10 Pantai Terindah di Brazil yang Bisa Jadi Pilihan Berlibur

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Oktober 2021

Saat mendengar pantai di Brazil maka yang terbayang adalah Pantai Iapanema atau juga Pantai Copacabana yang sudah terkenal. Brazil memiliki banyak pantai yang tidak kalah indahnya dari Ipanema dan juga Copacabana. Keindahan pantai di Brazil ini tentunya akan membuat orang benar-benar terpukau.

Pantai-pantai di Brazil juga memiliki garis pantai yang berpasir dan sebagian pantainya berada di pulau-pulau kecil. Pantai Brazil nan eksotis tidak akan mengecewakan orang yang mengunjunginya. Berikut ini adalah beberapa pantai terindah di Brazil yang pastinya menarik untuk kamu coba kunjungi.

Baca juga: Patung-Patung Terkenal yang ada di Brazil

1. Pantai Baia do Sancho – Pulau Fernando de Noronha

Pantai Baia do Sancho – Pulau Fernando de Noronha
  • Lokasi: Pulau Fernando de Noronha, Pernambuco, Brazil
  • Jam Buka: 06.00-18.00
  • HTM: 65 R$-130 R$

Pantai Baia do Sancho merupakan satu pantai terbaik di Brazil dari sekitar 2000 pantai yang ada di Brazil. Pantai ini berada di sebuah kepulauan vulkanik yang menjadi satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Sebagai situs warisan dunia, maka tak ada satu pun fasilitas yang dibangun sehingga pantainya tetap terjaga kealamiannya. Pantainya masuk menjadi bagian dari sebuah Taman Nasional.

Pantai ini luar biasa indah dengan air lautnya yang berwarna toska jernih dan menjadi rumah bagi biota laut seperti penyu, lumba-lumba, dan juga beragam spesies ikan. Tampilan dari pantainya juga sangat memukau dengan pasirnya yang lembut. Hal yang harus diingat adalah menuju ke pantai ini kamu harus melakukan sedikit pendakian untuk sampai ke sana.

2. Pantai Praia Ilha do Campeche – Santa Catarina

Pantai Praia Ilha do Campeche – Santa Catarina
  • Lokasi: Pulau Campeche, Florianópolis , Santa Catarina, Brazil
  • Jam Buka: 09.00-12.30
  • Sewa Perahu: 70 R$-120 R$

Florianópolis di negara bagian Santa Catarina merupakan letak dari pantai Praia Ilha do Campeche. Pantainya berada di sebuah pulau kecil yang harus ditempuh dengan menggunakan perahu. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan juga air lautnya yang berwarna pirus nan jernih.

Pantai Praia Ilha do Campeche memiliki spot yang dapat digunakan untuk ber-snorkeling, yang letaknya berada di ujung barat dan berbatu dan kamu tak perlu perahu untuk sampai ke tempat tersebut. Pantainya ditandai dengan pelampung untuk area-area yang dapat digunakan untuk berenang. Pantai hanya dapat dikunjungi 800 orang dalam satu harinya.

3. Pantai Praia de Pipa -  Rio Grande do Norte

Pantai Praia de Pipa -  Rio Grande do Norte
  • Lokasi: Tibau do Sul, Rio Grande do Norte, Brazil

Pantai Praia de Pipa merupakan pantai favorit dari warga lokal dan belum begitu dikenal oleh turis asing. Letaknya dekat dengan sebuah desa nelayan Natal di Rio Grande do Norte. Pantainya memiliki lanskap yang indah dari sebuah tebing yang curam berwarna merah jambu dengan hutan, serta sebuah bukit pasir yang menyatu dengan tumbuhan hijau.

Dahulu Pipa merupakan sebuah desa nelayan sampai sekitar 1970an, sampai akhirnya ditemukan oleh para peselancar dan backpacker dan berubah menjadi destinasi wisata. Pantainya memiliki air yang jernih dan dengan pasir putihnya yang halus. Tempat ini cocok untuk para peselancar karena ombaknya yang besar, sehingga kamu perlu untuk berhati-hati.

4. Pantai Porto de Galinhas - Pernambuco

Pantai Porto de Galinhas - Pernambuco
  • Lokasi: Ipojuca, Pernambuco, Brazil

Pantai Porto de Galinhas awalnya adalah sebuah desa nelayan, tetapi kini telah menjelma menjadi pantai terindah. Pantainya memiliki kolam-kolam yang dibentuk oleh terumbu karang yang menjadikannya spot yang bagus untuk berenang dan juga snorkeling. Selain itu biota laut yang hidup disana membuat tempatnya semakin terasa eksotis.

Walaupun kolam dari terumbu karangnya aman untuk digunakan untuk berenang, kamu harus tetap berhati-hati karena terkadang ada arus laut yang kuat. Di pantai utamanya kamu dapat menemukan restoran dan juga warung makan. Tetapi ada juga bagian pantai yang masih belum dibangun sehingga kamu dapat menemukan tempat untuk menyepi.

5. Pantai Maragogi – Alagoas

Pantai Maragogi – Alagoas
  • Lokasi: Maragogi, Alagoas, Brazil

Maragogi merupakan pantai dengan terumbu karang penghalang terbesar di Brazil. Karang penghalang yang terdapat di Pantai Maragogi membuat ombaknya tidak terlalu besar sehingga pantainya jauh lebih tenang dengan air yang jernih. Pada saat air pantai surut pantai ini akan membuat kolam-kolam yang diberi nama dengan Galés.

Pantai Maragogi berada di Timur laut Brazil, tempatnya harus diakses dengan menggunakan perahu. Jaraknya sekitar enam kilo meter dari pantai utama yang lebih ramai. Pantai Maragogi dengan air yang tenang cocok untuk kegiatan berenang, snorkeling serta menyelam di antara terumbu karangnya.

6. Taipus de Fora – Bahia

Taipus de Fora – Bahia
  • Lokasi: Marau, Bahia, Brazil

Pantai Taipus de Fora berada di semenanjung Marau, di Bahia, pantainya terkenal sebagai spot terbaik di Brazil untuk snorkeling dan juga menyelam. Selain itu pantai cantik satu ini memiliki air laut yang  berwarna biru toska dan berpasir halus, yang menjadikan pantai ini favorit bagi para turis. Keindahan bawah lautnya pun menjadi satu point menarik.

Keindahan dari bawah laut dari pantai ini juga tidak boleh dilewatkan. Kehidupan bawah lautnya yang berlimpah menarik untuk dijelajahi. Pada saat surut pantai ini akan menghasilkan kolam-kolam yang berisikan ikan-ikan yang berwarna-warni. Pantai ini juga dapat kamu nikmati dengan berkemah, yang letaknya tak jauh dari pantai dengan pemandangannya yang indah.

7. Pantai Lagoinha do Leste – Santa Catarina

Pantai Lagoinha do Leste – Santa Catarina
  • Lokasi: Florianopolis, Santa Catarina, Brazil

Pantai Lagoinha do Leste berada di ujung selatan Pulau Florianopolis, sebuah pantai yang masih tak terjamah tangan manusia. Pantai liar ini memiliki keindahan yang menakjubkan dari pegunungan yang berhutan lebat dan ditandai dengan bebatuan yang terjal. Pantainya menghadap ke Samudera Atlantik sehingga memiliki gelombang yang kuat yang disukai oleh para peselancar.

Pantainya hanya dapat diakses dengan dua cara, yang pertama adalah kamu dapat mengakses pantai Lagoinha dengan menggunakan perahu. Cara yang kedua adalah dengan melakukan hiking selama satu jam dengan dengan satu hingga dua jalur yang harus dilalui. Lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan pantai dan lanskap yang mengelilinginya.

8. Pantai Lopes Mendes – Ilha Grande

Pantai Lopes Mendes – Ilha Grande
  • Lokasi: Ilha Grande, Rio de Janeiro, Brazil

Pantai yang satu ini merupakan satu pantai yang paling indah di Brazil, lokasinya berada di sebuah Pulau Ilha Grande yang berada di lepas pantai negara bagian Rio de Janeniro. Tempat pantai ini berada merupakan sebuah hutan hujan yang menjadi rumah dari beragam spesies yang terancam punah. Pantainya dikelilingi oleh tanaman almond dan juga pohon palem.

Pantai terindah ini memiliki pasir pantai yang berwarna keemasan dengan teksturnya yang amat lembut. Pantainya memanjang sekitar tiga kilometer sepanjang perairan Samudera Atlantik. Keindahan pantai ini tak hanya pasir pantainya yang panjang dan keemasan, tetapi  karena lanskapnya yang masih alami dan menawan.

9. Pantai Praia da Forno – Santa Catarina

Pantai Praia da Forno – Santa Catarina
  • Lokasi: Arraial do Cabo, Santa Catarina, Brazil

Pantai ini terletak di sebuah teluk yang bernama Arraial do Cabo. Pantainya berada di sebuah lereng bukit yang hijau. Pantainya cantik dengan pasir yang putih dan juga air lautnya yang berwarna biru toska nan jernih. Kamu dapat mengakses pantai ini dengan melalui jalan setapak atau  kalau punya dana lebih dapat menggunakan perahu menuju pantainya.

Tempatnya cocok untuk kamu gunakan liburan bersama keluarga. Kamu dapat menikmati pantainya dengan ber-snorkeling atau juga menyelam menikmati keindahan bawah lautnya. Walau letak pantainya sulit diakses tetapi kamu tetap dapat menikmati hidangan lautnya yang disajikan sejumlah restoran dan juga beragam makanan yang disajikan oleh beberapa kios.

10. Pantai Praia do Espelho – Bahia

Pantai Praia do Espelho – Bahia
  • Lokasi: Porto Seguru, Bahia, Brazil

Pantai Praia do Espelho merupakan sebuah pantai yang berada d pantai selatan Brazil yaitu antara Transcoco dan Caraiva. Pantainya lumayan cukup sulit  untuk diakses, sehingga pantai ini belum terlalu ramai untuk dikunjungi.

Tempatnya cocok untuk orang yang mencari ketenangan dengan menikmati air pantainya yang jernih yang dapat memantulkan sinar matahari kolam-kolamnya.

Pantainya memanjang ke selatan dengan pemandangan hutan palem yang tumbuh di bagian bawah tebingnya. Tempatnya yang masih jarang dikunjungi bukan berarti tidak terdapat tempat untuk sekedar mencari camilan dan minuman ringan. Hanya saja kamu perlu hati-hati karena harganya cukup  menguras dompet.

Itulah beberapa pantai terindah yang ada di Brazil. Sebagian besar dari pantai ini mungkin belum terkenal di antara para turis asing. Sebagian lagi masih tersembunyi karena akses menuju ke pantai tersebut cukup sulit, sehingga masih jarang dikenal. Pantai-pantai yang masih murni itu menawarkan keindahan alam pantai Brazil yang eksotis dengan semua keliarannya.

Walau begitu pantai–pantai itu tetap menarik wisatawan untuk dikunjungi sekalipun aksesnya masih cukup sulit dan belum dikembangkan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah.

Pantainya yang jarang pengunjung justru menarik untuk dikunjungi bagi orang yang ingin mencari tempat untuk menyepi dan mencari ketenangan. Kira-kira pantai manakah yang ingin kamu kunjungi di Brazil?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram