Yuk, Kunjungi 9 Pantai di Cianjur yang Cantik Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Cianjur merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang bertasan dengan Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bogor. Cianjur terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, dan masuk ke dalam wilayah jalur Pantai Selatan di sisi barat, atau sering disebut Pansela.

Cianjur biasanya dilewati ketika hendak menuju Bogor dari Bandung, ataupun sebaliknya. Tak banyak yang tahu tentang tempat wisata di Cianjur, padahal indahnya tak kalah dengan tempat lain di Jawa Barat.

Jika biasanya wisatawan mengunjungi pantai di Sukabumi, atau Pangandaran, maka kamu mesti tahu 9 pantai yang ada di Cianjur berikut ini!

1. Pantai Apra Sindangbarang

Pantai Apra Sindangbarang

Pertama ada Apra yang terletak di wilayah Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Pantai ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, maupun kendaraan umum. Meski aksesnya terbilang mudah, Pantai Apra tetap alami, dan masih sepi pengunjung.

Pantai Apra memiliki mercusuar yang dijadikan sebagai tempat untuk memantau kegiatan nelayan di laut, dan penanda letak daratan dari laut. Mercusuar ini biasa digunakan juga sebagai tempat untuk berfoto oleh pengunjung yang datang. Memandang laut di sisi selatan Cianjur dari ketinggian akan sangat menyenangkan.

  • Alamat : Saganten, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

2. Pantai Sarongge

Pantai Sarongge

Salah satu pantai tersembunyi di Cianjur adalah Pantai Sarongge. Menuju ke pantai ini, kamu perlu melewati jalan pedesaan di sisi selatan Kabupaten Cianjur, kemudian melewati jalan kecil yang cukup berbatu dan hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua saja.

Setibanya di Pantai Sarongge, kamu bisa merasakan seperti sedang berada di pantai pribadi yang sepi dan jarang dikunjungi wisatawan. Di tepi pantai terdapat perahu-perahu nelayan. Di sini kamu bisa mencoba makanan laut yang masih segar. Jadi, bukan hanya menikmati pantai yang sepi, kamu pun bisa wisata kuliner khas Cianjur Selatan.

  • Alamat : Mekar Sari, Cikalongkulon, Mekar Sari, Cianjur, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Pantai Karang Potong

Pantai Karang Potong

Tak jauh dari Pantai Apra, ada Pantai Karang Potong yang memberikan suasana tenang, dengan bebatuan karang yang terjal di pesisir pantai. Jika kamu berkunjung ke Pantai Apra, bisa juga menjadikan Pantai Karang Potong sebagai destinasi berikutnya, karena jaraknya hanya sekitar 6 kilometer saja.

Keindahan Pantai Karang Potong bisa kamu nikmati dari atas bukit tebing, sehingga dapat melihat pemandangan yang lebih luas. Pantai Karang Potong bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam.

  • Alamat : Saganten, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Pantai Sereg

Pantai Sereg

Masih di wilayah Sindangbarang, terdapat Pantai Sereg yang sangat cantik. Pantai yang berjarak 120 km dari pusat kota Cianjur ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk olah raga, ataupun berenang. Pasir pantai dengan warna putih kecokelatan ini cukup landai, jadi bisa bermain pasir dengan aman di tepi pantai.

Pantai Sereg bisa diakses melalui pusat kota Cianjur, dan bisa juga melewati jalur Bandung – Ciwidey – Cianjur bagi pengunjung yang datang dari kota Bandung. sepanjang jalur menuju Pantai Sereg, kamu akan disuguhkan dengan pohon kelapa yang memberikan suasana lebih teduh.

  • Alamat : Saganten, Sindangbarang, Saganten, Cianjur, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

5. Pantai Cipanglay

Pantai Cipanglay

* sumber: www.senengpiknik.com

Pantai Cipanglay merupakan pantai yang letaknya di daerah Cidaun, Kabupaten Cianjur. Pantai ini berjarak sekitar 135 km dari pusat kota Cianjur. Pantai yang belum banyak dikenal ini masih sangat asri karena belum dikelola sebagai obyek wisata dan jauh keramaian kota ataupun desa.

Pantai Cipanglay memiliki pasir kecokelatan yang dilengkapi dengan batu karang di bagian sisi timur pantai. Arus ombak yang cukup besar membuat pantai ini semakin cantik dan nyaman untuk dikunjungi berlama-lama. Jauh dari pemukiman penduduk, Pantai Cipanglay memberikan suasana yang tenang.

  • Alamat : Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Pantai Lugina

Pantai Lugina

* sumber: jurnalcianjurselatan.blogspot.com

Jika berkunjung ke Cianjur, baik itu pulang kampung atau sekadar liburan, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Lugina. Meski jaraknya terbilang jauh, sekitar 150 km dari pusat kota Cianjur, pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pantai Lugina merupakan salah satu wisata maritim di Cianjur Selatan.

Ciri khas dari pantai ini adalah bukit hijau yang dapat menjadi tempat menyaksikan matahari terbenam. Pantai Lugina menjadi wisata yang selalu ramai dikunjungi terutama pada libur akhir pekan atau libur hari raya seperti lebaran, natal, dan tahun baru. Meski begitu, pantai ini tetap alami dengan segala keindahannya.

  • Alamat : Jl. Pantai Lugina, Wanasari, Agrabinta, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

7. Pantai Batu Kukumbung

Pantai Batu Kukumbung

Pantai Batu Kukumbung merupakan destinasi yang unik dibandingkan pantai lainnya di Cianjur Selatan. Di tepi pantai ini dilengkapi oleh batu karang yang cukup besar dan dapat dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Selain itu, pantai ini dilengkapi dengan tempat duduk yang terbuat dari bambu di tepi pantai.

Pantai Batu Kukumbung belum dikelola seperti tempat wisata pada umumnya. Meski begitu, pantai ini tetap menarik dan sering dikunjungi oleh anak-anak muda dari Cianjur. Jika kamu membutuhkan tempat untuk wisata pantai yang unik dan masih sepi, Pantai Batu Kukumbung bisa menjadi pilihan.

  • Alamat : Karangwangi, Cidaun, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Muara Cisela

Muara Cisela

Muara Cisela merupakan destinasi dimana kamu bisa menikmati wisata pantai dengan cara yang berbeda. Muara ini terbilang sepi dan aman untuk bermain air. Dalam waktu bersamaan, kamu bisa melihat langsung aktivitas nelayan setempat yang sedang menjaring ikan, udang, ataupun lobster dengan cara tradisional.

Muara Cisela dilengkapi dengan batu karang besar di tepi pantai yang terlihat seperti dinding. Di bagian tengahnya juga ada batu karang yang menancap dan menjorok ke arah laut. Lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Batu Kukumung. Muara Cisela dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi saat libur akhir pekan.

  • Alamat : Cisela, Cidaun, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

9. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Pantai yang satu ini, dapat dibilang menjadi pantai paling terkenal di Cianjur. Pantai Jayanti merupakan pantai berpasir kehitaman dan dilengkapi dengan batu karang besar di tepi pantainya. Pantai Jayanti dikenal dengan wisata kulinernya. Jadi kalau kamu suka seafood, wajib mencoba kuliner di sini.

Pantai Jayanti memiliki tempat pelelangan ikan dan merupakan pelabuhan nelayan. Membeli makanan laut di sini, masih sangat segar. Kamu bisa membakar ikan yang baru ditangkap oleh para nelayan.

  • Alamat : Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

Itulah 9 pantai di Cianjur yang bisa dikunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Jika kamu berasal dari Bandung atau Bogor, tak ada salahnya menjadikan Cianjur sebagai tempat untuk berlibur. Selain jaraknya dekat dan mudah dijangkau, pantai di Cianjur juga indah. Ayo, liburan ke pantai di Cianjur!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram