10 Pantai di Bulukumba dengan Keindahan Alamnya yang Memesona

Berada di Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba adalah kabupaten dengan keindahan alam yang luar biasa. Wilayah kabupaten ini terkenal karena mempunyai banyak pantai yang indah dengan pasir berwarna putih dan air lautnya yang berwarna toska.

Tak mengherankan jika Bulukumba populer di kalangan para traveler. Selain memiliki pantai-pantai yang indah, Bulukumba juga mempunyai julukan “Butta Panrita Lopi”, yakni Negeri Pengrajin Perahu Phinisi.

Seindah apa pantai-pantai yang ada di Bulukumba? Kalau penasaran, pastikan untuk baca ulasannya berikut ini ya!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Marumasa

Pantai MarumasaSumber: celebes.co
  • Alamat: Darubiah, Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0813-5583-8483
  • HTM: Rp5.000

Saat tiba di Pantai Marumasa, Bulukumba, wisatawan akan menyaksikan pemandangan laut biru lengkap dengan pantai berpasir putih.

Sungguh ini sebuah pemandangan yang pastinya akan membuat mereka yang datang langsung jatuh cinta. Di sepanjang pesisir akan ditemui deretan pohon kelapa yang menampilkan suasana khas pantai tropis.

Meskipun area pantainya tidak begitu luas, tapi pasirnya cukup halus serta ombaknya relatif tenang. Para wisatawan bisa bersantai di pantai sambil duduk-duduk di bawah pohon kelapa supaya tidak kepanasan.

Di kawasan pantai ini beberapa perahu nelayan tampak sering parkir. Kalau tertarik, wisatawan bisa menyewa perahu tersebut untuk berkeliling Pantai Marumasa. Pada salah satu sisi pantai terdapat tebing yang relatif landai sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

2. Pantai Apparalang

Pantai Apparalang
  • Alamat: Ara, Bonto Bahari, Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp5.000

Meskipun disebutkan sebagai pantai yang baru, pantai satu ini semakin hari semakin populer berkat fotonya yang banyak disebar di media sosial.

Pantai Apparalang ini banyak disamakan dengan Raja Ampat. Saat mendarat di pantai ini, wisatawan akan disuguhi garis pantai yang panjang juga rapi.

Di sini terdapat juga gugusan tebing yang dinamakan Tebing Apparalang. Pemandangan cantik dan laut yang biru adalah paket lengkap yang akan membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Jika berencana berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk menaiki kendaraan roda dua karena medannya cukup curam lengkap dengan bebatuan dan tebing-tebing. Kalau ingin memuaskan adrenalin, wisatawan bisa mencoba lompat dari tebing untuk berenang di laut.

3. Pantai Tanjung Bira

  • Alamat: Jl. Tanjung Bira, Desa Bira, Kec. Bonto Bahari
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp10.000 s/d Rp30.000

Pantai Bira Bulukumba terlihat indah dengan pasirnya yang putih bersih serta air lautnya yang biru. Destinasi wisata ini merupakan objek yang terkenal di daerah Sulawesi Selatan. Ketenaran pantai ini sampai mencapai ke mancanegara.

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dari Makassar butuh waktu sekitar empat jam untuk sampai di sini. 

Tersedia kendaraan berupa mobil dengan jurusan Bulukumba dan dari sana wisatawan bisa melanjutkan dengan naik angkutan umum (mikrolet) untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira.

4. Pantai Bara

  • Alamat: Desa Bira, Kec. Bonto Gahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp10.000 s/d Rp20.000

Mencari pantai yang tidak terlalu ramai tapi menawarkan pemandangan yang indah? Pilihannya adalah Pantai Bara.

Meskipun lokasinya berdekatan dengan Pantai Bira, Pantai Bara bisa dikatakan suasananya lebih tenang. Seperti Pantai Tanjung Bira, di sini pun wisatawan bisa menikmati pemandangan laut biru lengkap dengan pasir putih.

Deretan pohon kelapa membuat suasana pantai jadi semakin asri. Pepohonan tersebut bisa digunakan untuk berteduh kala bermain di pantai.

Meskipun perjalanan menuju ke pantai membutuhkan perjuangan karena harus menuruni bukit dan bebatuan besar, saat tiba di pantai lelahnya dan sulitnya perjalanan akan terbayar. Datanglah pagi hari untuk bisa menikmati suasana pantai yang teduh.

5. Pantai Ujung Tiro

  • Alamat: Ekatiro, Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0853-4214-2172
  • HTM: Rp5.000 s/d Rp20.000

Pemandangan sunrise di Pantai Ujung Tiro terkenal begitu indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah saat pagi hari karena wisatawan bisa menikmati suasana hangat ketika matahari terbit.

Saat siang hari, pemandangan semakin indah karena sinar matahari yang menyentuh permukaan laut membuat laut jadi terlihat berkilau.

Tepi pantai dari Pantai Ujung Tiro terlihat cantik dengan warna biru kehijauan dan semakin ke tengah air lautnya akan bergradasi menjadi semakin biru.

Di Pantai Ujung Tiro terdapat gugusan pulau karang kecil. Pulau-pulau itu terhubung dengan bibir pantai. Untuk menyeberang ke sana wisatawan bisa melalui jembatan kayu yang panjangnya sekitar 10 meter.

Terlihat ikan-ikan kecil berenang dengan lincah di bawah jembatan. Karena air lautnya bersih dan jernih, lokasi pantai ini bisa dijadikan arena untuk snorkeling.

Di sini juga terdapat terumbu karang yang semuanya masih terjaga dengan baik. Pemandangan bawah lautnya yang memukau jangan sampai dilewatkan.

6. Pantai Kaluku

Pantai KalukuSumber: wisato.id
  • Alamat: Jl. Panrang Luhu, Bira, Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: (0413) 2514952
  • HTM: Rp3.000 s/d Rp5.000

Pantai Kaluku yang berada di sisi timur Bira adalah pantai dengan hamparan pasir putih. Bila dibandingkan Pantai Tanjung Bira, pantai ini tidak begitu terkenal, tapi pantai ini mempunyai pemandangan yang tak kalah indah.

Tak banyak orang yang datang ke Pantai Kaluku karena lokasi pantai ini tersembunyi sehingga cocok untuk mereka yang mencari pantai dengan suasana yang tenang serta jauh dari keramaian, layaknya pantai pribadi.

Pantai Kaluku juga merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan sunrise karena posisinya yang berada di kawasan timur Bira.

Di sini wisatawan juga bisa menyaksikan pembuatan kapal phinisi secara langsung karena pantai letaknya dekat dengan pelabuhan dan perkampungan nelayan.

7. Pantai Mandala Ria

  • Alamat: Desa Ara, Lembanna, Kec. Bontobahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp5.000 s/d Rp10.000

Lokasi Pantai Mandala Ria tak begitu jauh dari Pantai Tanjung Bira, sekitar 10 km. Berada di Desa Ara, Bulukumba, pantai ini masih terletak di deretan yang sama dengan Pantai Aparalang.

Konon nama Mandala Ria berasal dari sebuah peristiwa ketika Panglima Mandala memesan sejumlah 24 kapal untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda.

Seperti halnya pantai lain di daerah Bulukumba, Pantai Mandala Ria juga mempunyai pasir putih plus pemandangan tebing karang.

Ada yang membedakan pantai ini dengan Pantai Bira, yaitu pasir putih di sini tak selembut pasir di Pantai Bira. Di sini juga terdapat wisata lainnya, yaitu Goa Passea serta Goa Passohara.

Di dalam Goa Passohara terdapat mata air yang usianya ribuan tahun. Sementara Goa Passea merupakan situs pemakaman dari orang Ara kuno. Karena masih sedikit warung di sini, jadi disarankan untuk membawa bekal yang cukup.

8. Pantai Panrang Luhu

  • Alamat: Desa Bira, Kec. Bonto Bahari, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: Rp5.000

Pantai ini dikenal sebagai tempat pembuatan perahu phinisi. Di Pantai Panrang Hulu wisatawan bisa melihat keterampilan para nelayan setempat saat membuat perahu tradisional jika beruntung.

Panjang pantainya mencapai kira-kira 1 km. Di sepanjang pesisir pantainya terdapat banyak batu-batu karang yang bisa terlihat dengan jelas ketika laut surut. Pemandangan lainnya yaitu pasir putih.

Di sini terdapat beberapa villa yang berada di kawasan pantai. Harga sewanya beragam mulai Rp200.000 s/d Rp700.000 per malam. Untuk para backpacker atau budget traveler bisa menyewa area kemah seharga kurang lebih Rp30.000.

9. Pantai Kasuso

  • Alamat: Desa Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: -
  • HTM: gratis

Dari Pantai Marumasa letak Pantai Kasuso hanya sekitar 15 menit dengan berjalan ke arah utara. Pantai ini tak kalah indah dari Marumasa.

Yang menjadi ciri khas pantai ini adalah karang gantung yang bernama Batu Taha. Letaknya sekitar 10 meter dari bibir pantai.

Pantai Kasuso merupakan "hidden gem" karena akses menuju pantai ini berkelok, sempit serta curam juga harus menuruni bukit.

Namun semuanya akan dibayar lunas dengan pemandangan lepas pantai juga barisan pohon kelapa. Oh iya, kalau mau menggunakan toilet dikenakan biaya sekitar Rp2.000 s/d Rp5.000.

10. Pantai Samboang

  • Alamat: Desa Eko Tiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam buka: 24 jam

Inilah pantai terakhir di daftar ini yang bisa dikunjungi di Bulukumba. Pantai Samboang memiliki panorama yang menakjubkan dan tentunya para wisatawan yang datang akan senang menghabiskan waktunya di sini.

Di pantai ini bisa ditemukan pantai kecil yang dihubungkan menggunakan jembatan yang panjangnya sekitar 20 meter.

Dari Pulau ini wisatawan dapat melihat pemandangan yang lebih indah. Pantai Samboang memiliki fasilitas yang memadai.

Kabupaten Bulukumba yang merupakan rumah pembuatan perahu phinisi sudah terkenal di kalangan para wisatawan karena memiliki banyak pantai yang menawan. Pantai di Bulukumba kebanyakan masih alami dan sebagian besar pantai tersebut gratis.

Semuanya pantainya indah dengan pemandangan laut biru dan pasir putih yang menghampar. Di sana juga terdapat tebing yang menjadi ciri khasnya. Meski sebagian aksesnya sulit, wisatawan akan sangat senang untuk mengunjunginya. Siap liburan ke Bulukumba?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram