelam karena adanya arus laut, karenanya kamu harus berhati-hati.

Fasilitas yang terdapat di pulau ini adalah pelabuhan dan juga tempat ibadah yang sangat terawat. Kebutuhan listrik di pulau ini di pasok dari sinar matahari. Penggunaan enegi yang ramah lingkungan membuat kebersihan lingkungannya dan kenyamanan pantai terjaga.

  • Alamat: Pulau Tunjuk, Kel. Subang Mas, Kec. Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
  • HTM: Rp10.000
  • Transport: Rp50.000 (PP)

5. Pantai Permata Pulau Subang Mas

Pantai Permata Pulau Subang Mas

*

Pantai Permata merupakan sebuah pantai yang terletak di Pulau Subang Mas, Pulau ini dihuni sekitar 60 kepala keluarga. Mata pencaharian penduduk disini kebanyakan sebagai nelayan. Di pulau ini terdapat makam dari seorang putri bernama Putri Dahlia putri dari Kerajaan Riau-Lingga.

Pulau ini memiliki pemandangan yang asri dan alami. Keindahan dari air laut yang jernih berwarna hijau toska  berbaur dengan pasir pantainya yang putih dan juga lembut. Selain itu terdapat batuan granit menghiasi bibir pantai yang tenang karena belum begitu banyak pengunjung.

Fasilitas dasar seperti toilet untuk berbilas dan juga perlengkapan untuk camping juga sudah tersedia. Jika ingin bersantap terdapat tempat makan yang menyajikan makanan dan minuman.  Disarankan untuk membawa obat-obatan dasar, jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti disengat ubur-ubur.

  • Alamat: Pulau Subang Mas, Kel. Subang Mas, Kec. Galang, Kota Batam. Prov. Kepulauan Riau
  • Transport: Rp60.000 (sekali jalan)

6. Pantai Elyora

Pantai Elyora

*

Galang Baru merupakan lokasi dari Pantai Elyora, letaknya berada di akhir rangkaian jembatan Balerang yaitu jembatan 6. Tak ada angkutan umum menuju pantai ini, sehingga kamu harus membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Ada plang yang menunjuki arah ke pantai.

Pantai Elyora memiliki pasir putih yang bersih dengan bibir pantai yang landai. Bibir pantai terlihat lebih estetis dengan tumbuhnya pohon bakau yang sering dijadikan tempat untuk berswafoto. Selain itu kamu bisa merasakan segarnya air laut dengan bermain ayunan  yang letaknya agak jauh dari pantai.

Di pantai ini sudah ada fasilitas dasar, seperti toilet dan kamar mandi, untuk berbilas. Selain itu juga terdapat gazebo, tempat kamu beristirahat sejenak dan juga tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas yang ada membuat kamu dapat membawa anggota keluarga termasuk anak-anak.

  • Alamat: Kel. Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Prov. Kepulauan Riau
  • HTM: Rp10.000

7. Pantai Tegar Putri

Pantai Tegar Putri

*

Pantai Tegar Putri berada di daerah terujung di Pulau Galang, tepatnya di Galang Baru. Daerahnya masih dihubungkan dengan jembatan Balerang. Jika kamu ingin menuju tempat ini sebaiknya menggunakan mobil pribadi atau menyewa kaena tidak adanya kendaraan umum.

Wisata pantai ini terbilang masih baru, sehingga alamnya masih alami. Pantai ini juga diteduhi oleh pepohonan  besar yang rimbun. Pantainya berpasir putih lembut dan bersih, di sini kamu dapat berenang-renang karena pantainya terbilang landai. Selain itu air lautnya masih jernih dan bersih.

Fasilitas penunjang yang ada di pantai ini juga terbilang cukup memadai. Fasilitas kebersihan seperti mushala, toilet, dan kamar mandi untuk bilas juga tersedia. Selain itu pengelola juga menyediakan tempat sampah sehingga kebersihan pantai tetap terjaga, agar membuang sampah ditempatnya.

  • Alamat: Kel. Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Prov. Kepulauan Riau
  • HTM: Dewasa Rp10.000 Anak-anak Rp5.000

8. Pantai Mirota

Pantai Mirota

*

Pantai Mirota merupakan tempat wisata pantai yang terdapat Kecamatan Galang tepatnya di Desa Si Jantung. Untuk menuju pantai ini kamu harus melewati Jembatan Balerang, lokasi pantainya berada dekat dengan jembatan 5. Perjalanan yang harus kamu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Keindahan dari pantai ini tidak lain adalah pasir pantainya yang berwarna putih dipadu dengan laut yang berwarna biru dengan semburat warna hijau toska. Pantai ini memiliki lingkungan sekitar yang masih asri dengan pepohonan hijau. Pantainya juga dihiasi dengan karang-karang di bibir pantai.

Fasilita penunjang di pantai ini juga lumayan lengkap, sehingga akan membuat kamu nyaman saat menghabiskan waktu di pantai ini. Disekitaran pantai juga telah terdapat tempat untuk menginap seperti hotel, villa, dan juga cottage. Ada juga gazebo yang dapat kamu sewa dengan biaya 50 ribu.

  • Alamat:Ds. Sijantung, Kel. Galang Balerang, Kec. Galang, Kota Batam. Prov. Kepulauan Riau
  • HTM: Rp10.000

9. Pantai Semandore

Pantai Semandore

Pantai Semandore termasuk pantai yang baru dibuka, untuk mencapai pantai ini harus kamu tempuh dengan perjalan darat selama 1 jam menuju Desa Sembulang. Perjalanan dilanjutkan dengan kapal motor yang memakan waktu 30 menit. Letak pantainya tidak jauh dari Pulau Karas dan Pulau Mubut.

Pantainya memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan , dan juga memiliki air laut yang jernih dengan gradasi warna hijau toska. Satu hal yang unik adalah di bibir pantainya dihiasi batu batu seperti pantai di Belitung. Pemandangan di sekitar pantai yang begitu mempesona tidak boleh dilewatkan.

Fasilitas dasar di pantai ini juga cukup memadai, seperti toilet, mushola, dan juga terdapat gazebo untuk bersantai. Satu hal yang menarik, di pantai ini disediakan perahu kecil dan dayungnya jika kamu ingin merasakan berlayar di tepian pantai. Kamu juga akan dijamu dengan sangat ramah.

  • Alamat: Karas, Kec. Galang, Kota Batam. Prov. Kepulauan Riau
  • HTM: Gratis
  • Transport: Rp50.000 (PP)

10. Pantai Pulau Petong

Pantai Pulau Petong

*

Pulau Petong letaknya berada di sebeah barat dari Pulau Abang, Jika kamu menempuhnya dari Pulau Batam, kamu akan memerlukan waktu sekitar 3 jam. Menuju pulau ini harus ditempuh dengan jalan darat dan juga jalan laut. Pulau ini merupakan surga yang tersembunyi dari Kota Batam.

Puau ini memiliki pantai yang berpasir putih, batu karang dan dipadu dengan pepohonan rindang. Tetapi pulau ini lebih dikenal oleh keindahan bawah lautnya. Keindahannya dari terumbu karang dan juga biota lautnya. Aktivitas yang paling diminati di pulau ini adalah snorkeling dan diving.

Pihak pengelola akan memberikan briefing sebelum kamu melakukan snorkeling dan diving, untuk melindungi terumbu karang agar tidak rusak. Jika kamu ingin berswafoto di bawah laut, pengelola juga menyediakan kamera underwater. Wisata bawah laut ini di kelola oleh Resort Reefs Adventure.

  • Alamat: Pulau Abang, Kec. Galang, Kota Batam. Prov. Kepulauan Riau
  • Jam Buka: 07.30 – 23.00 WIB
  • Paket Wisata: Rp300.000 – 400.000

Keindahan dari pantai-pantai di Batam ini bagai vitamin untuk kesegaran tubuh kita. Pantai-pantainya penuh dengan pesona yang luar biasa. Kamu tidak akan kecewa dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai-pantai di Batam ini. Setiap pantai memperlihatkan keeksotisan  dan pesona dari wisata bahari Indonesia.

Oh iya, kalau sudah jalan-jalan menelusuri pantai di Batam, jangan lewatkan juga ya untuk membeli oleh-oleh khas Batam untuk teman dan keluarga kamu.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram